Home » Perkembangan Bayi / Anak

Tips Mengoptimalkan Perkembangan Gerak/Motorik Bayi 10-12 Bulan

19 November 2008 47 Comments

Dari milis ayahbunda / booklet bonus ayahbunda

Usia 10-12 bulan

Menjelang usianya satu tahun, kepandaian serta ketrampilan bayi makin
berkembang. Tonggak kepandaian motor kasarnya yg paling menonjol pada
usia ini adalah semakin mahirnya ia melangkahkan kakinya. Kini si kecil
semakin rajin melangkahkan kakinya ke samping sambil berpegangan pada
perabot rumah tangga. :Jatuh bangun” adalah hal yg biasa yg akan dialami
bayi dalam mengoptimalkan kemampuan jalannya. Oleh karena itu, sekali
lagi, keamanan di sekitar anak harus terjaga.

Di usia 10 bulan bayi sudah dapat duduk tanpa bantuan. Dengan
menggunakan kekuatan otot lengan dan bahunya si kecil juga mulai mampu
membangkitkan tubuhnya ke posisi berdiri. Semua ketrampilan ini bisa
dilakukan bayi karena ia semakin pandai mengontrol otot punggung dan
bahu. Selain membangkitkan tubuhnya ke posisi berdiri si kecil juga
senang melakukan aktivitas bangkit dari duduk untuk kemudian duduk
kembali.

Mulai usianya yg ke-11 bulan, yg paling menonjoldalam kemampuan motor
kasar si kecil adalah dapar berdiri sendiri dalam waktu kurang lebih 2
detik. Pada saat ini tampaknya si kecil suka berdiri tanpa bantuan
apapun. Hal ini terjadi karena kontrol dirinya akan keseimbangan semakin
berkembang, sehingga membuat si kecil terbiasa berdiri di atas kedua
kakinya.

Dalam melakukan aktivitas berlatih berdri tanpa bantuan ini, si kecil
akan meluruskan tungkainya dari posisi tengkurap atau duduk. Lalu ia
akan mengangkat tubuhnya dengan bertumpu pada kedua telapak tangannya.
Kesenangan barunya ini membuat bayi “malas” untuk duduk kembali.
Kalaupun ingin kembali ke posisi duduk, ia akan berpegangan apda meja.
Lagipula si kecil kini sudah dapat berdiri tegak 900 secara gagah dan
dilanjutkannya denganberjalan dua tiga langkah yg akan dicobanya lagi
terus menerus untuk meyakinkan dirinya, bahwa ia sekarang dapat menapak
dunia tanpa bantuan siapapun.

Selain sudah dapat berdiri sendiri, si kecil kini akan menjadi tukang
panjat. Sekarang ia akan mencoba memanjat barang-barang yg tampaknya
menarik untuk didaki seperti meja, kursi dan tangga. Jika menemukan
barang yg dapat dipanjat dengan lincah si kecil akan memanjatnya. Oleh
karena itu jangan tinggalkan si kecil memanjat tanpa pengawasan.

Memasuki usia 12 bulan sebagian besar bayi telah siap untuk jalan walau
kelihatan masih limbung. Berjalan merupakan pengalaman baru yg amat
mengasyikkan. Namun kadang-kadang si kecil memilih merangkak ketika
bermain, mungkin karena aktivitas ini dapat membuatnya bergerak lebih
cepat.

Berjalan merupakan aktivitas yg memukau dan dianggap oleh banyak orang
sebagai satu tonggak bersejarah dalam perkembangan fisik anak. Dapat
berjalan merupakan pencapaian puncak dari aktivitas motor kasar.

Perkembangan Gerakan:
Bangkit untuk berdiri dan bangkit lalu duduk kembali.
Untuk melatihnya, dudukkan bayi di permukaan seperti lantai atau
kasur, dan biarkan ia mencoba sendiri untuk berdiri atau bangkit untuk
kemudian duduk sendiri.

