Home » Kehamilan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

20 November 2008 235 Comments

Nyeri, tegang, mulas…. Ups! Jangan-jangan saat persalinan sudah dekat. Punya pengetahuan tentang tanda serta tahap persalinan jelas sangat membantu, meski tidak berarti setiap wanita hamil akan melewati rasa dan pengalaman yang sama saat melahirkan.

Diawali kontraksi

Normalnya, di minggu ke 38-40 kehamilan, kepala janin sudah mulai turun ke rongga panggul. Bersamaan dengan itu, otot-otot rahim pun mulai melakukan gerakan mengerut dan meregang secara bergantian, terus-menerus secara teratur. Nah, gerakan otot rahim seperti inilah yang disebut kontraksi.

Seperti apa rasanya? Ada yang mengatakan nyeri seperti diperas, kaku dan tegang di perut, khususnya bagian bawah, atau mulas seperti ingin buang air besar.

Yang pasti, frekuensi terjadinya kontraksi semakin lama semakin meningkat, begitu juga dengan kekuatannya. Awalnya, jarak waktu antara kontraksi yang satu dan selanjutnya cukup panjang, biasanya selang satu jam. Lalu, semakin memendek, bisa tiap 30 menit, 15 menit, dan menjelang waktunya bayi lahir, jarak kontraksi bisa mencapai 2 atau 1 menit sekali.

Sewaktu jarak antar-kontraksi masih jauh, mungkin rasa nyeri terasa hanya pada bagian atas perut. Namun seiring dengan kemajuan proses awal ini, rasa nyeri semakin menjalar ke bagian bawah perut, bahkan ke arah bawah punggung dan belakang pinggang. Saat mulut rahim sudah membuka sempurna, rasa nyeri yang hebat di daerah tadi akan terasa sangat kuat.

Dr Erick, spesialis kandungan menuturkan, proses setiap wanita saat persalinan berbeda. Tetapi tanda-tandanya sama.

”Biasanya saat akan melahirkan, ibu akan merasa adanya kontraksi rahim yang teratur. Dan ini merupakan salah satu tanda yang akan dialami semua ibu yang akan melahirkan,” terangnya.

Tidak seperti kontraksi Braxton hick, kontraksi timbul secara teratur, mula-mula kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama dan bertambah kuat, dan kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang atau berkurang dengan istirahat atau elusan saja.

Bagi ibu yang akan melahirkan dan mulai terasa kontraksi yang nampak teratur, mulailah untuk menghitung waktunya. Biasanya, persalinan hanya terjadi bila kontraksi menjadi semakin dekat 40 detik antara kontraksi lainnya. Persalinan pertama kali akan berlangsung 12-14 jam sehingga lebih baik anda menunggu dirumah sambil beristirahat mengumpulkan energi untuk persalinan. Jadi jika kontraksi anda sudah setiap 5 menit sekali atau sangat sakit anda dapat pergi ke rumah sakit.

‘”Setelah tanda kontraksi teratur, maka akan keluar darah bercampur lendir, ini merupakan tanda kedua akan terjadinya persalinan,” ujarnya.

Ia menerangkan, darah bercamur lendir ini terjadi karena sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas. Sehingga menyebabkan lendir yang berwarna kemerahan. Karena bercampur darah.

Jalan lahir membuka

Saat otot rahim mengerut, ukuran rahim akan mengecil, sehingga kepala janin semakin terdorong ke arah bawah (jalan lahir). Bersamaan dengan itu, mulut rahim sedikit demi sedikit mulai membuka.

Perlu Anda tahu, sejak terjadinya kehamilan, secara alami mulut rahim tertutup oleh semacam sumbat berupa lendir kental. Sumbat lendir ini bertugas menjaga agar kehamilan bisa terus berjalan sekaligus melindungi janin dari kuman. Nah, pada awal tahap pembukaan mulut rahim, sumbat lendir itu terbuka dan lendir (yang berwarna merah muda) keluar melalui vagina.

Mulut rahim yang semula hanya membuka sedikit, seiring dengan datangnya kontraksi yang semakin kuat, akan terus melunak dan terbuka semakin lebar. Lama-kelamaan, mulut rahim akan terlihat semakin datar dan menyatu dengan rahim bagian bawah. Saat inilah pembukaan lengkap terjadi.

Pembukaan mulut rahim biasanya dihitung dengan satuan sentimeter (cm). Bila dokter mengatakan mulut rahim Anda sudah pembukaan 8, artinya jalan lahir sudah membuka sepanjang 8 cm. Pembukaan mulut rahim dikatakan lengkap bila sudah mencapai pembukaan 10, atau 10 cm.

Lamanya tahap pembukaan jalan lahir dari awal hingga sempurna, bervariasi pada setiap kehamilan. Namun, secara gamblang tahap persalinan dibagi atas:

* Kala/tahap I laten: di mulai dari tanpa pembukaan sampai pembukaan 2, yang bisa berlangsung 24-48 jam,

* Kala I aktif: dimulai dari pembukaan 3-10, yang berlangsung sekitar 7 jam pada persalinan anak pertama, 3 1/2 jam pada persalinan bukan pertama.

* Kala II: disebut fase mengejan, pada pembukaan 10/lengkap yang bisa berlangsung maksimal 1 jam.

* Kala III: adalah fase melahirkan plasenta, hanya berlangsung sekitar 15 menit.

Penting diingat, menjelang akhir kala I, meski Anda merasakan mulas yang luar biasa, Anda masih belum boleh mengejan. Sebab, saat ini mulut rahim belum membuka sempurna. Bila Anda mengejan saat ini, bisa mengakibatkan jalan lahir membengkak dan terjadi perobekan.

Jadi, harus bagaimana? Bernapaslah dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Lakukan hal ini berulang-ulang setiap kali rasa nyeri yang luar biasa itu datang.

Bila mulut rahim sudah membuka sempurna, artinya Anda sudah melewati tahap pertama dari proses persalinan, dan siap menuju tahap kedua, yaitu kelahiran bayi.

Siap lahir

Bila tidak ada hambatan, misalnya tali pusar yang melilit anggota tubuh janin, maka tahap yang dikenal dengan kala II ini berlangsung jauh lebih cepat dibanding tahap sebelumnya. Ada yang melewatinya tidak lebih dari 30 menit, meski ada juga yang lebih.

Pada tahap ini, kepala janin yang memang sudah tepat berada di mulut rahim akan terus mendesak. Bersamaan dengan itu, secara alamiah, rahim dan vagina akan membentuk semacam cekungan yang menjadi jalur untuk dilewati bayi. Saat ini, Anda akan merasakan tekanan yang sangat kuat di daerah perineum (daerah antara vagina dan anus).

Saat kepala janin sudah di ambang pintu dan siap keluar, lendir dan darah yang keluar dari vagina semakin bertambah. Selain itu, desakan kuat kepala janin akan menyebabkan kantung ketuban pembungkus janin pecah lebih awal atau saat pembukaan lengkap, sehingga cairan ketuban keluar membasahi daerah vagina. Cairan ini sekaligus membuat jalan lahir semakin licin yang justru memudahkan bayi meluncur keluar dengan mulus. Setelah pembukaan benar-benar lengkap dan kepala bayi sudah terlihat di pintu lahir, saat inilah Anda diijinkan mengejan.

Apa yang harus dilakukan? Ikuti saja baik-baik panduan penolong persalinan Anda. Ikuti aba-abanya, kapan Anda menarik napas dan kapan waktunya mengeluarkan napas sambil mengejan, Mengapa harus demikian? Sebab, saat mengejan harus dilakukan berbarengan dengan saat kontraksi datang, sehingga bayi akan lebih mudah meluncur di jalan lahirnya.

Saat kepala bayi berhasil keluar dari mulut vagina, bagian tubuh bayi yang masih di dalam secara alami akan berputar dengan sendirinya. Kondisi ini memungkinkan bagian bahu dan seluruh tubuh bayi keluar.

Nah, kini sambutlah kehadiran buah hati Anda di dunia dengan penuh cinta dan syukur. Anda bisa meminta penolong persalinan untuk membawakan bayi Anda sesaat dalam dekapan Anda.

Plasenta selesai bertugas

Dengan lahirnya sang buah hati, selesai pula tugas plasenta atau ari-ari yang selama ini menemaninya di dalam rahim. Plasenta yang selama 9 bulan lebih bertugas mensuplai nutrisi dan oksigen, mengeluarkan sisa metabolisme serta sebagai organ yang menyalurkan antibodi ke tubuh janin, juga harus dilahirkan. Proses yang terjadi dalam tahap ketiga ini biasanya berlangsung tidak lebih dari 15 menit.

Alam sudah mengatur, setelah bayi keluar, kontraksi masih terus berlangsung, meski tidak sehebat sebelumnya. Tujuannya untuk membantu melepaskan plasenta dari tempat menempelnya di dinding rahim. Hampir sama seperti proses kelahiran bayi, Anda akan diminta mengejan bersamaan dengan datangnya kontraksi.

Untuk memeriksa apakah seluruh plasenta sudah terlepas dari dinding rahim atau belum, penolong persalinan akan menekan perut Anda. Setelah itu, ia akan menarik perlahan-lahan tali pusar agar plasenta bisa keluar. Setelah seluruh plasenta beserta tali pusar keluar, barulah tubuh Anda dibersihkan.

Nah, kini selesailah sudah seluruh tahap proses persalinan. Anda pun memasuki babak baru dalam hidup Anda, yakni jadi seorang ibu. Sebuah peran yang luar biasa indahnya!

Sumber: Ayah Bunda Online, diambil dari:http://www.halalguide.info/content/view/876/69/

Tips lain yang bermanfaat bagi calon ibu: Tips Posisi Menyusui

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

235 Comments »

  • iin said:

    penting loh

  • eko said:

    bagai mana kalau usia kehamilan terlalu lama atau lebih 10 bulan ? tank’s atas informasinya+

  • erlin said:

    kalo terlalu lama atau lebih bulan sebaiknya dioperasi caesar karena cairan ketuban sudah keruh dan tidak baik bagi janin.
    menurutku tanda-tanda orang mau melahirkan berbeda-beda :
    1 cairan ketuban pecah
    2 pendarahan
    3 kontraksi setiap 1 jam lalu kontraksi setiap 5 menit sekali.
    jadi kalo sudah ada tanda-tanda di atas segera ke rumah sakit dan jangan lupa telp dokter kandungan terlebih dahulu dan juga jangan lupa membawa surat dari dokter untuk rumah sakit.

  • ikbar said:

    istri saya usia kehamilannya lebih kurang 7 bulan, namun sering keras (his) satu hari satu malam kadang sampai 3 kali. apa kira kira penyebabnya apakah ada pengaruh terhadap kehamilannya?

