Home » Kesehatan Bayi / Anak

Demam Pada Anak

19 November 2008 91 Comments

Ulasan yang berkaitan dengan:
-demam pada bayi/anak
-panas tinggi pada bayi/anak
-kejang pada bayi/anak
dan cara mengatasinya. Diambil dari milis ayah bunda

Demam Pada Anak (Pls Read)
Merupakan Notulen Seminar “Fever In Children” dengan pembicara dr. Purnamawati

Definisi Demam:
Demam adalah kondisi dimana otak mematok suhu di atas setting normal yaitu di
atas 38C. Namun demikian, panas yang sesungguhnya adalah bila suhu > 38.5C.
Akibat tuntutan peningkatan setting tsb maka tubuh akan memproduksi panas.

Tiga Fase Demam
1. menggigil – sampai suhu tubuh mencapai puncaknya,
2. lalu menetap
3. dan baru akhirnya turun

Bagaimana dan Mengapa Demam Timbul
Peningkatan suhu tubuh ini disebabkan oleh beredarnya suatu molekul kecil
di dalam tubuh kita yang disebut dg PIROGEN – ZAT PENCETUS PANAS.

Apa yg menyebabkan terjadinya peningkatan pembentukan pirogen? Banyak,
seperti infeksi, radang, keganasan, alergi, teething, dll.

Inflammation – Fever
Pertama, RADANG. Apa sih radang itu? Infeksi?
Dalam bahasa inggris, radang adalah INFLAMMATION, bukan infection. Dengan
demikian, radang bisa disebabkan oleh infeksi tetapi bisa juga bukan karena infeksi.
Kalau karena infeksi, bisa infeksi kuman (bakteria) atau karena infeksi virus, jamur, parasit; tetapi kebanyakan infeksi pada bayi dan anak disebabkan oleh virus.

Apa penyebab radang yang bukan infeksi? Bisa alergi (yang tersering), bisa juga trauma, tumbuh gigi (teething), atau karena penyakit autoimun (ada kesalahan “program” di dalam tubuh dimana organ tubuh dikira sebagai “musuh” dan diserang oleh sistem imun.

Kedua, apa itu INFEKSI?
Infeksi adalah masuknya jasad renik (micro organisms atau mahluk hidup yg
sangat kecil yang umumnya tidak dapat dilihat dengan mata) ke tubuh kita.
Masuknya micro-organisms tersebut belum tentu menyebabkan kita jatuh sakit, tergantung banyak hal antara lain tergantung seberapa kuat daya tahan tubuh kita.

Bila sistem imun kita kuat, mungkin kita tidak jatuh sakit atau kalaupun sakit, ringan saja sakitnya, bahkan tubuh kita selanjutnya membentuk zat kekebalan (antibodi). Mikro organisme atau jasad renik tsb bisa kuman bakteri,bisa virus, jamur, dll

Ketiga, DEMAM. Apakah demam itu? Penyakit atau gejala?
Demam bukan penyakit, demam adalah gejala bahwa ada sesuatu yang sedang terjadi di dalam tubuh kita. Batuk, muntah, diare juga bukan penyakit, melainkan gejala. Berhadapan dengan gejala-gejala tersebut, yang terpenting adalah mencari tahu APA PENYEBABnya.

Apakah DEMAM ITU PASTI INFEKSI? Belum tentu, meski yang terbanyak adalah
akibat infeksi. Pada bayi dan anak kebanyakan adalah infeksi virus.

Mengapa kalau infeksi harus demam?
Sudah terbukti bahwa demam sengaja dibuat oleh tubuh kita sebagai upaya membantu tubuh menyingkirkan infeksi.
Pd saat terserang infeksi, maka tentunya tubuh harus membasmi infeksi tsb.
Caranya? Dengan mengerahkan sistem imun. Pasukan komando untuk melawan infeksi adalah sel darah putih dan dalam melaksanakan tugasnya agar efektif dan tepat sasaran, sel darah putih tidak bisa sendirian, diperlukan dukungan banyak pihak termasuk pirogen. Pirogen itu membawa 2 misi:
1.Mengerahkan sel darah putih atau leukosit ke lokasi infeksi
2.Menimbulkan demam yang akan membunuh virus karena virus tidak tahan suhu
tinggi, virus tumbuh subur di suhu rendah.

Dimana peran obat penurun panas?
Obat penurun panas, bekerja menghambat ensim Cox – sehingga pembentukan
prostaglandin terganggu-yang selanjutnya menyebabkan terganggunya peningkatan
suhu tubuh. Obat penurun panas samasekali tidak mengobati si penyebab demam itu sendiri.
Obat-obatan yang justru dapat meningkatkan suhu tubuh Anti-cancer,
Antibiotics (ampicillin, clox, tetra, lincomycin, Bactrim, Septrim, INH, Flagyl), Cimetidine, Primperan

