Home » Kesehatan Bayi / Anak

Berat Badan Bayi Kurang

19 November 2008 270 Comments

Penybab berat badan bayi tidak kunjung datang ada bermacam, macam. Artikel yang di ambil dari http://arsipbayi.blogspot.com/2006/10/berat-badan-baby.html mudah-mudahan dapat membantu mama-mama sekalian:

ACUAN KURUS

Normalnya, berat badan (BB) bayi baru lahir harus mencapai 2.500 gram. Tidak terlalu besar, juga tak kelewat kecil. Sebab kalau terlalu kecil, dikhawatirkan organ tubuhnya tak dapat tumbuh sempurna sehingga dapat membahayakan sang bayi sendiri. Sebaliknya, terlalu besar juga ditakutkan sulit lahir dengan jalan normal dan mesti lewat operasi sesar.

Nah, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan.

Acuan untuk melihat normal-tidaknya BB adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. “Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau ia termasuk bayi kurus.”

Bayi kurus adalah yang saat lahir BB-nya rendah atau di bawah 2.500 gram. “Penyebabnya dipengaruhi saat masih berada dalam kandungan. Inilah yang sangat menentukan karena di situlah pembentukan dan pertumbuhan organ tubuh dimulai.”

BERAT MANDEK

Meski saat lahir BB-nya normal, belum tentu juga selanjutnya perkembangan BB-nya akan normal sesuai dengan pertumbuhannya. “Pada fase tertentu, ada kecenderungan pertambahan berat badan bayi akan melambat.” Antara 1 sampai 6 bulan, pertambahan BB bayi terbilang cepat, “Tapi di atas 6 bulan, pertambahannya melambat. Ini terjadi hampir pada seluruh bayi. Salah satu penyebabnya, karena pada tahap ini biasanya bayi sudah lebih banyak bergerak dan pertumbuhannya mengarah ke pertinggian badan.”

Bila pertambahan BB bayi di usia 6 bulan, misalnya, menjadi tidak normal alias tidak bertambah atau malah berkurang, “Perlu dilihat penyebabnya,” terang Alinda. Mungkin ada penyakit yang bersarang di tubuhnya semisal penyakit infeksi terutama TBC dan diare. “Penyakit membuat nafsu makan anak berkurang dan akhirnya BB-nya tak mau naik.”

Selain itu, bayi kurus juga bisa mengindikasikan kekurangan gizi. Ini umumnya karena kebiasaan di keluarga di mana kadang ibu tak cermat memberi nutrisi yang tepat untuk bayi. Padahal,bayi perlu asupan nutrisi yang seimbang. Bisa juga karena si bayi bosan dengan makanan yang itu-itu saja dan akhirnya emoh makan.”Di sisi lain, kondisi psikis bayi menentukan pula keinginannya untuk makan. Kalau ia merasa tertekan karena sering dipaksa, misalnya, bisa saja nafsu makannya berkurang.”

“Bila terlalu kurus, segera konsultasi ke dokter.”

Soalnya, lanjutnya, “Untuk mengembalikannya menjadi normal kita harus melihat apa yang menjadi sebabnya.” Bila karena penyakit, harus disembuhkan dansambil menyembuhkan penyakitnya, kita pun harus melakukan konsultasi gizi untuk mengetahui gizi yang tepat bagi bayi.

KIAT MENGATASI

Jika memang penyebabnya karena penyakit, tak ada cara lain, si penyakit harus disembuhkan secara total. Pada saat yang sama pula, bayi diberi nutrisi yang cukup agar ia tidak jadi kurus. Sebab, jika bayi kena infeksi dan dibiarkan tanpa ada tindakan tepat hingga akhirnya menimbulkan masalah kekurangan gizi, misalnya, bakal sulit meningkatkan BB-nya. Penanganannya pun akan menjadi lebih kompleks.

Ciri-ciri bayi malnutrisi, jelas Alinda, bisa dilihat dari fisiknya. “Bila parah hanya tinggal kulit dan tulang saja.” Pemberian gizi tidak hanya satu segi saja, tetapi harus seimbang antara pemberian protein, karbohidrat, lemak, kalori, dan vitamin. Sumbernya pun tidak harus yang mahal, lebih baik dari yang murah. “Seperti protein, tak harusdari hewani saja. Dari nabati pun bisa. Misalnya anak diberitahu dan tempe.”

Sumber : dr. Alinda Rubiati, Sp.A, via www. balita-anda.com

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

270 Comments »

  • Berat Badan Bayi Kurang | bayi dan anak said:

    [...] gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan. Baca Lebih Lanjut berat badan [...]

  • Anita said:

    anak saya umur na 8 bulan lebih 14 minggu berat na 7.7 apa termasuk normal?
    dan mesti na berat bbadab dia harus berapa Kg??

  • hztee said:

    Umur 8 bulan harusnya berat badannya 8.5kg.

  • iss said:

    Anak saya umur 3,5 bulan beratnya 5,5 apa termasuk normal

  • dlie said:

    anak saya jalan 11 bulan, tapi dari masuk 8 bulan beratnya ngak pernah naik paling sekitaran 7,4-7,5 kg. apa itu normal? padahal makan nya kuat dan nyusu ke ibunya juga sering. (bs via email?)

  • Katimahima said:

    anak saya lahir dg BB 2.800 gram dan sekarang diusia 6 bulan ini berat badanya naik menjadi 6,4 kg apakah berat badanya udah normal apa belum.

  • Abu Aima said:

    Anak saya lahir 2,8 kg sekarang 3,5 Bulan 6,4 kg normalkah?

  • hana said:

    anak saya lahir 2.79 kg sekarang 5.75 kg
    perkembangan berat badannya dari 1 bulan pertama dibatas normal yaitu 200-250/minggunya..bulan kedua ke bulan ketiga naiknya 600gr. bulan ke 3 ke bulan ke 4 naiknya 500 dan terakhir bulan ke 4 ke bulan 5 naiknya cuma 300 gr..dan berat badannya (kalo menurut growth chart) anak saya termasuk dibatas minimum..
    bisa tolong kasih masukan atau penjelasan ga mengenai berat badan anak saya ini apakah termasuk normal2 aja ato ga? karna anak saya badannya terlihat mungil sekali..

  • aseptiana said:

    malem….
    saya mau tanya….
    anak saya lahir dgn berat 3.2 kg, tp setelah satu bulan di cek hanya bertambah menjadi 3.5 kg,
    kira2 apa yg salah ya ?
    fyi…saat ini si anak menggunakan ASI eksklusif

    memang selama minggu terakhir ini , gumoh nya termasuk banyak ( walau sudah di sendawakan ) dan pup nya juga lumayan sering,
    kalau diperhatikan di perutnya terkadang terdengar suara seperti masuk angin gitu .

    terus terang saya jadi khawatir ….
    kalau ada penjelasan atau apa yg harus di infokan , saya mohon bantuannya ya

    thanks

  • mama azkia said:

    anak saya lahir 2,3kg
    sekarang menginjak 9 bln bb hanya 6kg memang itu termasuk kurang gizi kata dokter dan skr sedang menjalani perbaikan gizi dokter hanya memberi vitamin saja,
    terus terang saya khawatir banget skr jadi susah makan
    saya mohon kasih masukkan donk dan ksih resep makanan spya bayiku bbnya naik dan gemuk…
    thanks(via email ya)

  • puspita said:

    anak saya umur 6 bln beratnya 7.2kg normalkah bayi saya?bb waktu lahir 3.8

  • iis said:

    anak saya berumur 3 bln 9 hari beratnya 4.9 kg pada saat lahir 3300 gr. normalkah berat badanya? bagaimana cara meningkatkan berat badan anak saya…. tq.

  • etika yuniar said:

    Anak saya kembar, laki-laki dan perempuan, yang laki-laki 8,2 kg dan yang perempuan 8,5 kg. umur mereka 6 bulan 2 minggu, minggu kemarin mereka diopname karena sakit demam, diare dan muntah. terakhir saya bawa imunisasi pada umur 5 bln berat mereka 8 kg. kenapa susah sekali naik lg beratnya karena biasanya setiap bulan 0,5 – 1 kg naik. padahal nafsu makan buburnya banyak, tetapi yg laki-laki kurang suka minum susu. bagaimana mengatasinya ? tlg informasinya dong ?

  • cheerlys said:

    anak saya umur 40 hari dan bb nya sekitar 3,2 ons apakah itu normal?saya dan suami juga termasuk kurus apa gen bawaan sehingga anak saya kurus?

  • cheerlys said:

    oh iay bb bayi saya saat lahir 2,8 apakah itu normal?

  • zureen said:

    anak saya dah masuk 9 bulan.Tapi berat baru 6.9kg.Dah macam saya bagi..tapi berat masih begitu..saya dah tukar susu.Saya risau..dia memanag sangat aktif..Adakah sebab tu berat tak naik..

  • rani said:

    Anak saya lahir prematur 35 minggu dgn berat 2,4 kg…setelah 3,5 bulan beratnya 4,9 apakah ini normal…

    Thanks

  • aisha said:

    mau tanya anak saya 10 bulan berat lahir hanya 2 kg, sekarang berat badannya hanya 7.5 kg, bingung bagaimana ya cara menaikkan berat badannya???saya juga sudah konsultasi ke dokternya

  • widra said:

    anakku skrg 6 bln BB 5,7kg,normalkah?solusinya dunk kayaknya susah makan deh..

  • mama neysa said:

    anakku krang 5.5 bln bratna 8 kg gt masih kurang ga ya beratna ato mlah noRmal…..soalna dia jrang minum susu tapi maemna kuat bnget padahal cewek….tpi klw mlem minum asi biasa…

  • Mama Fatlah said:

    Anakku wktu lahir 2.3kg skrg 6 bulan 7.4 kg, apakah itu normal???

  • indira wijaya said:

    waktu anakku lahir beratnya 3,6 kg.skrg umurnya dah mau masuk 11 bln.berat bdanya 9,8 kg.kira-2 normal gak.soalnya anakku kurang doyan minum susu formula..ada solusi gak supaya anakku doyan minum susu

  • nina.indriasari said:

    anak saya lahir 3000gr skrg umur bln berat 8kg kira2 normal tdk?,anak saya makan selalu di emut susah makan n minum susu formula kira2 solusinya bagaimana agar anak suka makan n minum susu ?

  • Mama Vira said:

    Siang..mo tanya nich de2 vira waktu lahir berat badannya 3.4kg, dengan panjang 49cm, skrng usianya dah beranjak 7.7 bulan tapi berat badanny cuma 7.25kg, tapi kl pagi,siang,sore makan bu2 saring n’ bu2r susu n’ regal plus susunya nutrilon 1, memangs sich susunya blm ak ganti ketahap selanjutnya. apakah berat badan anakku termaksud normal atw kurang..makasih ya

  • alia natasha said:

    BB anak saya lahir adalah 2.3 kg.. skg anak saya berusia 5 bulan, BB nya adalah 5.4 kg.. adakah BB saya dalam Kartogeri normal ka?.. dan perlukan saya bagi makan bubur sebelum usia 6 bln?

  • Ola said:

    Dok, umur anak saya sekarang ini 6th 2 bln, terakhir ini setelah dia batuk pilek selera makan menurun dan kurang tidur disebabkan banyak main dgn anak pembantu kami, jadi waktu tidur siang kadang2 aja. Dengan tersebut berat badan anak saya turunmenajadi 30 kg dari sebelumnya 32-33 kg, pertanyaannya, berapa ideal BB dgn usia anak saya?

    Salam.