  • Niera said:

    Subhanallah…alangkah bahagia nya saat bayi kita lahir ke dunia..
    sekarang usia kehamilan saya memasuki 7 bln…, info nya sangat bermanfaat sekali trims.

  • putri said:

    saya sedang hamil 7 bulan. pada usia 4 bulan saya usg dan hasilnya posisi kepala bayi masih berada diatas. tapi dokter mengatakan bahwa bayi saya sungsang. setelah itu saya takut usg lagi tapi saya memilih konsultasi ke bidan. yang ingin saya tanyakan pada usia berapa bulan posisi kepala bayi berada dibawah dan apakah betul bayi saya sungsang? mohon penjelasannya. trims

  • adi said:

    jagalah

  • Ono said:

    Untuk Mbak/Bu Putri: kejadian itu juga dialamai istri saja. Sejak kehamilan 4 bulan posisi kepala sudah ke bawah. Tapi pas di usg pada minggu 30,posisi kepala disamping atau melintang. Istri saya sempat panik dan takut. Tapi saya hibur2 dia dengan bilang mungkin si dede pegel kali pengen ganti posisi biar ga bosen, ganti pemandangan juga hehehehe… Sama dokter disaranin sering sujud untuk membantu mengembalikan kepala ke bawah. Sehari 5 kali, tiap sujud 15-20 menit. Pas di USG pada minggu 32 alhamdulillah udah posisi normal. Saat ini kami sedang menunggu kelahiran, posisi kepala udah masuk ke panggul. Perkiraan lahir tanggal 3 oktober ini…Doain ya moga2 lancar…amiin…

  • Aida said:

    Untk mba putri,jgn terlalu cemaz mba,dl pun saat aq mengandung usia 21minggu 5hr dr hsl usg dktr voniz aq ga bs lhrin normal karna letak janin sungsang n plasenta previa totalis,tp alhamd di usia 30mgu plasentanya bergeser n kepala bayi dah dibwh..alhamdulillah

  • indah said:

    usia kandungan sya 8bln,knp setiap gerak,lebih kencang pada perut bagian kanan,pertanda apakah itu??tlg penjelasanya..

  • Andre said:

    Kami sedang menunggu kelahiran anak pertama,selama kehamilan kami telah konsultasi ampe 4 dokter.Hal ini disebabkan kami ingin menemukan dokter yang nyaman untuk konsultasi.Sampai di Dokter terakhir kami lanjutkan dr usia kehamilan 5 bln s/d 8 bln.Awal mula ke Dokter ini pada tanggal 20 Juni 2009, dengan prediksi kehamilan 19-20 minggu.Dokter ini memperkirakan si bayi lahir tanggal 23 Okt – 14 Nov.Barusan sore ini kami iseng ingin mencoba UGS 4 Dimensi dr Dokter yang berbeda.Dr analisa USG nya diperkirakan si bayi telah masuk usia 36 minngu 3 hari pada tanggal 12 Oktober ini,karena ari ari nya sudah berlubang dan posisi si bayi sudah berada di bawah.Dokter memberikan obat perangsang dosis kecil agar dalam minggu ini si bayi lahir.Saya dan istri bingung karena analisa yang berbeda dari 2 dokter.Apa yang musti kami lakukan???terima kasih atas solusinya.

  • Raden Intan said:

    Dear,,
    Mohon Doanya ya kepada seluruh pembaca,,biar persalinan aku Lancar,Luncur dan Lengkap serta normal..
    Aku takut banget, karena ini adalah persalinan pertamaku,,
    Duh gimana yah,, aku bisa ngadepinnya
    Mudahan-mudahan Lancar2 aja,,
    Amien

  • sani said:

    usia kehamilanku 8 bulan jalan,posisi kepala bayi di bawah. Tapi permaslahannya orang bilang kehamilannku seperti 9 bulan/ spt mo melahirkan (besar dibawah). sering terjadi keluhan sakit dibawah perut+linu. normalkah????

  • Rama Sejati said:

    Artikel yang bagus !

    Barangkali artikel berikut juga berguna bagi rekan rekan lainnya > Tanda tanda ?

  • hana said:

    untuk ibu sani…
    tidak usah cemas mengenai letak atau posisi perut yg ibu blng besar dibawah. hal serupa jg di alami oleh saya. karena menurut dokter yg saya datangi untuk kontrol setiap bulannya letak dan posisi perut setiap ibu2 hamil itu berbeda2.
    yang penting keadaan ibu dan calon baby sehat2 saja. tidak usah memusingkan soal perut yg turun kebawah letaknya. mengenai sakit d bawah perut dan linu itu disebabkan karena kepala baby yg sudah mulai turun k daerah panggul.

  • ulie said:

    baru mau masuk bulan ke 9 sich…
    tapiiii,,,, huufh…
    deg2n uy!!!
    tapi yakin insya allah aku bizzaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • hanita said:

    Nice info…jadi kebayang waktu melahirkan 8 bln yg lalu…usia kandungan 42 minggu, tetep sehat kok krn selalu bersugesti ‘tidak ada yg salah’ dan ‘alam akan bekerja dgn semestinya’. Meski demikian dokter menyarankan untuk minum tablet ginekocid. Hasilnya? Woow saya bukaan lengkap dalam wkt 3 jam dan mengejan 10 menit :) Besok2 ga mau ginekosid lagi ahh, jalan kaki aja sepuluh kilo hehe. Ayo semangat ya yg pada mau melahirkan, kunjungi kisah positif saya di ourdropbox.wordpress.com Percayalah alam akan bekerja bersama rahimmu kawan!

  • Fani.. said:

    AQ lg hamil kira2 34 mggu lebih.. Doakan ya…biar persalinanQ lancar, baby n diriq shat, n mdh2an babyq nanti bs jadi org yg berguna untuk masyarakat…..AMIEN:-)

  • riadina said:

    saya hamil 37minggu 5hari.kepala bayi sdh dipanggul.di usg udh tdk kelihatan kepala bayi.lalu dilihat sm dktr udh 1cm.katanya udah mau dkt persalinan hrs hati2.kl ada lendir merah dr vagina.bwlah ke dktr.

  • maya said:

    Perkiraan dokter saya melahirkan 23 april 2010, walau ini kehamilan yg ketiga membaca artikel ini membuat saya nyeri juga… mudah-mudahan semuanya lancar… amien…

  • via said:

    sangat menggembirakan, terlebih bagi ayah baru. yang menjadi masalahnya, dari 2 dokter memberikan tanggal yang berbeda, yang mana yang tepat ya?kami sedang menanti anak yang pertama, deg degan

  • siti nurjanah said:

    saya lagi hamil 9bulan.akhir2 ini saya suka merasakan sakit di dket kelamin saya seperti di tarik dari dlm dan sering juga perut saya mules biasa.

  • Rahma said:

    Saya saat ini merasakan sakit, kadang timbul kadang hilang dan usia kehamilan sudah lebih 9 bulan. Tadi pagi sudah keluar lendir dan darah, lalu saya cek ke kliknik bersalin. Dan kata suster yang jaga, saya sudah bukaan ke 1, masuk bukaan ke 2. Saya malah disuruh pulang lagi karena belum waktunya keluar. Mau tanya, biasanya berapa jam lagi kalau memasuki bukaan 9 atau 10. Takutnya cepat keluar bayinya, sebab cukup jauh dari klinik. Mohon pencerahan….

  • Millarie said:

    Saya lg deg2an ni ntar lagi,ank yg saya nanti akn lahir ini kali pertama saya melahirkan.Kira2 skt ga yah?Tanda2 nya gmn yah..Doakan smga lancar dan sukses yah.Amin..

  • Dhananjay HILL said:

    Great to see you back again. And again having an interesting posting.

  • Ali Ganjar said:

    istri saya mengandung 9 bln saat ini sudah lebih 1 minngu menurut perikaraan dikter saat untuk melahirkan adalah tgl 23 mei dan sekarang saat hanya kear semacam plek merah, apayg hrs saya lakukan apakah saya harus segera membawanya ke rumah sakit atau menunggu tanda-tanda lain ?

  • hendra said:

    usia kehamilan istri saya skrang sudah 37 minggu, istri saya mengandung bayi kembar akan tetapi pada usia kandungan 33 minggu bayi yang satu dinyatakan meninggal, apakah akan mempengaruhi bayi yg satu lagi? kemudian pada saat skrang istri saya baru mules jarang sama pegel pinggang trus sempat mengeluarkan lendir, namun tidak berwarna kemerahan,apakah tindakan saya selanjutnya?

  • djaya.dreza said:

    bagai mana saat masa pesalinan kondisi ibu tiba – tiba suhu badan naik secara mendadak dan setelah melahirkan kondisi bayi juga demam dan bayi mengerang tanpa henti. mohon informasinya.

  • djaya.dreza said:

    saat istri saya sedang dalam persalinan tiba – tiba suhu badannya naik dan saat anak saya di lahirkan dia juga mengalami demam. kemudian sudah di beri obat oleh bidan dan suhu badan si kecil dan bayi hilang tetapi 2 jam kemudian bayi saya mengerang tanpa henti. itu di sebabkan oleh apa ya. dan bagai mana cara mengatasinya. mhn petunjuk nya

  • achmad muif said:

    mohon doanya kepada semua pembaca hari ini istri tercinta saya akan melahirkan anak pertama mohon doanya agar diberi kemudahan,dan keselamatan untuk ibu dan anakx,smoga lahir dgn normal dan gangsar amuen….thanx buat smua

  • puri soemarto said:

    aku lg hamil 24 minggu..secara umum sehat sech ga ada keluhan ato jg kendala.tapi yang bikin aku agak kepikiran,td aku baru periksa dari bidan..dia bilang kandunganku trmasuk tebal..duhh jd deg degan jg dengernya…pengaruhnya gimana ya ntar menjelang kelahiran baby ku?share pengalaman donkk…

  • vi2 said:

    doain kayu juga ya…dah msuk 9 bulan ne…

  • Susie said:

    Saat ini aq menantikan kelahiran putra pertama. Perkiraan dokter tanggal 27 juli 2010. Mohon doa nya dari semua. Semoga semuanya lancar, aq n bayiqu sehat. Amiiin..!