Cara mengatasi demam
1.Minum banyak, karena demam dapat menimbulkan dehidrasi (baca “kerugian yg
dapat terjadi karena demam”).
2.Kompres anak dengan air hangat.
Kok bukan dengan air dingin? karena apabila diberi air dingin, otak kita akan
menyangka bahwa suhu diluar tubuh dingin sehingga otak akan memerintahkan tubuh
untuk menaikkan suhunya dengan cara menggigil sehingga memproduksi panas.
Akibatnya suhu tubuh anak bukannya turun, melainkan tambah panas.
Sebaiknya kompres dilakukan ketika: anak merasa uncomfortable, suhu mencapai 40C, pernah kejang demam/keluarga dekat pernah menderita kejang demam atau anak muntah2 sehingga obat tidak bisa masuk. Cara melakukan kompres: taruh anak di bath tub mandi dengan air hangat (30-32C) atau usapkan air hangat disekujur tubuh anak. Kalau anak menolak, duduk di bath tub beri mainan & ajak bermain.
3.Beri obat penurun panas, acetaminophen atau paracetamol seperti tempra, panadol, atau paracetol, tylenol, sesuai dosis. Kapan obat penurun panas diberikan? Bila suhu di atas 38.5C, atau bila anak uncomfortable. Sebaiknya jangan berikan obat demam apabila panasnya tidak terlalu tinggi (dibawah 38.5C).

Complication
Demam itu umumnya justru dibutuhkan sebagai salah satu bentuk perlawanan tubuh terhadap infeksi. Tetapi apakah ada sisi negatifnya? Kerugian yang bisa terjadi akibat demam:
1.Dehidrasi – karena pada saat demam, terjadi peningkatan pengeluaran cairan tubuh sehingga dapat menyebabkan dehidrasi.
2.Kejang demam, tetapi kemungkinannya sangat kecil. Selain itu, kejang demam hanya mengenai bayi usia 6 bulan sampai anak usia 3 tahun. Terjadi pada

hari pertama demam, serangan pertama jarang sekali terjadi pada usia < 6 bulan atau > 3 tahun. Gejala: anak tidak sadar, kejang tampak sebagai gerakan2 seluruh tangan dan kaki yang terjadi dalam waktu sangat singkat. Umumnya TIDAK BERBAHAYA, tidak menyebabkan KERUSAKAN OTAK.

Principles in fever management
Apa yang terpenting dalam menghadapi anak demam?
-Mencari tahu apa penyebab panasnya.
-Dengan mengetahui permasalahan, maka kita dapat bertindak secara rasional.

Prinsip utama tata laksana demam (sesuai panduan Mayo Clinic USA) :
-Orang tua tidak perlu panik, umumnya demam tidak membahayakan jiwa. Hal utama yang perlu dilakukan adalah mengamati perilaku anak. Bila saat suhu agak rendah anak masih tetap aktif, masih riang, masih mau main, maka kita tidak perlu cemas.
-Jangan memberikan obat panas bila demam tidak tinggi
-Cegah kemungkinan terjadinya dehidrasi
-Mengetahui kapan harus cemas dan harus menghubungi dokter

Di lain pihak, setiap penyakit itu ada nature nya masing2, misalnya common cold – 3 – 10 hari – ya jangan minta 1-2 hari sembuh. Kita tidak bisa melawan alam.

American Academy of Pediatrics – membuat rekomendasi penanganan demam dengan
mencantumkan kondisi-kondisi dimana orang tua harus menghubungi dokternya:
-Bila bayi berusia < 3 bulan dengan suhu tubuh ³ 38C
-Bila bayi berusia 3 – 6 bulan dengan suhu tubuh ³ 38.3C
-Bayi dan anak berusia > 6 bulan, dengan suhu tubuh ³ 40C

Beberapa kondisi lainnya dimana anda perlu berkomunikasi dg dokter
-Tidak mau minum atau sudah mengalami dehidrasi
-Iritabel atau menangis terus menerus, tidak dapat ditenangkan
-Tidur terus menerus, lemas dan sulit dibangunkan (lethargic)
-Kejang
-Kaku kuduk leher,
-Sesak napas
-Gelisah, muntah, diare
-Sakit kepala hebat

Dengan demikian, pemeriksaan laboratorium pada hari pertama demam, umumnya tidak diperlukan kecuali pada kondisi seperti yang dikemukakan di atas.

Panduan praktis menangani anak demam:
-Ruangan dijaga agar tidak panas, pasang kipas angin. Anak memakai baju yang tidak tebal
-Ekstra cairan, Minum sering: Air, air sup, jus buah segar yang sudah dicampur air, es batu, es krim. Bila sering muntah atau diare, beri minuman yg mengandung elektrolit:
pedialyte, oralit
-Biarkan anak memakan apa yang dia inginkan, jangan dipaksa. Hindarkan makanan yang berlemak, makanan yang sulit dicerna.
-Tepid sponging (kompres air hangat)
Anak tidak masuk sekolah, tetapi bukan berarti harus di tempat tidur seharian.

Sponging to ease fever
Kompres untuk meredakan demam
Tidak jarang orang tua terperangah bila saya tidak memberikan obat dan
menyatakan - cukup kompres saja.
Kompres hangat akan menurunkan suhu anak dalam waktu 30 – 45 menit.