  • dita said:

    amaksaya lahir 2,3 kg.sekarang dah umur 11 bulan BB nya 7,5 kg apakah itu termasuk kurang gizi ya?saya jadi khawatir…saya minta resep buat makanan bayi umur 11 bulan donk…

  • dita said:

    anak saya lahir 2,3 kg.sekarang dah umur 11 bulan BB nya 7,5 kg apakah itu termasuk kurang gizi ya?saya jadi khawatir…saya minta resep buat makanan bayi umur 11 bulan donk…

  • dewi said:

    Anak saya usia 3 bulan dan terakhir timbang beratnya hanya 4.5 kg, hanya nambah 200 gr dari usia 2 bulan (4.3 kg)padahal wakktu usia 0 – 1 bulan pertambahan BB nya lebih dari 1 kg dan terlihat montok. Apakah anak saya ini termasuk kurang gizi ? Saya hanya memberinya ASI eklusif, namun sejak saya kerja saya memberinya ASI yang saya perah dan masukkan ke botol. Namun anak saya sepertinya susah sekali untuk minum ASI tersebut. Minumnya sangat sedikit sekali, dan lebih senang tidur. Sekarang dia kelihatan tirus, saya sangat khawatir. Apakah saya perlu memberinya tambahan susu formula ? karena ASI saya juga tidak terlalu banyak jika diperah untuk disimpan jika saya kerja

  • Tika said:

    Anak saya sekarang usia 9 bulan dengan berat badan 7.5kg. Normal gak ya?? untuk mengatasi sulit makannya bagaimana?

  • dahlia said:

    met..pagi,,
    anak saya alya lahir 4,1kg sekarang udah 5 bulan beratnya 5kg..
    gimana caranya menaikan BB,saya sangat kawatir sekali? apa mesti dikasih susfor? atau tambahan vitamin?
    dia masih asi ekslusif,(klo lagi nyusu nyedotnya kuat sekali, kadang dia suka ngepeng di PD saya, apalagi PD saya bukan termasuk yang suka banjir alias banyak, setiap 30 menit sekali alya minta nyusu dengan lama nyusu 30menit-an di kedua PD.
    klo dilihat anaknya lincah motoriknya juga bagus. udah bisa tengkurap trus nge balik sendiri.
    klo BAB-nya, setiap hari, atau 2 hari sekali dengan 2X BAB, fesesnya sekarang cair nga lengket atau ada biji2nya, warnanya kuning.
    Pipis-nya sehari semalam bisa lebih dari 15X..atau sehabis nyusu langsung pipis…
    Sekarang,saya+suami lagi batuk pilek, takutnya alya tertular, gimana cara mengobati bayi asi eklusif klo batuk pilek? apa mesti minum obat+vitamin, atau vitamin saja?
    saya tunggu jawabanya…
    makasih

  • widiyati said:

    anak saya lhr 2,7 kg skrng usianya 10 bln brtnya hny 6.8 kg? gmn caranya biar brtnya tambah padahal makannya bnyk, asi dan susu formula juga…trims

  • heny diani said:

    Anak saya umur 9 1/2 bln beratnya 7.7kg..belakangan sering banget sakit dari radang tenggorokan sampai diare.
    Saya kawatir berat badanya umur 1thn gak mencapai 3x berata lahir (3,3kg).susu formula yg low lakctosa makan jg gak terlalu banyakm
    Ada cara u/ menambah BB dan biar nafsu makannya bertambah.seandainya ada vitamin apa yg bagus?

  • yuliana M.T said:

    anakku lhr 2,950kg,skrg dah 3 bln lebih.wkt 3 bln kmrn timbg BB kok cuma 4,7 yah.aku khawatir ada apa2 ma ankku.pdhl wkt 2 bln itu kliatan montok bgt.pdhl minum asi kuat bgt.apa kr aku tinggl kerja trus pergi pagi plg petang.kira2 knp yah..thanks

  • ifha said:

    anak saya lahir beratx 3,9 kg. Skrg sdh masuk 7 bulan tp beratx masi 7.6 kg. Koq pertambahan beratx lambat? Apa solusix?

  • melly said:

    siang doc,anak saya laki2 tgl 18 nov kmrn usianya tepat 1th,berat badannya hanya 9.5kg (lahir 3.2kg),padahal makannya banyak dan bervariasi sejak usia 6bln makannya bubur nasi + dg ayam/daging sapi plus sayur dan buah yg sy blender,skrg makannya kadang nasi lembek,sehari 3xsusunya pun sehari bisa 7x (@120ml),dia aktif & lincah sekali dan perkembangan kemampuannya pun normal,skrg sdh mulai belajar jalan,yg sy tanyakan kenapa badanya kurus trs ya

  • diana said:

    terima kasih sebelumnya…
    anak saya laki laki saat ini berusia 9bln dengan BB 7kg,setiap x saya imun ke DSA selalu di omeli sama dokternya karena bb anak saya naiknya minim sekali,sebelum usia 6bln anak saya hanya dapat asupan dari sufor saja padahal anak saya paling susah minum susu dan sampai saat ini juga masih ogah2an minum susu sampai saya coba berbagai macam merk sufor,yang saya mau tanyakan yg menjadi penyebab bayi tidak mau minum susu dikarenakan apa???bisa direkomendasikan sufor yang terbaik kandungan gizinya dan yg bs menaikkan BB bayi???
    terima kasih atas bantuannya….

  • Umu Zhafa said:

    Anak saya BB lahir 2,95kg. Waktu umur 4 bulan pernah sakit infeksi bakteri selama 1 bulan lebih baru sembuh total (sampe dirawat inap). Sebelum dirawat inap BB 5,8kg, setelah sakit BB 5,1kg. Skrg umurnya 5,5 bulan BB terakhir timbang 5,4kg. Apakah normal? Trims

  • Ibunda Tristan said:

    Anak saya 9 bulan terserang diare lebih dari 2 minggu, (maaf) pup saat ini 2 kali sehari dan masih berbentuk cair. BB anak 7,9. TB 73 cm. Apakah BB anak normal? Bolehkah anak diberi bubur saring 4 kali sehari untuk menambah BBnya.

  • dony said:

    dok istri saya usia kandungannya 8 bulan tapi berat bayinya 2 kilo normalnya berapa ? saya penegn bayi saya lahir normal jadi tolong solusinya dok trimakasih

  • iwan said:

    anak saya 5 th 11 bln , berat hanya 14 kg tinggi 105 cm, bgmna cara nya supaya bs gemuk dan tinggi, kalau makan biasa saja 3 x sehari, tp anak nya aktif , suka saya kasih vitamin. biasa makan banyak tp setelah berapa lama biasa saja

  • Ervin Kusuma Perdana said:

    Bayi saya Keanu umur 50 hari beratnya 3.550grm full ASI (BB lahir 3.648grm) masih normal ga ya? krn dokternya minta kenaikan 1kg/bln, ada info? thanks

  • raharjo said:

    bayi saya umur 6 bulan berat 6 kg, normal tidak ya

  • seo said:

    mau tanya… Bayi saya skrg 2,5bln beratnya sudah 6,3kg. Sejak lahir saya memberikan susu formula karna asi saya kurabg banyak, sementara my baby miminya banyak bangetm sejak minggu ini full susu formula tanpa asi. apakah normal. Untuk usia tersebut berat bdn 6,3?tks

  • seo said:

    Oia..waktu lahir beratnya 3,1kg

  • Astri Wulandari said:

    anak kedua saya perempuan, lahir dg BB 3.4Kg. sekarang usianya 6bln BB nya 6,6 kg, tiap ke dokter untuk imunisasi berat badannya naik tapi sedikit kira2 tiap bulan hanyanaik 400gr. saya cemas sekali apakah anak saya tergolong kurus? minum susu2nya susah sekali!( via email ya)

  • sandra said:

    anak saya perempuan, lahir dgn BB 3.1 kg skrg usia 6 bln BB nya 7,3 kg apakah normal? karna di lihat dari badan anak saya tidak seperti anak lain yg agak berisi dan tidak ada lipatan2 pada paha ato pergelangan tangan.

  • kana said:

    anakku lahir 2.9kg panjang 48. asi exclusive 6 bln, makan dan susu susah sekai. dah pindah2 sp. anak dan ahli gizi. sekarang 23bln, berat 8.2kilo, makan dan susu dah lumayan walau ga banyak. anak sehat, aktif dan cerdas.apalagi yang harus saya lakukan dokter? saya urus sendiri kok…

  • Ika Ipantika S Panuryawan said:

    Ass.wr.wb, saya bundanya Naraya, mau tanya kalo di usia 3 bulan untuk BB normal brapa yach? soalnya Naraya sekarang di usia 3bln beratnya sudah mencapai 7,5Kg apakah itu berat ideal ga yach? soalnya kata dokternya gpp karna saya dan ayahnya mempunyai fostur tinggi untuk BBL naraya dulu 3,4KG TB 50CM dan saya TB 165CM BB 62KG sedangkan ayahnya 179CM BB 70KG apakah faktor itu mempengaruhi untuk ke narayanya? soalnya saya takut kalo naraya kegemukan..? makasih atas infonya

  • kurnia said:

    anak saya lahir 2,3kg
    sekarang menginjak 9 bln bb hanya 6kg memang itu termasuk kurang gizi kata dokter dan skr sedang menjalani perbaikan gizi dokter hanya memberi vitamin saja,
    terus terang saya khawatir banget skr jadi susah makan
    saya mohon kasih masukkan donk dan ksih resep makanan spya bayiku bbnya naik dan gemuk…
    thanks(via email ya)

  • muhayati said:

    BB anak bayi saya waktu lahir 2,4 kg, sekarang usianya 3,5 bulan BBnya baru 3,9 kg. bulan pertama bbnya naik 800 gr, bulan ke dua naik 600gr, sedangkan bulan ke 3 cuma naik 100gr. apakah bb bayi saya masih normal. bagaimana cara meningkatkan bbnya. bayi saya asi eksklusif

  • bundanya erland said:

    Dok, Erland waktu lahir bb 3.2. Skr sudah 15 bulan bb 8.2, sy sudah cek lab 2x salah satunya cek mantoux. Hasilnya bagus. Memang Erland aktifnya pol2an. Akhirnya dsarankan cm pake vitamin aja. Tp smp sekarang ga ad perubahan. Mohon solusinya Dok. Terima kasih…

  • ibuponyo said:

    anak saya Shatara (laki2, 9bln) lahir dengan berat badan 4kg. 2 bln pertama bb naik 1kg/ bln. bulan ke-3 hanya naik 0.5kg menjadi 6.5 kg. bulan-bulan selanjutnya hingga umur 9bln saat ini kenaikkan bbnya sangaat minim. bahkan 1 bln ini hanya naik 100-300gram menjadi 7.5kg. padahal sejak mengenal MP ASI makannya lumayan banyak. apakah kondisi spt itu normal? kadang saya khawatir apakah pertumbuhan anak saya “mandeg”? makanan spt apa saja yg dpt meningkatkan BB anak saya. sampai saat ini anak saya belum mengenal sufor. adakah sufor khusus dan atau vitamin untuk menambah bb anak saya. terimakasih.

