Home » Gigi Bayi

Kapan Gigi Bayi Tumbuh

20 November 2008 130 Comments

Diambil dari milis bayi-kita@yahoogroups

KAPAN GIGI BAYI TUMBUH?

Sampai usia 2 tahun anak punya 20 gigi susu.
Pertumbuhan gigi bayi sudah dimulai sejak dalam kandungan, tepatnya
sejak janin berusia 4 minggu sampai bayi lahir. Pertumbuhan ini masih
berlangsung di dalam rahang dan tak terlihat dari luar.

Proses munculnya gigi ke permukaan menembus gusi tidak bisa diukur
lamanya. Sampai di mana posisinya pun hanya bisa dilihat dengan foto
rontgen. Namun biasanya, gigi pertama muncul sejak usia sekitar 6 bulan
sampai 12 bulan. Mula-mula yang tumbuh adalah mahkota gigi yang berwarna
putih dengan lapisan luar emailnya, lalu berikutnya ada dentin, dan
berikutnya lagi adalah pulpa yang menjadi tempat saraf dan pembuluh
darah. Paling akhir yaitu akar gigi.

Satu satu yang memengaruhi waktu kemunculan gigi adalah asupan kalsium
selagi ibu hamil. Namun, tidak berarti ibu yang lebih banyak mengonsumsi
kalsium akan melahirkan bayi dengan pertumbuhan gigi yang lebih cepat.
Bagaimanapun juga, daya serap kalsium setiap janin berbeda-beda. Selain
itu, asupan kalsium pun dibutuhkan oleh pembentukan dan pertumbuhan
tulang.

DUH GATAL!

Pada setiap anak, gejala yang timbul saat tumbuh gigi berbeda-beda atau
individual. Reaksinya tergantung pada daya tahan tubuh dan ketahanan
akan rasa sakit. Gejala umum yang ditemui antara lain :

* Gatal pada gusi

Ini paling sering dialami. Rasa gatal ini membuat anak sering menggigit
benda yang dipegangnya. Untuk mengatasinya berikan biskuit bayi yang
agak keras tapi akan hancur terkena air liur, sehingga tidak
membahayakan. Atau bisa juga diberi mainan khusus bayi untuk
digigit-gigit yang aman dari zat beracun.

* Rewel

Keadaan gatal pada gusi membuat bayi merasa tak nyaman. Akibatnya bayi
yang baru tumbuh gigi hampir selalu rewel.

* Gusi tampak kemerahan

* Tidak nafsu makan

Perasaan tak enak di mulut karena tumbuh gigi bisa membuat anak malas
makan atau mengunyah. Meski demikian anak tetap harus makan.

* Demam

Biasanya tidak sampai demam tinggi. Bila demamnya cukup tinggi, bawalah
anak ke dokter untuk mengecek apakah demamnya memang disebabkan akan
tumbuh gigi atau ada penyebab lain.

BARU LAHIR, EH, PUNYA GIGI

Erupsi gigi susu yang terjadi lebih dini termasuk kelainan pertumbuhan
dan perkembangan gigi. Contohnya, bayi yang pada saat lahir sudah
memiliki gigi (istilahnya gigi natal). Tumbuhnya tidak tentu, di bagian
depan atas atau bawah tapi jarang di bagian belakang. Banyaknya satu
buah. Ada juga erupsi gigi dini yang terjadi baru pada bulan pertama
setelah kelahiran (istilahnya gigi neonatal). Pada kasus keduanya, belum
tentu bayi mengalami gejala sakit tumbuh gigi.

Penanganan dilakukan dengan melihat apakah gigi erupsi dini mengganggu
atau tidak. Jika tidak, maka akan dibiarkan.

GIGI TETAP

Gigi tetap pertama biasanya muncul di usia 6 tahunan. Oleh karenanya,
paling baik kalau gigi susu tanggal ketika gigi tetap penggantinya sudah
teraba atau terlihat. Gigi susu harus dipertahankan karena merupakan
penuntun erupsi bagi gigi tetap. Jika gigi susu copot sebelum waktunya
gigi tetap keluar, maka gigi geligi “tetangganya” akan bergeser mengisi
sebagian kavling yang kosong. Akibatnya, gigi tetap tumbuh tidak pada
tempatnya alias berantakan.

Dedeh Kurniasih

Konsultan ahli:
drg. Eva Fauziah, Sp.KGA
pengajar Fakultas Kedokteran Gigi UI

AGAR GIGI CEPAT TUMBUH

* Latih anak menggigit biskuit bayi yang gampang lumer. Jika bayi sudah
kenyang, gunakan mainan gigit-gigitan yang aman. Dengan menggigit, gigi
di dalam akan menekan gusi, sehingga mempercepat proses keluarnya.

* Berikan makanan bernutrisi sesuai aturan, yaitu dari semipadat di usia
6 bulan menjadi semi padat dan padat di usia 1 tahun. Nutrisi yang baik
berguna untuk tumbuh kembang dan merangsang pertumbuhan gigi dari dalam.

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

130 Comments »

  • arini said:

    anak saya umur 8 bulan, tapi kok belum tumbuh gigi ya!
    dia pernah mengalami panas sampai 39.5C, dia ga mau makan kemudian rewel terus, setelah saya periksa ke dokter dia mengalami sakit radang tenggorokan. yang saya tanyakan apakah gejala yang dia alami itu merupakan salau satu tanda akan tumbuh gigi, soalnya dia sering menggigit jari-jarinya atau apa yang didekatnya selalu dimasukkan kedalam mulut dan digigitnya. sampai-sampai kalo dia sedang minum ASI, puting saya tidak dihisapnya tapi malah dikunyah sama dia. terima kasih atas jawabannya …..!!!

