Home » Kehamilan

Bolehkah makan makanan pedas dan asam saat hamil?

16 January 2009 96 Comments

Yang terpenting, pandai-pandailah menilai batas kemampuan diri.

Jawabannya adalah Boleh, yang terpenting, pandai-pandailah menilai batas kemampuan diri asa asam konon membuat makanan jadi terasa menyegarkan. Citarasanya yang unik kerap diidentikkan sebagai obat ngantuk atau untuk mengurangi keluhan mual. Sementara rasa pedas memunculkan semangat dan memberi sensasi tersendiri pada si penikmat makanan tersebut.

Tak heran kalau dua citarasa ini sangat disukai banyak orang, termasuk ibu hamil. Selain itu, selama masa kehamilan juga dikenal fase ngidam yang umumnya dirasakan sebagai keluhan mual dan muntah. Untuk mengatasinya, ibu hamil menginginkan sesuatu yang terasa segar di mulut. Salah satunya makanan asam dan pedas.

Ginekolog dari Klinik SamMarie, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dr. Drajat M. Sastrawikarta, Sp.OG., menyebutkan, dalam buku-buku medis ilmu kandungan dan kebidanan, selintas memang disebutkan fase yang dinamakan ngidam/nyidam. Ngidam, kata Drajat, merupakan keinginan ibu hamil untuk menyantap sesuatu. Akan tetapi keinginan tersebut kadang berkembang tak wajar. Contohnya, tidak apa-apa bila ibu hamil ingin makan buah kecapi yang asam. Menjadi tidak wajar bila permintaan tersebut muncul saat bukan musim kecapi. Sementara pohon kecapi sendiri, di Jakarta misalnya, sudah termasuk pohon langka.

PENGARUH KULTUR

Diakui Drajat, memang tidak semua ibu hamil melewati kehamilannya dengan ngidam. Kalaupun ngidam, belum tentu muncul keinginan “dramatis” untuk melahap makanan yang bercitarasa asam dan pedas. Namun demikian, di Indonesia memang banyak penggemar makanan yang rasanya merangsang ini. Mengenai penyebab pasti mengapa selera akan makanan asam dan pedas meningkat di masa kehamilan, menurut Drajat amat sulit dijawab. Sejauh ini memang tidak ada satu teori atau buku pun yang menjelaskan mengapa demikian.

Drajat menduga, di usia kehamilan muda, kegemaran makan makanan yang asam dan pedas lebih merupakan upaya ibu menghilangkan keluhan mualnya. Meski lagi-lagi belum ada penelitian ke arah sana, tapi menurut Drajat hal ini bisa dibenarkan. Asumsinya, masyarakat kita secara turun-temurun menganggap makanan bercitarasa asam dan pedas bisa menghilangkan rasa mual. Tak heran kalau ketika hamil seorang ibu jadi menyukai rasa pedas dan asam, meski semula ia tidak seperti itu.

Contohnya, kata Drajat, ketika bepergian jauh, banyak yang membawa jeruk sebagai bekalnya. Kalau tidak, ada yang menyarankan mabuk perjalanan diatasi dengan minum rebusan asam jawa. Keduanya yang sama-

sama memiliki rasa asam diyakini bisa berfungsi sebagai obat antimual. Hal serupa juga berlaku untuk makanan yang bercita rasa pedas. Saat kita merasa mual di ulu hati seperti ingin muntah, lekaslah makan makanan yang pedas. Niscaya keinginan muntah bakal hilang dengan sendirinya. Tak percaya? Buktikan saja sendiri.

BELAJAR MENAHAN NAFSU

Yang ditekankan oleh Drajat, yaitu pentingnya membatasi konsumsi makanan pedas dan asam. Mengapa? Semata-mata untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, ibu mengalami diare yang bisa berlanjut menjadi gangguan dehidrasi sehingga membahayakan kehamilannya. Bukankah sesuatu yang berlebihan lazimnya menimbulkan dampak negatif?