  • Nanda said:

    Anakku perempuan,umur 5minggu 1hari,lahir dg bb 3,3kg panjang 50cm,wkt umur 1minggu beratnya turun menjadi 3,1kg,n stlh umur 5minggu beratnya 3,7kg,apakah berat tsb msh normal?apakah perlu tambah susu formula?kelihatannya anakku ini memang gak ndut,tp sepertinya pertumbuhannya memanjang,n kelihatannya dia sehat,responnya jg bgs,n cukup aktif,bab n bak jg normal,kl nyusu jg lama bisa 1-2jam,malah kadang bisa lbh,n asi jg sepertinya lancar krn sering rembes wlw baru menyusui,tp memang perutnya suka berbunyi spt ad angin,apakah hal ini normal?ak n suami termasuk bongsor,tp wkt ak kecil (hingga kls 3sd) ak kurus bgt,apakah ini bpengaruh? saat ini msh asi ex,n ak sangat ingin memberikan asi ex hingga 6bln..tlg infonya,ke email aj ;) thx

  • irwan said:

    anak saya brumur 5 1/2 bulan, susah minum susu formula, sy sudah mencoba beberapa merk susu tetapi hasilnya tetap sama. apakah dengan umur tsb memiliki berat badan 6,9 kg sudah normal?
    mohon saran dan penjelasannya

    terima kasih
    irwan

  • Tari said:

    Malam dok.anak saya perempuan lahir dgn BB 3,22 kg dan PB 48 cm.pd waktu umur 3 bln beratnya 5,7 kg dan beratnya hingga skrg (5 bln) tetap walaupun tinggi badan naik.hingga saat ini masih ASI eksklusif dan krn saya bekerja,dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore anak saya minum ASI perasan sebanyak 450-550
    ml sedangkan malamnya menyusui langsung.saya merasa ASI saya cukup.anak saya sangat lincah dan aktif,tidurnya juga nyenyak dan hanya sekali sakit (sakit cacar air).tapi memang BAB nya 3 hari sekali.Apakah berat badan anak saya normal?jika kurang bagaimana mengatasinya?

  • mama fiera said:

    sore dok anak ke 2 sy lhr 2,4kg saat plg dr rmhskt turun mnjadi 2,220kg saat kontrol usia 3,5 minggu brtnya 2,650kg.kbtulan asi saya sdkt shg dicampur sufor.anak sy terlihat gesit dan tendangan kakinya sangat keras tp tidurnya kdg tidak nyenyak.apakah anak saya berkembang dgn baik?apa yg hrs sy lakukan spy perkembangannya optimal?

  • ari said:

    mlm dok, mau tanya anak saya umur 10 bln BB 7.6kg , sudah 3 bln ini berat BB anak sy gak bertambah padahal nafsu mkn gak ada masalah ,ASI lancar,aktifitas bertambah,dulu minum susu formula tp sekarang dah gak mau lg jd cuma ASI dan air putih saja .habis sakit batuk pilek juga sih tapi dah sembuh .Kenapa ya dok penyebabnya?mohon batuannya.makasih

  • bunda filla said:

    anak saya laki2 sekarang umurnya 7 bln bb nya 6,8 kg panjang 70 cm, BB lahir 2,6 kg.Sekarang minumnya sufor karna sejak usia 2 bln sudah tidak mau ASI lg.
    Yg saya tanyakan,seharusnya bb normalnya berapa? dan menu makanan apa yang dapat meningkatkan BB, serta jenis dan frekuensi pemberian makanan yang tepat?

  • Bunda ayu said:

    Minta tipsnya dok vitamin ap yang bisa membuat badan bayiku berisi skrg umury mo 10bln tgl 11 bb terakhir 8kg,trims

  • Aifha said:

    anak saya lahir 2,45kg
    sekarang menginjak 9 bln 1 minggu BB hanya 6.5 kg memang itu termasuk kurang gizi kata dokter tp nafsu makannya bagus n hyperaktif, skr Aifha sy beri Vitamin Nutrimax, terus terang saya khawatir banget krn skr jadi susah minum susu.
    saya mohon kasih masukkan donk dan ksih resep makanan spya bayiku bbnya naik dan gemuk…
    thanks(via email ya)

  • bunda nana said:

    @all: bunda, gemuk bukanlah indicator anak sehat. 10 indicator seperti iklannya dancow lebih penting.
    mungkin lebih banyak persepsi saja dari orang terdekat kita… yang menumbuhkan kekwatiran kita. tetap sehat…

  • risma said:

    Dok anak saya sekarang 8 bln tapi bbnya 6.4 apakah itu normal..
    seharusnya untuk aak 8 bln berat normalnya berapa?
    thanks

  • Rince said:

    dok berat badan anak saya saat ini 5.4kg apakah ini wajar,
    karena skr berumur 5 bln.

  • Maita Sarah said:

    Waktu lahir anak saya 3,5 kg dengan panjang 48 cm. Sekarang usianya 17 bulan bb nya 8,2 kg. Apakah dia termasuk kurang bb dok?makannya dia sulit, tapi masih mau sedikit2. Dia ga mau minum susu formula tapi sampai sekarang dia masih saya beri asi. bagaimana dok?trimakasih

  • Nur hayati said:

    anak saya umurnya 10 bulan lebih 2 minggu berat badannya hanya 7.3 kg apakah masih ideal, tetapi nafsu makan anak saya cenderung besar atau doyan makan tapi badannya ko tetap kurus

  • suci said:

    anak saya perempuan,,,dy udah 6bln 2mingguan,dan sudah saya kasih makan,,,berat badan dy 7kg lbh,tpi setiap hari dy poops kadang 3kali tpi ga cair,tetap padat poops nya,,,apakah normal ataw engga usia 6bln lbh dgn berta badan 7kg,,,,mksh yaaaaaaaa

  • Besty said:

    Anak sy 1.2 thn berat bdn 7.7 kg.apakah anak tergolong penyakit TB pdhl jarang batuk

  • meyko malik said:

    Anak saya skrg umur 6 bulan berat badannya hanya 5,7 kg. apa BB sudah sesuai dgn umurnya ? krn anak saya sering sakit-sakitan……

  • anna said:

    baby saya usia 11 bulan, berat badan 8.8kg. Trus kena sakit batuk mengakibatkan beratnya turun jadi 8.5kg. Sekarang sedang masa penyembuhan.. Makannya masih mau, cuman kenapa beratnya susah naik ya?

  • wati said:

    baby saya memiliki BBL 3.5 kg,saat ini usia 4 bln diberi ASI ekslusif, kmrn pas di imunisasi ditimbang beratnya 5,9 kg,naiknya cuma 200 gram. bulan pertama nainya 900gr, bulan kedua n ketiga naiknya 600gram. apakah normal? apakah perlu diberi sufor?krna sya khawatir ASI sya sedikit. makasih

  • Bunda Nisya said:

    Met malam dok… sy mw nanya kan soal brat badan bayi sy, skrang sdh b’umur 10 bln tp bbNya masi 7g.wkt lahir bb 2,4 awalX sih naik trus sampai 6 bln mnurun drastis,dan tdk naik lg malah smakin b’kurang.trus makn jg kdang susah, tlong dok solusiX, sy sdh sngat stres karna ini.apa yg hrus sy lkukan? makanan apa dan susu apa yg bgus bwt anak sy ini…

  • bu novi said:

    malam dok
    anak saya devi,usianya 10 bln.dulu lahir cesar bb 3,5 kg 50cm .devi sampai sekarang masih suka nangis terus,orang2 di lingkungan menganggap devi terlalu cengeng.memang dok selama saya hamil psikis saya tidak stabil apakah itu yang menyebabkan devi jadi cengeng.sampai sekarang berat badan devi 7 kg.apakah sudah ideal berat badannya?
    Devi sangat suka makan tp sedikit minum meski sering sy paksakan,minum asi pun sebentar bentar jarang sampai lama.saya bekerja 1 hari penuh .bagaimana caranya devi bs berat badannya naik,nutrisi apa yang dibutuhkan seperti vitamin atau susu apa yg bagus buat devi.

  • fiya said:

    met siang dok
    dok anak saya lahir dg berat badan 2,5kg 46cm setelah umur 2 tahun dengan berat badan 11kg apakah normal, bagaimana caranya ditya bisa berat badannya naik, vitamin dan susu apa yang bagus buat ditya.

  • lisya said:

    anak saya 6 bln, BB 5,9kg. ideal BB 6 bln 5,8 – 7,2 kg kan dok? bagaimana supaya BB anak saya bisa mencapai lebih dari 7,2 Kg di usianya 7 bln nanti? BB lahir 3 Kg. sudah saya beri MPASI. Menu makanan , vitamin apa yg baik untuk menambah BB

  • Eny Agustina said:

    Dok. anak saya umurnya 2.5 bulan tapi berat badannya hanya 4 kg apakah itu normal n gimana caranya supaya cepat naik n gak susah minum.

  • Lily said:

    Anak saya dari 6 bln sampai skrg 11 bulan beratnya hanya berkisar antara 7 – 7,5 kg. bagaimana caranya menaikkan BBnya ya? Padahal oleh DSAnya anak saya sudah sering diberikan Vitamin dan suplemen makan tapi tetap saja anak saya gak doyan makan dan minum SUFOR.

  • bunda Fairah said:

    Dok anak saya usianya 1,5 tahun, dan berat badannya hanya 7 kg. dia susah makan dan g mau minum susu fornula, sedangkan saya bekerja, dan hanya minum asi saat malam. suplemen tambahan suddah saya berikan. gmn dok, minta sarannya. terimakasih.

  • niza said:

    Dok, anak saya sekarang 1 tahun lebih. sebelumnya dia mudah di kasih makan, tapi 2 minggu yang lalu dia demam, batu & pilek.setelah sembuh dia sudah malas makan, klo dikasih makan langsung dikeluarkan dari mulutnya. Saya sangat khawatir, karena berat badannya turun, sekarang 7,5 kg.apakah berat badannya normal dok?? terima kasih sebelumnya.

  • Shushan said:

    Keponakan sayan lahir 3,5kg
    skrg uda 2bln 2mgu beratnya 6,5kg.
    normalkah? seharusya brp?

  • wahyudi said:

    Anak saya umur 18 bulan, BB nya 10 kg. Apa yg bisa saya lakukan untuk menambah BB anak saya.? Terima kasih.

  • Ratna said:

    Bayiku bb lahir 3.4 kg, sekarang usia 5 bulan bbnya 6.1 kg. Apa itu normal? Untuk usia 5 bulan berapa bb idealnya? Trus gimana cara mengatasi bayi yang minum ASInya sedikit? Tks.

  • indah said:

    saya punya anak usia 12 bln bb 8,3 kg. padahal makannya banyak tapi kenapa kok gak gemuk-gemuk ya kok tetap kecil,bagaimana cara mengatasinya.tks

  • maya said:

    Dokter, Anak saya perempuan dg lahir berat 3,8 kg, saat imunisasi usia 4bln berat bdnya menjadi 6,8 kg. Dokter anak mengatakan bahwa berat badan anak saya termasuk kurus, dg alasan seharusnya minimal harus naik menjadi 7 kg krn dibandingkan dg brt lahirnya yg 3,8kg tsb. Mohon masukannya dok

  • Rifka Tagunu said:

    ank sy Filzah lhir 1,800 gr, skrg dah umur 4 blan 2 minggu bb nya hanya 4,8, normal kah itu dok ??? bgmn cranya menaikan bb ank sy?? mhon petunjuknya dok…aplgi skrg lgi mls mnum susu

  • Diana said:

    Anak sy sudah mendekati umur 9 bln, beratnya masih 6.9 kg pd usia 8 bln 3 mg. Anak sy pernah menderita demam thypoid skala 5 pd usia 6.5 bulan, dan sejak itu penambahan berat badannya sangat minim sekali. Mohon sarannya apakah berat badan anak sy msh tergolong normal, karena nafsu makan anak sy msh baik, ASI juga lancar. Makan 3 X sehari dan selingan jus buah 2 X kali sehari. Jd sbg contoh jadwalnya: jam 6 pg sarapan bubur kentang labu kuning brokoli, jam: 9 jus pepaya jeruk, jam 12: makan siang bubur beras merah+sayuran+kaldu daging/ayam, jam 15 jus pepaya jeruk, jam 18: makan malam bubur beras merah.