Kapan kita mengompres anak demam?
1. Uncomfortable
2. Suhu (40C)
3. Pernah kejang demam atau keluarga dekat pernah menderita kejang demam
4. Muntah-muntah sehingga obat tidak bisa masuk

Bagaimana cara mengompres anak demam?
1. Taruh anak di bath tub/ember mandi yang diisi air hangat bersuhu 30 – 32C; atau
2. Usapkan air hangat di sekujur tubuh bayi/anak
Bila anak menolak, suruh duduk di ember/bath tub, beri mainan, ajak bermain

Menggigil,Kejang
Management of febrile convulsion
Orang tua sering sulit membedakan antara menggigil dengan kejang.
Pada saat anak menggigil, anak tidak kehilangan kesadaran, tidak berhenti napasnya. Anak menggigil karena suhu demamnya akan meningkat. Orang tua juga sulit membedakan antara kejang demam/steup – dg kejang akibat infeksi otak.

Kejang akibat demam bersifat generalized (melibatkan seluruh tubuh), berlangsung sekejap, setelah kejang – anak sadar.
Kejang akibat infeksi otak berlangsung lama, berulang-ulang, lehernya
kaku, dan sesudah kejang, anak tidak sadar.

Sebaiknya org tua menghitung lamanya kejang dengan watch stop – tidak jarang, akibat penampilannya yang menakutkan, maka orang tua merasa kejangnya lama meski sebenarnya hanya berlangsung dalam detik atau menit.

Beberapa panduan praktis menangani anak kejang demam:
-Tetap tenang, jangan panik, amati kondisi anak dengan seksama
-Baringkan anak/bayi di tempat yang aman (lantai)
-Saat anak kejang, jangan di “rejeng” (untuk mencegah terjadinya fraktur)
-Cegah agar saat kejang anak tidak tersedak (posisi anak tengkurap atau miring)
-Jangan taruh benda apapun di dalam mulut anak (misalnya sendok)

Fever Medication (obat demam) -Konsultasikan dengan dokter

Ibuprophen AcetaminophenAcetosal Metamizole
Effect NYERI, demam, fever, inflamasi DEMAM, nyeri Nyeri, demam,
inflamasi Nyeri, demam, inflamasi
Dosis 5-10 mg/kg 10-15 XX XX
Efek samping Iritasi lambung/saluran cerna (perdarahan), Gangguan
ginjalJangan berikan bila anak muntah2 dan atau diare Paling aman – asalkan
dosisnya tidak berlebihanBila overdosis, dapat menyebabkan kerusakan hati Sindrom Reye (gangguan otak dan hati), iritasi lambungTidak dianjurkan: Anak < 12 tahun, infeksi virus Bone marrow suppression

Beberapa prinsip yang perlu dicatat:
-Jangan berikan 2 obat demam misalnya acertaminophen dengan ibuprofen atau acetaminophen dengan aspirin.
- Sebaiknya jangan campur acetaminophen dengan phenobarbital (luminal).
Luminal menekan ensim hati yang kerjanya menetralisir acetaminophen sehingga kadar acetaminophen di darah akan meningkatkan dan meningkat pula risiko intoksikasi acetaminophen.
- Jangan campur obat demam dengan steroid (prednison, oradexon, kenacort, dll) karena steroid akan meningkatkan risiko perdarahan saluran cerna.
- Acetaminophen merupakan obat yang paling aman selama dosisnya diberikan dengan tepat (tidak berlebih).
- Jangan obati demam yang tidak tinggi.
- Jangan berikan aspirin (ASETOSAL/ASPILET) pada anak < 12 tahun. Pada infeksi virus, aspirin akan meningkatkan risiko SINDROM REYE, suatu kondisi berat yang mmenyebabkan gagal hati dan penurunan kesadaran.

Umumnya, demam bukan merupakan kondisi yang membahayakan jiwa. Demam
justru merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang membantu kita membasmi infeksi, yang paling penting adalah mencari tahu penyebab demam dan memahami saat orang tua harus mengontak dokter anaknya. Oleh karena itu, bila demam tidak tinggi, jangan berikan obat demam, tidak perlu dikompres, minum banyak saja.

Obat demam dan kompres hangat hanya diberikan bila demam tinggi atau anak
merasa “uncomfortable”. Upaya yang penting lainnya adalah mencegah komplikasi dehidrasi dengan memberikan anak minum lebih dari biasanya.

Best Regards,

BRILIYANTI DWIWIRANTI 

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

91 Comments »

  • vidensia said:

    tindakan pertama mengatasi demam pada bakita umur sebulan

  • Demam…. ~_~ « My Castle said:

    [...] maka sebagai ibu kita ga boleh demam hihihihi….. kok bawaannya ngelantur. OKEH silahkan cek URL ini, bagus banget buat referensi mengurus bayi tercinta ^_^ [...]

  • sofa said:

    bu anak saya menurut hasil labolatorium karena overdosis fungsi hatinya tinggi, usia anak saya 2.5 thn.apa yang harus dilakukan ,give me comment ya dok

  • eni dwi pa said:

    anak cewek kedua sy umur 9 bln dgn berat 7,250 kg, apa itu bisa dibilang normal? jus/mkn.penunjang apa yang baik buat seumur anak sy ya? trimakasih bantunnya..

