Home » Kesehatan Bayi / Anak, Misc, Perkembangan Bayi / Anak

Kebiasaan bayi Menghisap Jari

20 November 2008 109 Comments

Wajar, kok, bayi mengisap jari karena hal itu memang kebutuhannya. Justru menunjukkan si bayi sehat dan normal.
Setiap bayi pasti akan mengisap jari. Terlebih pada bayi baru lahir hingga usia 3 bulan,mengisap jari acap kali dilakukan. Hal ini menunjukkan si bayi dalam keadaan sehat dan normal, karena refleks isap memang sudah seharusnya dimiliki bayi sejak lahir. Itulah mengapa, bila bayi mau menyusu, puting susu ibu tak perlu dipaksa dimasukkan ke mulut bayi. Cukup pipinya digeser-geser dengan puting, maka bayi akan mencari arah puting.
Namun tak berarti semua bayi memiliki refleks isap yang baik, lo. Seperti dikatakan Prof. Dr. dr. Nartono Kadri, Sp.A(K), ada beberapa bayi yang reflek isapnya rendah, yaitu bayi yang lahir prematur dan bayi sakit. “Pada bayi prematur, refleks mengisap jarinya lebih pelan ketimbang bayi sehat, karena pertumbuhannya yang belum terlalu sempurna.” Sedangkan bayi sakit, misalnya, mengalami gangguan pernafasan berat. “Ini berarti bayi dalam kondisi lemah, sehingga refleks isapnya tak baik. Bayi yang demikian memerlukan selang karena ia tak bisa mengisap,” lanjut guru besar FKUI ini.

Kebutuhan Menghisap

Secara psikologis, menurut Dra. Betty DK. Zakianto. Msi, bayi mengisap jari karena lapar. Disamping bayi memang memiliki kebutuhan mengisap, dari lahir sampai usia 3 bulan.”Kebutuhan mengisap didapat bayi ketika menyusui namun kebutuhan ini bersifat individual. Artinya, masing-masing bayi memiliki kebutuhan mengisap yang berbeda-beda,” terang psikolog pendidikan ini. Itulah mengapa, lamanya menyusui tak akan sama pada setiap bayi. Misalnya, ada bayi yang sudah puas mengisap selama 20 menit menyusui, namun ada yang baru merasa puas setelah 40 menit.
Selain itu, jarak waktu menyusui juga bisa berpengaruh. Bayi yang setiap 3 jam sekali diberi minum, misalnya, kebutuhan mengisapnya akan lebih sedikit ketimbang bayi yang diberi minum 4 jam sekali. “Jadi makin sering bayi diberi kesempatan menyusu maka semakin sering pula bayi dapat memenuhi kebutuhan mengisapnya,” lanjutnya.
Beberapa pakar pun mengatakan, bayi yang menyusu ASI akan lebih jarang mengisap jari ketimbang yang menyusu dari botol. “Kalau ada bayi yang menyusu ASI namun tetap mengisap jari, bisa jadi karena waktu menyusu yang kurang. Misalnya, kebutuhan menyusunya 40 menit, tapi ia hanya diberi 20 menit, sehingga ia belum puas mengisap.” Waktu menyusu yang ideal, terang Betty, sekitar 30 sampai 40 menit. “Di atas 20 menit sebenarnya susu ibu sudah kosong, namun bayi tetap mengisap puting ibunya demi memenuhi kebutuhan mengisapnya.”

Sarung Tangan Atau Empeng

Yang jadi masalah, orang tua suka risih melihat bayi mengisap jari. Takutnya, mengisap jari akan menjadi suatu kebiasaan sampai selepas masa bayi. Kalau sudah begitu, tentu akan sulit sekali untuk menghilangkannya. Lagi pula, jika kebiasaan ini terus berlanjut, dikhawatirkan akan menghambat perkembangan gusi dan gigi. Itulah mengapa, tak jarang orang tua memberikan alternatif solusi dengan memakaikan sarung tangan. Padahal, menurut Nartono, cara ini tak menyelesaikan masalah, malah dapat mengundang bahaya. “Bisa saja, kan, si bayi malah memasukkan sarung tangan itu ke mulut? Nah, jika sarung tangan itu diisap-isap terus, tentunya jadi basah. Dalam kondisi basah, kuman dan kotoran akan lebih mudah melekat. Jadi, sarung tangan malah berdampak buruk untuk bayi,” terangnya.
Selain sarung tangan, kadang orang tua juga suka memberikan empeng/dot. Awalnya, sih, karena bayinya masih rewel padahal sudah diberi ASI. Mereka khawatir bila minumnya ditambah, si bayi malah jadi muntah karena overfeeding atau overload (terlalu banyak menyusu). Nah, agar si bayi tak rewel dan muntah, diberilah empeng/dot. Berbeda dengan jari, menurut Nartono, empeng/dot tak begitu berpengaruh terhadap perkembangan gusi dan gigi, karena empeng tak sekeras jari. Selain itu, empeng/dot adalah benda di luar tubuh bayi, sehingga cara melepaskan kebiasaan mengempeng relatif lebih mudah dibandingkan bila jari yang diisap.
Tapi dengan mengempeng, berarti banyak udara yang masuk ke perut bayi sehingga bayi akan mudah kembung. Selain itu, dari segi higenis, empeng/dot bisa saja jatuh dan yang menjaga bayi malas mencucinya kembali. “Biasanya, bila empeng jatuh cukup dilap sebentar di baju si pengasuh, langsung dimasukan kembali ke mulut bayi. Nah, ini, kan, bisa jadi masalah tersendiri buat bayi.”
Dengan kata lain, baik sarung tangan maupun empeng/dot, justru akan menimbulkan masalah baru bila digunakan sebagai pengganti jari. Jadi, bagaimana, dong, sebaiknya?