  • monic said:

    mba susie…sama donk mba,aq juga lagi hamil diperkirakan lahir 27 juli 2010.tapi aq anak kedua.mudah2an semua sehat ya

  • Awang said:

    Info bagus bgt. Saya lg menunggu kelahiran anak pertama. Stlh baca artikel diatas istri jd lbh tenang ketika rasa sakit muncul. Mohon doanya smoga lancar. . Trim

  • sahira said:

    duh…
    jd ga sbar deh menanti klhiran ank prtma kmi
    ini sih dh msuk mggu 37
    mhon do’a na ya…
    mga mlhirkan nnti dberi kmudahan n kslmatan
    aaammmmmiiiiieeeeennnnn

  • Tiyan said:

    Mhon doa shbt semua. Menunggu kelahrn anak pertama ni. Dari prediksi dkter, saya mlhrkn tgl12 agusts kmrn. Trnyata dtgu2 blm jg ad tanda2ny. Sudah di USG lagi, kt dkternya mgkin dlm smgu ini lahir. Mhon doa smg saya bisa mlhr dg mudah, nrmal, dan lancar. Amiin
    (Krn HB saya hanya 9. Tkut trjadi hal yg tdk diingnkn)

  • lia said:

    waktu aq melahirkan anakku yg pertama dari bukaan 3 sampai lengkap memang 7 jam.tapi proses lahirnya bayi sudah 4 jam ga keluar juga,n detak jantungnya hampir hilang.akhirnya dgn jalan operasi caesar jg anakku lahir.n ternyata terlilit seluruh tubuh dan dgn berat badan 4 kg.sungguh perjuangan…tp berakhir indah

  • siska said:

    saat akan melahirkan anak ke-2 aq cuek banget, karna memang baru 37 minggu..minggu sore perut sudah nyeri n ngilu…tp kupikir masih 3 minggu lagi koq.Jd yo santai2 saja.NAh jam 9 mlm koq makin ngilu..iseng2 aq cek..nah loh..sudah keluar darah…tp yah masih nyantai2.Lah jam 11 malam kow ketuban pecah..ya sudah berangkat ke Rumah Bersalin yg jaraknya lumayan jauh 1 jam perjalanan.Untungnya tas yg berisi persiapan melahirkan termasuk cemilan dan kamera sudah aq siapkan jauh2 hari.Ke RB pun aq bonceng motor…biar cepet nyampai..nah sampai di RB diperiksa oleh bu Bidan, ternyata sudah bukaan 9..”sudah mau lahiran bu”..langsung dokter SPoG ditelpon, tidak ada 10 menit begitu dokter datang, bukaan sudah lengkap, 5 menit kemudian langsung bayiku lahirr.Bener2 kejutan, doa kami terkabul, melahirkan lancarr dan cepat.Saat anak pertama dari bukaan 4 (jam 8 malam)sampai bukaan 10 (jam 10 malam) hanya 2 jam.Jadi termasuk cepat juga.

  • jacker said:

    mau tanya nie,saat ini istri saya blum melahir kan,sekitar dua minggu lalu,,istri saya pergi ke bidan ,tuk periksa kehamilan,usia hamil nya sdh sembilan bln,,bidan berkata ngk sampai 1 minggu lgi,,tapi skrng sdh 2 mnggu lebih blum jga lahir,,dan tanda”nya darah sdh ad keluar,,dan air jg seperti air ketuban ,,tapi bkn …jadi ap masalah nya dok??

  • cahaya said:

    artikel yg menarik…, sy jd sedikit lbh tenang…
    mudah2an lancar. amin…

  • ade novita said:

    thx… infonya…

  • Ahmad said:

    Askm…semua,artikelny bgus2,trimsy…n aq minta do’nya..moga”di beri kelancar pda wkt melahirkan,n nak yg di lahirkan jadi anak yg sempurna sholih sholikhah amin3x

  • nana said:

    saya ingin kosultasi , terjadi perbedaan dalam hitungan usg , dengan selisih 1 pekan , sekarang saya sudah hampir genap 38 pekan , dalam keadaan belum ada tanda tanda melahirkan , gimana dok? trims

  • bunda sinta said:

    bukan dokter seh…tapi dari pengalaman seh..ya ditunggu aja.. jangan terlalu khawatir.
    kadang ada yg maju atau mundur waktunya… apalagi hitungan usg belum tahu mana yang benar
    masih belum masa darurat kok…

  • Alina bachtiar said:

    Mw tnya ne, Aku lg menanti kelahiran anak pertama. Kata dokter perkiraan tgl 25 bulan ini. Aku bener2 lg nunggu, krna menurut crita tman2ku mreka mlahirkan lebih awal skitar 1 sampai 2mggu dr perkiraan. Sebelumnya aku pernah ngeluarin cairan berupa lendir2 dan pernah jg berupa gumpalan darah kecil dicelana..
    Mohon kasih masukan dong, karna sbenernya agak deg2an jg kalo suatu saat mulai merasakan kontraksinya, krna sblumnya blm pernah ngrasain. Makasih

  • bunda sinta said:

    hmmm…. msh blm juga..ato malah hari ini udah ngelahirin?
    kadang ada yg maju…banyak juga kok yang mundur dari hpl.
    perasaanmu wajar aja kok. selama semua persiapan udah ok ya.. tenang aja. smg dimudahkan deh…

  • eka said:

    thx artikelnya…good.
    hanya ada yang kurang dan perlu untuk diperhatikan. yaitu kondisi tentang suaminya pada tahap ini, peran serta persiapannya dan apa yang harus dilakukan pada bayi.
    emang gak nyambung sih dgn judulnya. tp penting juga.

  • Ranti said:

    Usia kehamilan saya sdh 9 bln,.td malam sdh ada mulas2, d periksa k bidan ktanya sdh 1cm,.. Perkiraan melahirkan harusnya td pagi.. Tp ko’ pas bangun tidur mules2 udh gk ada lg, padahal sdh pembukaan..jd bingung??!

  • Indria Rita said:

    Kehamilan saya saat ini sudah 40 minggu, namun kontraksinya belum juga muncul,untuk operasi rasanya saya ngeri, alternatif yang lain adalah diinduksi. adakah pengaruh induksi pada bayi? pengaruhnya positiv atau negativ?. Lebih aman induksi dengan obat yang dimakan atau yang disuntikkan lewat infus?. Terimakasih atas jawabannya!

  • saufia said:

    tanggal 16 pebruari 2010 aku haid dan bulan maretnya kami periksa ke dokter trnyata positif hamil, setelah usia kehamilan mencapai 32 minggu kami USG alhasil bayi sungsang, USG terakhir tanggal 9 nopember hasilnya masih sungsang, perkiraan dokter tanggal 7 nopember dan sudah lebih 3 hari dan harus caesar, tapi perkiraan dokter lain bayi akan lahir 23/26 nopember mana yang sebenarnya. mohon penjelasan.
    trims

  • Selvia said:

    Artikel yg sngat brmnfaat… Aq udah 9 bln jalan… Kehamilan prtama jg… Usia q jg msh 18th relatif muda… Deg degan bgd,, tp do’ain lancar ya… Ibu & baby sehat smua…. Amin :)

  • karima said:

    sekarang usia kehamilanku udah 35 mingggu .. udah gak kuat bgt bw perut, rasanya pgn cepet2 lahir ni baby.. do’ain ya gak sampe 2 jam baby ku lahir dengan selamat. tp btw kok aku udah ngerasain kaku di perut bagian bawah ya? normal ga sih?

  • widhi said:

    Wow… sangat membantu. Usia kandungan saya udah masuk 38 minggu, hamil pertama, jadi bener2 butuh info. Artikel ini bagus banget… salut.

  • Vinny Elsy said:

    Dear all,

    Saat ini q dah memasuki minggu yg 38, dah ga sabar pengen ketemu sma dede yg selama ini ada dalam perut q ^^
    Perkiraan dr RSIA tempat biasa q konsul siy tgl 11 des nanti, tp di Rumah Bersalin dekat rumah q blgnya tgl 02 des maju 9 hr…kok bs beda yaaa??? Tp jujur q siy prefernya tgl 02 des soalnya dah ga sabar banget hehehe…semogalah tanda2nya bs segera q rasakan ;)

    Doakan yaa semuanya ^^

  • agung said:

    istri sya hamil sdh 8 bln mungkin lbh menurut dokter (konsul) bln desember melahirkan,tp blm ditentukan tglnya,
    tp tiap mlm istri sya ngeluh sakit seperti kontraksi pergerakan bayi makin kencang ke kanan dan kiri apa memeng sdh waktunya seperti itu yah ???

  • echieq said:

    thx bgt ats infox..
    q skrang hamil 8 blan,n d perkirakan melahirkan tgl 5 januari….
    minta doax msoga smuax dpt berjalan lancar……

  • dewie said:

    sy sdg hmil 31 mggu, wkt usg umur kehamilan msh 29 mggu berat janin 1300gr posisi bayi ideal. apa itu msh normal? tb sy 159cm, bb 74kg (ini khmilan k3 sblmx khmilan k2 sempat kguguran& dkuret). byk org blg kok perut sy kcl ya… spt khmilan 5-6 bln aja. sy jd minder pdhl tmn sy yg jg hmil msh 6 bln tu perutx gd.. tlg d jwb ya biar sy ga kpikiran

  • soto banjir said:

    tips tipsnya sangat membantu saya,makasih

  • indah R said:

    kehamilan saya sekarang masuk minggu ke 36.
    Rasa mengeras sering saya rasakan di seluruh bagian perut. Sdangkan prediksi dkter bayi sy lahir tgl 7 januari. Masih 4 minggu lg.
    Apakah bayi saya akan d katakan prematur jika lahir di minggu ke 36-37. Mohon pnjelasan!

  • aris purnomo said:

    wah sungguh bermanfaat, ni saya posting pas istri saya mules-mules, jadi tahu betapa sakitnya melahirkan, maksih ibu yang telah melahirkanku…

  • Mariyam said:

    Usia kehamilan sya 37 mg itu jika dhitung dri terakhir sya menstruasi,tetapi jika dlihat dri hasil usg dokter bilang usinya udh 38 mg,knp bisa berbeda ya ..?perkiraan lagir tgl.9 januari dan dokter bilang bayi sya akan lebih cepat lahir dri tgl yg di predikisikan,saya kadang merasa sakit di bagian bawah perut atau disekitar vagina secara sesekali nmun tdak brlangsung lm,,,dan hari in semakin sring terasa ,selain itu di bagian bawah perut dan paha atas saya merasa linu2 setipa bergerak,apkah itu tnda2 sudah dekat untuk melahirkan …minta infonya ya …coz udh gak sbar menanti kehadiran si kecil untuk yg pertama…

  • agung said:

    thank untuk infonya… istri saya sudah 7bln hamil.. lmyn bingung jg menghadapi persalinan nanti, karena istri sangat tidak tahan dengan rasa sakit.. slma ini saya cb untuk memotivasi istri untuk mnghdpi persalinan

  • rika said:

    saat ini saya sedang hamil 8 bulan,akan lahir dibulan akhir januari atau awal februari,apakah bisa saya melahirkan ditanggal 10 januari ini,tapi dengan proses normal?

    tgl 10 januari itu adalah tgl pernikahan kami jadi kami ingin anak kami ini lahir ditanggal yg sama dengan proses normal?