    Mohon sarannya, apakah menu anak saya sudah memenuhi standar gizi yg baik atau belum.

    Diana

  • dian darmianty said:

    anak saya hanif lahir 12 mei 2010 ,BB 4kg pjg 52cm lingkar kepala 35cm secara normal.
    dan sekarang umur 7 bln lebih…BERATNYA 7,5kg..normal ngak? soalnya makan dan ngemilnya lumayan banyak,sufor jg( bebelac).sejak gigi nya tumbuh jd susah makan skrg.hanif jg minum vit aktavol.tapi byk yg bil hanif kurus…mmm…minta saran donk…gmn biar tambah gemuk.makasih…

  • nita said:

    Malem dok…
    Anak saya Damara usia 6 bulan BBnya 6,2kg apakah itu normal,sejak usia 4bulan
    sudah saya kasih bubur karena nangis trs dan dia mau. Karna saat ini saya ngajar
    Anak saya saya kasih sufor Bebelac dan sejak dikasih bubur susunya jd
    berkurang.Badannya kecil saya ingin anak saya gemuk gmna yaa?

  • tika said:

    anak saya clarin 1,5 tahun berat badanya 9,5 kg apakah normal ?

  • gusep said:

    anak saya sekarang 3 bulan, berat nya 8,3kg. normalkah?

  • sisid said:

    saya sisid. berapa sih berat maksimal kandungan dan ibu hamil?

  • eka said:

    kl berdasarkan pengalaman dan beberapa artikel (lupa)…limit maximalnya 12 kg bund…
    lebih dari itu akan besar ukuran bayinya…sehingga akan sulit untuk keluar. terpaksa dah di caesar.
    (memang setiap org beda2….banyak hal yg mempengaruhi…sampek 15kg aja lancar2 bae…keluar gitu aje)

  • Josanmommy said:

    Met siang dok, saya mau tanya:berapa berat maksimal untuk bayi usia 10 bulan?

  • ana said:

    anak saya 9bln bb 7,2 pahdalan makan n minum susu kuat bb wkt lahir 3,6 apakah anak saya kurang gizi? pahdalan menu makanya sudah seimbang,apa yang mesti saya lakukan?

  • maia said:

    siang dok, anak saya cowok usia 9bulan BB nya 7,4kg. BB lahir 3,3KG.
    menurut dokter waktu imun BB anak saya katanya kurang, bagaimana cara mengatasinya u penambahan BBnya? klo u makan takarannya standar tetapi agak sulit u minum susu karna cuma 120ml setiap minum dan cuma 3btl u siang dan malam. saya minta masukannya dok u masalah kurang minum susunya dan adakah vit yg bagus u penambahan BB nya.thx

  • mama firda said:

    Aslm. Anak q firda skrang umur 10bln. Brtx skitar 7,5 kg-an. Dia menderita TBC n dlm proses pengobatan. Ma’em makin susah. Pa ya penyebabnya? Tp alhamd. Dia aktif banget tp kasian klo ma’em sulit n banyak banget makanan pantangannya. Buah, biskuit, telur, susu. Q jd posing! Help me y! Matutsembahnuwun. ;)

  • lisna said:

    siang….
    saya mau tanya bagaimana cara menaikkan berat badan anak saya????
    jk laki2
    bbl 2300 gram
    skg umur 10 blan bratnya hnya 5kg
    dia minum susu formula,bebelac.
    tlong yach solusinya

  • Bunda Ikram said:

    Bunda Lisna bbl anaknya sama dengan ikram anak q…
    skrg mau masuk 4 bulan bb nya udah 6 kg, ASI saya sedikit tapi saya berusaha memberikan ASI buat Ikram setiap hari meskipun hanya di malam hari, siang dia cuma konsumsi SuFor

  • joan said:

    Anak saya, 1,5 tahun lahir BB 1,4 kg (prematur). Sampai dengan usia 4 bulan bb bagus tapi sampai sekarang ini hampir dibilang mandeg, cuma 7 kg. Itupun sering turun kalau lagi sakit. Menurut dsa hrsnya perkembangannya sama dengan anak normal. Benar gak dok. Trims

  • Alisha Diaz said:

    Anak saya umur jalan 11 bulan.
    Tapi terkahir ukur berat badan cuma 6.9kg.

    Makan juga ga masalah. apa aja mau dimakan. ASI juga masih terus diberi.. Tapi kok beratnya ga naik2 ya?

    Sebagai catatan : Anak saya ga pernah sakit. Pilek aja baru 2 kali, itupun dalam 2 hari sembuh. Diare juga tidak pernah.
    Cuma sepertinya Hyperaktif. ga mau diem.

    Bagaimana kira2 solusinya?

    (balas via email ya)

  • Jessy said:

    Wah.. Pada bingung / stress gara2 berat si kecil ‘tidak sesuai standar’ ya? hehehehe..

    Gak usah pusing bunda.. Standar itu kan yg bikin juga orang…, bukan malaikat. Lagian, ini ada tendensi agar mengarahkan si kecil (terutama yang usianya msh under 6 bln utk mengkonsumsi SUFOR nich hehehe). Ini trick bisnis yang parah!

    Kasian si kecil… Sakit nggak apa nggak, gara2 ortunya ‘panik’ soal berat badan, terpaksa si kecil ‘dipaksa’ minum SUFOR..! :(

  • bunda panji said:

    umur pani sekarang 4 bulan 9 hari. BB nya hanya 5,1 kg. Waktu lahir, beratnya 2,6. Ada yang bilang potensi gizi buuk. disamping itu, sejak usia dua bulan ia bernafas grok-grok..apakah itu peyebabnya smpai BB nya lambat, atau ada hal lain dok?? tengs

  • Bunda Zone said:

    Berat Badan Bayi Kurang…

    Normalnya, berat badan (BB) bayi baru lahir harus mencapai 2.500 gram. Tidak terlalu besar, juga tak kelewat kecil. Sebab kalau terlalu kecil, dikhawatirkan organ tubuhnya tak dapat tumbuh sem……

  • ibnaty said:

    putri saya berumur 1thn bb nya 8,2kg.makan nya banyak sayuran pun dia suka apalagi ikan,saya juga sering kasih buah”an setiap hari,bab nya juga lancar setiap pagi,tidur nya juga selalu cukup,bagaimana cara nya agar putri saya bb nya bisa lebih berbobot,syukran….

  • yeni mei said:

    anak saya berusia 4 bln berat badannya 5,6kg. normal ga ya? saya hanya kasih dia asi. berat lahirnya 3,3 kg panjang 48cm

  • LINDA ARISMAWATI said:

    Anak saya berusia 4 bulan.beratnya sekarang 5.5kg,panjang 61.5cm,saat lahir berat 3kg n panjang 49cm,normal gak ya.?
    Anak saya gak mau nyusu botol,maunya ASI,tapi saya kerja jadi gak bisa selalu di beri ASI,Akhirnya saya kasi makan,bahaya gak ya.?
    apa tips biar anak saya mau minum susu botol.?
    saya sudah beberapa kali ganti susu n model dot,tapi tetap tidak mau,kalau di suap pakai sendok minumnya hanya sedikit2..
    kalau malam anak saya jarang pipis,kadang air pipisnya warna kuning, apa ada penyakit dok.?
    tolong di balas ke email saya..
    thx

  • grosiran pakaian anak said:

    anakku kelebihan berat badan gmn cara ngurangi nya ? kasihan jg klo dikurangi

  • telly kurniawan said:

    anak pertama laki2 saya saat usia sdh 5 bulan bb 6 kg, malah menjelang 6 bulan pernah 6.5 kg, tetapi sekarang mau menginjak 7 bulan malah berkurang jd 5.5 kg, apa penyebabnya, kl susu masih tetap asi, tapi krn bundanya produksi asi tidak lebih dar 2 plastik kecil, maka pemberian asi ya sebatas itu kl siang hari…, makanan tambahan sdh dikasih juga…, mohon penjelasannya

  • bunda alif said:

    Anakku Alif sekarang 8,5 bulan berat 8.5 Kg Panjang 75 CM apa itu termasuk normal, karena Alif terlihat kurus padahal BB Lahir 3,7 Kg
    tolong donk kasih penjelasan

  • rere said:

    anak saya perempuan waktu lahir beratnya 3,2kg.. sekarang udah 8 bulan dan beratnya hanya 6,5kg. berhubung sejak umur 3 bulan sudah tidak minum ASI jadi saya beri susu formula… padahal minum susu formula Nutrilon 800gr bisa habis dalam waktu seminggu, saya beri bubur instan karena diberi bubur saring malah muntah.. walaupun kecil tapi dia aktif, sudah bisa duduk dan merangkak dan sekarang malah sudah belajar berdiri..
    bagaimana cara menaikkan BBnya?

  • mamaprima said:

    dok, anakku berusia 16 hari dg bb lahir 2,19 kg dan wkt kehamilan 38 mg. kelahiran dg cesar.pada saat dioperasi, air ketuban saya telah habis.apakah hal itu mempengaruhi bb anak saya dok? dan bagaimana cara meningkatkan bb bayi?selama ini ia mnum sufor karena asi saya tidak keluar.mohon solusinya.trims ya dok.(balas via email)

  • watik aisyah said:

    Pagi,,dokter,,anak saya umur 9 bulan perempuan lahir 2,6 umur 6 bulan sempet diare masuk rumah sakit 4 hr sembuh sampai sekarang berat badannya baru 6 kg ,,,,saya bingung harus diberi apa saja dalam supan makanannya,,karena konsultasi dokter belum boleh dikasih buah macem2 cuma pepaya sama pisang,,,makannya baru serelaq dan kadang2 camur saya bikini sendiri dicampur nasi ikan sayur,,,gimana caranya biar berat badan anak saya bisa segera cepat bertambah terus?…kasihan ,,tapi kalo segi motorik dia bagus sudah mulai duduk sendiri dan merondang dengan cepet …terima kasih.MOHON Jawabannya via email ke semail saya .sekali lagi terima kasih.

  • yani said:

    baby saya umur nya 5 bln lbh 4 hri dan brat nya 6,3kg apakah msih termasuk normal dok???pls tlong jwban nya???

  • Tumiar Pasaribu said:

    Dear Dok,

    anak saya Dion lahir dengan 4 kg. saat ini usianya sudah 9 bulan etapi berat badannya hanya 7 kg. Bayi saya tidak suka susu formula, sementara saya bekerja. ASI hanya diberikan pada malam hari saja. jadwal makan tiga kali sehari dengan bubur saring. laukpauknya adalah ikan air tawar,brokoli,wartel dan kentam
    apakah anak saya kurang gizi. mohon petunjuk.thanks.

  • Wiwin Hermawati said:

    Anak saya sekarang usianya 15 bulan. waktu lahir BB nya 3.2kg sampai usia 6 bulan BB nya 7 kg…tapi setelah itu BB nya susah naiknya. sekarang BB nya hanya 7,5kg. Anak saya agak susah makannya sampai sekarang masih ASI ..minum susu formulanya juga tidak banyak. Tapi anak saya cukup lincah dan aktif…yg saya khawatirkan adalah makannya yg susah, meski berbagai cara telah saya lakukan.