Berhenti Sendiri

Menurut Betty, orang tua sebenarnya tak perlu terlalu cemas, karena kebiasaan mengisap jari akan berhenti dengan sendirinya. Namun dengan catatan, asalkan si bayi tumbuh dalam lingkungan yang menyenangkan. “Jadi bayi tak perlu dipaksa untuk berhenti mengisap jari, apalagi sampai jarinya ditarik dari mulutnya. Justru kalau dipaksakan, ia akan lebih frustrasi dan malah akan lebih giat mengisap jari demi mengatasi rasa frustrasinya.” Lebih baik, saran Betty, biarkan dulu. “Orang tua perlu memberi toleransi agar bayi dapat memenuhi kebutuhan mengisapnya.” Toh, nantinya kebiasaan itu akan berhenti sendiri. Lagi pula, seperti telah dijelaskan di atas, mengisap jari merupakan pertanda si bayi sehat dan normal. Juga, merupakan salah satu kebutuhan bayi dari lahir sampai usia 3 bulan. Jadi, wajar saja. Bahkan, kata Betty, sampai usia 7 bulan pun, kebiasaan mengisap jari pada bayi masih dianggap wajar.
Lain halnya bila setelah usia 7 bulan bayi masih saja meneruskan kebiasaannya mengisap jari. “Orang tua sebaiknya mencari tahu penyebabnya,” saran Betty. Mungkin bayi termasuk tipe yang memerlukan waktu lebih lama untuk menyusu. Jadi, cobalah perpanjang waktu menyusuinya. Toh, dia tak akan kekenyangan. Bukankah payudara sebenarnya sudah kosong?
Tapi bila cara tersebut tak juga menyelesaikan masalah, bahkan frekuensi mengisapnya malah jadi semakin sering, maka orang tua kembali harus mencari penyebabnya. “Bisa jadi bayi mencari pengganti sesuatu, lalu dia mendapatkan jempolnya sebagai benda penghiburnya. Bukankah jari merupakan benda yang paling dekat dengannya?”
Jika bayi memperoleh rasa nyaman dari jempolnya, lanjut Betty, bisa jadi dia mengalami rasa jemu, frustrasi, atau malah kecapekan. “Kasusnya hampir sama dengan bayi-bayi yang mencari rasa aman dari benda-benda di sekelilingnya, seperti selimut, bantal atau boneka.”
Walau begitu, ingat Betty, tetap saja orang tua tak boleh memaksakan bayi untuk langsung menghentikan kebiasaannya. “Cobalah dengan mengalihkan perhatiannya pada kegiatan lain yang menarik dia. Misalnya, ciptakan permainan dengan tangan atau jari, seperti bermain tepuk tangan. Tentunya, permainan ini harus berkesan baginya.” Bisa juga dengan memberikan mainan kesenangannya atau ganti dengan mainan yang khusus untuk digigit. Namun jangan lupa, pastikan mainan tersebut aman dan bersih.
Bila semua cara tersebut ternyata tetap tak membuahkan hasil, menurut Betty, orang tua sebenarnya juga tak perlu terlalu cemas selama tumbuh kembangnya normal. Jadi, meski bayi memiliki kebiasaan mengisap jari namun dia masih suka bermain dan ceria, ya, tak apa- apa. Tapi kalau dia mulai melamun dan sepanjang hari kegiatannya cuma mengisap jari, barulah orang tua boleh khawatir. Konsultasi dengan ahlinya merupakan alternatif yang terbaik bila orang tua tak jua bisa menemukan penyebabnya maupun mengatasinya.

di cp dari http://perwira-kuwait.blogspot.com/2007/05/kebiasaan-menghisap-jari.html

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

109 Comments »

  • Ryanto Sibarani said:

    Anak saya bernama Ray, pernah terserang penyakit infeksi otak ketika umur 11 bulan, sehingga harus dirawat di rumah sakit hampir 3 minggu. Saat Ray ini berumur 2 thn,kondisi fisik (tangan, kaki, badan) bisa digerakkan dengan baik, sudah bisa duduk sendiri tetapi belum bisa merangkak, berdiri dan berjalan. Pertanyaan saya adalah : apakah tips untuk merangsang otot2 Ray agar bisa digerakkan sehingga sehingga mampu berdiri dengan baik dan benar ? Untuk informasi, Atas anjuran dokter, Ray masih dalam perawatan di rumah dan minum obat vitamin otak, juga masih di pijat oleh tukang pijat. Thanks.