  • hztee_doctor said:

    mbak arini, pertumbuhan gigi pertama biasanya pada usia 6 – 8 bulan, umumnya diawali oleh keluarnya gigi seri tengah bawah, lalu secara berurutan gigi seri tengah atas, gigi seri lateral (samping) atas dan gigi seri lateral(samping) bawah, geraham susu pertama, gigi taring dan geraham susu kedua. Tapi pertumbuhannya tdk sekaligus,tetapi satu per satu dan kadang ada juga yang sepasang. Umumnya ketika anak berusia 1 tahun mempunyai 6-8 gigi susu (tapi kadang ada juga yang hanya 2 gigi walaupun tanpa disertai keluhan pertumbuhan) dan akan menjadi lengkap berjumlah 20 gigi susu (4 gigi seri atas-bawah, 2 gigi taring kanan-kiri di atas-bawah, dan 4 geraham kiri-kanan di atas-bawah) pada usia 18 bulan atau 2 tahun.Untuk usia bayi ibu yang 8 bulan belum tumbuh, hal itu belum bisa dikatakan terlambat, karena normalnya usia pertumbuhan gigi susu adalah 6 – 12 bulan. dikatakan terlambat bila pada usia lebih dari 12 bulan belum ada tanda tanda tumbuhnya gigi pertama, nah bila itu terjadi harus dicari sebabnya.

    Berikut adalah tanda tanda pertumbuhan gigi susu pada bayi:
    1. gatal pada gusi
    ini yang paling sering terjadi, shg memungkinkan si bayi akan menggigit barang yang didekatnya. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan biskuit yang agak keras tapi mudah hancur terkena air liur, atau memberi mainan khusus yg bebas zat beracun untuk digigit gigit.

    2. rewel
    ini karena keadaan gusi yang gatal, yang memberikan situasi tidak nyaman bagi si bayi.

    3. gusi tampak kemerahan
    4. nafsu makan menurun
    5. demam
    biasanya demam tidak terlalu tinggi, pada anak ibu demam 39,5C adalah cukup tinggi, berarti demam tersebut bukan karena tumbuhnya gigi atau bersamaan dengan sebab yang lainnya.
    (dari berbagai sumber)
    Demikian jawaban ini semoga dapat bermanfaat.

  • michie said:

    Putri saya (14,5 bln) baru tumbuh gigi 2 di bagian bawah. gigi pertamanya muncul saat usia 10,5 bln. Normalkah pertumbuhan gigi anak saya? Bagaimana caranya supaya cepat tumbuh gigi? Sering saya melihat dia menggigit mainan, biscuit, liur berlebihan, tapi koq tidak tumbuh2 juga gigi lainnya?
    Thanks

  • yoki said:

    Putri saya baru berumur 3 hari sudah tumbuh gigi bawahnya dan pada saat umur 1 bulan gigi gerahamnya juga mulai tumbuh dan umur satu bulan sudah bisa terlungkup, apakah bayi saya normal…

  • dlie said:

    ikut nanya, anak saya umur udah jalan 9 bulan dan giginya udah tumbuh 2 diatas dan 4 dibawah.yang jadi masalah saat ini adalah saat ibunya menyusui di kecil mengigit dan sekarang(maaf) “pentil susu” nya luka(seperti lecet dan sedikit bengkak). gimana cara ngatasinnya… apa berbahaya buat si ibu /anaknya . mohon dibalas ke email aja ya
    terimakasih sebelumnya.

  • Mya said:

    Putri saya usianya 7 bulan, dan belum ada tanda-tanda tumbuh gigi, normalkah itu dok?
    di suka sekali menggigit apa aja yang ada dipegangnya. apakah normal juga usia 7 bulan masih ngiler?

    mohon pencerahannya melalui email saja.
    terima kasih sebelumnya

  • Fitri said:

    Anak saya 10 bulan belum tumbuh gigi, tapi sudah kelihatan ada sedikit putih2 di tempat gigi seri tengah bawah (yang kanan saja, yang kiri blm kelihatan). Memangnya bisa ya cuma tumbuh satu saja dulu, tidak sepasang?
    Sekitar 1 bulan ini DSA-nya kasih Elkana, katanya biar giginya cepet tumbuh. Apa Elkana benar2 bisa memicu tumbuhnya gigi?
    Trims sebelumnya ya…

  • arif dwi purwanto said:

    hey2 mau nanya gigi bayi pas berapa bulan ya bisa ngunyah ?

  • hztee said:

    Mestinya bisa mengunyah, bila sudah tumbuh gigi seri atas dan bawah, maka biasanya si bayi sudah bisa mengunyah, hanya mengunyahnya ya ala bayi di depan dan kecil-kecil. Biasanya usia 10-12 bulan. Tetapi tidak sama untuk setiap anak, tergantung faktor gizinya. Semoga membantu.

  • ira said:

    Anak saya Abiyyu umurnya 1 tahun tanggal 07 januari 2008, giginya udah 8.. tapi makannya ga pernah mau nasi tim, makanya sampai sekarang saya berikan Nasi Tim Kotak (Pabrikan), Apa ga masalah dengan gizi untuk tubuhnya. Mohon Solusinya, Terimakasih

  • hztee said:

    Nasi instant, gizi yang dikandung, tidak selengkap makanan buatan sendiri, lauk yang lengkap, ditambah buah sayur dan susu. Bila sekarang anda dapat melengkapi gizi anak anda dengan tambahan sayur buah dan susu, untuk sementara masih dapat sedikit ditoleransi. Yang jadi masalah, hal tersebut akan menyulitkan anda di kemudian hari, karena si anak terbiasa dengan makanan instant, masakan rumah tidak mau, sehingga untuk ke depan gizi anak akan kurang terkontrol. Selain itu apa yang dibuat pabrik selalu menggunakan pengawet, hal ini berbahaya untuk jangka panjang karena resiko menjadi kanker.

    Solusinya, sebisa mungkin diselingi dengan makanan yang anda masak sendiri, atau bila tidak mau, dicampur saja sedikit sedikit, semakin lama nasi instant nya semakin dikurangi, dan makanan yang membuat sendiri semakin ditambah.

    Demikian semoga bermanfaat.

  • imams said:

    anak saya sudah 2 th baru punya gigi 4 buah. bagian depan atas 2 dan bawah 2. gimana dong

  • mella shofa said:

    Dok,umur anak saya sekarang 2thun 7blan, dia baru mempunyai 13 gigi,dan sekarang sedang tumbuh 4 gigi lagi. tapi antara gigi seri dan graham kiri atas bawah hanya ada sedikit jarak sehingga tidak ada tempat untuk gigi taring kirinya, apakah ini berbahaya dok, atau gigi yang timbul bisa jadi gingsul? terima kasih

  • Yd.I said:

    Keponakan saya baru berusia 4 bulan, oleh ibunya ia selalu diberi mainan dari karet yang bisa digigit-gigit katanya untuk memancing pertumbuhan gigi bayi kalau belum tumbuh tapi kalau sudah tumbuh mainan itu berguna untuk memperkuat gigi mereka.
    Benarkah hal tersebut secara ilmiah.