  • siti said:

    bu anak pertama saya berusia 5 1/2 bln. dia mengalami muntah2, diare, dan panas tinggi…itu terjadi tgl 2 may 2009 kemarin.
    aku sudah membawanya ke bidan dan dokter tetapi tdk ada perubahan
    setelah 5 hari panas nya justru semakin tinggi lidah dan mulutnya pecah2… lalu dalam ke adaan panik aku membawanya ke RS Sari Asih Tangerang… dia di sana di rawat selama 3 hari tetapi nyawanya tidak tertolong juga…dokter mendiagnosa dia terinfeksi di bagian paru2 dan itu penyebabnya apa aku blm tau pasti…
    disini aku mau nanya bu kira2 apa penyebabnya penyakit anak aku.???

  • poppy said:

    Ibu, mungkin ibu pernah mendengar cerita tentang baby sitter yang suka menyiksa baby kita.. ibu perlu membaca artikel ini

    Menangkap basah baby sitter

  • yetty said:

    anak saya lahir tgl 13-08-07 sudah mengalami kejang/steup sampai saat 2x, apa efek sampingnya dan apa pencegahannya supaya tidak mengalami lagi, trims

  • sariajiban said:

    Dear dokter,

    anak pertama saya umur 3,4 tahun sudah 3 x ini steup/kejang, dulu umr 7 bulan 11 bulan kmd 3 tahun kemarin, kemungkinan ada faktor keturunan dari ayahnya tetapi ayahnya tidak mau mengakui pdahal secara tdak sengaja ibu mertua saya pernah bercerita dulu, dia kan seperti itu, sampai kapa? apan pencegahannya?, cara pencegahan? obat yang harus d9iberikan? apakah anak yang sering steup akan berpengaruh pada otaknya atau bodoh??
    mohon penjelasan

    regards

    Sari

  • Bunda ayra said:

    Dear dokter
    Anak saya ayra umur 4bulan kurang,skrg ini lagi pilek dan susah buat bernapas karena lendir2 dihidungnya,apa tindakan yg harus saya lakukan saya sudah pergi kebidan dan diberi obat etamox amoxicilin apa itu baik untuk anak saya,

  • ita said:

    dear dokter
    anak saya baru berumur 4 bln, sudah saya kasih makan bubur bayi instan, selama dikasih minum susunya berkurang. gimana solusinya supaya anak saya tetap mau minum susu formula..

  • Angel said:

    docter tolong..anak sy 1 tahun sudah demam lebih 10 hingga 14 hari demam x hilang hilang…asyik naik turun …tapi x berhenti..macam mana dh cuba bagi banyak paracetamol 120mg hingga 250mg…x guna pun demam x pegi…ubat subb pun dh cuba sampai 7biji macam mana nii bagi advice sikit..memang x tau nk buat apa..dh cuba sampai traditional pun

    angel..

  • Fauzan said:

    Infeksi virus di dunia ini sudah beragam. Banyak virus yg mengalami mutasi, sehingga kenaikan suhu(walaupun kecil) harus dipantau.Karena banyak yg menimbulkan efek mematikan.Hanya pd Allah kt brserah diri.

  • rosia sihombing said:

    makasih ya bu,jadi gak panik lagi nie kalo si kecil demam

  • nadisubang said:

    bu anak saya kls 4sd tapi penyakit kejang nya masih sering kumat gimana cara mengobati, sudah sering berobat ke dokter tapi masih sering kumat,mohon penjelasannya,,,

  • Ummu Izzah said:

    Info Bagus..gus..gus..gus…
    Trims

  • ade syahputra said:

    bu,anak saya berumur 9 bulan. dia sedang mengalami demam yang disertai batuk, pilek, dan susah bernafas,,,ap yg harus saya lakukan ya bu,,,????

  • yusperita said:

    Bu, anak saya umur 6,5 bulan. Seminggu ingusan dan minum obat dari bidan.
    Ingus sembuh setelah obatnya habis. Disambung dg demam yg bolak balik selama 10 hari ini.
    Hari ini panasnya tidak balik lagi setelah minum obat dari sda nya. Sebelumnya sdh
    Dua kali ke bidan. Yg ketiga saya bawa ke sda dan periksa darah. Hasil lab nya
    Darah putihnya tinggi. Kata sdanya kemungkinan ada infeksi. Saya ingin nanya infeksi apa yg dimaksud
    Dan bagaimana menangani darah putihnya yg tinggi? Trims atas penjelasannya

  • natalia lenai said:

    Bu, anak saya umur 6 bln mau masuk 7 bln, skrng lagi sakit demam, 37,6 terus demamnya sering naik trun, dan skrng pilek, tp minumnya sering…
    cara mengatasinya gimana bu?

  • tikno said:

    met sore ibu..mohhon bantuannya untuk mengatasi demam pada anak usia 7 bulan.anak saya mengalami demam 38,5 c sampai 39c selama 3 bulan berjalan ini.pernah dirawat dirumah sakit selama 2 minggu tapi tidak ada perubahan.untuk demamnya cuma didaerah pundak ke atas kepala.pundak kebawah tidak demam.kadang kalau pas panas di angka 38,5 c ubun2 menonjol.tp pernah dicek tidak ada hasil yg mengkawatirkan.untuk keadaan anaknya tidak rewel dan tidak menunjukkan seperti anak sakit pada umumnya.gimana lg cara saya harus mengatasi masalah ini bu???mohon bantuannya..mksh sebelumnya saya haturkan untuk bantuannya.mksh.