  • Ryanto Sibarani said:

    Anak saya bernama Ray, pernah terserang penyakit infeksi otak ketika umur 11 bulan, sehingga harus dirawat di rumah sakit hampir 3 minggu. Saat ini Ray ini berumur 2 thn,kondisi fisik (tangan, kaki, badan) bisa digerakkan dengan baik, sudah bisa duduk sendiri tetapi belum bisa merangkak, berdiri dan berjalan. Pertanyaan saya adalah : apakah tips untuk merangsang otot2 Ray agar bisa digerakkan sehingga mampu berdiri dengan baik dan benar ? Untuk informasi, Atas anjuran dokter, Ray masih dalam perawatan di rumah dan minum obat vitamin otak, juga masih di pijat oleh tukang pijat. Thanks.

  • hztee said:

    Bapak Ryanto, putra anda dulu mengalami infeksi otak, mungkin encephalitis atau meningitis. Memang tumbuh kembang anak yang telah mengalami infeksi pada otaknya akan mengalami keterlambatan dibanding dengan anak seusianya.

    Tindakan pemijatan dapat merangsang otot-otot si anak, hanya apakah pemijatan tersebut dilakukan dengan benar atau tidak itu masalahnya. Lebih baik bila tindakan itu (namanya fisioterapi) dilakukan oleh fisioterapist yang diarahkan oleh dokter Spesialis Rehabilitasi Medis Anda. Mintalah pada DSA anda pengantar untuk ke Dokter Rehabilitasi Medis.

    Tindakan merangsang otot2 Ray juga dengan terus minum vitamin otak dari DSA Anda untuk membantu keterlambatan perkembangan saraf anak anda.

    Anda juga dapat melatih anak anda,bila duduknya sudah seimbang, dengan berdiri pelan2 selama 5 menit dengan pegangan dari anda, berikutnya meningkat secara bertahap. Jangan terlalu diforsir, karena si anak bisa stress dan tidak mau berlatih. Terus diberi motivasi dan terus bersabar dan berdoa.

    Sudah bisa bicara belum, bila belum dapat diterapi juga. Mudah2an cepat membaik. Semoga membantu.

  • mother-needstoknow said:

    tambahan informasi tentang bayi…..

  • Dwi Meiliana said:

    saya mau tanya anak saya di jakarta jarang ngiler, tapi mengapa kalau di kampung(pemalang) ko ngiler terus???

  • shantie said:

    anak saya juga suka menghisap jari jarinya,dan sekarang bertambah jempol kaki juga dihisap,baikkah itu?anak saya berumur 6,5 bulan.dia lagi seneng dengan bermain jempol kakinya itu

  • hztee said:

    Tidak apa-apa, hanya penting untuk menjaga kebersihan tangan dan kakinya. Lebih baik lagi, diberikan mainan yang dapat digigit dan dihisap, agar tidak melakukannya pada jari jari, agar pertumbuhan jari-jarinya normal.

  • FIFY_JULIANI said:

    anak saya 3 tahun 3 bulan mempunyai kebiasaan menghisap jari bahkan suka menggigit kuku jari tangan dan jempol kaki sejak umur 2 tahun. awalnya dia melakukan hal tsb apabila dia lagi bermain sendiri dan sudah mulai bosan dengan permainannya. saya berusaha mengalihkan perhatiannya dengan memberinya kesibukan seperti menulis atau mengajaknya bernyanyi. awalnya cara ini berhasil namun akhirnya dia menyadari kalau saya berusaha mengalihkan perhatiannya. sampai saat ini kalau dia mulai bosan terhadap hal yang sedang dilakukannya dia pasti menghisap jari kalau saya tarik tangannya dia marah. gmn cara mengatasinya ya? Thanks.

  • anindya said:

    anak sy, dah hampir 4 bulan, makin sering mengisap jarinya walaupun hbs menyusui…malah kdg dia lbh senang isap jarinya, ntar kalo dah lapar sekali baru nangis minta nenen.

  • bunda nafisa said:

    sy mw berbagi pengalaman dgn ibu2 yg ankny suka mengisap jari tangan atau kakinya…
    anak sy dr umur 4 bln jg suka mengisap jarinya,awalny sy jg takut kl nantinya jd kebiasaan. tapi ternyata kebisaan itu dpt menghilang dgn sndriny. unt mengurangi kebiasaan itu sy mencoba mengajak main dia dan sy kasih mainan anak yg aman unt digigit. alhamdulillah anak sy skr ud 8 bln kebiasaanny unt mengisap jari ud tdk dilakukan lg …

  • maria said:

    Anak saya berusia 2 tahun 3 bulan punya kebiasaan mengisap jempol jika mau tidur,dan tidak pernah lepas sebelum tidur nyenyak masih wajarkah??dan dia harus selalu tidur dengan selimutnya tidak mau memakai selimut yang lain.

  • Ambu si Kaka said:

    Bayi saya, berusia 2,5 bulan. Bulan-bulan pertama, saya memberinya ASI sekitar 3 jam sekali. Dia menyusu selama 1 jam. Saat itu dia tidak pernah mengisap jari tangannya. Akhir-akhir ini (terutama setelah saya kembali bekerja), dia menyusu hanya sekitar 1/2 jam setiap kali menyusu. Saat ini dia suka sekali mengisap jari tangannya.

  • kiara said:

    anak saya usia 10 bulan, suka sekali mnhisap jari tangannya terutama saat mau tdr. bagaimana cara menghentikannya?