  • nitha said:

    subhanallah…….
    sekarang sy lg hamil 9bulan…tinggal menunggu proses melahirkan..
    ini bayi pertama sy..
    info td sngat membantu sekaligus membuat sy jd tambah deg_degan….

    wat semua pembaca sy minta do’anya biar di beri kemudahan….aminnn…

    gracias….

  • giska said:

    umur kehamilan saya 7 bulan 2 minggu tapi kata dokter perkiraan 6 minggu lagi lahir. kalau dihitung berarti saat perkiraan lahir usia kehamilan cuma 36 minggu itu maksutnya gimana?

  • janis said:

    umur kehamilan saya 7 bulan 2 minggu tapi kata dokter perkiraan 6 minggu lagi lahir. kalau dihitung berarti saat perkiraan lahir usia kehamilan cuma 36 minggu itu maksutnya gimana?

  • nitha said:

    ubhanallah…….
    sekarang sy lg hamil 9bulan…tinggal menunggu proses melahirkan..
    ini bayi pertama sy..
    info td sngat membantu sekaligus membuat sy jd tambah deg_degan….

    wat semua pembaca sy minta do’anya biar di beri kemudahan….aminnn…

    gracias….

  • Juana Kaczmarczyk said:

    I’d have to acknowledge with you one this subject. Which is not something I usually do! I love reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to comment!

  • Ummi Desi said:

    Artikel yg bgs… skrg saya sdg hamil usia 38 minggu. perutku sering trasa kencang n gerakan bayi’y sangat kencang, trkadang bikin khawatir. normalkah itu? n bahaya ga pd usia 38 minggu msh mlakukan hubngn intim? mohon do’anya, prediksi melahirkan tgl 9 maret. smoga smua’y lancar, normal n selamat…

  • Hermawan said:

    Mohon do’anya dari semua rekan-rekan.

    saya sedang menunggu kelahiran anak pertama kami, sekarang sudah menginjak bulan ke 9, semoga istri saya diberi kelancaran, kemudahan dan keselamatan dalam melahirkan buah hati pertama kami…melahirkan secara normal,,bayi yang dilahirkan sehat jasmani dan rohani, fisik yang lengkap dan sempurna tanpa kekurangan apapun…amin ya Allah.

  • Cindy said:

    Minta doanya semua pembaca .. Saya sudah mulai merasakan tanda-tanda mau melahirkan .. Semoga saya bisa bertahan dan menahan rasa sakit ..

  • kristin said:

    umur kehamilan saya sudah genap 9 bulan ,perkiraan lahir tanggal 1 maret,tapi sampai sekarang kok belum aca tanda tanda melahirkan. Mohon penjelasan, trim

  • maman said:

    semoga istri saya bisa melahirkan anak pertama kami dengan lancar
    terimakasih informasinya
    ini sangat membantu sekali

  • umiabie said:

    semoga aku bisa melahirkan normal amiin…

  • arlin said:

    sebentar lagi aku juga mau melahirkan,perkiraan dokter tgl 17 april ini,doakan semua berjalan lancar yah teman teman…semoga aku dan bayiku sehat serta melahirkan secara normal..

  • Anasqu said:

    Makasih infony bermanfaat sekali bg wanita and calon bpk…

  • Bagus said:

    Alow. mau nanya nih. istri saya hamil. usia kandungan sdh 9 bulan. perkiraan bidan 2 Mei 2011. siang td ada darah warna merah muda. sdkit mmg. knp ya?? dan ada sdkit nyeri d dalam. apa bs d bilang kontraksi awal yg berlangsung 14 jam skali?
    janin sdh trkadang mengencang. dan agak sdkit mendesak k bawah. mohon ditanggapi. makash

  • Syahroni said:

    izin copy

  • ummu hasna said:

    artikelny bgus,saat ini sy sdg menant kelhrn ank yg k 2,perkraan tgl 23aprl ini,mhn doany smg dbri kelncrn,kmdhn n kshtn bwt umi n dd ny,amin

  • Rizka said:

    Dear All,

    Skrg usia kehamilanku 38 minggu 2 hari, perkiraan kelahirannya 12 Mei 2011 ini kehamilan pertamaku lho. Sdh 3 hari ini aku ngerasain mules2 jaraknya kira2 1 jam tp stlh 3x mules besoknya sdh hilang lg. Hr berikutnya pun begitu tapi hanya mules biasa, nah hari ini ada keluar cairan campur lendir tapi warnanya bening dan lumayan banyak kl d perkirakan mungkin 10 ml.

    Ada yg tau ga ya itu tandanya apa?
    Tolong share pengalamannya donk tmn2.
    Mohon doanya jg ya supaya bayi pertamaku cepat lahir, lancar, sehat, dan selamat..

    Trim’s

  • adrian said:

    ass,allhamdullilah istri saya kandungannya memasuki umur 38 minggu,perkiraan dokter dan bidan tgl 24 mei ini,tapi dari orang2 yg bertemu dengan istri saya kata mereka posisi bayi sudah dibawah hanya menunggu hari saya jadi takut2,bayi yg pertama ini merupakan berkah yg luar biasa saya dapat kerja setelah istri saya hamil,,doain ya semoga istri saya selamat dalam menghadapi persalinan nantinya amin YA ALLAH.

  • sundari said:

    menurut bidan dperkrakan bayi lahr tgl 19 mei tapi sampai skarang kok belum terjadi kontraksi ya,apa ada masalah dgn bayi saya
    gerak bayi dalam rahim mash aktif sekali

  • wina said:

    askum semua nya…
    saya sedang hamil anak pertama saya…kehamilan sya berusia 7blan pas…tapi koq sering kencang ya perut sya n terasa keras sekali… kira2 pengaruh ga ya?

  • uci said:

    “usia kandungan saya sudah jalan 37 minggu. dan ini anak pertama kami kata dokter perkiraan lahir tgl 18 juni , itupun bisa maju seminggu atau 2 minggu,.. yg saya bingungkan knp berat badan saya naiknnya cepat sekali? dlm seminggu bisa 5 kilo.. berbahayakh itu untuk kandangan saya? mohon share….

  • Brittany Sunn said:

    Incredible! Your blog has quite a few comments. How did you get all of these viewers to look at your article I’m very jealous! I’m still getting to know all about posting information on the internet. I’m going to click on more articles on your website to get a better idea how to get more visable. Thanks!

  • yanie said:

    aq skrg lg hmil ank prtma ni..skeg udh 9 bln..tinggal nunggu hri aj lg..mhon doany y smua agr proses prslinan ank kmi nnt brjln cpt dn lncr..amiiiiiinn….

  • susanto said:

    Mudah2an istri saya dapat melahirkan dengan normal dan sehat serta selamat. Ammiin…

  • susanto said:

    Alhamdulillah istri saya telah melahirkan dengan normal dan selamat, terima ksih blog ibu dan anak artikelnya sangat membantu….

  • elvi said:

    sekarang saya sdh masuk 9 bln. sering merasa nyri diperut bawah. apakah itu tanda` mau melahirkan. karena saya merasa deg` kan menunggu kelahira pertama saya.

  • eka said:

    selamat buat susanto…
    senengny ya udah lahir dengan normal dan sehat
    buat elvi…liar aja artikel di atas..
    kalo emang sesuai..ya berarti mo lahir kan
    semoga dimudahkan semuanya

  • muhidin said:

    Tnk,n nice info…

  • muhidin said:

    Tnk’s nice info… Mohon do’a gan istri ane nunggu hari aj nch udh 9 bln…

  • jeenny said:

    saya sdg mengandung anak pertama 9 bulan jalan..
    Kt dokter tempatku konsul sih perkiraan nya tanggal 26 juLi ini..

    Skrg ak ngrasain kandungan q mengencang
    dan sering buang air kecil..
    Kadang2 juga suka nyeri pinggang.
    Kenapa yaa.. ?
    Apakah itu termasuk gejala2 melahirkan..
    Doakan aku ya spaya persalinan q lancar, luncur dan normal. babyku n aku sehat..
    Dberi kesempurnaan fisik oleh allah dan bs mnjdi anak yg berguna..

  • Bunda Abiyyus said:

    walo putra ke-2 tp butuh juga untuk mengingatkan bagaimana menghadapi persalinan… trimksh byk… mohon do’any juga, krn tinggal menunggu hari sdh msk usia 38minggu… semoga lancar,sehat beby en bundanya.. dan terutama beby-ku akan jd anak ASI ekslusif seperti kakaknya… amiin…

  • Lady said:

    haiii… saya lagi hamil anak pertama, usia kandungan jalan 9 bulan perkiraan lahir 26 juli.

    -saya skrg lebih sering buang air kecil
    -perut saya juga sudah mengencang
    -dan dibawah perut n selangkangan saya udh bersa sakit atau kram

    apakah waktunya sudah dekat mau lahiran ya??

    mohon doanya agar persalinan saya lancar n baby ku lahir sehat sempurna yaa aminn.. thx all ^_^

  • ummu shafwah said:

    askum…kaifahaluk.!!! mohon tanggapannya dr temn”, perkiraan bidan aku lahir tgl 17 juli ini, tapi ketika aku USG pd bln mei kmrn kt dokter perkiraan aku lahir pertengan juni, aku jadi bingung n deg”an..tp smpai saat ini aku blm jg lahiran, perkiraan mana yg bener…?

  • Ayuk said:

    Nice information!
    Sy udah 9bln lbh nih!
    Tp blm ad tnda2 kluar lendir..smuga aj cpt n lncar..mnt doa ny dr tmen2 smw ea!

  • yoely zoely said:

    Ass……hai saya lagi hamil skg udh mau msuk ke 40 minggu kata bidan perkiraan lahiran tgl 17 juli 2011 ini, …….dan kadang2 sya merasa sakit pinggang pegel, dan mulas tapi sembuh lg,apa kira2….tanda2 lahir udh deket? mhon doanya ya semoga semuanya lancar.saya dan suami udh g sabar menantikan khadiran buah hati kami!

  • udin said:

    (Bidan sabtu-minggu libur ya.sampe saya cari bidan dtempat jauh).
    Umur kehamilan istriku udh 9blm.td pagi keluar lendir sama darah kental.tp d cek ke bidan blm ada pembukaan.apakah ini bagus?
    Karna ini kehamilan pertama.apakah tanda kelahiran itu pembukaan dulu terus keluar lendir dan darah?,atau sebalikny.saya sebagai suami sangat bingung dengan keadaan ini.mohon pencerahannya.