Makan rujak 4 kali sehari, masing-masing dengan 20 cabe per porsi, jelas berlebihan dong. Namun lagi-lagi Drajat mengaku tak bisa menjelaskannya secara konkret mengenai batasan ini karena sifatnya memang sangat individual alias tak pernah sama. Oleh karena itu, agar kehamilan berjalan sehat dan nyaman, kenali diri sendiri.

Kalaupun ibu sudah akrab dengan makanan pedas sejak sebelum hamil, tak ada salahnya mengurangi “kualitas” pedasnya semata-mata demi menjaga sistem pencernaan dan janinnya. Nah, dengan pandai mengatur dorongan yang berlebihan, kesukaan mengonsumsi makanan pedas tetap boleh berlanjut tanpa harus mengundang risiko. Hal serupa juga berlaku juga untuk makanan dan minuman yang asam. Terlalu banyak mengonsumsi makanan/minuman yang asam juga akan membuat lambung tak nyaman. Bahkan bukan tidak mungkin akan menyebabkan perlukaan di usus bila rasa asam itu berasal dari cuka atau bahan-bahan nonbiologis lainnya. Terutama bagi mereka yang sebelumnya sudah menderita gangguan mag.

PENTINGNYA EDUKASI

Drajat sendiri tak mempermasalahkan kebiasaan ibu-ibu hamil mengonsumsi makanan dan minuman yang pedas dan asam. “Sepanjang kebiasaan tersebut tidak merugikan diri si ibu dan lingkungan, menurut saya pribadi ya biarkan saja. Apalagi setahu saya tidak ada kontraindikasi makanan dan minuman seperti ini dengan kehamilan.”

Sayangnya, tidak sedikit ibu hamil yang hanya mengikuti dorongan nafsunya dan menyampingkan akal sehat. Untuk bisa memberikan pemahaman akan pola makan dan minum yang baik kadang bukan perkara mudah. Dituntut kesabaran dari sang suami dan anggota keluarga lainnya untuk menyampaikan misi edukatifnya. Jika tak berhasil juga, lebih baik minta bantuan dokter untuk menjelaskan. Bukankah umumnya ibu hamil mau mendengarkan apa yang dikatakan dokternya.

Drajat juga mengingatkan agar ibu-ibu hamil mewaspadai mitos-mitos yang kebenarannya diragukan. Di antaranya makan asam, terutama cuka, bisa membuat rahim mengerut. Padahal, tukasnya, “Kalau memang benar demikian, seharusnya bukan rahim saja yang mengalami pengerutan, melainkan seluruh organ tubuh ibu. Karena apa yang dimakan akan diserap oleh seluruh tubuh.”

Begitu juga dengan anjuran jangan banyak menyantap makanan yang pedas jika tak ingin anaknya nakal. Anjuran tersebut ada benarnya sebagian, “Tapi kalau dikait-kaitkan dengan kenakalan anak, dari mana kesimpulan tersebut didapat?” ujarnya balik bertanya.

Gazali Solahuddin. Foto: Ferdi/nakita

Mitos:
Mengonsumsi makanan pedas menyebabkan ibu yang hamil tua jadi cepat melahirkan.

Fakta:
Sebenarnya, ibu hamil tidak punya pantangan makanan tertentu. Tapi, ada makanan yang sebaiknya dihindari, seperti makan yang berasal dari keju yang sangat lembik atau keju dari susu mentah. Makanan-makanan ini dikhawatirkan cepat busuk, sehingga mengandung bakteri yang disebut lysteria. Bakteri inilah yang sering dihubungkan dengan kemungkinan penyebab keguguran atau persalinan dini.

Makanan yang “berat”, kaya bumbu dan pedas lebih baik dihindari ibu hamil karena justru akan mengaktifkan kerja usus jadi berlebihan hingga menimbulkan penyakit lain seperti diare. Selain berpeluang menginduksi rahim yang akan memperparah ancaman keguguran.

Untuk mengantisipasi morning sickness (ngidam, pusing, rasa panas di perut, mual dan muntah-muntah ) , berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan.

* Perhatikan dan pilihlah menu makanan yang baik.

* Jangan lupa untuk banyak minum.

* Jangan makan terlalu kenyang sekaligus. Lebih baik sering, tapi porsinya kecil atau sedikit demi sedikit.