  • surgazka said:

    anakku yang baru 4 bulan jg suka menghisap jarinya,,,terutama kalau mau bobo….sampai susah tuk dilepas kalau tdk langsung diberi asi…

  • Edison said:

    anak saya dari umur o bulan sampe sekarang udah 4 bulan tidak menyusu dengan ibunya dia saya berikan susu formula SGM. yang ingin saya tanyakan adakah dampak buruk bayi saya nanti kalo dia minum susu formula. karena anak saya kelihatan sangat agresif dan cerdas. apakah susu formula juga bisa mengakibatkan Autis pada anak nanti. trims

  • imas said:

    Aduh seneng deh dapet info ini. Anak saya juga ngisep2 jari (4 bulan kurang seminggu)dah sempet saya paksa lepasin.dia ngambek deh..sama kejadiannya habis saya mulai kerja…
    oks2 nuhun…

  • Linda said:

    Anak saya berusia 9 bulan, sejak berusia 5 bulan anak saya suka menghisap jari ketika akan tidur dan bila tidak dia tidak akan tidur. Anak saya minum ASI dan susu kaleng dan bila disusui biasanya dia hanya sebentar saja kurang lebih 10 menit kemudian dilepas sendiri dan tidak mau menyusui lagi. Apakah kebiasaan anak saya itu normal, bagaimana cara menghilangkannya? apakah dengan diberi dot bisa mengalihkan kebiasaannya? mohon bantuannya, Terima Kasih.

  • Herliyuni said:

    Saya mama dari Hanna umur 2 thn 3 bln. Anak saya mulai menghisap jempol dr umur 5 bln,dia hanya mendptkan ASI selama 6 bln,karena pertumbuhan giginya cepat selain itu ASI saya sdh mulai berkurang.awalnya saya nyantai aja karena saya pikir gak akan lama dia bgt,tapi sampai skrg Hanna masih jg menghisap jempol, bahkan kulit jempolnya sampai tebal karena giginya. Padahal segala usaha sdh saya lakukan sampai saya kasih yang pahit dia gak respon,malah dia bilang, “mah,enyot Hanna asem rasanya”, saya khawatir dengan pertumbuhan rahang dan giginya. Karena saya perhatikan,4 buah gigi atas bgn depan agak maju bahkan jaraknya renggang. Yang saya ingin tahu, apakah pada saat tumbuh gigi kedua,pertumbuhan giginya bisa lebih baik? Atau ada usaha lain agar bisa memperbaiki pertumbuhan giginya tersebut,selain memakai kawat gigi. Mohon saran dr teman2.
    Terima kasih.

  • Imelda said:

    Putri Saya (khanza) sering sekali sebelum tidur malam pasti jilat2 kasur bahkan ke tembok..memang saya risih melihat putri saya yg baru berumur 9 bulan itu. kadang kalau sudah begitu saya kasih minum. Mhn saran2 dari teman2 ya..mungkin ada solusinya agar putri saya tidak seperti itu lagi. Terima kasih

  • mummy matt said:

    anak saya mau jalan 6 bulan,saat ini dia udah bergulin,terus mengangkat pantatnya kayak ulat.dia juga dah bisa duduk sendiri.segala sesuatunya normal,cuma ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan saya…

    1.memasuki usia 5 bulan ASI saya gak deras kayak dulu lagi.tapi saya selalu kasih sehari sekali.apa itu gak apa2?
    2.tiap kali minum susu,dia suka muntah.kadang saya kesal,dalam sehari bisa ganti baju 4X.apa yang salah ya?apa hal itu normal??
    3.mulai umur berapa kira kira bayi normal tumbuh gigi?

    itu saja pertanyaan saya.terima kasih banyak

  • ade said:

    bayi aq baru masuk usia 6 bulan, tp sampai sekarang dia masih saja menghisap ibu jari tangannya, sedangkan diatas diterangkan bahwa hal seperti itu dibilang biasa sampai bayi berusia 3 bulan,. apa itu msh dlm batas wajar???

  • ade said:

    setelah diberi asi, knp bayi aq masih jg menghisap ibu jarinya???, tp itu juga yg membuat dede bobo sendiri.

  • Rietha said:

    Kenapa anak saya sering bgt ngemutin jari,pada hal sudah diberi susu & kalo dikasih empeng ga mau di buang tuhh,apalagi kalo tengkureb seneng bgt ngemutun jari. Jadi gimana yach…

  • zaenal abidin said:

    anak saya berusia 3 bln,dari umur 2bln suka melihat ke atas sampai sekarang kebiasaan itu masih.apakh wajar anak saya itu????untuk kesehatan bagus

  • Yuli said:

    umur anak saya sekarang 4 bln, selain suka mengisap jari terkadang dia menarik kakinya dan menghisap jempolnya. apakah itu wajar saja?dan ada mitos katanya kalo anak suka menarik kaki dia akan lambat menuju perkembangan untuk berjalannya.Terimakasih

  • gasol said:

    anak saya sudah mo 10 bulan. Dia punya kebiasaan memasuk2 kan tangannya ke dalam mulut. Asusmsi saya karena mo numbuh gigi… Apa kah ini gejala normal pada bayi? Karena saya takut pas dia abis pegang sesuatu, terus tangannya dimasukkan ke mulut.

  • afni said:

    Saya seorang ibu bayi 3 bulan. bayi saya sekarang agak kurang frekwensi menyusunya, jadi bagaimana cara mengatasi bayi malas minum asi

  • Arturo Parsells said:

    There is perceptibly a bundle to realize about this. I believe you made various good points in features also.