  • Irma said:

    thank untuk info yang sangat bermanfaat ini, izin share, ya…

  • Manda said:

    sekedar share saja….
    anak saya ketika umur 2,5 bln demam tinggi sampai 39,3. saya bawa ke RS,kata dokter IGD radang saluran pernafasan. kemudian dia dirawat inap. selang 3hari,karena panas tdk jg turun dia dirontgen.trnyata Bronchopneumonia (radang paru2). selang seminggu,ktk diprkirakan 2 hari lg bisa pulang, dia kejang dan dibawa ke PICU. karena kejang, dia di ct scan,trnyata ada perdarahan otak. DSA brkonsultasi dg dokter bedah saraf, dan akhirnya sepakat utk diadakan operasi drainase. trnyata stlh dibuka, di otak anak sy sudah ada nanahnya, jadi sudah radang otak (meningoencephalistis). selang 2 minggu, anak sy memperlihatkan gejala lain,matanya melotot ke bawah. oleh DBS disarankan ct scan lagi.ternyata di rongga ventrikelnya ada cairan (hydrocephalus), ini trjadi krn penyerapan cairan otak tersumbat akibat radang otak.kmudian dioperasi lagi dgn dipasang selang shunt dr otak sampai perut…..sekarang dia sdh sehat tp dgn selang shunt….

    para ibu, waspadalah jk anak anda panas,,karena trnyata bakteri itu sangat jahat. anak saya dulu sudah spt kehilangan kkesadaran (tdk mau minum,menangis jk dipegang krn kesakitan),bahkan wktu itu posisi kami di RS namun pihak RS tdk bisa mengenali bhwa anak sy khilangan ksadaran….dikira tidur saja.

    ingat, dokter anak yg terbaik adalah orangtua…krn ortu lah yg tahu detik demi detik prkembangan anaknya……

  • bchree said:

    putra sy usia 10bln 19 hari, jika siang suhu tubuhnya biasa saja tapi kalau malam suhunya panas hingga 39,1. dia pilek batuk dan matanya setiap tidur ada kotoran (keteknya).
    gmn cara penanganannya?terima kasih
    lumajang, jawa timur indonesia

  • bchree said:

    mohon bantuannya :
    putra sy usia 10bln 19 hari, jika siang suhu tubuhnya biasa saja tapi kalau malam suhunya panas hingga 39,1. dia pilek batuk dan matanya setiap tidur ada kotoran (keteknya).
    gmn cara penanganannya?terima kasih
    lumajang, jawa timur indonesia

  • PartyPoker said:

    Hello are using WordPress for your site platform? I’m new to the blog world but I’m trying to get started and set up my own. Do you need any coding knowledge to make your own blog? Any help would be greatly appreciated!

  • rima said:

    saya mau tanya bu, apa ada pengaruh badan anak panas karena terjatuhnya anak, atau terkilir. trus gimana dengan anak yang mempunyai suhu tubuh tinggi

  • Demam Pada Bayi / Anak dan Cara Mengatasi – Bali Blogger said:

    [...] hari ini, anak kami demam dan membaca Artikel dari BayidanAnak.com. Beruntunglah kami jadi lebih tenang dan tahu apa yang mesti dilakukan. Thanks to Bayi dan Anak dot [...]

  • silit said:

    silit

  • Obat Tradisional Asam Urat said:

    Infonya sangat membantu,,,kalau kejang-kejang pada bayi tu obatnya pa,,,yah???
    Salam kenal…!

  • Electric Cigarette said:

    Hey! This is kind of off topic but I need some help from an established blog. Is it hard to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast. I’m thinking about setting up my own but I’m not sure where to start. Do you have any ideas or suggestions? Cheers

  • tatar_adi said:

    Terimakasih ya, atas info & ilmuya… bagus tulisannya

  • dian misbah said:

    Jazakalloh khoiron katsira,semoga ilmunya selalu bermanfaat bagi banyak orang…bisa di tambah infonya lebih lanjut tentang kejang saat demam?

  • Indah said:

    Asslmualaikum… Ikutan sharing ya… Saya Bunda dari M. Alwi Syaddadil ‘Allam (Adil), putraku 16 bulan… Saat ini Adil sedang demam tinggi memasuki hari ke 5… Tapi meskipun demam tinggi dg suhu minim 38,5-40*C, hari 1-3 dia masih ceria, berceloteh n bisa beraktifitas layaknya anak sehat, kecuali ketika suhu mncapai puncaknya panas. Saya biasa menangani demam anak dngan pengobatan tradisional… Maka hingga mmasuki hari ke-3 kami masih menggunakan ramuan tradisional. Biasanya dengan ramuan ini anak saya segera sembuh dari demamnya. Ternyata kali ini tidak, akhirnya Adil segera kami periksakan ke dokter n menjalani bbrapa pemeriksaan, termasuk pemeriksaan Darah… Semasa di RS, demam anak saya langsung turun, mungkin karena obat yg dimasukkan malalui duburnya..
    Satu jam setelahnya, hasil Lab dari pemeriksaan darah anak saya, tidak ada indikasi tyfus ato DBD. Hanya saja Leukosit dlm darah anak saya kurang dari jumlah normalnya. SampAi saat ini anak saya masih demam tinggi. Dari hasil pemeriksaan tersebut, anak saya dianjurkan untuk rawat inap, tapi saya tidak bisa menyetujuinya karna anak saya sAngat tidak bisa untuk dirawat di RS. Apalagi harus di infus , suntik, n tiduran sepanjang waktu. Dia sudah terlalu takut dengan serangkaian perawatan itu, bisa STRess nantinya… (Hehe) , Akhirnya kami pulang dari RS dngan mmbawa penurun panas + antibiotik..
    Jika ada yg berkenan untuk mmberikan solusi buat saya n anak saya supaya demamnya turun n segera sehat kembli,, dengan senang hati saya akan terima… Maturnuwun…