    Terima kasih.
    http://www.000babyname.com

  • nila said:

    dok, buat ngatasi rasa gatal akibat gigi yang tumbuh pada bayi apakah ada obat yang aman?

    Terima kasih (n.n)

  • dini said:

    dok, anak saya laki2, minggu depan sudah 10 bulan. sampai saat ini belum tumbuh gigi sama sekali.
    apa sih ciri2 yg paling khas yg menunjukkan klo bayi itu akan tumbuh gigi.
    krn dr lama, apapun yg bisa draih sama dia pasti akan dmasukin ke mulutnya dan digigit. kadang badannya demam dan rewel (tdk disertai gejala lain, misal pilek atau yg lain) tp kemudian baik dengan sendirinya tanpa saya beri obat apapun. kadang2 air liurnya juga banyak tp beberapa hari kemudian tidak lagi. kadang juga beberapa malam dia rewel terus2an (tanpa ada gejala lain) tp malam berikutnya tidak lagi. Saya sampai GR kirain anak saya mo tumbuh gigi, tp sampai sekarang belum tumbuh2 juga.
    Apakah tumbuh gigi juga dipengaruhi oleh faktor genetik, karena sepupunya tumbuh giginya pun pas usia 13 bulan.

    Apakah ada hal lain yg dapat saya lakukan untuk mempercepat proses tumbuhnya gigi anak saya, karena klo biskuit dan gigit2an pun sudah saya berikan.

    Mohon balasannya, ke alamat email saya saja. Terima kasih

  • Riri said:

    anak saya, 10bln tp dia juga blm numbuh gigi .. dia juga elergi susu sapi ? apa krn dia tdk minum susu kedelai yah jd pertumbuhan giginya lama ?? Trima kasih

  • Riri said:

    Dok,, Anak saya Minumnya susu kedelai apakah mempengaruhi anak yg minum susu kedelai pertumbuhan giginya jd lambat ?

  • Emma said:

    Dok,anak saya umur 20 bln, sdh hampir 2 tahun gigi susunya kok blm legkap, gigi depan atas 4 bawah 4, geraham atas 1 bawah 1. Normalkah pertumbuhan giginya? Dia susah sekali kl dibersihkan giginya, apakah hal tersebut bisa merusak giginya lebih dini sebelum lengkap gigi susunya? Adakah cara utk merangsang giginya? Terima kasih.

  • Vinna Dewi A said:

    saya mempunyai bayi putri yang pertama berusia 4 bulan 6 hari, sampai saat ini masih belum bisa tengkurap, sejak usia kapankah bayi itu sudah mulai bisa tengkurap? dan makanan apa yang harus diberikan karena sampai saat ini hanya diberikan minum ASI saja, apakah ada jenis makanan pendamping ? terima kasih sebelumnya.

  • diena said:

    Putriku 10,5bulan sama sekali blum tumbuh gigi,kawatir juga si..tp aku banyak2 cr info jg..katanya sampai usia 18bulan ga maslah,tp klo lbh dari itu konsultasikan sama dokter gigi anda.selebihnya asupan nutrisi jg harus diperhatikan,terutama yg mengandung kalsium.yang jadi pertanyaan apakah kandungan kalsium pada ASI mencukupi untuk bayi??mengingat putriku masih minum ASI.tolong beri masuka yaa..

  • ibeth said:

    Putra saya berumur 8 bulan tgl 29 Juli nanti. selalu menggigiti setiap benda yg dapat diraihnya sampai-sampai mulutnya mengeluarkan liur, sedikt rewel tp menurut saya hal ini normal. Dia pernah deman selama 2 hari dan menurun setelah saya berikan obat penurun panas. Saya dan keluarga mengira kondisi ini pertanda gigi akan tumbuh,ditambah dengan adanya rasa keras diarah gusi atas sewaktu memberi makan, Namun setelah saya perhatikan gusi, saya tidak melihat ada tanda2 akan tumbuhnya gigi.

    Apakah ciri2 diatas dapat dikatakan ciri2 akan tumbuhnya gigi si kecil?

  • ratu said:

    anak sy umurnya 13 bln blm tumbuh gigi…sy sangat khawatir apakah tdk apa2…anak sy sangat2 males minum susu..apakah ada pengaruhnya krn tdk suka susu…

    terima kasih….

  • krisna said:

    hai, anak saya Elang Bramanta 10 bulan saya beri asi eksklusif smp sekarang,tapi BBnya tidak bisa maksimal,ada yg bisa bantu saya ?sebab saya bingung apa penyebabnya.

  • mama salma said:

    Dok, mohon bantuannya donk, anak saya salma umur 13 bulan belum numbuh gigi, apakah masih normal? Tapi anak saya sudah mulai bisa bicara sepatah sepatah apakah benar kalo cepet pertumbuhan lainnya pertumbuhan gigi jadi telat…
    terima kasih.

  • azimah said:

    hai, anak saya berusia 11 bulan baru tumbuh gigi..masalahnya dia tidak mahu menyusu saya cuma susu botol yg dia mau…yg bisa hanya gigit pentil.

  • dwi said:

    dok, anak saya sek umurnya 4 tahun, gigi serinya yg bawah terlihat bertumpuk,spt gingsulan. Giginya br tumbuh ktk umur 1,6 bln, br mncul1. Yang ingin saya tanyakan apakah bila gigi tsbt tanggal/patah dan digantikan dgn gigi susu akan tetap bertumpuk spt itu, atau bs berubah menjadi tersusun rapi.Trims, dok.

  • mely said:

    dok, anak saya umur 4th 6bln. Gigi seri bagian atas sudah kropos. Di gusi gigi seri ada tumbuh gigi kecil seperti serpihan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya mengatasinya agar serpihan gigi itu tidak terus tumbuh. thanks, dok…

  • Pang Julia said:

    Hallo dok, saya punya bayi seorang putri, umur 6 minggu sudah mulai tumbuh gigi seri bagian bawah 2, dan tiap malam rewel banget. Nangis terus, tapi kalo minum susu masih mau

  • Pang Julia said:

    Kira – kira normal ngak ya?