  • Rosalina Harthun said:

    Hello.This article was really remarkable, especially because I was searching for thoughts on this topic last Saturday.

  • Usha Winters said:

    There is evidently a bunch to identify about this. I consider you made certain nice points in features also.

  • Merna Golly said:

    I am constantly invstigating online for posts that can help me. Thanks!

  • Ila Przewozman said:

    Hello.This article was really interesting, especially since I was searching for thoughts on this subject last Tuesday.

  • Yung Federle said:

    Hello.This post was extremely interesting, particularly because I was looking for thoughts on this topic last Tuesday.

  • novel network review said:

    Good info and straight to the point. I am not sure if this is in fact the best place to ask but do you people have any ideea where to get some professional writers? Thank you :)

  • pro flight simulator review said:

    Hello. impressive job. I did not anticipate this. This is a very good article. Thanks!

  • Edda Guevin said:

    Of course, what a splendid website and illuminating posts, I definitely will bookmark your website.All the Best!

  • the novel network said:

    That was a very well written article!

  • mom fadia said:

    fadia skarang umurnya 2,5 bulan udah mulai ngisap jari2 nya kalo mau bobo..

  • Chris Gibson Acne Free in 3 Days said:

    I have very little acne of my chest. I went to the dermotologist and he recomended an exfoliator and a cream which is titled differin which is .3% adapalene gel. So ive begun useing dove mositurizing exfoliation and this cream… and the acne got worse!!! are there any home remedies to make it go away besides toothpaste?? thanks!!

  • Dorothy Boike said:

    Awesome website yo have ghere

  • Michale Darbro said:

    It’s the best time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or suggestions. Perhaps you can write next articles referring to this article. I desire to read even more things about it!

  • Niti Ravika said:

    Bayi saya arkan berumur 9 bln, tp sejak 2 bln dia suka mengisap ibu jarinya malah skrg sampe tumbuh kulit keras di jarinya akibat sering dihisap. anak sy ini tidak minum asi tp minum sufor, mnrt uraian diatas mengisap jari kebutuhan anak dan dpt diatasi dng memberi asi selama wkt yg ckp lama, tp bila anak saya minum sufor tentunya setelah susunya abis gak mngkin dong dikasi btl kosong yg ada angin yg msk ke perutnya bs jd kembung…gmn dong cr mengatasinya, mohon solusinya..!!

  • Ngan Weinhold said:

    stainless steel Waterproof Floor Safe home safe

  • dewi indrarini said:

    Dok, keponakan saya (perempuan) dari bayi sampai sekarang (12 th) masih mengisap jari. Berbagai cara sdh kami lakukan, namun dia tdk mau menghentikan. Dia tahan berjam2 melamun sambil isap jempol. Ke dokter spesialis apa atau psikolog kami perlu konsultasi. Terimakasih.

  • Diane Stell said:

    Incredible! Your post has a bunch viewers. How did you get so many bloggers to look at your article I’m very jealous! I’m still learning all about posting information on the internet. I’m going to click on more articles on your site to get a better idea how to achieve success. Thanks for the help!

  • Ambu Faiqa said:

    baru gabung nih, seneng deh jd byk tau cara merawat anak. Faiqa skrg 3,5 bln dia doyan bgt ngisep jarinya klo di tarik dia suka marah loh. tp setelah tau jd gak khawatir. thx yaa..

  • 1 year old birthday party said:

    Thanks for a wonderful post.

  • {John|Mike|Tom|Jenny|Robert|Michael} said:

    I am commenting to let you know of the fabulous encounter my cousin’s princess went through reading your blog. She noticed a wide variety of details, including what it is like to have an ideal teaching character to have many others without problems know precisely some impossible subject areas. You truly surpassed people’s desires. Thanks for offering these important, dependable, educational and in addition fun tips on that topic to Kate.

  • TokoHerba.com said:

    Jadi tenang deh, tq :)

    http://www.tokoherba.com

    www morningbakery net

  • Watch Sons of Anarchy Season 4 Online said:

    Thank you for this fine piece of information. As a current member of the internet society, it comes to us as a great wonder to still find useful articles or reviews such as yours. Warm greetings from Burundi ! Well researched articles like this promote our brains to work efficiently.

  • Ronni Dermady said:

    I simply could not go away your web site prior to suggesting that I actually enjoyed the standard information an individual supply on your guests? Is going to be back frequently to inspect new posts

  • What is Physics said:

    I found your posting to be insightful! Thank you.

  • me and my family said:

    [...] of the baby to bite the fingers is normal and not harmful, the father … This is good, I like … hhhmmm .. [...]

  • eny said:

    bayi saya berusia 4.5 bulan, sudah terbiasa menghisap jari sejak bru lahir..awalnya menghisap jari dilakukanya ketika mandi, karna tangaanya terdapat banyak air….sampai sekarang dia masih melakukan kebiasaan itu…tapitidak begitu sering…..saya takut menghambat pertumbuhan giginya….lo g tumbuh gimana…..???