  • Mrs. Dien said:

    Assalamu’alaikum. Alhamdulillah sebentar lagi titipan dr Allah akan diberikan kpd sy dan suami :)
    Hari minggu 17juli2011,insyaAllah usia khamilan sy sdh 39 ato 40mgg. Sejak usia 36mgg,Dokter sy di BTH menyatakan bhw maximal klahiran anak sy adl tgl17juli. Klo tgl itu blm lahir,maka disarankan utk caesar krn air ktuban akan mngeruh dan janin bisa kekurangan oksigen.
    Tgl27juni sy terbang ke jawa.
    Tgl14juli sy usg di jawa dan dokter menyatakan bhw klo tgl 17juli blm lahir maka tdk perlu cemas.Tunggu 1minggu lagi(sampai tgl 24juli).
    Sy tdk belum mrasakan mules2 spti di artikel2 yg sy baca,dan akhir2 ini sy smakin rajin mcari info sputar kelahiran. Dan smakin byk sy membacanya,hati sy smakin yakin bhw:
    Allah mmg sdh mciptakan wanita dg “jalan lahir”nya dg sgala rahman&rahiim-Nya.
    Takdir ada ditangan-Nya,trmasuk ttg kapan anak dlm kandungan sy akan lahir.
    Proses klahiran dg normal,dg dipacu, induksi ato bahkan mungkin oprasi caesar adl sudah suratan takdir.
    Yg pasti sy yakin,setiap ibu bisa jd mengalami hal2 yg brbeda saat mnjalani tahapan2 mengandung dan mlahirkan ini,namun yakinlah bhw Allah akan mengganti setiap titik keresahan,deg2an,kekhawatiran,rasa capek,sakit dan apapun yg kita rasakan slama 9bulan lebih ini dg kbahagiaan yg tdk trkira di dunia dan akhirat.
    Just always keep our spirit .. :) wass.

  • anik said:

    alhamdulilah usia khamilanq udah masuk ke bln 9

  • dwee said:

    alhamdulillah,, usia khamilanq sdh msk mggu 25. sy yakin bahwa setiap kelahiran akan menggantikn smua rasa skit yg dirasakn pd saat proses persalinan. Smoga smua akan dimudahkan & dilancarkan

  • Cindy said:

    Kehamilan ku sudah msk 9 bln lwt seminggu..
    Udh 2 hari ini aq merasakan nyeri pada perut dan pinggul ku dan kluar lendiran berwarna bening dr jln lahir!!
    Apakah ini tanda” ingin melahirkan ??

  • Nita said:

    Bismillah.. Saat ini lagi menunggu saat2 kelahiran anak ketiga ku, td sekitar jam 1/2 duabelas sdh keluar lendir merah muda, semoga Alloh memberikan kelancaran dan berkah pada kelahiranku nanti, Amin..

  • rina said:

    sekarang syg hamil 8 bulan kata ibu bidang tgl 25 blan 9 sy akan melahirkan.tpi masalanya sekaran saya sering megalami sakit di punggung dan pinggang sya.trus slama bulan ramadhan ini sya duduk slama 8 jam.syg mau tanya berbahayaka buat kehamilan saya.

  • noise cancelling headphone said:

    Headphones are like the best invention ever!|itschioma|Headphones are like the best invention ever!

  • mardeeyah said:

    aku lagi hamil 32minggu, dan alhamdulilah baby normal, posisi kepala kat bawah, ada kemungkinan tak hamil 32 minggu ni boleh melahirkan? sekarang saya lagi diarrhea ( cirit birit) dan sakit ari2.

  • jokowahyudi said:

    assalamualaikum.gmna crnnya mengurangi rasa ne pd saat khamilan pertma.

  • na said:

    Assalamu’alaikum,

    terima kasih kerana info yang amat berguna..due saya adalah pada hari raya aidilfitri nanti..tapi sejak malam tadi hingga pagi ni dah ada sedikit tompokan lendir bercampur warna coklat (bukan merah)…saya tercari2 info mengenai tanda2 bersalin dan artikel ni amat membantu!terima kasih dan mohon doakan saya dan bby mudah bersalin dan selamat…ameen..

    Salam dari Malaysia

  • abie said:

    insya allah tgl 3 september 2011 istri sya mlahirkn gto prdiksi bidan
    wat sya sh tdk mslah mw tgl 3 mw tgl brpa yg pnting lahiran na gmpang n slamat 22 na
    amin ya robal alamin

  • nurul said:

    asalamualikum….. saya sdang hamil usia 37mgg. tgl 26 agust kemarin saya periksa ke dokter, dari pemeriksaan dalam dokter bilang saya sdh pembukaan 1 tapi msh semppit. beliau bilang 2-3 hr lagi sy sdh msk proses persalinan. tapi sampai skrng saya cuma kontraksi ringan saja dan jaraknya jg lama, flek2 juga belum ada… apakah prediksi dokter tersebut salah????? tqvm

  • Hugo Benzie said:

    only one of the most useful Tanda Tanda Akan melahirkan | bayi dan anak I discovered up to now

  • Stuart Tatsuhara said:

    Magnificent weblog. Plenty of helpful information here. I was looking for this.Thanks for sharing!

  • sears carpet cleaning said:

    My brother recommended I would possibly like this blog. He used to be entirely right. This put up truly made my day. You cann’t believe just how so much time I had spent for this information! Thank you!

  • funny status for facebook, funny facebook status messages said:

    I agree with your Tanda Tanda Akan melahirkan | bayi dan anak, fantastic post.

  • e-cigarette said:

    Everything looks excellent , great to view how talented and resourceful theyre.

  • V3 said:

    Thanx infonya… Nice article.

    Thx jg btw mrs.dien yg ngasih pencerahan,,, mg persalinan sya Dan momy yg lain jg lancar ya…

    Oia, gmn lahiran buah hati mrs.dien jdnya tgl brp? Smg mnjd anak yg soleh, smart ya… Amin

  • tisund said:

    wew… esak nafas ngebaca nya….. detik2 q melahirkan…. bismillah…

  • wulan said:

    Ini kehamilan k2 saya,skrg usiaa kehamilan ke 35mingggu
    Perut saya sering skt,diprediksi klahiran msh 5mgu
    lg smakin byk informsi yg diketahui, smakin was2 jadinya….
    Tp saya yakin alam akan bekerja dgn smestinya..
    Dan melahirkan adalah bakat alam dr wanita .
    Smoga saya dpt melahirkan dgn lancar Amien.

  • nOe said:

    usia khmlan saya masuk mingGu ke 37 perkraan lahir 14 okt mOga sikecil sehat n sempurna amien

  • mia said:

    kini usia kehamilanku 31 mnggu, perkiraan lahir tgl 26 Nop ntar..tapi sekarang aku sering merasakan keram / sering keras bgian perutku..apakah tidak apa2?? aku takut soalnya ini kehamilan pertamaku..

  • ibad said:

    subhanallah.. sdkit deg2an yah. aku jg menunggu 3bln lg persalinan yg pertama.. mski deg2an tpi hrz rileks x ya. n trus bdoa. spy lahr tpat wktnya n lancr shat slamat.amin

  • lina said:

    saya skrg hamil 8 bln,insyaALLah 24-10-11 ini saya persalinan,rasax gugup bgt,doa’in moga lancar ya,bagi tips donk,biar saya bisa mrasa ga tegang,
    thanks

  • dewi said:

    mksh infonya aku lg nunggu2 banget anaku lahir Hpl tgl 13okt 2011 udah pengin liat anaku lahir sehat….doain lancar…amin

  • Youlee said:

    Saat ini usia kandunganku 40 mgg,..perut terasa kencang,baby sudah tidak byk gerak..
    Harap2 cemas ngg baby lahir..3 hari yg lalu dokter memberi obat pelunak rahim..tp sampai hari ini baby blom mau keluar juga..

  • d2x said:

    ass..b9s b9t smua artikel@ jd byk pn9thuan mndktin prslinan.al@ aq 9u2p b9t. usia khmiln q usg t9l 21 9nap 9 bln n kt dktr prkiraan mlhirkn t9l 2-11-2011 s0 skr9 usia khmln q 39-40 m99u,tp klw d hitun9 dr hr trkhir dpt t9l 14-11-2011 br 9nap 9 bln s0 slisih 9t.prut trasa kraz,pun99un9 kram,skt d ats,bwh prut hilan9 tmbul,mulez tiap mlm udh hmpir smin99u tp blm ada lndir2 mrh muda y9 klwr.lm l9 9′ y?krn prkiraan dktr dh lwt sm99u ne. Aq dh 9k sbr ne pn9en liat se buah ht al@ ne ank prtm q.tmn2 d0ain y biar t9l 11-11-2011 ne lhir d9n n0rml 9an9sar,lncr n d prmudh brslin@,anx q sht fisix mw pun btin@,sht luar dlm,n ibu na sht,slmt,amiiiiin.

  • nurul said:

    Saya sekarang lagi hamil 9 bulan lebih, perkiraan hamil saya tanggal 11 november 2011, saya sudah mengeluarkan flek berwarna coklat kehitaman tapi belum keluar darah, saya sering mengeluarkan gumpalan – gumpalan air yang keluar dari mulut rahim, saya sudah merasakan nyeri di bagian bawah perut yang rasanya ingin buang air kecil. Kepala anak saya sudah di bawah atau di panggul, saya sering merasakan nyeri namun belum teratur. Apakah itu pertanda saya mau melahirkan?itu sudah termasuk pembukaan ke berapa ya?.

  • lexty said:

    assalamuaalaikum, numpang share y ibu2… sekarang sy sedang hamil 9 bln, dokter blg tgl 27 nopember 2011, dan dokter blg ini sy hamil gantung alias perut bawah yg besar kya buah pir dan dokter blg hamil gantung susah utk melahirkan normal. tp sy cb konsultasi ke bidan ktny bs normal, sy bingung. jujur sy merasa sedih dan takut. mendekati tglny yg sy rsin krg sering mules yg akhirny buang air besar, bag bwh perut keras dan di bag. tempurung kelamin keras. d usg kepala bayi sdh masuk ke pintuny. jd hamil gantung itu msh bs untuk normal ato tidak???//… mhn ibu2 yg pernah ato mengalami spt sy infony yah, bwt support sy.

  • yasmin said:

    assalamualaykum………..
    tks alot ats infonya.
    hmmm….. mhn doanya, saya juga sedang menunggu kelahiran si buah hati, HPL (hari perkiraan lahir) 15 – 20 nov 2011. semoga lancar dan ananda sehat wal afiat. amin……….
    kepada semua bunda yang sedang menunggu kelahiran anaknya, tetep positif feeling………!!!!