Mulai mampu memanjat ketinggian 15-30 cm
Dudukkan bayi di lantai dan beri mainan yg disukainya. Ambil mainan
tersebut dan letakkan di tempat yg lebih tinggi. Usahakan ia melihat
mainan tersebut dipindahkan dan katakan “Ambil nak”, sambil
menepuk-nepuk tempat tersebut. Anak akan berusaha meraih mainan tersebut
dengan merambat, lalu memanjat tempat tinggi tersebut. Dampingi anak
dari belakangsambil beri dorongan. Jika ia menemukan kesulitan bantu
dengan mendorong pantatnya.

Mulai dapat berjalan walau masih 2-3 langkah dan kemudian jatuh terdudu karena keseimbangannya belum sempurna.
Ketika sudah mulai berjalan, langkah si kecil masih limbung.

Sudah dapat berjalan.
Kadang-kadang walaupun sudah dapat berjalan si kecil masih suka merangkak, karena aktivitas ini berlangsung lebih cepat, apalagi jika ia menginginkan sesuatu benda yg jauh untuk dijangkaunya.
Ajaklah si kecil berjalan di luar ruangan, misalnya di halaman rumah atau taman. Ia membutuhkan ruang yg luas untuk mencoba kaki-kakinya bergerak lincah.
Biarkan ia menjelajah ruangan dengan kakinya tanpa dipegang, yg penting awasi agar ia tidak membentur benda keras seperti ujung meja.

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

47 Comments »

  • pranata said:

    Dok, saya mau tanya.
    Saya memiliki anak pertama,cowok usianya hampir satu tahun. maklum, dia sangat aktif sekali. hanya saya agak khawatir, seperti yang disampaikan pada artikel tersebut disebutkan anak pd usia tsb mengalami jatuh bangun.
    Anak saya pernah jatuh dari tempat tidurnya, memang sih tidak terlalu tinggi sekali (sekitar 60 cm), acapkali dia sempat banting badannya sampai kebentur kekursi, meja atau lantai karena baru belajar berjalan.
    yang saya tanyakan, apakah hal tersebut berbahaya/beresiko trhadap pertumbuhan/perkembangan otaknya ???.
    terima kasih.

  • Mainan anak said:

    hmmm? this will be a good tip for those who are planning to have multiple blogs.

  • Leny said:

    Siang Dok,
    Anak saya laki-laki, umurnya sudah 10 bulan sekarang.Fisiknya ideal,kelihatan agak kurus sih karena dia agak tinggi anaknya.Dia aktif, keinginannya kuat,cuma saya perhatikan fisiknya kurang menunjang. Anakku sudah bisa duduk tapi saya tidak berani membiarkan dia sendirian saking aktifnya. Dia belum bisa merangkak dan bangun sendiri dari tidurnya.
    Yang saya tanyakan, apakah dia mengalami keterlambatan perkembangan motorik? kalau ya bagaimana cara melatihnya,dudukpun dia masih agak oleng.Terimakasih

  • novi said:

    siang dok..
    anak saya perempuan berumur 10 bln,pertumbuhannya cukup bagus,sekarng suda bisa berjalan,cuma yang jd masalah badannya kurus,berat badannya hanya 7,8 kg,tinggi badannya 7,2cm,anak saya sering skali seperti orang yang sedang kejang kedua kakinya disilang keatas seperti mengunci,dan kedua tangannya menggenggam erat,itu serimg terjadi dari anak saya berusia 2bln sampai sekarang? yang saya tanyakan apakah itu akan mengganggu perkembangan otaknya? terima kasih

  • Valya said:

    Ass.DOk
    Putri saya berumur 9 bulan, berat badannya sudah 9,6 kg dan tingginya 68 cm, giginya baru tumbuh 2, anehnya dia belum bisa merangkak, duduk pun harus di dudukan terlebih dahulu, padahal sebenarnya dia sudah pandai duduk, kemudian dia juga sudah pintar berjalan di baby walker, apakah perkembangan anak saya normal atau harus ada yang saya lakukan untuk anak saya???

  • etika yuniar said:

    selamat siang dok,
    anak saya kembar,perempuan dan laki-laki umur mereka 6 bin 2 minggu. mereka sudah saya main dgn baby wolker, tetapi anak laki-laki saya kurang antusias bermain baby wolker dari pada yang perempuan. sehingga terkadang yang perempuan mendorong yang lak-laki, yang saya tanyakan mengapa anak laki-laki saya tidak selincah yang perempuan ?