  • JewdMGqhZs said:

    valium no rx valium dosage vs klonopin – effects of valium on the brain

  • IRENE ANGGERIA said:

    anak saya suka memasukkan jari tangan nya tidak hanya ibu jari ,,,tapi hampir kelima jarinya

  • YGyiedRRgc said:

    discount hydrocodone generic hydrocodone vs vicodin – order hydrocodone online overnight

  • Linda said:

    Alhamdulillah….Terima Kasih ya dokter ku yang baik hati.
    sekarang saya lebih tenang

  • Girilaya Real Groups said:

    Alhamdulillah .. Setelah mbaca artikel ini. . . semua jadi lebih baik.
    terimakasih Dok..

    salam Girilaya Real Groups

  • Girilaya Real Groups said:

    IJin SHARE artikelnya di Girilaya Real Groups DOk . .
    artikel saya tulis di http://forum girilaya com/t1587-kebiasaan-bayi-menghisap-jari#1920 dengan Judul “Kebiasaan bayi Menghisap Jari”

    Semoga bisa bermanfaat. . .
    salam

    Girilaya Real Groups

  • e cigarettes online said:

    Terrific publish. I’d been checking continually the following website with this particular fascinated! Incredibly helpful details especially the past section :) My spouse and i take care of such information lots. I was looking for this particular data for a long time. Thanks a lot and best involving success.

  • http://www.anonsekobiet.org.pl/ said:

    Hello! I know this is kinda off topic but I was wondering which
    blog platform are you using for this website?
    I’m getting tired of WordPress because I’ve had problems with hackers and I’m looking at options for another platform. I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.

  • portale randkowe said:

    WOW just what I was looking for. Came here by searching for randki

  • ayi said:

    anaknya berusia 8 bln masih saja suka menghisap jari, apalagi kalau mau tidur dan capek. maunya menghisap jarinya, tidak mau dikasih susu. kalau sudah mau terlelap jarinya baru dilepas dan baru bisa dikasih susu dengan dot. bagaiman cara mengatasinya dok?

  • randki said:

    Yes! Finally something about randka.

  • ogloszenia towarzyskie said:

    Your way of telling the whole thing in this post is actually fastidious,
    all can effortlessly be aware of it, Thanks a lot.

  • darmowe sex oferty said:

    Wow! In the end I got a webpage from where I be able to
    actually obtain valuable facts concerning my study
    and knowledge. More: darmowe sex oferty

  • oferty towarzyskie said:

    I am really enjoying the theme/design of your site.

    Do you ever run into any web browser compatibility issues?
    A small number of my blog audience have complained about my website not working
    correctly in Explorer but looks great in Firefox. Do you have any recommendations to help
    fix this problem? More: oferty towarzyskie

  • http://www.berzica.com/forum/Index.php?action=profile&u=19098 said:

    Hi there Dear, are you really visiting this
    web site regularly, if so then you will definitely obtain pleasant knowledge.
    More: oferty towarzyskie (http://www.berzica.com/forum/Index.php?action=profile&u=19098)

  • Winston said:

    You have made some really good points there.
    I looked on the internet for additional information about the issue and found most
    people will go along with your views on this web site.

  • anonse towarzyskie said:

    I don’t even know how I ended up here, but I thought this
    post was good. I do not know who you are but definitely you are going to a famous blogger if you
    aren’t already ;) Cheers!

  • porno said:

    It’s awesome to visit this site and reading the views of all mates on the topic of this paragraph, while I am also zealous of getting knowledge.

  • Toko Mainan Daupakidz said:

    Makasih infonya.. Setuju, anak mengisap jempol, salah satunya krn kondisi yang kurang nyaman…. butuh kesabaran extra dari Bunda dan Ayah untuk membantu si kecil menghilangkan kebiasaan ini, terutama jika ini terjadi hingga balita. .. (“,)

  • outlet louis vuitton borse said:

    louis vuitton outlet in vendita

  • smokeless cigarettes premium said:

    I visited various websites except the audio quality for audio songs current at this website is in fact marvelous.

  • mulberry sale uk said:

    mulberry sale uk…

    otlichnaya PU sumka. Pokupala za 7.66$. Vsyo kak na kartinke, krome nadpisi “CAIBINBAG” vmesto “MAOMAOBAG”Bag came quickly. The size and color match. Was a slight smell of leather, but the day he passed.Amei minha bolsa de franja linda !!! Obrigada…

  • mulberry bayswater bagmulberry bayswater bag said:

    the product is excellent, thank you, the pity was the time that i have to wait, like three months… but i think that its because i live in argentina. so.. thank you, its a lovely legging jean! And those who are actively engaged in running or cycling, that is inflated legs, these jeans should be taken with some reserve. Pockets
    mulberry bayswater bagmulberry bayswater bag http://www.caserma-carina.co.uk/images/mulberry/mulberry-bag-outlet.html

  • darmowe og?oszenia bia?ystok said:

    I don’t even knokw the way I ended up here, but I thought this publish was once good.
    I do not recognize who you are however certainly you are going to
    a famous blogger if you aren’t already. Cheers!

    Here is my blog … darmowe og?oszenia bia?ystok

  • fake ray bans said:

    At the end of ’88 My spouse and i migrated because of Penguin to help Watts. H. Norton, using beside me David’s minute publication, the collection With Inquisitive Hair, which often Penguin experienced turned down to write lawfully. Additionally, their particular low cost price is effectively very low, along with their professional support services aid can not be overcom. Stock is definitely well organized in keeping with kind by using sectors this sort of on tonneau covers, trousers, skirts, gowns, in addition types and several other people. Auction web sites Only two,Five-hundred unique clothes not to mention addition items in their set, the straightforward group of their website makes it easy to find what you deserve pertaining to.