  • Anang said:

    Anak saya sekarang usianya 16 bulan, dengan BB 9.3 kg, waktu lahir BB nya 2.7 kg. Apakah berat badannya normal, anak saya juga alergi protein susu, jadi sekarang cuma asi dan bahan makanan yg tidak mengandung susu. Bisakah saya diinformasikan tentang berapa seharusnya BB anak saya ? Bagaimana cara mengamati alerginya ? Bagaimana perkembangan ke depan seharusnya terkait dengan alerginya ? Mhn infonya via e mail. Terimakasih.

  • diana izzie said:

    anak saya waktu lahir beratnya 3,25 kg.sekarang anak saya udah berusia 1 thn 2 bln beratnya cuma 8 kg.ank saya juga susah makan,klau berat cuma 8kg apakah itu normal ataw kurang normal??

  • diana izzie said:

    anak saya lahir beratnya 3,25 kg.skrang usia ank sya sdh 1thn 2bln,anak saya jga susah makan,apakah dgn brat 8 kg itu sudah normal atw belum normal??trmksh

  • Mama cha2 said:

    Dok putri sy wkt lahir 2,3kg pertumbuhan sampe 4-5bln normal sampe 4kg,tp mulai 6 sampai skrg umur 9bln kok g nambah2 ya brt bdnnya cm 6,2kg. Nafsu makannya tinggi, masih pake asi. Mohon evaluasi dan sarannya dok….tks

  • saryoto said:

    dok adik saya sudah berumur 6 masuk 7 blan, tapi berat badanya cuma 6 kg tapi kurang, dia bnyak bergerak dan aktif, normalkan berat badan seusia adik saya,,..?
    kalau bisa beri saran yg baik, dan ideal berat badan pada usia 6 sampai 7 blan ini brpa…?
    trimakasih

  • anle said:

    allo bunda……
    wah ternyata banyak ya yg mengalami masalah seperti saya.anak saya sekarang 8 bulan beratnya 8.5 kg. lahir 3.8kg. pas 6 bulan saya kasi makan bubur berras merah dg campuran buah2an seperti alpokat dan pisang. pas 6 bulan BB 7.6 kg. nafsu makannya baik sekali.wah saya senang sekali dia mau makan. tapi ternyata hanya bertahan 2 minggu saja. setelah itu dia tidak mau makan bubur susu lagi.sufor juga tidak mau.jadi cuma ASI dan air putih saja. alhasil pas 7 bulan beratnya cuma 7.8 kg.wah langsung pusing dan panik lah saya.makan tidak mau, minum susfor tidak mau.kalo asi aja apa cukup.akhirnya saja coba berikan makanan yg berbeda dari sebelumnya. saya beri bubur saring dari kentang, ayam, wortel, buncis, keju. kadang kentang saya ganti labu parang. setiap kali mau di berikan ke bayi saya tambah 60 cc sufor dan 2 sendok teh yogart. ternyata makannya lahap sekali. oooo….jadi kesimpulannya bayi itu tau namanya bosen. jadi kita harus pintar2 membuat variasi makanan. bayi saya juga tdk suka sufor ya diakalin dg setiap kali makan ditambah sufor. o ya bunda bayi itu tidak seperti org dewasa kalo makan bisa 3 kali makan padat, jadi cob berikan porsi kecil tapi sering.saya kalo kasi makan cuma 100 cc (60cc sufor ditambah 2 sendok yogart dan bbrp sendok bubur saring hingga sampai 100cc). tapi hati2 ya bunda ada bayi yg alergi terhadap dairy product.
    intinya kalo mau bayi kita bb naik : beri variasi makan, beri porsi kecil tp sering.

  • ica said:

    ica

    anak saya waktu lahir beratnya 3kg
    sekarang usianya 5 bulan tetapi beratnya hanya 5.6 kg
    dia sangat aktif apakah itu mempengaruhi kenaikkan berat badannya
    terima kasih mohon solusinya

  • wahyu said:

    dok ….sy mau tanya anak sy cwk umur 118ln kurang 10hari, bb nya bln kmrn 7,5 kg…hari ini ditimbang 6,8 kg …bb nya turun padahal makan dn minumnya ngk brubah msh lahap….dia aktif skl…cuman klo mlm tidurnya terlalu larut kdg sd sampai jm 12 mlm…(tapi sore jam 7s/d 8.30 mlm tidur habis itu bangun sd jam 12 mlm)…minta saran dok supaya bb anak sy mencapai bb ideal di usianya…bls di mail aja ya thxs

  • rita said:

    anak saya umur 5,5bln beratnya sama wktu umur 4bln 4hr yaitu 6,1kilo tp dia ud bisa duduk,ud merangkak n skrg lg bljr berdiri,apa krn ud byk gerak jd berat badannya gk naik?pdhl asinya kuat…saya pengen kasi asi eksklusif hingga 6bln br kasi bubur,apa perlu kasi skrg ya buburnya?atau dikasi sufor jg?
    mohon sarannya….tq before

  • maslina said:

    bebi sya skang masuk 6 bulan lebih..berat hnya 6.5kg…normal ke

  • irma said:

    Dok…anak saya perempuan lahir dg bb 3100gr, bulan ke-1 naik 900 gr bulan ke-2 naik 500 bulan ke-3 naik 900 gr dan bulan ke-4 (sekarang) naik cuman 200 gr, jadi bbnya cuman 5600 gr. Bayi sy tetlohat kurus dok…yg saya ingin tanyakan : kenapa perbedaan kenaikan bb tiap bulannya sgt jauh dok? Apakah bayi saya termaduk kurus? Terimakasih ya..

  • Hudohadisaksono said:

    Insya Allah istri saya akan melahirkan beberapa hari ke depan, kemungkinan bertepatan dgn Idul Fitri thn ini 1432 h / 2011 m
    Berat bayinya skrg 3,2 kg. Mohon doanya..?

  • toko furniture-mebelanda.com said:

    anak saya sudah berumur 19 bulan. beratnya 10 kg. makannya susah. padahal sudah diberi vitamin penambah nafsu makan. gimana ya..

  • yuyu said:

    anak q 1 stengah taun tapi cuma 9 kg.gimana ya cara nambah berat badannya?udah dicek ke dokter katanya sehat2 aja.tapi susah bgt maem nya,apa lagi kalo ngeliat nasi……tapi dia aktif dan cepat tanggap.tolong dong gmana ya cara menambah BB nya.kasian kurus banget

  • siti maryam said:

    anak saya berusia hampir 1 tahun namun berat badannya masih 7.4 kg normal ga ya? anknya termasuk aktif sekarang sudah lg belajar berjalan gigi sudah tumbuh 4 (atas 2 bawah 2 ) tapi memang anak saya susah minum susu Asi juga ga mau banyak jagi gimana ya solusinya mkasih

  • bunda arya said:

    aq jg sempat bermasalah dengan BB anakq..segala macam cara udah aq coba..akhirnya aq nemu caranya…apapun bahan makanan anakq aq campur dengan nasi 1 sendok trus aq blender (misal:kacang hijau+ nasi satu sendok+ air sedikit)samapi tingkat kekentalan yang diinginkan. anakq 6bulan jd gak terlalu kental..alhamdulillah BBnya merangkak naik..semoga bisa membantu ya..

  • akbar yusuf said:

    assalamu’alaikum wr. wb.
    Dokter, anak saya sekarang sudah berumur 2 tahun tapi beratnya hanya 4,5 kg. napsu makannya cukup tinggi, tapi sering muntah kembali. pada usia sebelum 2 thn kuat skali minum asi dan tidak muntah, tapi kalau dikasih susu bubuk, tidak bisa minum banyak, dan biasanya dimuntahkan kembali. kami sudah sering ke dokter. walaupun, berat 4 kg tp slalu aktif, kecuali lagi batuk pilek. mohon bantuannya dok, kiranya pola makanan seperti apa yang cocok agar tidak muntah dan mempercepat berat badan? dan susu apa yang paling cocok untuk untuk mempercepat naiknya berat badan? mohon bantuannya dok. terima kasih.

  • Ketty said:

    Anak saya lahir BB 2,950.skrg umur 2 bulan lebih 6 minggu BB 4,7.apakah normal?krn keliatannya kurus.thx.

  • Ketty said:

    Anak saya lahir BB 2,950.skrg umur 3 bulan kurang 1 minggu BB 4,7.apakah normal?krn keliatannya kurus..thx

  • Ria said:

    Anak saya perempuan,lahir
    Bb:2,7kg
    Tb:48cm
    Sekarang usianya 6bulan lebih 6hari dengan BB:6,5kg
    Tb:60cm..msi normalkah itu?trus minta resep makanan untuk usia 6bulan keatas

  • Fitri jumiati said:

    Anak sya sdah berumur 1 tahun tapi berat bdanx cma 7,6 kg ja,apakh itu normal y???dy msih ASI smpe skrng,mksd sya mo bantu dengan susu formula,tpi dyax ga mao,mkan pun cman 3 suap,habis tch berhenti sdah.kira2 apa ya solusix biar ank sya enak mkan n mo minum susu formula?

  • nia said:

    sy mau tannya,anak sy lahir dgn bb 2300gr,pada triwulan pertama kenaikannya cukup drastis sampai 2xnya.skr umurnya 4bln,tp kenaikan bbnya mulai berkurang menjadi 200gr perbulannya..skr beratnya 6900gr..apakah itu masih normal?sy masi asi ekslusif..makasii..Op

  • bunda eshan said:

    Anak saya umur 10bln tp BBnya hanya 6,5kg,normal nga y bb anak saya..gmn y agar BB anak saya bisa naek,,dia hanya mau num asi,sudah saya coba kasih sufor berbagaii merk tp dia tdk mau..bls via email az y..thx ats bantuannya;)

  • mama ciea said:

    babyQ ciea umur 7 bulan beratx terakhr 6 kg wkt umr 6 blm krn bln ni blm tmbang jdi blm tau naikx brapa?ciea trmasuk bayi susah makan kadang shari 2x kadang 1x..it pun bnyk ga maux krna dy gmpg b0sen..jdi kalo nyetok bu2r msti 2 ato 3 varian..prgantian rasa 2hr skali..su2x jg gt susah2 gmpg,kalo lg mau mi2k bsa lbh 10 btl 120 cc shari tp kalo lg ga mau cm bs 6 btl sja..yg mau aq tnya anakq trmasuk kurus gak ya?trus cra agr dy mau mkan diapain?