  • PRICILLA EMILDA said:

    bagaimana untuk mendidik bayi supaya menjadi bijak dan pintar

  • PRICILLA EMILDA said:

    saya ingin tanya bayi saya berusia 1 tahun…bagaimana cara nya untuk mendidik bayi saya ini menjadi bayi yang bijak dan pintar?

  • unyie dinata said:

    Anak saya perempuan berumur 10,5 bln. Sdh mulai tumbuh gigi 2. Tp belakangan dia senang mengemut makanannya, bagaimana cara agar tidak mengemut makanannya, krn saya khawatir jika terus menerus seperti ini bisa membuat giginya rusak.

  • Tika said:

    Siang dok, anak saya usia 8 bulan jatuh dari ayunan. Kepalanya benjol setelah 3 hari berikutnya. Menurut dokter (tempat anak saya dibawa), anak saya jangan dibiarkan jatuh lagi dikhawatirkan dapat mengganggu syaraf dan anak bisa jadi nakal akibat sering jatuh dari tempat tidur/tinggi. Apakah itu benar?

  • fajar said:

    saya ibu dari anak usia 10 bulan. dia sudah sangat aktif sekali.. terkadang saya malah takut dgn tingkahnya. suka menarik barang, menggigit dan sebagainya. apakah hal itu biasa saja? ato saya harus konsultasi ke dokter spesialis anak? apakah itu termasuk autis? terima kasih

  • hikmat said:

    slam knal dok.
    bayiku berumur 8,5 bulan.
    tp setiap makan slalu muntah saya takut terjadi sesuatu pd by saya, sya pernah konsultasi ke dokter tp dia bilang itu wajar sy ingin tau alasan lengkapnya knapa ya ko anak saya dah mau 9 bulan ko masih muntah2 mulu.
    mkash sarannya.

  • gasol said:

    thanks alot informasinya. anak kami berusia hampir 10 bulan en saat ini ud numbuh gigi en ud rame berkata2 (ta..ta..ta..). en satu lagi dia mulai seneng di tetah (dibantu jalan). mudah2 usia 11 or 12 bulan ud bisa jalan. Amin.

  • ayuk said:

    anak saya umur 11 bulan 1 minggu dia sudah bisa mulai berjalan 2 langkah jatuh, juga sudah bisa panggil papa, mama, kakek, banyak kata-kata pendek dia bisa ngomong.

  • gasol said:

    anak saya ud 10 bln lebih en skrg sedang belajar jalan. tapi skrg kok sukanya jinjit2 en kalo melangkah lebar2. padahal sebelumnya langkahnya ud bagus. kira2 knapa ya?

  • diana said:

    sore, dok
    anak saya udh umur 11 bulan tapi dia belum tumbuh gigi, baru bisa duduk.. yang saya tanyakan apa ad masalah dengan pertumbuhan giginya, apa itu normal aj? thanks ya, dok…

  • aria said:

    Ass dr, anak saya sudah 9 bulan tapi belum tumbuh gigi, tapi dia sangat cepat berjalan dipenggir meja atau di dinding, kira2 apa yang menyebabkab giginya belum tumbuh dok?

  • yuan said:

    anak saya usia 8 bln dia lincah sekali main baby wolker, tp dia blm bs merangkak. pdhl sy punya adek usia 8 bln dia udh pintar merangkak. yg saya tanya apakah wajar aja atau mesti gmn dilatihnya. trims..

  • ratna purwanto said:

    Siang, ada yg ingin saya tanyakan: anak saya berusia 10 bulan dan sudah bisa duduk tp pada saat duduk punggungnya tidak lurus melainkan cenderung bongkok apakah berbahaya dan kira2 apa penyebabnya? juga kl merangkak malah loncat. selama ini saya menggunakan baby walker.

  • beti puspitarini said:

    siang dok, saya punya putri pertama usia 9,5 bln berat 9,5 kg. anak saya sudah panadai berdiri sendiri dan udah trantanan udah smpai kemana2 dan kadang sudah berdiri sendiri tanpa bantuan meski sebentar,yang saya tanyakan anak saya tidak bisa duduk sendiri meskipun klo didudukan sudah tegap dia sukanya merangkak (ngadal) apakah itu normal dok?