  • christin said:

    anak saya berumur 1,4th,diasudah 4 hari demam lumayam tinggi 38,8…
    apa yang harus saya lakukan, sudah saya bawa kedokter tapi belum turun juga

  • dewi said:

    dear anyone…

    anakku umur 14 bln lagi demam tinggi diatas 38-39 rewel banget dan ga napsu makan padahal klo lagi sehat makannya lahap..uda ku bawa kedokter tapi katanya dokter masih blm kelihatan knp bisa demam tiba-tiba.jd mesti tunggu 3 hari baru bisa dipastikan ini(ini hri ke2)padahal ada bintik2 merah nya takutnya sih DB..kemarin kedktr dikasi antibiotik ama penurun panas.ada yg mau share??? boleh bgt tuh..lg bingung bgt

  • shinzo said:

    anak saya baru berusia bulan,dia ga kuat panas pada malam hari dia tidur selalau ingin tidur dengan telanjang ataw tidak menggunakan kain ataupun baju,apa tidak berbahaya di usia dia yang saat ini????

  • Ema said:

    Bagus bgt dokter tulisannya,isinya. Kalo tulisan ttg demam yg kyk begini di buku apa ya dokter ya?Sukur2 tulisan ini tp yg btk cetak….. Biar saya bisa nunjukkan ke keluarga dan teman2 yg suka gegabah dg obat dg kompres,dsb.bagusssssss bgt mslhnya info dokter.suerrrrrr

  • Solusi Atasi Sakit Demam pada Bayi atau Anak | Cookies Media said:

    [...] mau jelasnya dan lengkap bisa di lihat di : BAYI ANAK Advertisement : Posts Related to Solusi Atasi Sakit Demam pada Bayi atau Anak Ciri Ciri [...]

  • comforter set said:

    Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have truly enjoyed browsing your blog posts. In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again very soon!

  • Lucio Zupp said:

    lovely inspiring collection.beautiful created designs here!Thanks for sharing.

  • lern-online.net said:

    I read this piece of writing fully regarding the resemblance of
    hottest and preceding technologies, it’s remarkable article.

  • evi komalasari said:

    Malam, saya punya balita usia jalan 6 bulan. Bayi saya sudah demam tiga hari yg lalu, selama itu sudah sya beri obat penurun demam. Setiap kali minum obat panasnya turun tp herannya setiap malam atau subuh panasnya kembali tinggi sampai tidurnya pun terganggu. Memang dia ada batuk dan flu nya. Apa flu dan batuknya itu mempengaruhi panas tubuhnya itu?

  • GelangStep said:

    Demam ternyata bisa menyebabkan kejang atau step pada anak bila melebihi 38C.
    Ada produk gelang yang bisa digunakan untuk mensabilkan anak. Namanya gelang step.
    Bisa didapatkan di Gelangstep.Com

  • maghdalena said:

    malm ni anak saya sedang demam tinggi,dr termometer sudah 2 mlm ini menunjukan suhu 40 derajat,sudah saya beri ibuprofen namun tidk kunjung turun suhunya,apa yg harus sy lakukan…segere komntari trim”s

  • axlmother said:

    Padat dan jelas. Bagus dan sangat membantu.

  • asis said:

    anak saya berumur 5 bulan lebih,kulitnya agak kuning.kata dokter ada gangguan fungsi hati sehingga bilirubinnya meningkat.sampai matanya juga agak kekuningan.dah pernah opname selama 16 hari di rumah sakit tapi belum di ketahui penyebab kuningnya apa.mohon share info dong dokter,gimana cara menanganinya.

  • Pro Rakyat said:

    Apa yang kami temukan dari artikel ini amat bermanfaat bagi saya.

    Terima kasih, kami harap ada artikel selanjutnya pasti lebih lengkap lagi.
    Sukses untuk Anda!

  • original garcinia Cambogia side effects said:

    Hi, tgis weekend is pleasant in favor of me, for the reason that this point in time
    i am reading this great educational post here at my home.

    Here is my site – original garcinia Cambogia side effects

  • weight loss Optimization said:

    ? like lookon? through a post that can make menn an? women t?ink.
    Also, thank youu for allowing for me to comment!

    Also visit my web-site weight loss Optimization

  • Cara Mengatasi Demam | Caramanfaat.net said:

    [...] Demam Pada Anak | bayi dan anak Cara mengatasi demam 1.Minum banyak, karena demam dapat menimbulkan dehidrasi (baca “kerugian yg dapat terjadi karena demam”). 2.Kompres anak dengan air hangat.Demam Pada Anak | bayi dan anak [...]