* Hindari makanan pedas dan berbumbu tajam/merangsang. Jenis makanan ini justru akan memicu rasa mual.

diambil dari >>bibilung >>::infobunda::

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

96 Comments »

  • yono said:

    terima kasih atas tipsnya

  • f3r4 said:

    terima kasih atas info yang diberikan semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi semua apalagi bagi kaum ibi muda yang baru pertama kali hamil jelas donk ngk tau apa2? oke aku tunggu tips2 yang berguna lainya ya……

  • erlin said:

    bagi ibu ibu yang tengah hamil sebaiknya bisa membatasi makanan yang pedas-pedas karena pedas itu panas. menurutku boleh saja makan apapun asal jumlahnya tidak berlebihan. tai kalo udah pernah ada riwayat keguguran lebih baok berhati-hati tidak hanya pada makanan tapi juga banyak istirahat.

  • Diah said:

    Orang-orang bilang sebaiknya gak makan makanan yang pedas karena berbahaya buat janin. info ini ternyata membantahnya. menurutku memang berbahaya kalau pedesnya kebangetan sehingga menyebabkan gangguan pencernaan trus diare. aku pernah baca juga diare hebat terus menerus menyebabkan kendornya mulut rahim akibatnya bisa keguguran trus juga bisa dehidrasi. dan lagi makanan yang pedes dan terlalu spicy gak baik buat ibu menyusui soalnya mempengaruhi air susu trus ke bayi kita. aku sendiri doyan banget makan pedes. kalo gak kerasa pedesnya kurang seru aja makannya,rasanya agak kurang. tapi aku berusaha nguranginnya. daripada hal-hal yang gak baik terjadi, ya kan…

  • ita said:

    aku baru saja hamil sebulan tapi rasa mual aku sangat berlebihan dengan menyantap makanan yang pedas dan asam rasa mual itu hilang seketika dengan begitu aku jadi ga tertarik sama nasi hal itu membuat kekawatiran padaku apakah baik atau tidak
    Terima kasih

  • chely said:

    Asam dan pedas,,, plg asyik disantap saat hamil muda terutama siang hari after lunch. Cuz setelah makan siang lidah sepertinya jd pahit dan akhirnya saya makan mangga atau rujak.
    jika dilihat dr artikel ini, pedas boleh2 aja asal tdk keterlaluan.
    Toh krn mual tidak ada salahnya Ibu hamil mencari cara untuk meningkatkan nafsu makannya toh?!

  • alena said:

    mau tanya nih,bilang orang2 kalau doyan makanan asem dan pedas akan sulit untuk hamil,tolong jawabannya karna ini penting bagi saya,karna saya suka makanan pedas,trima kasih.

  • yheny said:

    malem…,,,
    saya sedang hamil usia 18 minggu,,,
    pada trisemester pertama yakni usia khamilan bulan pertama hingga bulan ketiga,,, saya mengalami ngidam,, saya semakin doyan makan2an yg pedas dan asem,,, bahkan makan nasi dapat membuat saya menjadi mual dan akhirnyah muntah… saya jadi sering menkonsumsi mie dan lontong sebagai pengganti nasi….,,,,
    alhamdulillah janin dalam kandungan saya sehat,,, hal itu terbukti dari hasil USG tiap bulan ketika saya check up k dokter,,,
    setelah 3 bulan itu rasa ngidam itu berkurang bahkan saya merasa kembali normal,,, namun usia 18 minggu atau usia 4 bln lebih ini saya mengalami ngidam lagi… mual kembali.. dan slalu ingin makan2an yg asem dan pedas,,,,

    ada kekhawatiran pada diri saya ketika dokter mengatakan saya maag,,, n makanan pedas n asem berbahaya bagi kshatan saya,,, walalupun bayi saya dalam kondisi sehat….

    saya takut sekali hal ini dapat membahayakan kesehatan saya sehingga dapat membahayakan kandungan saya…

    saya harap agar ibu2 yg sedang mengalami ngidam,,, harap mengurangi keinginan untuk menkonsumsi makanan yg pedas dan asam,,,

    terimakasih

  • setyaningrum said:

    saya sedang hamil muda,saya biasa makan pedas…dan saya rasa tdk selera makan kalo x makan pedas.tapi yang saya risaukan apakah ada efek samping pada janin?