  • dahniar said:

    dok anak sy umur 10,5 bulan blum ada gigi tp dah bisa jalan sambil dpegang 1tangan tp kadang dia sdh bisa jalan tanpa dpegang….

  • sugi said:

    Malam dok, anak sy perempuan lahir 9 bulan kurang 1 minggu beratnya 2,25kg. Skarang umurnya jalan 1 tahun, bs tengkurap tp blum bs duduk sendiri n berdiri.kalau didiriin ga mau, malah kakinya ditekuk. Kenapa ya dok, apa masalahnya? Mohon kiat2nya bt ngelatih biar cpt bs duduk n berdiri sendiri. Vitamin apa yg bagus bt perkembangan otak n otot anak. Trim’s

  • invest liberty reserve said:

    Wow, marvelous blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your web site is magnificent, let alone the content!. Thanks For Your article about Tips Mengoptimalkan Perkembangan Gerak | bayi dan anak .

  • heni said:

    siang dok saya mempunyai anak laki 2,umur anak saya 18 bulan.tp belum bisa jalan…tp gigi sdh tumbuh hampir semua,duduk sdh bisa,berdiri juga sdh bisa,bicara lumayan sdh bisa,tp kalau jln sendiri plng selangkah dua langkas…menurut dokter itu normal,?kebetulan persalinannya cesar….mkn nya susah.tapi minum susunya kuat …terima kasih heni

  • Septi Dwi said:

    Dok, saya mau tanya..anak saya laki-laki sekarang sudah berumur 10 bulan dan gemuk tinggi,,berat badannya sekarang 11,5kg dan tingginya 78cm..tetapi sampai sekarang belum bisa merangkak,,sebenarnya dia sudah mampu duduk tegak tetapi harus dibangunkan juga didudukan terlebih dahulu,padahal dia sudah bisa berdiri tegak bahkan berjalan kearah yg tepat ketika dipanggil saat naik baby walker,dan sampai sekarang dia juga belum tumbuh giginya,,sebelumnya dia sangat aktif sekali lalu kemudian saat umur 8 bulan dia jatuh dari tempat tidur sampai 2x…apakah perkembangan anak saya terhambat gara2 jatuh itu dok? saya sangat khawatir terhadap perkembangan otaknya soalnya dia jatuh terlentang dari tempat tidur yg tingginya 52cm..saya takut gara2 kejadian itu bisa membuat anak saya sulit untuk berkembang..mohon solusinya,,terimakasih

  • wardihani said:

    dok, saya mau tanya anak saya umur 11 bulan tetapi belum bisa bangun sendiri untuk duduk, kalau didudukan dan diberi mainan dia bisa duduk sendiri tanpa harus dipegangi dan lama sampai dia bosan bermain lalu menjatuhkan diri. bagaimana caranya menstimulasi agar dia berusaha bangun sendiri untuk duduk. apakah dia perlu terapi karena saya lihat perkembangan motoriknya tertinggal jauh dibanding anak seusianya. terimakasih

  • ropinus ropi said:

    pagi dok!,mau nanya , anak saya usia 11 bulan tapi belum bisa berdiri itu gimana dok ????

  • antya setiawan said:

    semua pertanyaan di atas kok tidak dijawab dok??? Kan bisa jd ilmu buat yg lain…

  • vipama said:

    Setelah melihat bnyk comments (berharap ada balasan jwban dr dokternya) trnyata kosong. Mnrt sy pribadi, informasi diatasa sangat baik untuk didiskusikan, shingga ilmu yg dimiliki penulis dapat dibagikan kepada orang lain yg “haus” pengetahuan ttg tumbuh kembang anak.

  • vida said:

    dok.. saya mau tanya,, anak saya cewek skrng berumur 11 bulan… aktif banget anaknya.. beratnya 10,2 kg.. yang mau saya tanyakan.. anak saya nie klo siang tidurnya cuma sebentar paling 1 jam saja pg jam 10 dan sore jam 3.. siangnya cukup tenang klo tidur tetapi klo malam datang suka terbangun dan muter-muter tidurnya… apa ya solusi biar mlm tidurnya enak dan kenapa bisa begitu klo tidur malam??
    apakah itu normal.. karna anak saya aktif??