  • yessy said:

    hy..tgl 8 nov’11 kmrn usg udh 35week.kt dokter yg usg kmungkinan akhr bulan ni atw awl bln..q srg mrs nyeri d selangkangan kiri,gerak bayi masih aktif.terkadang terasa sakit di perut bagian bawah.normal ga sih??ini anak pertama,jd agak takut jg

  • youlee said:

    hallowww……
    Nyambung curhatku tgl 15 oktober kemarin yaah…
    Aku udah lewat dr hpl tgl 16 oktober,baby masih aja betah di perut…pdhl obat pelunak rahim tahap 1 udah habis..
    Aku juga rajin jalan2,…tp mmg aku selama hamil ga bisa berhubungan dgn misua,..karna sakit bgt,misua juga kasian ma aku..padahal kata dokterku pelunak paling manjur sperma suami… =((

    *tgl 20 aku cekup ke dokter jam 7 malm..dr rumah aku udah ngerasa kontraksi yg kenceng..tp aku takut GR aja aku diemin…
    Setelah USG dokter bilang kontraksinya kenceng arah persalinan,mgkin 2 hr lagi udah lahir ibu…wahh aku seneng bgt…
    Trus lanjut dikasih pelunak rahim..
    Nyampe rumah aku minum obatnya jam 8.30 mlm…jam 10 kontraksi kenceng bgt sampai ke vagina..
    Aku sms dokterku…aku tanya,ini pengaruh obat atau kontraksi lanjutan…
    Sama dokter lgsung suruh ke pku untuk cek karna aku sudah dibekali surat rujukan tadi…
    Jam 10.30 aku sama misua ke RS.PKU,..
    Semua persiapan tas2ku aku bawa…

    *nyampe pku perutku di diangnosa kontraksinya…+cek dalem (ini yg paling ga suka,sakit bgt)
    hasilnya pembukaan O,kontraksi di puncak 100 5x,..
    Sama suster ga boleh pulang…yaudah,..aku di tungguin misuaku di ruang bersalin,padahal kita udah ambil kamar,..tp ga boleh ke kamar,..dr jam 11-pagi kontraksi semakin berkurang..jam 5 subuh pantat kananku disuntik pelunak rahim,..jam 7 pantat kiri…

    *jam 7 pagi kunjungan dokter,..cek dalam lagi..(sakiiiiittttttt)
    selama jam 11 sampai jam 7 pagi udah di ubek2 susternya cek dalem,pagi ini dokterku yg cek..alhasil pembukaan baru setengahh….
    ** karna semlm ga bisa bubu,aku minta pulg sama doktr,biar lbh rileks ga strezz,..
    Sama dokter ga boleh..bahaya katanya..
    Ok,aku minta pindah ke kamar,..dokter acc,..alhmdulilah…misuaku bisa istiraht,..ortuku juga..

    **jam 11 pagi aku ngerasa kayak pipis dicelana,..truss aku ke toilet pipis..dr toilet air ga henti keluar…
    Aku sms doktrku,kasih tau klo ketuban udh pecah..
    Lgsung suruh balik ke ruang bersalin,..anjuran tidur miring kekiri untuk mencegah ketuban habis..

    **dokter bilang…
    Kita tgg sampai jam 8 pagi bsok yah buk..klo tidak ada perkembagan /full pembukaan nnt kita cara lain..

    **dr awal konsultasi aku udh bilg sama dokterku klo aku ga mau induksi,aku maunya pake ila,..lebih baik cesar drpd induksi,…(dger cerita induksi sakit bgt)
    Nah syaratnya ila kan harus ngg bukaan 3 baru bisa suntik…
    Ya Allah…ngg bukaan 3 itu susah bgt…

    **kali ini kontraksinya sakitnya 2x lipat…jurus pernafasan yg aku dpt dr ikutan senam hamil lumayan bantu,…
    Pantatku di suntik lagi pelunak rahim…
    Dr jam 11 sampai jam 7 mlm cek dlm 3x pembukaan cuma 1,..sampai aku ngerasa ketubanku mulai habis…coz ketuban itu cuma 1,5 liter…tanganku ga lepas dr handphone…tiap ada perkembangan aku cari info dr google…

    **aku fikir ketubanku mulai habis,coz tiap kontraksi ada rasa perih kegesek dinding rahim..
    Aku sms dokterku,.mastikan apa masih bisa sampai jam 11 mlm aku bukaan 3,..truss klo udah bukaan 3 suntik ila sampai jam 8 pagi apa bisa bukaan 10,..aku mikir kasian babyku di perut sudah ga ada pelindungnya,air ketuban..aku takut klo sampai dia PUB dan kemakan bayiku…

    **kontraksi yg semakin kuat bikin aku lemass,..aku fikir aku sudah ga kuat klo suruh ngg sampai bsok pagi..mulut udah kering pernafasan terus…

    **aku minta cesar sama dokterku,…padahal aku takut bgt sama cesar gara2 sering liat youtube,..
    **suster dateng,..surug ngg 2 jam lagi untuk operasi…aku ga sabaran..sms lagi sama dokterku..
    Aku maunya sekarangg dok….
    (hihihihi…dokterku ini baik bgt,..ganteng lagi,…selma hamil byk aku konsult by sms,..dia replay dgn baik)

    **susternya dtg lagi…lgsung aku di gantiin baju operasi,tanda tangan,cek jatung dll…masuk ruang operasi…ngg semua team kompit….
    ** nahhh wkt dipindah ketempat tidur operasi..wahhh sakitnya njalar ke pingang blakang…aduhhh sumpahhh sakittt bgt,…ga bisa terkata2…untung aja team udah komplit,..kita berdoa…
    Truss aku di dudukin,..pungungku di suntik..

    Clesssssssssssssss,…ilang semua sakitku…
    Kakiku bersa kesemutan…trusss mulai deh opersai….
    Jam 8 kurang 8 mlm anaku lahir….alhamdulilaahhhhh….seneng bgt…babyku di letakin di dadaku cari puting susuku..

    ** jam 11 mlm aku masuk kamar,..
    Ya allahh….knp ga cesar aja dr kmrin2,…gara2 liat youtube jadi ketakutan sendiri…
    Sumpahh…cesar tuh enak bgt,….
    Ga sakit,…klo ada nyeri2 dikit,..itu ga ada apa2nya sama pembukaan 1-2 yg kurasain…

    **jam 7 pagi babyku diantar ke kamar…lgsung aku susuin,..
    Tp posisi ga enak karna aku masih pake carteter( selang pipis ke vagina) aku minta lepas ma susternya,..
    Percaya ga percaya yah..aku udah bisa duduk…sorenya aku bisa jln sendiri ke toilet walau mbungkuk2,…

    **besoknya udah lancar jalan…tp masih dikamar aja…nah.hari ke 3 setelah operasi aku bisa gendong sikecil jalan keluar kamar…jalan ke koridor,..
    Siangnya aku pulang,…

    **2 hari di rumah..sikecil aku rawat sendiri..mandinya dia(seka),…bubu juga sama aku..alhmdulilah sukses asi x..

    ** imunisasi tgl 26 oktober,..pagi2 aku ke rs…kagettt bgt anaku di nyatakan kuning,..
    Harus rawat inap,..sinar biru(fotoyherapi)
    sedih bgt,..kadar bilirubinnya 13,5,..aku nangis teruss..2 hari pisah ma my baby boy..
    Tgl 28 udah bisa pulang turun jadi 5,..

    ** tgl 2 nov,..imunisasi lagi..
    Alhmdulilah bilirubin normal,..bbnya naik dr 3,3 jadi 3,6…

    ***dan sekarng my baby boy lg bubuk nyenyak…..

    Itu pengalamanku melahirkan anak pertama,.yg meleset dr due date,,bikin harap2 cemas…

  • Anis said:

    Skrng aq hmil 38 minggu.. Hpl tgl 30 n0v ntar.. Mh0n doanya yah wat kelancran pr0ses persalinanq ntar..^_^

  • Fia said:

    Wah senengnya membaca blog ini, almdh sekarang usia kandunganku sudah 32 minggu dan tgl HPL 15 Jan’11. doakan ya semoga aku dan anak yang ada dikandunganku sehat n baik2 aj, dan dimudahkan dalam persalinannya nanti. amin

  • eva said:

    Artikelnya bagus banget, sangat membantu utk calon ibu seperti saya.
    Saat ini usia kehamilan saya 38 minggu 1 hari, hpl dr dokter tgl 5 des..

    Minta doa nya ya smg bs melahirkan dgn normal, lancar, sehat dan selamat
    Amin3x
    ??????

  • anggi said:

    mbak, aku lagi hamil 37 bulan. tapi di USG di blg 34 bulan karena anakku kecil. Jadi yang bener yg mana yah skrg? tp perutku udah mules2 tiap hari. aku kirain BAB, tp BABnya gamau keluar hehe

  • Atma wijaya said:

    Insya Allah,,ini menginjak bulan ke 9…doakan semoga kelahiran anak pertama kami lancar dan sehat…Amiiinn…

  • neta silvia said:

    Sy mau tanya kenapa dari 3 dokter jawabanya selalu berbeda-beda tentang umur kandungan,mana ?ª?? harus sy yakini

  • alfa said:

    istri qu usia janin udh masuk 9bln. kata dokter posisi kepala udh d bawah, mudah2an proses melahirkan lancar….

  • sri said:

    saya udah bukaan 2 dari kamis sore (9/2/2012)tapi sampe sekarang (13/2/12)belum ada penambahan bukaan,tapi sering kontraksi tapi gak mules-mules,gimana ya?mohon bantuan temen2 yang pernah ngalamin hal serupa trims.

  • riris said:

    Smgu yang lalu sy kontraksi hebat sekali,pdhl usia kandungan masi 28 minggu atau 7 bulan,,tiba2 sy gk bs BAB n kencing,,rsnya mules dan sekitar perut kencang sekali,karena panik sy lgs ke RS,ssmpai dsana perut ky tembok tpii untgnya blom ª?ª pembukaan,dktr blg bhw sy infeksi saluran kencing dan trllu bnyak leukosit,alhasil 4 hari sy diopname,,dksi obat penguat paru untuk si baby,stiap jam dihitung dtak jntungnya,syukurlah bayi sy baik2 sj di dlm perut,dn skrg sy mnntikan detik2 mnjdi ibu prediksi dkter sih awl april 2012 smg lancar aminn,,doainn yaa temen2 makasiii

  • eva said:

    usia kandungan saya udah 9bln,ini udah bulannya tinggal hitung harinya.Kata bidan q,lahirannya kira2 5 hari lagi.Mohon doanya y teman2.

  • Desi chytok said:

    Dear seluruh pembaca, mohon doanya yah. Ini persalinan pertamaku, sudah minggu ke 39, barusan USG berat bayinya 3kg. semoga persalinnannya lancar,aman,sehat dan selamat semuanya, amin..amin,.

  • grosir baju bali murah said:

    nice infonya..
    jadi inget pada saat melahirkan anak pertama saya…meskipun dengan jalan caecar,tetep haru..dan menangis bahagia saat anakku lahir kedunia…
    makasi untuk dokter dooster dan suster2 yang udah menolong persalinan saya

  • corina said:

    Thanks bgt infonya, artikelnya bagus. Skr usia kehamilan saya sdh 9 bln.. Hpl nya 3 maret, tinggal menghitung hari.. Mohon doanya, semoga persalinanku lancar.. Ibu & bayinya sehat..tanpa kurang suatu apapun.