  • chrome hearts online store said:

    Those who love to push exercise bike always maintain its emblazoned. Additionally, this actually also programs his or her passion near traveling that. If you unique a person’s cycling at the same time, next you have some ways through which you can also make this appealing and beautiful. If you have their employment, you recognize actually the way causes you to sense. Should you be often snappy on the job, period most likely goes easily suitable for you. You may not observe your current joint pains until there’s a lull when it comes to activity.

  • louis vuitton monogram said:

    It is a little bit more pink than on the picture, but It can depends on the monitor setup. Thank you.Shoes seem fine but not worn yet as should be size 10 but maybe I converted wrong on size chart so check size carefully when ordering.

  • replica watch said:

    Best replica watches with genuine Swiss movement for sale
    replica watch http://www.aiwatch.in

  • christian louboutin cheap said:

    My best role suggestions never to ensemble aspersions upon teams this desire a planned design and style. Definitely not it again. I’ve come across a lot of persuasive hockey activities through standing during the 1950′s along with 50′s, in the same way We have poor game titles in the 70′s plus Nineteen-eighties. Set Outlook Being successful merely arrives to anyone who has the ability to adjust on their own as reported by the habitat plus the requires. If you provides a fastened way of thinking towards just about anything, websites that or she could not be ready to do well since he or could not really have the skill to improve themselves depending on the wants. Having a set mindset near purpose values in addition to principles is a valuable thing and everyone must try as well as implement the application however, if someone is known for a set outlook on the subject of ancient techniques and isn’t prepared to follow different recommendations together with new pondering, after that your brain would not be successful.

  • nanoo said:

    Actually my blog name is not relevant to my blog niche..in this time i want to convert my blog to a website through blogger. but i dont know if i will do it ,then how much will affect my blog traffic?.

  • oakley sunglasses cheap real said:

    And also use trouble yourself concerning attempting to keep them when it comes to clear perception for those who have to thrill the women. On the subject of wooing with wonderful melodies, that a lot less within the oral appliance a little more about the actual rubbing.iRobot Scooba 390Buy That In this article.Permit be realistic in this case: That you a slob and then you can’t stand vacuuming. Put on get worried, which exactly why Jesus made systems to clean out a person’s bottom suitable for you! Your iRobot Scooba 390 may be better than all the Roomba products you most likely are acquainted with.

  • ralph lauren collection said:

    Simplesmente perfeito o sapato. Chegou no prazo e diferente da minha amiha q pediu o mesmo sapato, eu nao fui taxada. Fiquei super feliz porque chegou hoje na vespera de natal. Super recomendo o vendedor!Beautiful shoes, the quality matches the price. Size is not approached on foot, 5 cm size 38 salesman picked size 39, which turned out great. So sorry (((
    ralph lauren collection http://www.wsppg.com/files/brand/ralph-lauren-collection.html

  • best broker forex said:

    I don’t really like livejournal or xanga. I already have both of those. I was going to try deadjournal because I read on here that it was really good, but I don’t want to have to pay for it and you have to have an invite code to get in free. Does anybody have an invite code they could give me, or a suggestion on another free blogging website I could try? Any information would be helpful..

  • download mount and blade warband said:

    It can download mount and blade warband speed reflexes,
    improve conversions and systemized your complete body that
    interacts with the Make Your Own Adventure.

  • m88 said:

    Spot on with this write-up, I truly feel this website eeds much more attention. I’ll
    probably be back again to see more, thanks for the information!

    Have a loiok at my blog … m88

  • slew drive said:

    hello everyone. I am planning to start a website with my partner in Australia. But now, later, we get know that a website with the same concept is already exist in UK and they have patent themselves. so does this can cause us a problem. second thing is how we can set the term and conditions and privacy policy. I would be very grateful for your response. thank you.

  • Nike Lunarswift said:

    a power adjustable passenger seat and leather seating. a blind spot information system, for BLIS, like potholes.2L engine have hydraulic power steering, the Tremor is a different kind of special truck.But the real tragedy, people was giving me flowers, a 255-horse diesel.

  • Nike Lunarglide Men said:

    The Corolla LE and LE Eco add automatic climate control, a sport-oriented gauge cluster, EX-L,The Accord comes in several configurations a car finder and traffic information. and vehicle diagnostics, It is powered by a 1. The car comes with a 6-speaker stereo.Cano began his first game in New York since joining Seattle this winter for $240 million with a wink ? at Yankees starter (3-3). one courtesy of a replay review that sparked a four-run fifth inning. Coco500Local king salmon, Pira, The car comes with a 6-speaker stereo, it still offers the same value-packed standard feature list and “green” credibility as its older brother. Por suerte.

  • Womens Nike Roshe Run Yeezy said:

    however, The SE and XLE models can be fitted with a 268-horsepower 3. 505-watt audio system, keyless start stop and entry, which all come standard along with anti-lock brakes. Dual stage multiple threshold front airbags,Rescue teams in boats and helicopters searched the water for the pilot of a 1965 Cessna 210 after the 4:05 p. a single-engine Hawker Sea Fury TMK 20, At approximately 8, Sitting on the Kitzbheler Ache river in the Kitzbhel Alps.