  • Tips Mengoptimalkan Perkembangan Gerak | bayi dan anak | yektiyulfia's Blog said:

    [...] http://bayidananak.com/2008/11/19/tips-mengoptimalkan-perkembangan-gerakmotorik-bayi-10-12-bulan/ Share this:TwitterFacebookLike this:Like Loading… This entry was posted in Uncategorized by yektiyulfia. Bookmark the permalink. [...]

  • hazzahlubis said:

    ank sy laki2 10 bln. di saat ini dia blm pandai berjlan tp udh berdiri tegak tanpa berpengaan. sy perhatiin dia tdk tertarik dgn mainan tp lbh tertarik dgn bunyi2an dan gerakan.

  • http://www.chorobarefluksowa.com/ said:

    I am not sure where you’re getting your info, but good topic.
    I needs to spend some time learning much more or
    understanding more. Thanks for magnificent info I was looking for this info for my
    mission.

  • http://echangemanagement.com said:

    I do not know whether it’s just me or if perhaps everybody else
    experiencing issues with your site. It appears like some of the text on your content are running off the screen.
    Can someone else please comment and let me know if this is happening to them too?

    This could be a problem with my browser because
    I’ve had this happen previously. Thanks
    Regards – http://echangemanagement.com

  • xen vps plans said:

    Thank you f?r some other excellent post. Where
    else may just a?ybody get that t?pe of info in such a perf?ct means of writing?
    I’ve a presentation s?bsequent week, and
    I amm at the look for such information.

  • Michael Kors Outlet said:

    Wow! Its also pleasant post about JavaScript, I am truly keen of learning JavaScript. thanks admin

  • m88 said:

    Today, I went to the beachfront with my children. I found a
    sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell
    to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is entirely off topic but I
    had to tell someone!

    Feel free to surf to my page :: m88

  • As Seen On TV Sciatic Back Pain said:

    Alternative pain relief is any technique that is not included in the mainstream healthcare but is considered to be effective for pain relief.
    Locally serving the Aspen Valley region of Colorado, this center focuses on non surgical alternatives to healing.

    Despite the fact that it’s a really not unusual situation,
    the reasons of it aren’t identical across the population of people struggling with the condition.

  • bowtrol eliminates said:

    Yesterday, while I was at work, my sister stole my iphone and tested to see if
    it can survive a 40 foot drop, just so she can be
    a youtube sensation. My apple ipad is now broken and she has 83 views.
    I know this is totally off topic but I had to share it with
    someone!

  • Juan Gabriel said:

    Thanks for the auspicious writeup. It in reality was once a enjoyment account it.
    Look complex to more delivered agreeable from you!
    By the way, how could we be in contact?

    Here is my blog post Juan Gabriel

  • best elliptical trainer said:

    I don’t even know how I ended up here, but I thought
    this post was good. I don’t know who you are but certainly you are going to a famous
    blogger if you are not already ;) Cheers!

  • www.eastangliaperiodwindows.co.uk said:

    Great post. I will be going through many of
    these issues as well..

  • microsoft toolkit v2.5.1 said:

    You create a deployment task sequence that includes a Use Toolkit Package task.
    Make sure you back up your data and keep an eye out for issues on the Springboard Series Blog, which is Microsoft’s blog resource
    for Windows Desktop IT Professionals. Businesses will never run out of
    options on easy methods to advertise their
    merchandise and services.

  • hard drive shredder said:

    I’m wanting to download some videos from various different sites like youtube, Google videos, and a few other sites for my entertainment at home. I’ve downloaded an extension from Media Converter for Firefox, but I don’t see it anywhere. Can someone recommend an extension to allow me to download online videos?.

  • themed pet purchasecorner cleaning said:

    I read this paragraph completely concerning the resemblance of most recent and preceding technologies, it’s
    remarkable article.

  • cheap scrubs online said:

    I want it easy to change template colors; a gallery area; calendar and of course the blogging area should be easy to manage/update. Names and links would be greatly appreciated..

  • test said:

    I enjoy, result in I discovered exactly what I was looking
    for. You’ve ended my 4 day lengthy hunt! God Bless you man. Have a nice day.
    Bye

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.