  • online said:

    sangat menarik, terima kasih

  • mindarti said:

    dok saya jg ingin tanya, anak saya berumur hampir 10 bulan tp belum muncul gigi pertama. kalau mau tidur dia harus sambil minum susu kl ga susah utk tidur, apa itu mempengaruhi lambatnya tumbuh giginya dan apa berbahaya utk gusinya dok ?
    tolong dibalas diemai saya, terima kasih

  • Tri Wahju said:

    dok, anak saya sekarang usianya sudah 14 bulan. Yang ingin saya tanyakan kenapa sampai sekarang giginya tumbuh cm 5 biji (atas 3 bawah 2) dan belum bertambah2 smp skr. Makanan jenisnya sudah agak keras…tolong dok beri pencerahan soal ini.

  • Nolla Sukmawati said:

    Dok anak saya baru 5 bln 6 hari sudah mau tumbuh gigi tp baru keliatan putih2 nya tp dok tumbuh nya gigi seri lateral bawah sebelah kiri. yang ingin saya tanyakan normal kah dok pertumbuhan gigi anak saya mengingat biasa nya bayi tumbuh selalu di tengah atas ataupun bawah. thx

  • bunda salma said:

    dok, anak saya usia 12 bulan tgl 16 januari kemarin tp smp skrg blm tumbuh gigi. knp ya dok?gusinya dah lama kelihatan “medhok” tp smp skrg ga’ tumbuh2. mohon solusinya dok……….

  • masteriQ said:

    anak saya baru berusia 4 bulan tapi gigi sudah tubuh 2 (bagian bawah) apa benar mitos tumbuh gigi cepat berarti jalan lama?

  • dewi said:

    Waaah hebat benar yah pertumbuhan buah hati ibu..pertumbuhan anak kan beda beda yah buuu….gak apa2 klo gigi duluan yang tumbuh berarti kalsiumnya tercukupi.

    Klo sudah besar dan kakinya sudah mulai kuat latihlah berjalan tapi menurut saya lebih baik lagi dilatih untuk merangkak dulu baru diajarkan berjalan sebaiknya jangan dipaksakan

    terimakasih

  • ciecilz said:

    dok sya mau tanya nih?????
    anak sya berumurv8 bulan
    tpi tumbuh giginya kok yang diatas dulu ya dok??? gpp ta????

  • mamiimut said:

    dok saya mau tanya nih..
    anak saya saat ini berusia 20 hari dari lahir sudah tumbuh gigi bawahnya pertama yg kelihatan satu lalu yang sebelahnya menyusul tumbuh juga..apakah itu normal atau tidak dan apakah tidak menganggu tumbuh kembangnya nanti…terima kasih

  • abu zulfa said:

    mau nanya dok.. adak saya umur 8 bulan dan sudah tumbuh giginya tapi ada keganjalan karena tumbuhnya gigi tidak merata, pertama 2 gigi depan bawah tus 1 gigi depan atas dan sekarang tumbuh 2 gigi lagi diatas samping kanan dan samping kiri, kira2 ada gejala apa dan apa penyebab dan bahayanya? terimakasih

  • Alice said:

    Anakku yang paling bungsu berumur 7 tahun, tapi sampai sekarang gigi tetap yang di tengah belum lagi terlihat. Yang di bawah ada 4 buah. Kenapa ya??
    Dulu masa umur 1 tahun, dia pernah jatuh dan menyebabkan giginya patah, lalu aku membawanya ke dokter gigi dan mencabut gigi susu tengah itu.Aku merasa takut karena sampai sekarang giginya yang di tengah belum lagi tumbuh.

  • yayah said:

    mudah mudahan anakku numbuh giginya normal dan lancar

  • fifi hajanto said:

    dok…saya mau tanya sedikit mengenai gigi geraham.apa gigi geraham pada anak-anak diusia 9 thn akan terjadi pergantian gigi, seperti pergantian gigi seri ; dari gigi susu menjadi gigi asli ?

  • sarip said:

    dok, anak saya 18 bulan baru tumbuh 6 gigi, 2 dibawah dan 4 diatas. Kira-kira apakah bayi saya termasuk yang terlambat pertumbuhan giginya ? bagaimana caranya agar pertumbuhan giginya bisa normal sesuai perkembangan. tks

  • reyka indah said:

    dok anak saya berumur 14bln tp belum tumbuh gigi satupun,anak saya lahir prematur dengan berat badan 1,8kg.apa itu berpengaruh pada pertumbuhan giginya?tolong beri pencerahan ya dok

  • qhabil said:

    dok anak saya umur 8thn,gigi tengah atas bg depan copot,udah hampir 7bln blm tumbuh lg,kira2 bisatum buh lg tdk dok,cara perawatan agar cepat tumbuh gimana dok.trimakasih dok sblmnya..

  • Bidara said:

    Anak saya sudah 10 bulan lebih tapi belum ada tanda2 tumbuh gigi gimana ya??? saya sampai bingung, apakah itu normal??

  • fitri said:

    dokter..anak saya umur 20 bln..sampai skrg giginy baru 6, 2 dibawah dan 4 diatas.normalkah dok terus gimana carany biar cpt tumbuh gigi yg lainny dok..tolong jawabanny ya dok..mkc..

  • ummi tsabit said:

    Salam Kenal Dokter Eva..
    artikelnya sangat menenangkan saya walaupun tetap bikin saya khawatir, masalahnya anak saya sudah umur 14 1/2 bulan belum ada satupun gigi tumbuh , gusinya sudah telihat putih dibawah, tapi diatas tidak ada tanda2 seperti gradakan.. padahal anak saya sudah makan segala macam makanan, kalau makan langsung telan aja. sekarang anak saya sudah bisa jalan umur 13 bulan.apakah yang harus saya lakukan …. please ya dok

  • tere said:

    dok, saya ingin menanya. gigi anak saya yang berumur 9 bulan kenapa kropos seperti bergerigi pada gigi seri atas ?
    kemudian susunan gigi anak saya tersebut tidak rapat.
    penyebab nya tuh apa dokter ?
    terimah kasih…

  • mama nya fairy said:

    anakku alergi susu sapi apakah bisa menghambat pertumbuhan gigi?