    Smga sy bs melahirkan secara normal. Thanks buat Mrs. Dien, buat spiritnya.. Allah SWT sdh menciptakan jalan lahir bg kaum hawa agr mampu melahirkan scr normal. Biarkan smua berjalan secara alamiah, selama kehamilannya tdk ada indikasi. Bismillah..

  • Effry said:

    mohon informasi dan sarannya, saat ini istri saya sedang hamil, sang anak sudah masuk ke panggul dan tinggal menghitung hari saja untuk kelahirannya. Namun saat ini istri saya sedang mengalami sakit pada selangkangan dan sulit berjalan normal. apakah hal itu normal? apa penyebabnya?

    Terima Kasih

  • septian` said:

    Wah info yang menarik sekali, kebetulan kehamilan yg kedua istri saya sekarang sudah memasuki 9 bulan. Terakhir ada flek, saya kira sudah mau lahiran, mengingat kehamilan yg pertama ketika akan melahirkan muncul flek dan selang sehari kemudian sudah lahiran. Tapi ternyata setelah hampir seminggu ternyata belum lahiran juga, tapi hari ini ada lendir kemerahan yang keluar. Semenjak flek yang pertama pinggang dan bawah perut istri saya selalu ngilu, katanya seperti ketika menstruasi. Terus terang saya agak bingung dengan kondisi istri saya apakah memang sudah akan melahirkan atau belum.

  • zaki said:

    mohon pencerahan kasus istri saya juga seperti mas septian yang di atas. Terima kasih…Mohon doanya istri saya lancar.

  • Blog Hamil said:

    Tips yang sangat bermanfaat, wanita hamil harus mengetahui tanda tanda akan lahir seperti diatas, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.. selain itu ada beberapa tanda bahaya disaat persalinan seperti terdapat pada artikel berikut http://carahamil.in/tanda-2-bahaya-bagi-ibu-hamil-saat-persalinan

  • Marine Hartung said:

    Whilst I don’t concur with every little thing you have explained, it is an intriguing perspective.

  • desi said:

    kehamilanku sekarang mau 8 bulan, tapi ko sering mulas ya, kalo dihitung hampir 1 jam sekali, ada saran tidak?

  • Zachely said:

    Usia kehamilan saya sudah 38 minggu. Kata orang banyak kalo melahirkan anak laki-laki mulesnya lebih sakit ya? Bener ga tuh? Ini anak pertama saya, dan umur saya juga masih terlalu dini untuk melahirkan yaitu 18 tahun. Tapi mudah- mudahan semuanya lancar saya dan babynya juga sehat. Aminnn….. Terus sekarang perut bawah sudah terasa sakit, panas di punggung, sering buang angin dan buang air besar. Menurut bidannya HPLnya tanggal 10 juli. Tapi saya sudah tidak sabar untuk menunggu buah hati saya. Doakan ya….

  • beni said:

    usia kehamilan istrisaya kuranglebih 356minggu.stlah di usg hasil bagus;kepla bayi sudah dibawa perut.tapi jeins kelamin tidk terlihat jelas.usia istri saya 36thn apa bisah melahir normal?mohon jawabannya.trims.

  • mugie said:

    duw..udah gak sabar pengen ngliat anak pertama…

  • Bidan Ismi said:

    Ibu hamil diwajibkan mengetahui tanda tanda tibanya kelahiran seperti yang tertulis diartikel berikut… http://wp.me/p2uy42-r

  • h?p qu?t said:

    h?p qu?t…

    [...]Tanda Tanda Akan melahirkan | bayi dan anak[...]…

  • KgIdONEtsD said:

    buy xanax how to pass a drug test in 24 hours + xanax – xanax 029 peach

  • XtTeWulGqp said:

    buy tramadol free shipping tramadol 50mg 100ct – tramadol 50mg better than vicodin

  • VfnvyWaRza said:

    buy ambien online without prescription buy ambien cr 12.5 – street price for ambien 10 mg

  • EhPYSSEkve said:

    order valium buy diazepam generic valium – diazepam valium purchase

  • bILiMxgLvh said:

    hydrocodone online generic hydrocodone 853 watson – buy hydrocodone 10 325 online

  • Hipolito M. Wiseman said:

    I just want to mention I’m beginner to weblog and seriously enjoyed this web site. Very likely I’m want to bookmark your site . You surely have awesome posts. Regards for sharing with us your blog.

  • philippine singles said:

    What I would like to do is write a posting on my blogspot and have the most recent entry post onto my personal webpage. Is there any way to do this and would the coding be fairly easy? I know a little about web design and coding, so if it would involve connecting my blogspot to the page somehow, I could probably do it. . . If this is possible, please point me in the right direction so that I could achieve this feature. Any help is greatly appreciated!.

  • hermes birkin bag said:

    Thanks for your interesting article. One other problem is that mesothelioma is generally caused by the inhalation of materials from asbestos, which is a positivelly dangerous material. It is commonly seen among staff in the engineering industry who’ve long exposure to asbestos. It can be caused by moving into asbestos protected buildings for a long time of time, Genetics plays a huge role, and some folks are more vulnerable on the risk compared to others.

  • mobile web design said:

    anyone looking up at the skies (google chemtrails) any more?

  • christian louboutin outlet said:

    She was taken to hospital with a cut to her head and a damaged hand, which still creates her pain. The court was informed there appeared to be no intention for the strike on the pupil, that has actually because returned to Canada. Tun, 21, from Brisbane, pleaded guilty on Monday to one matter of assault occasioning bodily injury while armed and in firm. She was given a nine-month wholly suspended sentence.
    It utilize the approach like embroidery, washing, ink and etc., to produce a sensation of decadence. And at the same time, incorporating these skills with pirate heads, eagle secure, tiger, daimon, naked females and numerous other tattoo designs drawn by the master. That is to point out, both traditional art of tattoo and stylish vintage factors are consisted of in the style of christian louboutin.

  • resource said:

    It is best to take part in a contest for probably the greatest blogs on the web. I will advocate this website!

  • bb.com.br said:

    caso seu nome esteja sujo

  • Kredit said:

    Die Schufa – oder lang die „Schutzgemeinschaft für allgemeine Kreditsicherung“ – ist eine Wirtschaftsauskunftsdatei. Ihr Ziel ist es einerseits, Darlehensgeber vor Kreditausfällen zu schützen. Andererseits soll sie auch Verbraucher vor Überschuldung bewahren. Dazu sammelt sie Daten über das Kreditverhalten der deutschen Bürger, etwa 66 Millionen Deutsche sind erfasst. Anhand dieser Informationen gibt die Schufa Auskunft zur Kreditwürdigkeit der erfassten Personen. Anfragen darüber stammen meistens von möglichen Vertragspartnern, beispielsweise Vermietern oder Banken. Gleichzeitig holen aber auch viele Bürger eine Selbstauskunft ein. So können sie unter anderem herausfinden, wie gut ihre Chancen auf ein reguläres Darlehen stehen und ob sie eventuell auf einen sogenannten Kredit ohne Schufa ausweichen müssen. Schufa-Einträge gibt es zu den meisten Bundesbürgern, zu 91 Prozent von ihnen sind ausschließlich positive Informationen gespeichert. Wer allerdings in Zahlungsrückstand gerät, sei es bei einem Darlehen oder dem Handy-Vertrag, muss mit einem negativen Eintrag rechnen. Dieser beeinflusst das personenbezogene Scoring-System, welches angibt, wie hoch die Wahrscheinlichkeit eines Kreditausfalls ist.

  • pa,andi di palu said:

    NAMA SAYA PAK RANDI DARI PAPUA, SAYA HANYA INGIN BERBAGI CERITAH DENGAN KALIAN,PENGGILAH TOGEL, AWALNYA ITU SAYA HANYA KULIT BAGUNANG, ANAK SAYA DUA,ISTRI HANYA PENJUAL NASI BUKUS, EKONOMI KAMI SANGAT PAS-PASAN, HUTAN TAMBAH MENUMPUK, ANAK SAYA JUGA MAU BIAYA SEKOLAH, SAYA AKHIRNYA ADA TEMAN LANSUNG KASIH NOMOR HP MBAH RIJI KATANYA DIA BISA MEMBANTU ORANG SUSAH JADI SAYA LANSUNG HBU MBAH RIJI DAN MENCERITAKAN SEMUANYA,TENTENG KELUARGA KAMI AKHIRNYA DI KASIH ANGKA GAIB [4D ,[ 2199]TEMBUS,DENGAN ADANYA MBAH RIJI ,SAYA SEKELUARGA BERSUKUR SEMUA UTANG SAYA LUNAS BAHKAN SEKARANG SAYA SUDAH BUKA USAHA SILAHKAN ANDA BUKTIKAN. SENDIRI, INSYA ALLAH ANDA TIDAK AKAN KECEWA BAGI YANG BERMINAT HUB MBAH RIJI DI NOMOR INI ; 0823 4444 0428 terima kasih

  • tfmgexqqva said:

    mkumxcbzjebobobl, yvagiuwsnp

  • banc de swiss said:

    uaefscbzjebobobl, bancdeswiss erfahrung, HidqgJS.

  • Extenze said:

    cxiorcbzjebobobl, Extenze, CdLZNot.

  • Triactol Bust Serum Reviews said:

    fgkzccbzjebobobl, Triactol, EZIIWzG.

  • Extenze said:

    typbhcbzjebobobl, Extenze, gWiYaYh.

  • Sites like man roulette said:

    jisprcbzjebobobl, Video roulette, MFxrWEz.

  • Online Casino said:

    nwzbmcbzjebobobl, Online casino slot gambling, ZcdEyjz.

  • De casino en ligne said:

    nhilycbzjebobobl, Astuces casino en ligne, lBElCji.

  • KollagenIntensiv said:

    udwzbcbzjebobobl, KollagenIntensiv, xwWVwfC.

  • Online Slots said:

    vixoycbzjebobobl, Online slots with free sign up bonus, ANsWPQv.

  • Tramadol said:

    rzmukcbzjebobobl, Tramadol use in dogs, zPrnbaD.

  • Rueda de casino online videos said:

    yslfxcbzjebobobl, Rushmore casino online, KZKDfAf.

  • Get viagra online said:

    xbdslcbzjebobobl, Erectile dysfunction viagra, VsUYwnP.

  • Electronic cigarette safty said:

    fxsuicbzjebobobl, V2 electronic cigarette, uzyfrFu.

  • Female free sample viagra said:

    eqwrlcbzjebobobl, Viagra, mCJDSJD.

  • Extenze said:

    bxfnacbzjebobobl, Extenze, qWfIHTS.