  • ismawatie said:

    luarr biasa ngidam ini nikmaaaaaaaaaaat sekali..sampe ngak bisa ngapa2in…mual,pusing,maunya tiduran trs…ada obatnya nggak yaa???

  • eni anggraini said:

    wah, info yg sangat bagus dan memuaskan, logis,cermat,runtun…trimakasih ya

  • dek_dew said:

    q baru aja hamil muda,jadi penting bgt baca artikel ini,tahanks iap …… 8D

  • dek_dew said:

    UPS,SORRY……….
    salah ketik,maksudna mah thank’s

  • maya maria said:

    bagaimana mengatasi rasa mual tiap bangun pagi?

  • tiara said:

    q juga baru banget hamil, tapi belum mual2…alhamdulillah semua rasanya enak he he…

  • jenny said:

    sy hamil 7 minggu…kebetulan suami sy kebangsaan thailand 80% makanannya memakai cabe dan jeruk yg banyaakkkk sekali…saya suka tp perut tidak … ada pendarahan saat BAB tp bukan pendarahan pd kehamilan..takut ada apa2 sm janin akhirnya sy berusaha tdk trlalu menyentuh 2 bahan itu … berbahaya tidk ya kondisi sy itu???

  • Luisa Fusner said:

    I reckon there are heaps of people like me, who stumble across varied solid blogs or sites by luck. Your blog seems to feature a great community and a strong blogosphere presence. Its good to hold absorbing and contrary perspectives on issues.

  • anita putri said:

    sya sdg hmil memasuki trimester ke-2.. dari awal kehamilan sampai skr sya jarang sekali mengkonsumsi nasi dan sayur2an..
    setiap hari sya ingin makan mie instan dgn cabe rawit,,,obat dri dokter jg jarang sy minum…apakah berbahaya bagi janin saya

  • erny said:

    saya sudah hamil 5 bln jalan 6bln.awal mula ngk ngidam tapi pas usia 2 1/2 bln terasa mual2 dan susah makan,berat badan jadi turun 5 kg.sesudah itu q makan makanan yg asam dan pedas,,itu membantu banget buat q makan pedas dan asam.syukur deh sekarang nafsu makan buanyak rasanya laper terus pengen makan.
    apakah beresiko pada janim klo makan terlalu banyak? sekarang berat badan q naik 5kg lgi dlan 1 bln ini

  • riri ella said:

    saya kini tlh hmil pertama ke 3 dr awal saya sll mual2 it sampai bulan ke 3 ini tp skrng tdk lg….q sk bgt mkn-mknnan pedas am asam….soalnya lo g bgt nafsu mkn kurang….

  • auliah said:

    saya senang baca tips Anda, saya selalu menunggu tips2 berikutnya buat kesehatan kita

  • linda said:

    kalo makan rujak tyap hari boleh gag?????

  • yuly said:

    hmmm…
    saya juga lagi hamil masuk 6 mgg,..
    aduhhhh tiap pagi muall,..muntaahh..sarapan pagi cuma bertahan setengah jam di perut,..
    sampai mgg ke 5 masih doyan susu,..begitu masuk mgg ke 6 ini sudah tak bersahabat dgn susu,..
    heranya walau masih pagi makan mangga sama sambel oke2 aja,…

    pinginya mkn yg panass n seger,akhirnya saya tiap hari bikin sup/sayur
    disantap panas2,..klo dingin juga sudah ga doyan,..makan nasi jadi ga nafsu,..

    saya mikir si kecil butuh asupan gizi,sementara tri semester awal saya sakit2an..flu,radang tengorokan,mudah lemas…

    aduhhhhh klo di rasa2 memang tidak ada enaknya sama sekali,..tapi klo saya sudah pegang perut,lihat hasil usg jadi tenang,..

    saya haruss berjuangg demi si kecil,..
    dokter memberi saya vitamnin,..
    tp kadang percuma,.karna setelah makan pagi saya sering muntaah…

    ada tips kan untuk mencegah muntah di pagi hari,….