  • http://Garciniasales.com/ said:

    There can be no doubt that food works to temporarily numb painful feelings,
    as do many other where to buy garcinia cambogia addictions, but addictions ultimately
    bring about more pain. Although dancing could help you on your way to achieving a enviable,
    toned physique.

  • http://www.deplump.com/ said:

    1 You need to exercise daily, and sometimes the more we make an
    effort to be fixed but maybe is not as likely to pretend they don’t exist.
    These eharmony uk discount days is scarcely anything that you cannot live
    without them? Some couples have been known to get jealous
    at many instances. Instead, you can train yourself to hear more than you
    can chew or swallow.

  • Trophies said:

    This post iss really a good one it helps new net users, who are wishing in favor
    oof blogging.

  • capriciouspatch63.beeplog.com said:

    Have you ever thought about adding a little bit more than just your
    articles? I mean, what you say is important and all.
    However just imagine if you added some great pictures or video clips to give your posts more,
    “pop”! Your content is excellent but with images and clips,
    this site could certainly be one of the greatest in its field.
    Great blog!

  • appartement cologny said:

    Greetings! I’ve been reading your blog for a long time now and
    finally got the courage to go ahead and
    give you a shout out from Kingwood Texas! Just wanted to tell you keep up the great job!

  • Game Servers said:

    Earlier, legal documents were served by court representatives and law enforcement officers
    only. You can also use a Ventrilo server for your business, allowing
    for brilliant conferences without the need for pesky long-distance charges.
    Pop – Cap Games posted a message in game and
    on the official Plants Vs.

    Feel free to surf to my homepage; Game Servers

  • Cara Mengatasi Demam Pada Anak | Caramanfaat.net said:

    [...] Demam Pada Anak | bayi dan anak Mengatasi Demam Pada Anak / Bayi … siti said: bu anak pertama saya berusia 5 1/2 bln. dia mengalami muntah2, diare, dan panas tinggi…itu terjadi tgl 2 may 2009 …Demam Pada Anak | bayi dan anak [...]

  • program do rozliczania pit 2014 said:

    Hi there, I enjoy reading all of your article.
    I like to write a little comment to support you.|

    my homepage :: program do rozliczania pit 2014

  • http://eightsky.com/index.php?do=/blog/387338/shop-for-fiber-meals/ said:

    Incredible! This blog looks exactly like my old one!
    It’s on a totally different subject but it has pretty much
    the same layout and design. Excellent choice of colors!

  • despicable me minion rush cheats said:

    I like thee helpful info you provide in your articles.
    I’ll bookmark your blog and check again here regularly. I am quite certain I will lewrn plenty of new stuff right here!

    Good luck for the next!

  • Jani said:

    What’s up, its pleasant post on the topic of media print,
    we all be familiar with media is a fantastic source of data.

    my blog; dragon city hack, Jani,

  • how to cure herpes simplex said:

    Today, while I was at work, my sister stole my apple ipad and tested to see if it can survive a thirty foot drop, just so she can be a youtube sensation. My apple ipad
    is now broken and she has 83 views. I know this is completely off topic but I had to share it with
    someone!

    Feel free to surf to my weblog … how to cure herpes simplex

  • call of duty store said:

    call of duty store…

    Demam Pada Anak | bayi dan anak…

  • Sol said:

    The measure of greatness is not only how you play
    but largely what you achieve. An unprepared or distracted reader could
    think that, even with the chaos in the complete world, every little thing was great
    with their account. Kaka is currently in his fourth season with Milan, whom
    he won the Serie A championship with once, the Italian Super Cup once, and the UEFA Champions League a
    few weeks ago (he also played another Champions League final in the
    2004-2005 season, but lost it to Liverpool in what is considered one of the most beautiful finals of the tournament).

  • wifi password hack website said:

    Howdy! This post couldn’t be written much better! Reading through this post reminds me of my previous roommate!

    He continually kept preaching about this. I most
    certainly will send this post to him. Pretty sure he will have a very good read.
    Thank you for sharing!

    Have a look at my web-site: wifi password hack website

  • fun88 link said:

    Thanks for ones marvellous posting! I truly enjoyed
    readingg it, you’re a great author.I will be sure
    too bookmark your blog and will coje back sometime soon. I want to encourage continue your
    great posts, have a nice weekend!

    Review my web site: fun88 link

  • m88 said:

    Hello there! I know this is kinda off topic however I’d figured I’d ask.
    Would you be interested in exchanging links or maybe guest authoring a blog post or vice-versa?
    My website goes over a lot of the same subjects as yours and
    I feel we could greatly benefit from each other.
    If you happen to be interested feel free to shoot me an email.
    I look forward to hearing from you! Excellent blog by the way!

    Also visit my web blog m88

  • ps3jailbreak73.Evenweb.com said:

    This info is priceless. When can I find out more?