  • yani suuryani said:

    anak saya udah 11bln,tp kok blm ada tanda2 giginya tumbuh,,klo rasa gatal dan gigit biskuit bahkan mainan2 sering dia lakukan,,menurut dokter itu tdk apa2?apakah faktor gen jg berpengaruh soalnya papa nya waktu kecil baru tumbuh gigi di usia 1 tahun 3 bln??mohon jawabannya terima kasih

  • Tari said:

    Thank info nya dok, and aku mo nanya tentang babyku yang usia 15 bulan tapi belum bisa jalan dan belum tumbuh gigi, gimana cara merangsangnya dong. Gue khan takut ada apa – apa dengan my babyku. Kasih jawab dong. Thank sebelumnya

  • jasmine said:

    dok,anak saya umurnya 13 bln tapi belum keluar gigi dan berat badanya kurang sekarang masih 7 kg,dulu anakku lahir prematur dengan berat badan 2,2 ons.tapi setiap aku ke dr minta nafsu makan tidak di kasih karena harus ronsen dulu.aku harus gimana dok?terimakasih

  • nDa Kaisy said:

    dok mo tanya kira-kira boleh gag merangsang pertumbuhan gigi bayi sejak dini? umur my baby 3bulan, boleh gag dirangsang pertumbuhan giginya pake’ mainan yg digi2t2 itu..,? coz’ apa2 yg dipegang sekrng suka dimasukin kemulutnya ?,,, mohom dijwb y dok,,via email aja,,, thank’s be4…,,,.

  • arin said:

    anakku saat ini umur 1 th 2 minggu belum numbuh giginya satu pun. saya juga khawatir. dia juga lahir prematur 1.9 kg. apakah karena itu?

  • Agung said:

    Dear Dokter. dok anak Saya dah ber umur hampir 13 bulan kok tumbuh giginya sama sekali, apakah penyebab hal tersebut ? Dan apa solusinya, serta tindakan apa yang Kami Para Ortu lakukan ? terimakasih u/ jwbnnya.

  • Yudha said:

    putri saya saat ini umurnya genap 6 bulan, 1 bulan ini putri saya sering batuk pilek dan saya sudah 3 kali membawa putri saya ke dokter. tapi saat ini putri saya masih suka batuk2 kecil (batuk pd waktu tertentu). kira2 apa penyebab’y dok? apakah batuk putri saya bisa sembuh?

  • Ayahnya Almira said:

    Anak saya berumur 6 bulan, sekarang ini sedang rewel karena mau tumbuh gigi. Tapi kenapa yg mau tumbuh malah gigi atas dulu ya? Bukannya biasanya gigi bawah akan tumbuh lebih dulu ya? Mohon penjelasannya…Trimakasih…

  • dewi said:

    anak saya umurnya udah 1 th lbih, tp blum ada gigi yg tumbuh. kenapa ya..mohon penjelasannya…trimkasih

  • Tumbuh Gigi | ITB Motherhood said:

    [...] Nadhira Uma’ Richie — ihhh kembar! lucunya:D klo dari http://bayidananak.com/2008/11/20/kapan-gigi-bayi-tumbuh/ biasanya 4,5 bulan emang dah mulai gatel gigi, tapi jangan khawatir klo lebih dr 6 bulan giginya ga [...]

  • mommy ella said:

    Dok, anak saya jalan 9 bln smp skrg giginya blm tumbuh. Pdhl waktu dia di imunisasi pada waktu 6 bln, dokter mengatakan kalo gigi anak saya mau tumbuh, tp knp smp skrg blm tumbuh juga ya dok?
    Mmg kalo saya perhatikan di gusi atasnya ada putih-putih gitu. Apa berarti bentar lagi mau tumbuh gigi? Biasanya brp lama sampai jadi gigi beneran?

  • nur hayati said:

    anak saya udah usia 10 bln .
    belum tumbuh giginya.

  • nur hayati said:

    anak saya usia 10 bln. kok belum tumbuh gigi. mengapa dok. apakah ada terapi agar cepat tumbuh! anak saya kembar dua. apakah pengaruh ketika saya hamil? padahal saya udak kosumsi kalsium resep dokter. dan periksa ke dokter kandungan. apakah perlu saya bawa ke dokter tumbuh kembang anak.

  • Mama Karunia said:

    Dokter, anak saya Nia baru 6 bulan, sudah tumbuh gigi seri tengah bawahnya satu, tp sumengnya sampai seminggu lho.. Apakah ini wajar, atau ada masalah lain?? mohon penjelasannya. Terima kasih.

  • lisa said:

    dok au tanya donk.. anak saya umur 1 thn 2 bulan.. mau tumbuh gigi graham..tapi koq bisa sampai sariawan (parah) di lidah dan tenggorokan.. dan udah hampir seminggu lebih susah mkn dan minum.. obat yg bgs buat tumbuh gigi dan sariawan apa yah dok??? trima kasih atas jawabannya

  • iin said:

    dok mo tanya dong…anaku umur 11bln tp blm tumbuh gi2 satupun,kenapa ya?apa yg bt terlambatnya pertumbuhan gi2 anak saya?

  • iin said:

    dok mn jawabanya?tolong dong secepatnya.

  • Laurentia said:

    Dok,mau Tanya untuk Gigi putri saya.
    Umur 1bulan 10hari 2 Gigi geraham atas kiri kanan Sudah kelihatan keluar.
    Dan bayi saya gigit2 sampai mengeluarkan bunyi kriet2. Apakah tidal mempengaruhi pertumbuhan giginya ya dok?
    Terima kasih

  • mery said:

    hai dok.ank saya sdh 10 bln,tp blm ada tanda2 tumbuh gigi,saya sgt kawatir skali.padahal apa yg dipegangnya selalu msk mulut.apa ank saya tdk ada kelainan dok.trima kasih

  • ahmad said:

    dok, putri saya umur 17 bulan, giginya patah sewaktu terjatuh sekitar 2 minggu yang lalu,,sekarang gusinya bengkak ukurannya sama persis seperti gigi,,,cuma waktu terkena makanan pasti berdarah,,,,kata dr gigi gusinya gak bakalan normal kembali sampai umur 6 tahun. saya jd bingung dok….gmn solusinya terima kasih banyak atas jawabannya dok….

