Home » Misc

Cara Memandikan Bayi

20 November 2008 10 Comments

Diambil dari booklet Milna

Tuangkan air dingin ke dalam bak mandi, kemudian tambahkan air panas secukupnya sampai mencapai suhu 40 derajat Celsius untuk bayi berumur sampai 2 bulan, lalu berangsur turunkan suhu sampai 27 derajat Celsius untuk bayi di atas 2 bulan. Isilah bak mandi dengan air setinggi kira-kira 7,5 cm dari dasar bak.

Untuk bayi yang baru lahir, bersihkan terlebih dahulu kedua matanya dengan kapas yang telah direndam air matang. Bersihkan mata bayi dari ujung mata ke arah hidung, Gunakan kapas yang berbeda untuk masing-masing mata.

Bersihkan pula lubang hidung si kecil secara perlahan-lahan dengan cotton buds yang
telah terlebih dahulu dicelupkan ke dalam air bersih. Gantilah kapas untuk masing-masing lubang hidung. Hati-hati, jangan memasukkan cotton buds terlalu dalam.

Kemudian bersihkan juga daun telinga si kecil dengan cotton buds yang telah diberi baby oil. Jangan masukkan cotton buds ke dalam lubang telinga, bersihkan bagian luar telinganya saja.

Sebelum membersihkan tubuhnya, bukalah baju bayi secara bertahap. Mula-mula bukalah baju bagian atas, baru kemudian popok atau celana bayi.

Bersihkan alat kelamin dan pantat bayi dengan kapas bulat yang sudah dibasahi air. Bersihkan setiap lipatannya.

Kemudian mulailah menyabuni rambutnya serta seluruh badan bayi, terutama lipatan-lipatan kaki, paha, tangan serta lehernya dengan menggunakan sabun bayi.

Ukur kembali suhu air dalam bak mandi. Kemudian selipkan tangan kiri Anda ke bawah tengkuk si kecil, lalu pegang erat-erat ketiaknya. Sanggahlah tengkuk si kecil dengan pergelangan tangan Ibu, lalu pegang tubuhnya dengan tangan kanan Ibu.

Angkatlah si kecil dan masukkan ke dalam bak mandi. Sementara tangan kiri Anda menyangga kepala dan memegangi ketiaknya, tubuhnya sebagian terendam dalam air. Gunakan tangan kanan Ibu untuk membersihkan sabun di telinga, leher, dan seluruh badannya. Biarkan si kecil bermain dalam air selama sekitar 2-5 menit. Bila si kecil sudah cukup besar, berikan mainan kapal-kapalan atau bebek-bebekan agar acara mandi semakin menyenangkan.

Untuk membersihkan bagian belakang tubuhnya, balikkan badan si kecil, kemudian sanggah badannya dengan tangan kiri Anda dan pegang erat-erat ketiaknya. Lalu dengan tangan kanan, bersihkanlah punggungnya.

Setelah acara mandi selesai, angkatlah tubuh si kecil dari dalam air, lalu bungkuslah tubuhnya dengan handuk. Sambil mengajaknya bercengkrama, keringkan tubuh bayi dengan cara menekan-nekankan handuk bayi ke tubuhnya.

Setelah tubuhnya kering, taburkan bedak bayi di dada, perut dan punggungnya, agar tubuhnya wangi dan segar. Perhatikan setiap lipatan dan lekukan khususnya di daerah kemaluaannya. Usapkan lipatan pada kemaluan si kecil dengan baby oil.

Terakhir, pakaikan popok dan baju bayi, lalu sisirlah rambutnya dengan sisir khusus untuk rambut bayi. Bila cuaca mengijinkan, ajakan si kecil jalan-jalan atau berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

10 Comments »

  • indrayana said:

    makasih infonya

  • chika said:

    saya baru melahirkan bayi,skr berumur 2 bln…setiap memandikan si kecil koq lehernya selalu kurang bersih terutama bagian lipatan leher…padahal saya sudah membasuhnya berkali kali pd saat mandi…bagaimana cara yg benar agar lipatan leher si kecil bisa benar benar bersih…thx infonya…

  • YUNI said:

    tolong jlaskan prinsip pengeluaran panas dari tubuh bayi,tujuan dari memandikan, dan persiapan alatnya,,,,
    trims sbelumnya…..

  • seachyl said:

    stlh slesai mandi, bayi boleh di bedaki tdk?? apa ga bakal buat iritasi??

  • mayang, 087883863457 surabaya said:

    Bila ada ibu yang membutuhkan perawatan pasca melahirkan untuk area surabaya, saya menyediakan jasa perawatan pasca melahirkan tersebut.

  • pernikahan adat said:

    Terimakasih banyak kawan, saya lagi nyari dan butuh cara-cara merawat bayi yang baik dan benar.. salam kenal ya
    @ pengantin adat Indonesia.

  • postme said:

    makasih infonya.. banyak manfaat nih..

  • obattradisionalkankerhati said:

    Saya orang sibuk mba! jdi saya serahkan masalah memandikan bayi sama pembantu saya, yang menurut saya dia bisa, tpi terkadang saya merasa khawatir, semenjak saya serahkan bayi saya untuk selalu dimandikan sama pembantu saya. kok sekarang bayi saya sering sekali sakit flu/pilek kenapa kira2 itu ya? apakah karena keseringan mandi…thanks atas segala infonya gan

  • bidan febri said:

    JASA MEMANDIKAN BAYI “BUNDA adalah HOME CARE mandiri pertama di luar instansi rumah sakit. Kami hadir Bagi anda ibu muda yang blum cara memandikan
    bayinya yang baru lahir, kami hadir tersebar di Surabaya
    dan sidoarjo, bidan kami akan datang di rumah anda dipagi dan sore hari.
    5 (lima) pelayanan kami:
    1. Memandikan bayi
    2. Pijat relaksasi bayi
    3. Perawatan tali pusar
    4. Konsultasi perawatan bayi baru lahir
    5. Pijat memperlancar ASI (bila di perlukan)
    Untuk setiap paket yang di pilih mendapatkan GRATIS DVD BAHASA BAYI/CD PARENTING” Biaya harian : Rp 125.000,-
    BIAYA PAKETAN:
    1. Paket 6 hari Rp 600.000,-
    2. Paket 12 hari Rp 1.100.000,-
    3. Paket 30 hari Rp 2.600.000,-
    untuk lebih jelasnya hubungi kami :
    BIDAN FEBRI TRI H
    PIN BB: 76714505
    TELP (031) 71636374
    085.606.144.366

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.