  • nana said:

    baby AyRa (13 bln), beratnya skrg 7,2 kg, panjang ~ 80 cm(ga bisa ngukur akurat, coz ketika diukur, ayra gerak2 terus).
    AyRa didiagnosa kena TB n udh menjalani pengobatan selama 20 hari.
    tp knp sptnya ayra masih ogah2an makan n BB ga naik signifikan seperti yg diharapkan?!. ayra ga mau dikasih UHT. sdh dicoba berbagi rasa, ayra ga mau. smp saat ini ayra masih ASI.. blom campur susu tambahan.
    mohon sarannya. apa yg harus saya lakukan utk nge boost BB ayra?
    terima kasih

  • Araata said:

    Kalau cewek 2,5th berat 11,5 gimana ya…?araata

  • ilham said:

    Bayi saya berat lahirnya 3,05kg dan sekarang beratnya 4,2 kg di umur 3 bulan, apakah normal? karena kadang di lihat lebih kurus ketimbang bayi kebanyakan yang seumurnya,mohon pencerahannya, terima kasih

  • Dewi said:

    Ank kedua sy cowok skrg 13 Bln dgn berat 8,5kg, termsk kurus jika dibandingkan dgn ank laen. Sedangkan abangnya lumayan berisi badannya. Bagaimana ya cara memainkan berat badannya, via email ya. Tq

  • Desi said:

    Anak saya lahir 3100gram, panjang 48cm. skrg 8 bulan bb 8kilo panjang 71cm. dr lahir sampai 5 bulan bb nya naik baik sekali. tp dr 5 bulan kenaikan nya dalam 1 bulan kok sedikit ya paling 2 ons. anaknya sangat aktif. apa pengaruh dr banyak gerak tersebut? mohon infonya,,, trimakasih,,:)

  • Desi said:

    Sorry ralat ,,,
    Anak saya lahir 3100gram, panjang 48cm. skrg 8 bulan bb nya 7,6kilo panjang 71cm. dr lahir sampai 5 bulan bb nya naik baik sekali. tp dr 5 bulan kenaikan nya dalam 1 bulan kok sedikit ya paling 2 ons. anaknya sangat aktif. apa pengaruh dr banyak gerak tersebut? mohon infonya,,, trimakasih,,:)

  • nurbia said:

    Assalamualaikum wr wb
    usia saya 24 tahun. saat ini usia kandungan 7 bulan,namun usia kandungan hanya 600gram,blm mencapai 1kg.apakah janin saya normal?ini adalah kehamilan perdana.banyak yg tidak menyangka usia kehamilan saya sudah 7 bulan karena perut tidak terlalu buncit layaknya orang hamil.saya disarankan banyak makan,justru saat hamil ini,BB naik 13kg krn banyak makan,tpi tidak berdampak pada janin. gmn nambahin BB janin sy supaya beratnya normal layaknya bayi yg baru lahir nantinya?

    wassalam

  • asep said:

    anak saya lahir berat 2.7 kg dan saat ini udah 2 bulan 12 hari mencapai 6.6 kg.

    apakah anak saya kegemukan dan tidak normal.

    anak syaa di kasi asi saja tidak di kasi yang lain,

    paling ibunya yang dikasi madi,susu menyusui, dna buah2an..

    tolong masukannya.

    kalau bisa kirim lwt email ya

  • asep said:

    untuk nurbia.
    cobain banyak makan buah-buahan dan madu,serta susu yg mengandung vtamin dan kalsium, seperti susu prenagen yg besar kandungannya,

    insyaalloh bertambah.

    istri saya walaupun makannya dikit, akan tetapi masukan yang lainnya yang rutin,

    dan pas melahirkan mencapai 2,7kg

    tolong jangan dibikin stres, karna bayi dalam kandungan akan ikut stres
    dia akan merasakan apa yang ibunya rasakan.

    moga bermanfaat. dan sehat selalu ya

  • renty said:

    malam dok,anak saya lahirnya 2kg,skr sdh 6 bln tp beratnya hanya 5kg,apakah termasuk normal,mnt sarannya

  • renty said:

    anak saya dari 4 bln sdh dikasih cerelak,ama pisang,tapi kalau dikasih susu formula susah bangat,skr sdh 6 bln tapi beratnya hanya 5kg,saya jadi sedih tiap nimbang beratnya naik hanya 1-2ons sj, panjangnya skr 61,saya juga bingung knp yah,padahal udah sering konsultasi,tolong masukannya kalau bisa kirim lewat emailnya. makasih

  • fina said:

    selamat pagi…
    anak sy usianya 1 tahun 1 bln berat hy 9 klo, pada saat lahir hy 2.6 ap itu termksuk normal krn segala upaya dan makanan yg mengandung gizi sy sudah berikan tp berat badan nya begitu-begitu saja. sy juga sdh konsultasi ke dokter katanya bert badan nya sudah normal, tapi bagi saya anak saya kelihatan kurus.

  • aisyah said:

    anak saya umur 18bln tp brt bdn na cm 9kg gmana tu cara membuat brt bdn na normal pdhl anknya doyan ngemil n nyusu na kuat tp gak ngrti knp kcl gt cm tinggi bdn na ja yg klihatn wktu lahir 3,3kg tips apa n apa yg hrs sy lakukan d mohon jawabanya,tq

  • aisyah said:

    anak saya dr lahir minum susu formula dy tdk mau asi klo d ksh asi muntah pdhl anaknya aktif n cerdas tp yg bkin saya khawatir dg berat badannya gak naik2 gmana caranya saya mhn jawabannya bs d kirim lwt email,trimakasih

  • susi said:

    bun,anak sy skg da 1 thn lbh 2 bln,tp bbnya br 8 kg.makax bun sy lg pusing. anak sy keliatan sehat BABnya lancar,aktif pula.prnh dibw ke dokter cuma dikasi obt nafsu makan,pdhl anak sy makannya lahap.kl memang mesti cek ada saran g dokter yg bagus bt anak di sekitar jakarta barat.mohon sarannya.

  • irma said:

    sore dok…. Dok mau tanya berat ideal putra & putri saya…. 1. Nazwa, umur 6 thn bb 20 kg, 2. Indri, umur 3 thn bb 14 kg, 3. Alvaro, umur 6 bln bb 7 kg… Berat mereka ideal apa kirang dok???

  • elin said:

    saya punya anak usia 3bulan..tetapi berat badan sekitar 5.4kg sahaja dan tidak berubah sejak usia 2bulan lagi…berapa berat badan ideal untuk bayi saya…

  • rita said:

    Anak saya lahir dgn berat 2,6kg…dan skrg usia nya 6bln dgn berat 5,9kg apakah msh normal?

  • bu usdi said:

    Assalamu’alaikum….anak saya lahir 3,25 kg.skrg umurnya 2 tahun 3 bln, tp berat badannya msh 9 kg lebih. Kondisi makannya banyak malah ditambah susu formula.Anaknya aktif bermain. Kondisi kami sbg org tuanya mmg bukan keturunan badan besar. jadi apakah anak saya trmasuk normal atau perlu dikontrol gizi makannya.mksh (hrp bls di email)

  • Lisbet said:

    dok.bayi saya usianya 6,5 bulan beratnya sekarang 6,4kg, BB lahr 2,9kg.kira2 itu masih normal ga ya??
    dan juga dia minum susu dan makannya tidak terlalu banyak,,,mksh dok

  • Anita said:

    anaku saya cewek umurnya hampir 5 bln,bb nya 6 kilo. orang orang sering bilang bayinya kecil.apa bayi saya bb nya normal n ideal ? harusnya untuk se usia 5 bln .,berat nya berapa ? nuwun

  • bunda madhe said:

    challysta BB lahir 2,3 skrg ud 6bln. Tp BBnya cm 5,3 tu normal ato gk sih?? pdhl maemx byk N’ lahap bgt. Tu gmn y? klo krg, sbaiknya sy ksih vitamin ap y?? krn dr umr 3bln sdh dberi resep dokter momilen. trims,,ditunggu jwbnya..

  • umi said:

    sore,
    anak saya prempuan 6 bln 2 mggu bb 6,4 kg. Berat lahir 3,45 kg. Menurut rumus, 6 bln sharusny 2 x berat lahir. Anak sy dbwhny jd trgolong kurus. Mohon saran bagaimana cara menaikkan bb ny? Makanan apa? Harus brp x dlm shari? Ato mkin hrs vitamin/ suplemen. Bls by email. Tq

  • chery said:

    anak saya 11 bln, sejak 7 bln dia malas sekali minum susu. pake dot tidak mau, disendokkan jg ogah, segala carayg saya tau sdh dicoba. ada yg bs kasih solusi?

  • Hetty said:

    malem dok,

    saya mau konsultasi,anak saya berumur 16 bln,saat ini BBnya hanya 7kg BB lahirnya 3,1kg,dya terkena TBC,sedang dalam pengobatan. yang menjadi kekhawatiran saya dya tidak doyan makan dan minum kecuali asi saja,perlu diketahui dia juga alergi susu sapi,tapi tidak doyan susu soya. saat ini dia belum bisa berjalan walaupun sudah bisa berdiri sendiri.

    apa yang harus saya lakukan untuk mengembalikan BBnya,bagaimana meningkatkan nafsu makan minumnya?dan kenapa dia blm bisa berjalan?
    trimakasih

  • bunda said:

    dok..ank sya lahir dng bb 2,6kg aja.dan skrng usia 3 bln bbx jd 6,3kg…normalkah tu dok?

  • isma yuliani said:

    dok anak saya waktu lahir bb nya 2,6 aja sekarang skrng usia 7 bln bb nya udah 7,1 aja itu normal dok

  • Ira said:

    Anak saya umur 7 bln dan dia sangat aktif bgt orgnya,berat badannya cuma 6 kg aj,gmana yach dok supaya makannya lahap dan beratnya cepat nambah,khawatir juga saya

  • Ree said:

    Puteriku hari ini genap 14bulan. sdh sejak 9bulan dia susah makan. baru bbrapa hari ini bisa makan lahap tp sekarang lagi sakit campak, pdhl wktu 9 bln sdh imunisasi. semalam ke DSA nya, pas timbang BBnya 9kg, kl BB waktu lahir 3400 gram.

    Puteriku termasuk anak yg aktif, sekarang sdh bisa jalan. dia jg tidak suka sufor, cm ASI aja tp ASInya cm sebentar2…

    Apakah normal BBnya sekarang ya, dok?
    terus, asupan gizi dr ASI apakah segitu cukup untuknya?

    Mohon dijawab ya via email,,

    Terima Kasih

  • umi Fatih said:

    anak saya lahir dgn berat badan 1,9 Kg. prematur mmg. 7 bulan lbh. tp alhmdulillh sehat. aktif bgt. skrg umurx 15 bulan. tp berat badanx hany brkisar 7,5-8 kg. naik turun. normal kah?
    akhr2 ini mmg kadg demam.sampe skrg dy hany bs makan bubur biasa. makan nasi/ sejenisx yg agk kasar ga mw. mmg sih dy agak susah makan. hrus dipaksa. tp alhmdulillh bs mkn lumyn bnyk. ASI ttp dtmbah dgn susu formula. susu formula bs hbs smpe 5 botol lbh.blm ditambh ASI. tp berat badnx ga bs naik banyak. ada solusi?(bls via email y. thanks….

  • umi Fatih said:

    o iya dok, dy dianjurkan minum susu soya krn ktx dy alergi. krn mmg pilek trus (dy pilek dri baru lahir krn ibux wktu melahirkn pilek jg). kalo batuk kadang2. tp dy sama sx ga suka minum susu soya. daripada sedikit minumx, akhirx smpe skrg sy kmbali k susu sapi. dan dy minumx banyak. sekedar keterangn tmbhn, 2 mnggu lalu dy rutin kontrol uap di rumah sakit. skrg sudh ga lg krn pilekx sudh ringan. tp skrg dy didiagnosa dokter radang tenggorokan.apa ada hubungannya sma susu sapi yg dy minum ato krn kontrol uap yg dulu sering dy jalankan.mksh bnyk y dok (bls via email).

  • indah said:

    SELAMAT SORE
    SAYA, MAU TANYA DOKTER.
    anak saya saat lahir bb ny hanya 2800 gram.
    skrg usia nya 1 tahun 2 bln. dan bb ny hanya 7.8kg.
    apakah normal ?

    4 bulan lalu anak saya di rawat di rs sampai 2 minggu dan bb ny turun sekitar 3kg.

    kira2 dgn kondisi seperti ini apakah anak sya di blg normal dgn bb yg hnya 7.8 kg .
    selama ini tidak ada masalah dgn nafsu makan dan minum susunya. semua normal dan baik2 saja.
    mohon info nya dokter.
    terimakasih

  • fitri said:

    anak saya sudah diberikan makanan yang bergizi tetapi berat badannya tidak bertambah kenapa ya?

    terima kasih :)
    Info seputar kesehatan Bayi dan Ibu

  • uchi larasati said:

    ass.dok ank sy lki2,berat lahir 2,3kg skrg udh hampir 9 bulan tapi beratnya cuma 5,7kg…susah sekali minum sufor sma makannya…gmna y cara menambh bb nya n vit apa yg cocok untuk mmprbaiki nfsu mkannya…??tks.wss..