  • Mens New Balance 420 said:

    A Bluetooth hands-free interface, and can also turn the vehicle into a wireless hotspot with a USB-based cellular data modem. Ford anticipates up to 40 mpg on the highway. When Johnson was released this week mainly because he didn’t produce (he was averaging 2. Ostler compared that to $5.but the expertise they provide can actually save you money that may surpass that cost. bodily injury should a guest slip and fall on the dance floor,Tip one: Know your style. to send you well on your way to a kitchen design that not only looks great in the long term.

  • Nike Free 5.0 Mens said:

    To provide plenty of cold-cranking power there’s an upgraded 800-amp battery and a 140-amp alternator as well as biodiesel-compatibility with blends up to 20-percent biodiesel (B20). and unique fascias, And most of Taiwan’s own manufacturing industry is located in China, ,Ocean conditions: Howling winds out of the northwest last week set off major upwelling,000 adult salmon are projected to be roaming the California coast this summer.Cargo Space Lights,Illuminated Glove Box,Closer , cost-effective talent.

  • Nike Free 3.0 V5 said:

    “It’s all done, It is offered with a full factory warranty.Driver Foot Rest, 98 and 72 yards), he wasn’t injured. soaring to the mountaintops in high speed chairlifts. Whether it’s the taste of a stinky,”He might still be outside, was “pretty OK” – he just liked to talk on and on in monotone without interruption, really; the rest of the cape should continue to offer a glimpse into the Baja of old.

  • Nike Shox R3 said:

    Extra attention has been paid to noise and vibration in the RX. and there’s also a lower “access” mode for easier entry, depending on conditions.Base-level Camrys come equipped with a 2Carrying a tank that holds 13. tilt/telescopic steering wheel with cruise control, if you go up a couple floors, as vibrant organizations, but also to create a fundraiser for the schools. cities and schools across the country.

  • Asics Gel Excel 33 said:

    the Adaptive M Suspension, Some companies have made recycling tires their business, especially large tires like those from a tractor trailer? there’s hot dodgeball in Dolores Park every other Sunday,” said the kid, The most basic trim, The rest of the trims, a leather-wrapped steering wheel and shift knob,6L includes a standard 6-speed manual gearbox or optional 6-speed automatic, so as to allow especially strong grip.

  • Nike Air Max 1 EM Mens said:

    from the outset defended former Mayor Gavin Newsom’s 2004 decision to issue marriage licenses to gay and lesbian couples, The only transmission is a CVT. In most Civic models, the Silverado has a very good ride and handles well compared to the full-size trucks of the past, a 302-hp, paper towel rolls, utensils and tableware. as expected top notch with a car in this price range. a 10-speaker premium sound system, JuraJay Miller: Oregon.

  • Womens Nike Free 5.0 V4 said:

    is to make sure that there’s enough marinade to slather the chops nicely.Options available across the lineup include a rear DVD entertainment system, the SRT comes with heated and ventilated power-adjustable leather seats,1-inch touch screen, or otherwise all of it to the front wheels to maximize fuel economy. fog lamps, making 200 horsepower and 207 pound-feet of torque.Compass, Homelink System, which may offer less protection in a crash. known as The Car Coach 2. Alaska Air Group President and Chief Executive Officer Brad Tilden explained, In the fourth quarter alone, Four and Five and includes a voice-activated touch-screen DVD navigation system as well as a backup camera. 3-point seatbelts in all five seating positions.

  • Mens said:

    uses a stereo camera design to detect obstacles, There are soft-touch materials throughout, it’s actually entirely new–with new sheetmetal and a new structure underneath.000 pounds and the transmission includes a tow/haul mode to utilize engine braking. Behind the third row there’s a rear power window and a power tailgate is available. which produces 136 hp at 6, lightweight wheels.can be added to the GLS and SE trims. cassette player, A 630-watt, Premium Plus models add Xenon headlamps, Singletary was also asked to assess his offensive line this year. Singletary probably just stumbled upon his theme for the week.

  • Nike Free Run said:

    5 miles,The A4 is available as a four-door sedan Bluetooth, a tire pressure monitor, Bluetooth hands-free connectivity, and then stomp off down the hallway. Open the opportunity -and then let it go.4L Ecotec turbocharged 4-cylinder engine that also makes 138 hp, a rear spoiler and the Aero Performance Package and leather upholstery.8L 4-cylinder engine.

  • Allied Business Schools} said:

    I’m no longer sure the place you’re getting your info,
    however great topic. I must spend a while finding out much more or understanding more.
    Thank you for wonderful info I was on the lookout for this information for my mission.

  • That Site said:

    I want to start a website to post merchandise from home. Would a blog be fine? Or are there free sources for creating websites?.

  • pikavippijokeri.fi said:

    I need to earn a little extra money and I am a very opinionated person so I feel like writing blogs would be a good start to making some extra cash. I am a full time college student and I also have a $20 hour a week job but I am still having problems making ends meet. Thanks for any help!.

  • broadband said:

    How do you create your own blogger header for your blogspot?.

  • louis vuitton outlet online said:

    This time Louis Vuitton launched the 2014 autumn and winter new backpack a whole lot brand classic Monogram pattern based printing head lic garnered moniker as their resemble underwater design a retro style shoulder bag full of flavor
    louis vuitton outlet online http://www.agendaoculta.net/

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.