  • ALMAIDAH said:

    Anak Saya sudah usia 1 th tp belom tumbuh gigi
    apakah ada kelainan dok

  • Jingga Shifa Nadhira » Saat Tumbuh Gigi said:

    [...] Kapan Gigi Bayi Tumbuh [...]

  • nia said:

    dok, anak saya 17 bln, tp giginya dah karies, dia hobi ngedot kl mlm, dan sering sakit, kariesnya karena susu / krn sering konsumsi obat & antibiotik ya?

  • Eva said:

    anak saya umur 4 bln,tp sdh mulai gigit2 benda yang ada ditangan krn gusi nya gatal..gmn cara nya spy dia tdk rewel ya..udh bs diberikan biskuit?

  • July said:

    anak sy usianya 7bln krg 2hr.kalo lg mimi,puting saya ditari tarik. kayaknya gusinya gatal. apa itu pertanda mau tumbuh gigi?
    tmksh.

  • clodi murah said:

    mdh2an ga OOT nih, anak saya sudah 2,5thn.. dari segi gigi sudah bagus, banyak tumbuh baik gigi dpn,samping,belakang.. cuma yg sy bingung dia ga mau makanan yang agak keras, kenyal, padat.. seperti daging, bakso, nugget..ngunyahnya sih mau cuma selalu ga ditelan, malah dibuang lagi. oiya ngunyahnya juga lamaa, sampe kesel klo nyuapin dia. sementara anak yg lain sy liat sdh pada bisa makan makanan yang padat begitu. kira2 ada yang mau berbagi trik/tips buat ngatasinnya? terimakasih

  • mama tati said:

    dok, anak saya sudah hampir 13 bulan tapi belum ada tanda2 tumbuh gigi. apa yang bisa kami berikan? mohon jawabannya di email saya. thx b4….

  • tessy said:

    dok tolong dong,,knp ya anak saya 12bulan2mgg tp blm ada satupun gigi yg keluar,pdhl tanda2nya udh ada spt air liurnya jd mkin bnyak dan suka gigit2 kl lg nenen..brp batas max usia normal tumbuh gigi??tolong dijawab mll email saja dok.terimakasih

  • ina said:

    Dokter, anak saya luthfi pada waktu berumur 4 tahun pernah jatuh dan mengakibatkan 2 buah gigi depan atas nya copot. Sampai saat ini (umur 7 tahun) gigi depan 2 itu belum juga tumbuh.
    Kenapa begitu lama ya dok… Trus upaya apa yang harus kami lakukan supaya gigi depannya cepat tumbuh. Kasian Luthfi . Trimakasih atas advis nya.

  • bunda Riang said:

    Anak saya berumur 7 bulan menuju 8 bulan tapi juga blm tumbuh gigi pertama tapi setelah saya baca tanda2nya ini proses mau tumbuh soalnya anak saya selalu memasukkan benda apa2pun kedalam mulutnya termasuk jarinya tapi itu bisa saya atasi dengan memberi biskuit keras tapi mudah lumer kena air liur,,,yang jadi masalah saya masih takut memberikan mainan untuk digi2t yang aman dari racun karena kalo sudah kenyang saya bingung harus diberi apa mungkin saya ajak bernyanyi tapi anak saya bosan juga …bisa ngak saya minta ciri2 mainan yang aman bgi anak saya terimakasih

  • Lia said:

    Dokk,

    mau tanya anakn saya saat ini berusia 1 tahun 11 hari dan samapi hr ini giginya belum tumbuh, mohon advisenya y dok knp bisa seperti itu & apa yang harus saya lakukan agar gigi anak saya tumbuh.

    terimakasih dan saya tunggu jawabannya.

  • Tiwie said:

    Dok, Anak saya saat ini berusia 1 thn 1 bln,dan sampai saat ini giginya belum tumbuh, memang ada tanda2 putih tp di pinggir kanan,kiri bukan ditengah,namun blm tumbuh2 juga,,, tambahan kalsium sudah saya berikan tp knp blm tumbuh juga ya dok, apakan nanti akan tumbuh , saya sangat khawatir, apa yang harus saya lakukan agar gigi anak saya tumbuh dok?

    Sebelum dan sesudahnya terima kasih dok,saya tunggu jawabannya?

  • haji dan umroh said:

    Anak saya tumbuh gigi depannya baru sebelah kiri doang 2 buah, sebelah kanannya blom tumbuh yang depannya.. kenapa yah.. kok aneh..

  • Ani said:

    Koq belum ada jawaban Dokternya ya..

    Aq juga mau nanya 11 bulan belum numbuh gigi?
    masih normal kah??

  • antony said:

    maaf dok,saya mau tnya,bayi saya umur satu bulan sudah bisa ngomong,tapi belum keluar gigi..ketika umur 2 bulan,sudah keluar gigi depan,dan setiap hari tambah terus giginya,.dan umur 3 bulan baby saya bisa lari lari,lalu ketika 4 bulan dia bisa pacaran.apa bayi sy normal dok??thx

  • nha said:

    dok mau tanya, anak saya sudah umur 1tahun tapi knp giginya blm keluar satupun ya?
    pada umur 7 bln dan 8 bln pernah mengalami demam tiba2 dan agak rewel, gak mau
    makan. saya pikir akan tumbuh gigi, tapi knp sampai sekarang belum 1pun giginya keluar?
    normalkah itu dok?

  • sugiarti said:

    Dok,anak saya dari dua tahun gigi nya habis (reges) waktu saya periksa Dr gigi katanyanya tidak ada masalah,tapi saya kwatir karena usia nya 4thn gigi nya habis,bagaimana mengatasi nya Dok,makanan atau vitamin apa yang bisa memperceepat pertumbuhan gigi nya,karena suka sakit gigi…

  • nita aprilia said:

    dok anak saya usianya sudah 14 bln tapi giginya satu pun belum ada yg tumbuh, tapi dia sdh bisa berjalan sejak usia 1 thn, juga sdh banyak memiliki kosa kata dlm berbicara, anak saya juga ngempeng, apa ada pengaruhnya dgn pertumbuhan giginya, mohon infonya dok..
    terimakasih dok..