  • eka said:

    Selamat malam,,

    Saya mw konsultasi,,
    Kenapa ya bayi saya susah sekali naik nerat badannya? Padahal minum asi dan sufor kuat banget,,
    Bb lahir : 2,9
    BB1bulan : 4
    BB2bulan : 4,7
    BB3bulan : 5,4
    BB4bulan : 5,7

    Apa normal pertamabahan berat sebulan terakhir dok? kalo ada suplemen untuk bayi yg bagus mohon infonya,,
    Thx

  • INO said:

    anak saya 11 bulan 4 hari, waktu lahir bbnya 1945 kg,skrg 11 bulan bbnya 7,4kg,makannya banyak minum asinya jg kuat, apakah anak saya terlalu kurus usia 11 bulan hanya 7.4 kg, gimana cara mengatasinya dok.?terimakasih

  • mama wiily said:

    bagaimana supaya BB bayi kita cepat naik?

  • mama wiily said:

    anak saya lahir 4,3kg dan panjangnya 52cm. Skrg 4bln beratnya 6,9kg dan panjang 67cm. apakah nggak terlalu kurus ya?

  • tri yuningsih said:

    maaf sy mo brtanya sy punya bayi umur 11 bln skrg BBny cm 7,6 kg pdhal wktu lahir lmyn besar 3,5 kg, normal ga yaa?. Sejak msuk 9 bln memang bayi sy susah makan klo dsuapi psti bibiry merapat, kdg2 sk sy sm suami sk paksa spy makan soaly khawatir sm badanny nnti. Sdh dkasih vitamin tp ga mempan. Gmn yaa solusiy? Sy sdh coba menu sayuran sm lauk spy brvariasi tp ga mau jg. Mksi sblmnya atas jawabanny.

  • mama Michella said:

    Anak saya tgl 20 Oktober ini genap 9 bulan tapi BB nya sekarang masih 7,7 kg, padahal saat lahir BB nya 3,5 kg. Apakah itu masih normal?
    Memang anak saya susah minum susu, gimana ya caranya supaya dia mau minum?

    terimakasih.

  • nana rusmana said:

    anak saya baru 1 bln 5 hari tpi berat badanya turun terus yg pas.. lahir berat badanya 2,8 skarng turun 5 ons jdi 2,3 apa penyebanya ya thk salam hangat

  • desy said:

    Usia bayi saya 2,5 bln dg berat 3,6kg…apakah msh normal?
    Waktu lahir BB nya memang kurang, yaitu 2,45 kg…bagaimana ya Dok supaya BB nya bertambah? Soalnya bayi saya hanya minum susu formula krn ASI saya tdk dpt keluar, susu apa yang bagus agar BB bayi saya segera bertambah? Terimakasih dokter..

  • mama rhasya said:

    pagi,
    anak sy usia 14bln,tp BB Ny msih 8kg.Padahal makanny jg banyak,vitamin dan sayuran juga sdh sy berikan.lalu apa penyebab BB anak sy tdk bs naik ya?? trmksh

  • Care Indonesia said:

    Dok,

    kalau anak susah gemuk tapi makan tetap banyak, kenapa ya dok? padahal udah ke dokter anak juga.

    thx.

  • RropyUJKxd said:

    buy tramadol 180 buy tramadol dogs – tramadol get you high

  • EKJafYUmII said:

    soma order soma mastercard – how to buy soma online

  • WuCkpoaayJ said:

    alprazolam 0.5mg 1mg klonopin vs 1mg xanax – buy xanax online illegal

  • LOQRsjpfXn said:

    buy soma online soma fm radio player – buy carisoprodol 350mg

  • puji said:

    anak saya usia 7 tahun,,laki2..
    wktu kecil usia 2 sampai 3 tahun langganan ke prof.dr.agus di RS Hermina bekasi.
    sampai sekarang berat badannya dibawah rata2.., paling kecil diantara anak seusianya. padahal makannya banyak, masuk 4 sht 5 smpurna. susu sudah Pediasure / nutrilon soya.
    saya khawatir sekali.
    bagaimana ya? apakah ada yg pernah mengalami seperti ini?
    mohon sharingnya yaaa..

  • Mama_Fadhil said:

    bayi saya umur 10 bulan 15 hari, berat badannya hanya 7,8 Kg,. lahir prematur dengan berat lahir hanya 1,7 kg, minum susu tidak terlalu banyak, 1 hari kurang lebih 720 ml,. saya berusaha memberi MPASI dengan gizi seimbang, namun berat badannya susah naik, apakah perlu saya bawa ke dokter ahli gizi ? mengingat berat bdannya di bawah rata2,..

    mohon sarannya.
    Trims.

  • ADE SRI HAYATI said:

    Putriku lhr 3,8kg.Sllu ASI,su2 Formula hny 3bln itupun trhnti stlh jatuh dr ranjang krna sdh bs berguling2.Imunisasi selesai smua.Kdg2 sat ada Posyandu hny ditmbang & mnta Vit.A.Skrg usia’y 9bln,sdh bs du2k,merangkak,merambat&skrg mau’y jln titah2.Tapi BB’y cm 8kg,jrg sakit c,plg krna cuaca batuk,pilek tp gk tiap bln kok.Anak’y hiperaktif skali,berceloteh& ska meniru gerakan,makan ska hbs,buah,sayur mau.Normal gak y BB sgitu,trima ksh?

  • hazzahlubis said:

    anakku lahir 2.8kg. sekarang usianya 6 bln krg 4 hari. BBnya 7kg. dan belkangan ini dia enggan mimum susu. gimana ya solusinya

  • hazzahlubis said:

    Bb ankku lahir 2,8. kni usia 5 bln bbnya 7,5kg. tp bbrapa hari ini dia engan minum susu. jd Bbnya nampak berkurang. gmna agr ankku mau minum susu lg. soalnya bayi saya tidak mau asi mlai lahir

  • lis irnawati said:

    anak ku usianya sudah hampir genap 9bulan.tapi bb nya msh 6kg.padahal anak ku doyan makan juga ngemil.kenapa ya apa anak ku kurang gizi?

  • Tony Hackner said:

    Hi…

    [...]this important positive aspects which might be created from knowing about it while you a new[...]…

  • Gertha Godzik said:

    Wow, fantastic blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your website is excellent, as well as the content!. Thanks For Your article about Berat Badan Bayi Kurang | bayi dan anak .

  • nuning said:

    Sore Dok,mohon penjelasannya,anak sy lahir usia kandungan 35minggu dg berat 3.05 kg.wkt usia 2 bln BB 4.7kg,tpi di usia 3 bln BB hny 5Kg.dn skg usia 4 bln blm sy timbang lg,tapi badannya trlihat sangat kecil,keras.walau panjangnya normal..suami sy berperawakan sgt kurus tp tinggi,smntara sy dlm brt bdn normal.apakah faktor keturunan hingga Bayi sy trlihat kurus?mngingat dr kluarga suami smua brbdn kurus..trims ya sy tggu jawabannya.

  • Jerrold Mahalko said:

    Wow, wonderful blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your site is fantastic, as well as the content!. Thanks For Your article about Berat Badan Bayi Kurang | bayi dan anak .

  • zulia amin said:

    pagi dok,,,
    anak sy umur 13bulan tp berat badannya masih 7,8kg sehingga anak sy kurus sekarang masih minum asi soalnya tdk mau minum formula udh sy coba semua merek susu tp masih jg ga mau,,, untuk makannya mau2 aja 3x sehari tp porsinya msh sedikit. apa yg harus sy lakukan supaya berat badan anak sy naik dok?? mksh

  • putri said:

    anak saya usianya 13bln berat badannya 8,4kg,dan bratnya tidak kunjung naik.apa solusinya?

  • ida rosidah said:

    siang dok…maw tanya dok..bayi saya usia 6bln beratnya 6,6kg wktu lahir beratnya 3kg..normal ga ya dok?soalna koq naiknya dikit2 banget..kalo makan dia suka di emut dan minum susu jg dikit,.tp memang saya dan suami juga kurus apa itu berpengaruh?dan bayi saya itu aktif banget dok…gmn ya biar bayi saya bbnya naik dan bagaimana cara mengatasi sulit makannya itu..mohon pencerahannya dok..

    terimakasih

  • Kurus Dalam 2 Minggu said:

    I loved as much as you’ll receive carried out right here.
    The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish.
    nonetheless, you command get got an shakiness over that you wish be delivering the following.

    unwell unquestionably come more formerly again since exactly the same nearly very
    often inside case you shield this increase.

  • Willy said:

    Anak saya lahir premature, saat lahir BB 1,050 kg, skrg sdh 9,5 bln beratnya 6,1 kg… anak saya alergi susu sapi dan soya, wkt usia 1,5 bln diberikan dokter susu Nan Ha, pd usia 8 bln anak sy kena diare dan stlh di cek darahnya kata dokter alerginya sudah hilang, kemudian susunya diganti Lactogen…. tetapi skrg BAB’nya menjadi sulit dan keras…
    Pertanyaanya :
    1. Apakah saya harus kembali ke Nan Ha
    2. Susu merk apa yg cocok untuk menambah BB anak saya

    Terima kasih

  • ugg boots braun said:

    I would like to thank you for the efforts you have put in writing this web site. I am hoping the same high-grade blog post from you in the upcoming as well. In fact your creative writing skills has inspired me to get my own blog now. Really the blogging is spreading its wings quickly. Your write up is a good example of it.
    ugg boots braun http://www.silberhorn.com/stuff/ugg.php?p=ugg-boots-braun.html

  • uggs billiger said:

    Awsome post and right to the point. I don’t know if this is truly the best place to ask but do you folks have any thoughts on where to get some professional writers? Thx :)
    uggs billiger http://www.sensigns.ch/tools/stuff/ugg.php?p=uggs-billiger.html

  • gef?lschte louis vuitton taschen said:

    I think this is one of the most vital info for me. And i’m glad reading your article. But want to remark on some general things, The web site style is ideal, the articles is really great : D. Good job, cheers
    gef?lschte louis vuitton taschen http://www.sensigns.ch/tools/shop/louisvuitton.php?p=gef?lschte-louis-vuitton-taschen.html

  • ugg america said:

    You are a very capable individual!
    ugg america http://www.sensigns.ch/tools/stuff/ugg.php?p=ugg-america.html

  • mulberry purses outlet said:

    A person necessarily help to make significantly posts I’d state. This is the first time I frequented your web page and thus far? I amazed with the research you made to create this actual put up incredible. Magnificent job!
    mulberry purses outlet http://www.nortruck.co.uk/Mulberry-wallet/mulberry-purses-outlet.html

  • tiffany outlet said:

    I haven?t checked in here for a while since I thought it was getting boring, but the last several posts are great quality so I guess I?ll add you back to my daily bloglist. You deserve it my friend :)

  • www.Anteloconsultores.com said:

    That is really attention-grabbing, You’re an overly skilled blogger.
    I’ve joined your feed and look ahead to in search of extra of your magnificent post.
    Also, I have shared your website in my social networks

    Also visit my site … watch Dogs pc (http://www.Anteloconsultores.com)

  • nike shox turbo 10 said:

    Berat Badan Bayi Kurang | bayi dan anak
    nike shox turbo 10 http://www.atrial-traitement.com/boutique/nike-shox-turbo-10.html

  • fitri wulandari said:

    Anak saya usia 2thun berat bdanny hanya 10kg n tinggi kurang lebih 82cm,apapakah anak saya yg kurang gizi ato seimbang pa tidak dengan usia 2thun n berat badannya segitu. Trimakasih mhon kasih saran

  • Alton said:

    That is very fascinating, You’re a very professional blogger.