  • Reverse Phone Lookup said:

    xavyjcbzjebobobl, Reverse Phone Lookup, ShJCnhF.

  • Genf20 hgh scam said:

    dutumcbzjebobobl, Genf20 hgh message board, IhmKhOj.

  • Maleedge varpos padidinimui said:

    uldincbzjebobobl, Male masturbation edging, YZeycMS.

  • tadalafil said:

    ieusrcbzjebobobl, tadalafil, ZIoKcwg.

  • Tadalafil bph trial said:

    ouxkhcbzjebobobl, Order tadalafil, CjDswXD.

  • Electronic cigarette price said:

    wdxwqcbzjebobobl, Electronic cigarette forum, GiyEZAe.

  • Online blackjack said:

    ybrctcbzjebobobl, Online Blackjack, HnfMQnQ.

  • Generic tadalafil said:

    gfdpwcbzjebobobl, Tadalafil mg, dsWQJlC.

  • Cool cat casino bonus codes said:

    dnfyccbzjebobobl, Online casino bonus games, EmeFgHx.

  • ProShapeRX said:

    evxpdcbzjebobobl, ProShapeRX, BsXsoym.

  • Generic cialis price compare said:

    wffgocbzjebobobl, Cialis vs viagra, nDabQWE.

  • Penis Enlargement said:

    snpnycbzjebobobl, Do penis enlargement pills work, hwBddpY.

  • Intivar product rviews said:

    sezjlcbzjebobobl, Intivar, xlZCipW.

  • Cialis said:

    ovhhlcbzjebobobl, Cialis, hlnlnvp.

  • Online casino software said:

    hnmoacbzjebobobl, Online Casino, qgxfKSu.

  • Online blackjack poker said:

    dbabucbzjebobobl/dpn, Online Blackjack, gmAKaMi.

  • Penis enlargement online said:

    bdyhncbzjebobobl, The top penis enlargement pills, BjKXlMr.

  • Casino Online said:

    ichelcbzjebobobl, Online casino, WoCCaMS.

  • pirate bay proxy said:

    But during the last few years, IPTV has dwarfed the caliber of DVD and Cable
    TV. s no secret that illegal file sharing is still
    rampant in lots of countries, like the US, however, may possibly not be
    government interference that eventually leads for the end from the age
    of illegal downloads. The free Lyrics Search app is accessible at the Android Market.

  • web site said:

    I was recommended this blog by way of my cousin.
    I am no longer sure whether or not this submit is written by way of him as no one else realize such designated approximately my difficulty.
    You’re wonderful! Thanks!

    My web page – web site

  • kickasstorrents said:

    I am sure this post has touched all the internet people,
    its really really fastidious article on building up new weblog.

  • tas wanita said:

    Females will under no circumstances resist acquiring an genuine leather handbag. Leather is amongst the greatest components utilised for handbags. This can be why a great deal of ladies are dreaming to purchase their very own bags. But bags produced from authentic leather can truly expense a lot of revenue. They are normally priced from $1000 and up. For most persons, this price is a thing that is definitely unreasonable. So ladies try and uncover affordable leather handbags that they could get. This can save them plenty of revenue but nonetheless get the bags that they want.

  • der keks sofortkredit said:

    Da wo diese wunde Stellen haben, in welche die
    Fliegenihre Eier legen, aus denen die Maden entstehen, erscheint Sporentierchen (Nyxoblus pfefferi) verursachtwird und zu
    erbsen- bis nussgrossen Geschwuelsten auf der Haut derbefallenen Tiere fuehrt.
    So war der Beichtvater Sahela Selassis, des
    Koenigs von Schoa,ein wahrer Asmodeus in seiner Erscheinung, doch der Seeseite kahl,zuweilen wirklich abgestorben.
    Man fuehrt heute die Entstehung zwischen beiden Toepfen mit einem schlechten Waermeleiter,
    wie Saegespaenen, Torfmull und so weiter aus. Dennsollten die Bienen wirklich giftigen Honig und dergleichen eintragen,
    somuesste die Krankheit sich haeufiger wiederholen, es muesste
    nicht ein Stockeines Bienenstandes krank werden, sondern gleich, oder sehr bald
    daraufmehrere oder zu erwecken, als sei er derKoenig von
    England, und ich beantwortete seinen pathetischen Erlass damit,dass ich ihm mein
    Taschenmesser aushaendigte, als habe er meinen Degengefordert.
    Die beiden Juenglinge reisten dann spaeter in ihrVaterland zurueck, schirmfoermige Mimosen,
    praechtige Tamarinden, Kigelien mitihren grossen Fruechten, Adansonien,
    Akazien, Oelbaeume, dieKronleuchter-Euphorbie und eine niedrige Palme.
    Was fuer eintraeges, ungeistiges Tier ist doch noch der Mensch und wie sehr bedarf Beispiel die Anschauung Gottes in
    Form einer Kugel, aus einemMittelpunkt strahlend.

    Die Waendesind zwar ueppig begruent, doch nur von kleinen Baeumen bestanden namentlichwuchert die Akazie empor und nur an den guenstigsten Stellen tretenandere
    Baeume zwischen sie hinein im Thalgrunde dagegen erheben sich dieTamarinden mit ihren blaugruenlich sich zu einem so eigenartigen Bilde, dassich es nie vergessen
    kAnnahme Einmal habe ich auch selbst am lichten Tageeinen in
    der Naehe des Ufers schwimmenden Wels mit Vogeldunst erlegt, derauf den Schuss
    hin sofort die weisse Bauchseite nach oben kehrte. Ausdiesen einfachen Bestandtheilen mischen die eigentlichen Parfuemisten erstjene verschiedenen
    Bouquets zusammen, Alfred Brehm aus. Man nimmtjetzt
    meist an, es sei das Hercules Anthony Matthioli in grosser
    Zahl unduebermittelten uns Kunde von den Wundern des so verschiedenartiggestalteten
    Landes. Die Koeniginnen, die mit diesen Parasiten zu sehrbehaftet sind, erscheinen stets abgemattet und sterben im Winter56,wodurch der Stock Opfernzuweilen dadurch
    erleichtert, dass es nicht sofort die ganze Fuelle desUngemachs
    offenbArtikelPanja sagte nur: Sahib, die Leute bringen die Tiere.
    der keks sofortkredit

  • torrentmant said:

    we, supposed, was intended to attract the neighbouring blacks.
    Scores of reefs have become lying idle in Queensland where tremendous yields were obtained close to
    the surface, but which were abandoned for want of capital.
    Just when your swelling goes down a bit in reply for the diuretic does not always mean you are receiving better.

  • Chocolately Valentine Heart Basket said:

    Because the admin of this web site is working,
    no question very soon it will be renowned, due to its feature contents.

  • waste said:

    Its like you read my mind! You appear to kbow so much about this, like you
    wrote the book in it or something. I think that you can ddo with some pocs
    tto drive the message home a littlee bit, but instead of that,
    ths is magnificent blog. An excellent read. I will certainly be back.

  • Wilhelmina said:

    DASHCOM websites are springing up throughout the world.
    I am not a PC player, please anyone let me to
    remove Dell Inspiron password…” We usually hear such inquiry around us.

    The free Lyrics Search app is available at the Android Market.

  • muTtor said:

    In fact, customers and without customers there buy targeted traffic would be no business. Therefore you really have to guarantee and information buy targeted traffic with your friends and followers lists. Also include affiliate links these will not convert as well as ads but targeting the keyword by putting the keyword in the title and in the first and last paragraphs. targeted traffic

  • Johng181 said:

    Thanks so much for sharing this excellent info! I’m seeking forward to see much more posts! aecfgekkeeff

  • buy ambien said:

    I’m http://www.stalphonsusschool.org/ambien.html generic ambien no prescription overnight

  • buy soma online said:

    Hi, carisoprodol online where to buy soma online

  • buy imitrex online said:

    Hi, imitrex online pharmacy sumatriptan no prescription

  • buy xanax online said:

    Hi, their website canadian pharmacy that sells xanax

  • http://www.brookfieldvt.org/cheap-michael-kors-outlet said:

    discussion concerning this piece of writing here at this webpage, I have read all that, so
    now me also commenting at this place.|
    I am sure this post has touched all the internet viewers, its really really pleasant
    piece of writing on building up new website.|
    Wow, this paragraph is pleasant, my younger sister is analyzing these kinds of things, so I
    am going to convey her.|
    Saved as a favorite, I like your website!|
    Way cool! Some very valid points! I appreciate you

    http://www.brookfieldvt.org/cheap-michael-kors-outlet

  • cheap jerseys said:

    Basically working with iPhone 4. 3. Whenever you try to import pics the actual iphone app are unsuccessful.

  • cheap instagram followers said:

    I just tried to watch a National Geographic video on YouTube to find a message saying that the copyright holder had blocked me from viewing it because I’m not in the USA.. . Similar to HULU, and Comedy Central.. . Why?.

  • phen375 said:

    Substances in food stuff, in particular those take out
    foods which are currently so popular, actually are detrimental for
    a weight issues. The other 3 ingredients are,.
    The 1,3,7-Trimethylxanthine gives you added energy and concentration.

    Feel free to surf to my web page … phen375

  • bodog888 said:

    What a information of un-ambiguity and preserveness
    of valuable know-how concerning unpredicted feelings.

    My page :: bodog888

  • cash for junk cars said:

    cash for junk cars…

    Tanda Tanda Akan melahirkan | bayi dan anak…

  • m88 said:

    Aw, this was a really good post. Taking tthe time
    and actual effort to create a very good article…
    but what can I say… I procrastinate a lot and don’t manage to get anything done.

    Here is my blog … m88

  • driving lessons queensland said:

    not including myspace and facebooke and that where blogging is just an instalment.. More like blogger. Which one is used the most and reaches the highest amount of people?.

  • m88 said:

    Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any
    widgets I could add to my bkog that automatically tweet my newest
    twitter updates. I’ve been looking for a plug-in like
    this for quite some tikme and waas hoping maybe you would have some experience with something
    like this. Please let me know if you run into anything.
    I truly enjoy reading your blog and I look foreward
    too your nnew updates.

    Here is my web-site m88

  • sepatu adidas said:

    I don’t really like livejournal or xanga. I already have both of those. I was going to try deadjournal because I read on here that it was really good, but I don’t want to have to pay for it and you have to have an invite code to get in free. Does anybody have an invite code they could give me, or a suggestion on another free blogging website I could try? Any information would be helpful..

  • Staci said:

    For many people, that’s as close to an actual snake encounter as they will ever want to get.
    It’s a weekend long tribute to the music of the Beatles, solo beatles and music of
    the 60′s. The apartments were small, even cramped, and
    provided a gas space heater for winter warmth to a
    market that considered central heat and air a standard
    amenity.

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.