  • eka marhaepi said:

    SIANG DOKTER.. ANAK SAYA UMUR 10 BLN BLM MUNCUL JUGA GIGINY.. TP ANAK SAYA UDA BS MAEM BUAH SENDIRI SPT PISANG APEL PIR TOMAT DLL PISANG BS HABIS 3/4NYAKL APEL N PIR DIA KERIK2 DGN GUSINY CUMA GA SAMPE ABIS..
    TRUS ANAK SAYA AGAK SUSAH DI KASI MAKAN SAYUR DAGING IKAN N BUBUR, KADANG KL LAGI DOYAN MAKAN BS KEHABISAN BUBURNY TP KL LAGI GA MUT PALING MASUK 5 SUAP (MAKANANYA SAYA BUATIN SENDIRI DOK DAN NO GARAM GULA N MSG) ANAK SAYA CUMA DOYAN SAMA BUAH, BUAH APAPUN DIA MAU, NAH APA AANK SAYA GA KEKURANGAN GIZI YA DOK DGN MAKANY YG SPT ITU??
    UMUR 9BLN KMRN BERATNY 7,4KG BERAT LAHIR 2,95KG TRIMS DOK SAYA TUNGGU INFONY

  • mamahnya dafinah said:

    dok anak sy hampir 11 bulan belum tumbuh gigi…tapi udah maem nasi…apakah tdk apa-apa dok?

  • imro'atus soleha said:

    dok, anak saya sdh 1 tahun tapi blm jg tumbh giginya. berat waktu lahir 3.550 gram. kadang saya makan nasi kadang jg makan bubur. bagaimana itu dok? mohon penjelasannya.

  • lina said:

    Anak saya skrg sudah 9 bulan lebih,tp blum tumbuh gigi.pernah jg sih rewel sperti tanda2 mau tumbuh gigi tp blum muncul2 jg.cuma kata orangtuaku biasanya kalau bayi cepat jalan giginya lambat tumbuh demikian sebaliknya.aku jg kadang berpikir demikian soalnya bayiku dr umur 8 stengah bulan dah bisa jalan sendiri tapi dgn berpegangan pada benda2 dskitarnya.bersamaan itu jg ad anak teman yang sudah 10 bulan sudah tumbuh 4 gigi tapi blum bisa berdiri.jadinya aku pikir ga masalah lambat tumbuh gigi it artinya bayiku pintarnya jalan dlu.gimana menurut dokter ap ada hubungannya at gimana dengan ibu lain apakah sama jg?

  • Mamah helwa said:

    Dok saya mau tanya : anak saya sudah berumur 9 bln ,tapi belum ada tanda-tanda tumbuh gigi ,apa ada obat perangsangnya supaya cepat tumbuh gigi ? Triama kasih . ditunggu jawabanya di email

  • andri said:

    Dok.., anak saya usia ya udah 1 tahun dua bulah ko’ blom tmbuh gigi ya dok…..sya pngen tau dok ap ada kesalahan dlm diri anak saya atau anak sya emng gk punya gi2….apa aa dok dr bayi smpe dewasa gigi gk tumbuh2…..mohon solusinya dok..

  • maula said:

    Mau nanya dok…anak saya umur 5 thn 9 bln, gigi susunya sudah lepas tp gigi tetapnya tumbuh diatas gusi dok, saya khawatir gigi anak saya (maaf) tonggos, gimana solusinya ya dok agak kelak gigi anak saya tumbuhnya bagus, kalau giginya dicabut apa akan tumbuh lagi dok? terima kasih atas reponnya

  • amponzacra said:

    dok…saya mau nanya. Ringkas aja.
    Anak saya udah 9 bulan, giginya lebih cepat tumbuh yg diatas.sedangkan yg dibawah blum pun nampak, bagaimana itu dok…???
    Apa ada pengaruhnya.

  • mama aisya said:

    dok, anak saya usia 13 bulan blm tumbuh gigi, makan nasi jg blm bisa akhirnya msh makan bubur saring sampe skg,bahaya gak dok?gmn biar cpt tumbuh gigi?

  • allan said:

    dok anak saya 1,8bulan giginya baru ada 7 -8 lalu gigi bagian paling depan atas ada jaraknya dok/tidak rapat ..kenapa ya dok..trims

  • adinizam said:

    Dok, anak saya usia 3,5 bulan (perempuan) tumbuh seperti gigi di bagian atas kanan kiri (seperti taring), tapi tumbuhnya seperti gigi gingsul. Apa itu gigi? dan apakah normal pada usia 3,5 bulan? Terima ksih jawabannya

  • Echy said:

    Dok, putri saya 13 bulan msh blm jg tumbuh gigi, normal tdk ya? Sdh bs jalan dr 11bln. Mohon jawabannya y dok. Makasih.

  • jj-arthadinata said:

    Dok…. sy mau nanya. Putri saya sudah berumur 8 thn, giginya sampai sekarang belum ada satupun yg lepas. Malah sekarang sudah tumbuh gigi yang baru. jadinya gigi putri saya menumpuk. untuk mengatasi hal ini saya harus bagaimana Dok… ?

  • santi said:

    Dok, saya mau tanya putri saya usianya sudah 16 bulan tapi sampai sekarang giginya belum ada satupun yang tumbuh, dibawah gusinya sudah bengkak dari usianya 12 bulan tapi sampai sekarang belum tumbuh juga giginya. Anak saya hanya mau makan bubur bayi yang lembek (untuk usia 6 bulan keatas), tiap sya kasih nasi dia muntahkan, kenapa ya Dok, padahal dari usia 6-9 bulan dia ma makan tim saring buatan sendiri, tapi semenjak timnya tidak disaring lagi dia tidak mau makan nasi sampai sekarang. Tolong jawabannya ya dok, saya sangat bingung…..
    Terima kasih

  • rita said:

    dok,ank saya perempuan usia 21bln tp giginya baru ada 6. 4 diatas dan 2 dibwh. apakah itu msh normal? sy agak cemas. mohon penjelasan dari dokter. terima kasih

  • Devianti Permana said:

    dok anak saya udah 1 tahun tpi kok blum tumbuh gi2 nya?tpi bru ada tanda2 putih di bagian gusinya.
    apa yg hrus sya llukan untuk mmpercpat tumbuh nya gigi pd anak saya dok.