    I’ve joined your rss feed and sit up for in the hunt for extra of your great post.
    Additionally, I have shared your web site in my social networks

  • Florentina said:

    Heya i am for the first time here. I found this board
    and I to find It truly useful & it helped me out a lot.
    I am hoping to provide something again and aid others like you helped me.

  • Agar Cepat Hamil said:

    Permisi mas, apa ada cara lain untuk mengatasi berat badan bayi kurang ?

    Trims.

    AGA R. W. (http://agarcepathamil.org)

  • http://tiny.cc said:

    Ahaa, its nice dialogue on the topic of this paragraph
    here at this webpage, I have read all that, so at this time
    me also commenting here.

  • ice hockey team jerseys said:

    New Jersey Devils jerseys customized For Best Sale Paypal

  • Victorina said:

    WOW just what I was looking for. Came here by searching for browsers for pc firefox

  • Anderson said:

    I like it when individuals get together and share
    opinions. Great website, stick with it!

  • Elsa said:

    Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though
    you relied on the video to make your point. You definitely know what youre talking about, why throw away
    your intelligence on just posting videos to your weblog when you could
    be giving us something informative to read?

  • Helen said:

    As the admin of this site is working, no question very soon it will be well-known, due to its feature contents.

  • Gemma said:

    It is appropriate time to make some plans for the future and it
    is time to be happy. I’ve read this post and if I could I
    desire to suggest you some interesting things or suggestions.
    Perhaps you can write next articles referring to
    this article. I desire to read more things about it!

  • Sheri said:

    Howdy would you mind sharing which blog platform you’re working with?
    I’m looking to start my own blog in the near future
    but I’m having a difficult time choosing between BlogEngine/Wordpress/B2evolution
    and Drupal. The reason I ask is because your design
    and style seems different then most blogs and I’m looking for something unique.
    P.S Sorry for being off-topic but I had to ask!

  • Vonnie said:

    Asking questions are truly nice thing if you are not understanding
    anything fully, except this post provides nice understanding even.

  • Simone said:

    What’s up i am kavin, its my first occasion to commenting anyplace, when
    i read this paragraph i thought i could also make comment due
    to this sensible paragraph.

  • Arthur said:

    Hi! I could have sworn I’ve been to this site before but after browsing through some of the post I realized it’s new to
    me. Anyhow, I’m definitely glad I found it and I’ll
    be book-marking and checking back often!

  • Barry said:

    Outstanding quest there. What occurred after? Good luck!

  • fitflops sale usa said:

    fitflops sale usa…

    brown fitflops mens fitflops fitflops supertone disney fitflops fitflops on sale sale on fitflops red fitflops fitflops pietra fitflops sale usa rokkit fitflops…

  • cheap Pistons authentic jerseys said:

    Chicago Bulls band jerseys

  • nanoo said:

    okay so i downloaded firefox. i’ve been using firefox for a while, and all a sudden when i x’ed out my firefox and opened it again it wont go to websites, it wont even say page not displayed. it will just be blank. so i unstalled it and re stalled it and it worked when it was launched from the reinstal but when i x’ed it out again and opened it it showed blank. does anyone know how i can fix this????.

  • wholesale cheap Ravens jerseys said:

    76ers,we promise to offer the best jerseys for customers.

  • nura ningsih said:

    Dok, di usia kandungan saya 8 bulan pada wagtu USG berat badan saya 80kg + bayi saya 2.1 kg apakah itu normal dok???
    Dan posisi bayi saya di usia 8 bulan kepalanya masih di atas apakah masih ada perputaran lagi di usia yang 9 bulan dok.. mohon jawaban nya dok, trimaksih

  • Buy League Of Legends Codes By Freeleagueoflegendscodes.Com said:

    My brother recommended I might like this blog. He was entirely right.

    This post actually made my day. You cann’t imagine simply how much time I
    had spent for this info! Thanks!

    My page … Buy League Of Legends Codes By Freeleagueoflegendscodes.Com

  • windows audio converter windows 7 said:

    hello!,I love your writing so a lot! proportion we communicate more
    about your post on AOL? I require an expert in this house to
    resolve my problem. May be that’s you! Having a look forward to
    peer you.

  • cecstlucia.com said:

    I have read so many articles or reviews concerning the blogger lovers however this post is truly a pleasant paragraph, keep it
    up.

  • webaapps.co.uk said:

    After all, you’re blessed to find such a
    great catch after 40. Our Volunteers implement them here for our animal’s enjoyment.
    Read on and use the format below: For an important position, your
    resume should show that you have the skills and experience to excel in a management position.

  • Zinc said:

    Link exchange is nothing else except it is just placing the other person’s webpage
    link on your page at suitable place and other person will also do
    similar for you.

  • new click here said:

    new click here…

    Berat Badan Bayi Kurang | bayi dan anak…

  • audioriver 2013 galeria said:

    I’m very pleased to uncover this great site. I need to to thank you for ones time for this wonderful
    read!! I definitely savored every part of it and i
    also have you book marked to see new information in your website.

  • Seo Training in Chennai said:

    Webset provides SEO Training in Chennai, one of the BEST SEO Training Institute in Chennai.

    We offer SEO Courses in Chennai with Live Project.

    Learn advanced SEO course in Chennai. Our experts will train you equally to
    corporate level. We are delivering best SEO Training in Chennai with current SEO
    trends of online technologies.

  • m88bc said:

    Piece of writing writing iis also a excitement, if
    yoou know then youu can write otherwisee it is complex to write.

    my webpage m88bc

  • Best personal loans toronto said:

    Best personal loans toronto…

    Berat Badan Bayi Kurang | bayi dan anak…

  • dao tao seo said:

    Good day! This is my first visit to your blog!

    We are a collection of volunteers and starting a new project in a community in the same niche.
    Your blog provided us beneficial information to work on. You have done a wonderful job!

  • outer beauty said:

    Aw, this was an extremely nice post. Finding the time and actual effort to produce a great article… but what can I say… I hesitate a
    whole lot and don’t manage to get nearly anything done.

  • http://4ic.be/401ktogold86604 said:

    Some methods of ounce trading. Some of those who do not scratch
    each other. A medium sized living room are still left in the more common amalgam fillings.
    GodAn Indian priest walks outside the home page.

    Buying gold stock options, ounce really shine. Troy NiklasA matchup nightmare at 6’6″ and drive up Row River to the lens of the three Olympic Games. This amazing art work is necessary to your gold from the dream he is. It was not life-threatening, he packed his bags, use fiat currency being pumped into the gold paint.

    my page; gold ira investment (http://4ic.be/401ktogold86604)

  • how to take care of orchids said:

    hey there and thank you for your info – I’ve definitely picked up anything new from right here.
    I did however expertise some technical points using this site, as I
    experienced to reload the site a lot of times previous
    to I could get it to load correctly. I had been wondering if
    your web host is OK? Not that I’m complaining, but slow loading instances times will very frequently affect your placement in google and could damage
    your high quality score if ads and marketing with Adwords.
    Anyway I’m adding this RSS to my e-mail and could look out for
    a lot more of your respective intriguing content. Ensure that you update this again soon.

  • in style hair said:

    Remarkable! Its really awesome paragraph, I have got much clear idea on the topic of from this paragraph.

  • servere second hand enasistem said:

    com to study a wide range of opinions so you can type your own viewpoint.

    Apple computers are great for learning since they offer a completely different
    software suite and operating system than a Mac.
    So if you are looking for green and cheap office equipment, then you definitely need to buy a refurbished printer from Hp or Xerox.
    servere second hand enasistem

  • video converter websites online free said:

    It’s actually very complex in this active life to listen news on TV, so I just use the
    web for that purpose, and take the most up-to-date news.

  • buy audio books online said:

    What’s up friends, its impressive piece of writing concerning cultureand fully defined, keep it up all the time.

  • Zora said:

    Asking questions are truly nice thing if you are not understanding anything totally, except this article presents good understanding yet.

    Feel free to surf to my site web site (Zora)

  • rent audio books online said:

    Because the admin of this website is working, no hesitation very shortly it
    will be well-known, due to its quality contents.

  • cna training in mn said:

    Hey! This is my first visit to your blog! We are a collection of volunteers and starting a new project in a community in the same niche.
    Your blog provided us beneficial information to work on. You have
    done a extraordinary job!

  • xilisoft psp video converter said:

    We stumbled over here different web page and thought I may as well check things out.
    I like what I see so now i’m following you.
    Look forward to exploring your web page for a second time.

  • video game high school season 2 episode 4 said:

    What’s up colleagues, pleasant paragraph and good urging
    commented at this place, I am in fact enjoying by these.

  • audio books free download said:

    Wow! Finally I got a blog from where I be capable of in fact obtain useful information regarding my study
    and knowledge.

  • real media player said:

    Do you mind if I quote a few of your articles as long as I
    provide credit and sources back to your website?
    My website is in the exact same area of interest as yours and
    my visitors would genuinely benefit from some of the information you
    present here. Please let me know if this ok with you.

    Thanks!

  • audio converter wav pcm header said:

    Howdy! This is my first visit to your blog! We are a collection of volunteers and starting a new project in a community
    in the same niche. Your blog provided us beneficial information to work on. You have done a wonderful job!

  • video converter nwinia 6.8 said:

    My partner and I stumbled over here by a different website and thought I
    may as well check things out. I like what I see so i am just following you.
    Look forward to checking out your web page again.

  • video converter to mp4 format said:

    I like the valuable info you provide in your articles. I will bookmark your blog and check again here frequently.
    I am quite certain I will learn lots of new stuff right here!
    Good luck for the next!

  • online video editor said:

    I have been exploring for a little for any high-quality articles or blog
    posts in this sort of house . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this site.
    Studying this information So i’m glad to express that I’ve a very
    just right uncanny feeling I discovered just what I
    needed. I most indubitably will make certain to do not forget this web site and provides it a glance regularly.

  • avs audio converter free said:

    When I originally commented I clicked the
    “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment is added
    I get several emails with the same comment. Is there any way you can remove people from that service?
    Cheers!

  • media take out 2013 said:

    It’s an amazing piece of writing in support of all the web visitors; they
    will get advantage from it I am sure.

  • easy video to audio converter said:

    Magnificent beat ! I would like to apprentice while you amend your site,
    how can i subscribe for a blog website? The account aided me
    a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of
    this your broadcast offered bright clear concept

  • yahoo video picks said:

    After going over a few of the blog articles on your web page, I honestly like your technique of writing a blog.
    I added it to my bookmark site list and will be checking back in the near
    future. Please check out my web site as well and let me know what you think.

  • videos youtube music said:

    Hi mates, nice article and pleasant arguments commented at this place, I am truly enjoying by these.

  • audio converter online said:

    Wonderful article! We are linking to this great content on our website.
    Keep up the great writing.

  • media daily news nielsen obit said:

    This is my first time go to see at here and i am truly pleassant to read
    everthing at alone place.

  • travel umroh jakarta said:

    I don’t know whether it’s just me or if perhaps everyone else experiencing issues with your website.
    It appears as though some of the text on your posts are running off the screen.
    Can somebody else please provide feedback and let me
    know if this is happening to them too? This might be a issue with
    my internet browser because I’ve had this happen before.
    Cheers

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.