    My weblog … ps3jailbreak73.Evenweb.com

  • ambien said:

    I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you make this website youraelf
    or did you hire someone too do it forr you? Plz respobd aas I’m lookijng
    to create myy own blpog and would like to know where u got this
    from. thanks

    my web site … ambien

  • download adobe flash player said:

    You could definitely see your expertise in the work you write.
    The arena hopes for even more passionate writers such
    as you who are not afraid to say how they believe. At all times go after
    your heart.

    Have a look at my website … download adobe flash player

  • wordpress.com said:

    First off I would like to say great blog!
    I had a quick question which I’d like to ask if
    you do not mind. I was interested to know how you center
    yourself and clear your head prior to writing. I’ve
    had a hard time clearing my thoughts in getting my
    ideas out. I do enjoy writing however it just seems
    like the first 10 to 15 minutes are usually wasted simply just trying to figure out how to begin. Any
    ideas or tips? Thanks!

    my web-site: wifi password hack online (wordpress.com)

  • aifexpandedmetal.com said:

    pecha wyniki o?ów w rani?c Mazen el-Zein wraz z
    wiele dodatkowe imprezowiczów

  • Louis Vuitton Damier Graphite Canvas said:

    Glancy will not be seeking re-election this May.

  • gym clothing swimsuits swimsuits for plus size women said:

    Sitting below the bladder and in front of the rectum, the prostate gland is wrapped around
    the urethra and is responsible for the production of the clear liquid that makes up 30% of the seminal fluid.
    All it takes is 15 minutes each day and you will
    see a marked improvement in bladder control, along with a great many other benefits.

    Old Clothes – Instead of just tossing or donating your old clothes, try getting crafty with them instead.

    Here is my homepage gym clothing swimsuits swimsuits for plus size women

  • Boca Raton resmed CPA supplies said:

    Deegan was arrested and charged with human trafficking and drug possession after cops busted in and found the girls being held hostage.

    Outsourcing accounting services for small business owners is workable
    for those who want to turn their focus on their companies and find a way to maximise their profitability.
    Avoid hype or gimmicks and let people know exactly what to expect and what they are
    required to do in order to receive what they
    are being offered.

    My webpage … Boca Raton resmed CPA supplies

  • girlfriend activation system texting said:

    Hi, I wish for to subscribe for this webpage to take hottest updates, so
    where can i do it please assist.

    my blog :: girlfriend activation system texting

  • http://Www.youtube.com/watch?v=k01xFADpmaU said:

    Very quickly this site will be famous among all blogging
    visitors, due to it’s nice articles or reviews

    Here is my web-site :: http://Www.youtube.com/watch?v=k01xFADpmaU

  • Program zdrowie said:

    The Home Business Success Academy is a coaching establishment that assists enterprisers and home business operators how to grow their
    constitutions employing target marketing and assorted processes to produce a business.
    s not that you will always attain success, many a times you may
    fail but you should keep yourself going and in the end
    you surely will be benefitted by it. However, many businesses do not employ this notion.

    Feel free to visit my blog post Program zdrowie

  • internet service newbury ma said:

    always i used to read smaller content which also clear their motive, and that is
    also happening with this piece of writing which I am reading now.

  • internet service providers columbus ks said:

    Hello there, just became alert to your blog through Google, and found
    that it is truly informative. I am going to watch out
    for brussels. I will appreciate if you continue this in future.
    A lot of people will be benefited from your writing. Cheers!

  • guild wars 2 guardian leveling guide 2013 said:

    However, with so much to do and see in Guild Wars 2 you can easily miss out on some of the funner
    aspects of it. It is hard to know if you will like a title
    or not. Besides the money aspect players need to know the correct places
    to farm these high end chests.

    my blog: guild wars 2 guardian leveling guide 2013

  • suntik pemutih said:

    Everything is very open with a very clear clarification of the issues.
    It was definitely informative. Your site is very useful.
    Thank you for sharing!

  • krim pemutih yang aman said:

    Excellent post. I was checking constantly this blog and
    I am impressed! Extremely helpful info specially the final part :) I handle such info a lot.
    I was looking for this particular info for a very long time.
    Thanks and best of luck.

  • furniture jepara antik said:

    After going over a number of the articles on your web page, I honestly like your technique of blogging.
    I saved it to my bookmark website list and will be checking back soon. Please visit my website as well and tell me how you feel.

  • harga pintu upvc said:

    I used to be suggested this blog through my cousin. I’m not certain whether or not this put
    up is written through him as no one else realize such unique approximately my problem.
    You are incredible! Thank you!

  • venetian mirrored furniture said:

    Thanks in favor of sharing such a fastidious thinking, paragraph is good, thats why i have read it entirely

  • internet providers fordoche la said:

    Pretty section of content. I just stumbled upon your web site and
    in accession capital to assert that I get actually enjoyed account your blog posts.
    Anyway I’ll be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently rapidly.

  • http://www.ask.com/ said:

    I read this paragraph completely regarding the comparison of hottest
    and previous technologies, it’s remarkable article.

    Have a look at my homepage; first wordpress blog (http://www.ask.com/)

  • black matte nail polish walmart said:

    Hi There, I’m contacting you today because I wanted to let you know about our web traffic services. We’ve helped thousands of customers increase their web visibilty and bottom line from thier web sites. Please visit http://goo.gl/0JnPKO for more information I’m looking forward to hearing from you. Thank you, Robin Frye

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.