  • intanps said:

    posting yang bermanfaat, mampir yu ke blog saya
    http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/

  • aldien said:

    makasih infonya ya dok,

    berguna banget soalnya anak saya mau tumbuh gigi

  • dyah said:

    dok,anak saya perempuan umur 12 bulan tapi kok lom tumbuh giginya?

    bagaimana cara mengatasinya ya dok,dan berapa batas usia untuk tumbuh gigi.

    Terima kasih

  • Bunda Lita said:

    Dok anak saya sudah 11 bulan tpi kok blum tumbuh gi2 nya? bru ada tanda2 putih di gusinya.
    apakah ini normal? apa yg hrus sy lakukan untuk mmpercpat tumbuh nya gigi anak saya? Padahal sy jg sdh memberikan makanan dia dengan buatan sendiri ada sayur dan lauknya(dia mau makan,tp tdk begitu banyak), dia jg sudah makan biskuit bs smpai habis, begitu pula dengan buah seperti pisang. Mohon infonya dok…

    Terima kasih,,

  • icha said:

    dok,anak saya perempuan umur 15 bulan, gigi nya dah mulai tumbuh sejak dia umur 7 bulan, tapi kenapa ya dok giginya udah mulai ada tanda-tanda kerusakan dan sompel2, kira2 penyebabnya apa ya dok, kemudian cara mencegahnya gimana dok, bantuin ya dok.

  • christy said:

    Dok,saya pny ank cowok yg sekarang berusia 15 bln. Tp sampai sekarang blm da 1 pun gigi nya tumbuh. Untuk makan dia mudah dan bnyak untuk ank seusia nya. Kdg jg sdh mkn nasi spt yg sy makan. Saya pernah bertanya pd dktr ank,kt nya tdk apa2 dan tdk da gangguan krn usia maksimal ank tumbuh gigi 15 bln. Tp sampai skrg di usia anak saya 15 bln gigi nya blm jg kluar. da masalah pa y,dok??? trimalasih untuk info nya…

  • mCHKngcDul said:

    ambien price people getting high ambien – cost of zolpidem 10 mg

  • rSzPulvczd said:

    buy soma 350mg buy soma 350 – buy soma online cheap

  • mVuNGmceNu said:

    buy xanax valium online florida buy xanax no prescription legal – xanax bars for

  • lHFnAdAPTx said:

    buy ambien ambien and pregnancy 2012 – ambien bad sleep

  • Dery said:

    Pagi dr.

    Anak saya baru 4 bulan kok udah tumbuh gigi?
    Gigi yang dia tumbuh bukan gigi seri.
    dia tumbuh gigi yang disamping kyknya gigi taring.
    Jadi ada masalah gak dr????

  • tXUmdNPFJP said:

    valium sale what color is generic valium – how to buy valium online legally

  • top ten ways to get taller said:

    I was more than happy to find this great site.
    I need to to thank you for your time due to this fantastic
    read!! I definitely appreciated every little bit of
    it and I have you book-marked to see new things in your blog.

  • Muhammad Luthfy said:

    Assalamu Alaikum Dok..
    saya mau tanya dok, anak saya sekarang berumur 1 tahun 2 minggu, tapi kok gigi anak saya belum ada satupun. ditambah anak saya itu belum bisa merangkak apalagi berjalan.
    mohon penjelasannya dok.makanan apa yang harus saya berikan ke anak saya supaya giginya bisa cepat tumbuh. tq

  • Cheap league of legends codes by Freeleagueoflegendscodes.com said:

    I do not know if it’s just me or if perhaps everyone else encountering issues
    with your website. It looks like some of the written text in your content are running off the
    screen. Can somebody else please comment and let me know if this is happening to them
    as well? This may be a issue with my browser because I’ve had this happen before.
    Thank you

    Check out my web-site; Cheap league of legends codes by Freeleagueoflegendscodes.com

  • Minecraft PE free download said:

    Everything is very open with a clear clarification of the challenges.
    It was truly informative. Your website is useful.
    Thank you for sharing!

    Feel free to surf to my web site: Minecraft PE free download

  • m88 said:

    Your style is very unique compared to other people I’ve read
    stuff from. Thanks for posting when you have the opportunity, Guess I will just book
    mark this blog.

    My page – m88

  • Graig said:

    Have you ever thought about adding a little bit more than just your articles?
    I mean, what you say is fundamental and everything.
    However think of if you added some great visuals or
    videos to give your posts more, “pop”! Your content is excellent but
    with pics and videos, this site could definitely be one of the most beneficial in its niche.
    Wonderful blog!

  • battle camp hack said:

    Games development for WMS gaming, simply launch
    the game world alone or with friends gameScramble with Friends Cheat?
    No longer are games just targeted for youngsters, but has innovative concept battle camp hack that
    gives you unlimited advantages. In the event of which battle
    camp hack mobile phone, the mobile world is accessed within the us today.

  • dafabet casino said:

    Asking questions are in fact gkod thing if you are not understanding anything completely, except
    thjs paragraph offers pleasant understanding yet.

    my sitge :: dafabet casino

  • where can i buy forskolin 125 mg said:

    You have a very good point of view here.Forskolin originated from a plant located throughout India,
    Asia and Indonesia and used at Ayurvedic medicines.
    This herb appearance is yellow and pumpkin shaped.

    The best common name for this herb is certainly Gambooge.
    In Asia or throughout many other areas of the world, this vegetable is used to keep various food items as perfectly as a
    preparation for unique food items delicancy.

  • tamienataliaa said:

    Dok saya mau nanya.
    Anak saya skrg berumur 8bulan tp belum ada ciri2 gigi tumbuh. Makanan semi padat yg cocok apa yaa dok buat merangsang giginya?
    Anak saya dikasih mainan yg nuat di gigit malah gamau dok, dibeliin dot buat ngempeng juga ga mau.. mohon infonya ya dok

  • Tuti Alawiyah said:

    Dok anak saya perempuan skrng umur 8 bln gigi depan bawahnya sudh tmbh 2,skrng tmbuh lagi gigi atas pinggir sblh kiri biasanya kn yg tmbh gigi atas depan dlu tp ko mlhgigi atas pinggur kiri ya.apa itu normal

  • coquines said:

    Très b?n po?te : j’en discut??ai danj? la journée avec des amis

    H?re is my homepage :: coquines

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.