  • Leen said:

    Halo saya kg hamil 16 minggu dr awal kehamilan seneng bgt makan nasi padang Pake rendang trus disiram bumbu kare..yum yum… Apakah Aman bagi sang bayi ya?agak takut2 juga pi gak bisa nahan rasa pengenya..=( nasinya sih agak pedes..jd rasanya enak bgt.. Thx kalo dah d jawab gbu

  • energy bears said:

    I like your web site nearly nearly as much as I like my chickens which might be outside my downstairs room windows watching me type. Certainly I reside in the downstairs room. Oh, merely kidding. But seriously…

  • dinda said:

    sya skarang hamil memasuki trisemester ke-2. saya ingin bertanya,apa ibu hamil itu dilarang mengkonsumsi buah sirsak?

  • NILA said:

    TERIMA KASIH Y INFONYA. ALMDLH USIA KNDGAN SAYA skrg hampir 2 bln. luar biasa rasanya. sampai saya gak nafsu apa2. krn takut bayi saya kurang gizi tpaksa saya makan jg tp langsung dmuntahi lagi. pa ya solusinya?

  • NILA said:

    TERIMA KASIIH Y INFORMASI

  • Isye said:

    Thanks ya

  • aming said:

    terima kasih infonya,,,mw ku bagi dengan istriku ,,,yg lg hmil

  • may said:

    subhanallah, , ,ni kehamilan pertama saya, tapi rasa mual yang saya rasakan bukan tiap pagi, tapi tiap habis makan.selalu muntah, , ,
    jadi saya g pernah ngrasa kenyang, , ,
    saya harus gimana, , , ,
    thx

  • noya said:

    wah, persis banget tuwh mbak spt yg saya alami..mualnya malah lebih sering pas habis makan. kadang malah suka keluar lagi alias muntah..bener2 bikin eneg bgt. yg saya pelajari ya emang bener kata tmn2 diatas tadi. makan sedikit2 aja tp sesering mgkn..klo saya sih cenderung mengganti salah satu rutinitas makan misal makan malam saya kenyangkan perut saya dengan makan buah (sejauh ini favorit saya jeruk sunkist dan jambu air merah krn asamnya pas he..he..) yg jelas konsumsi buah jauh lebih baik daripada mengambil resiko makan makanan asam yg sifatnya sintesis spt cuka.

  • Rha said:

    Klo menurutku sih boleh aja asal jangan berlebihan, tp yg aku rasakan dulu waktu ngidam makan asem n pedas awalnya bikin seger emang tp kan makanan asem tuh meningkatkan asam lambung..hati2 bg yg punya penyakit maag, malah tambah deh sakitnya…

  • nanda said:

    mksh bgt infonya….kbtlan q hmil muda dn gk mw mkan ap2. tapi buah apa ya bgus bwt ibu hmil ya?

  • silvi said:

    saya ingin bertanya apa solusi ibu yg ngidam tapi beliau teleh menderita sakit mag kronis sejak masih muda.
    usia kandungan telah jalan 3 bln, tdk makan apa2.
    karena minum air putih saja mual, makan apapun tidak masuk, susu juga tdk masuk, bgmn cara memberi asupan gizinya?
    mohon jawabannya.. terima kasih. (^^)

  • yeni said:

    saya sedang hamil jalan 4bln,bahkan saat ini saya masih mengalami muntah2.jika tanpa saya meminum obat,makanan yang saya makan akan saya keluarkan lagi.itupun obat yg saya beli dari apotik nama obat nya donperidon.jika saya ke dokter kandungan saya dapatkan obat dari dokter malah saya tetap saja muntah2,jd saya tidak pernah meminum obat dari dokter saya.dan jika saya terasa lapar ataupun saat nya makan siang tetapi saya telat untuk makan saya akan mengalami muntah2 bahkan terkadang sampai makanan yg saya makan keluar lg meski dg obat.yg saya mw tanyakan apakah tidak berpengaruh dengan kandungan saya jika saya mengkonsumsi obat bukan dari dokter spesialis kandungan saya?

  • thya said:

    Hamil mang berat & lama krn sampe 40 minggu. Tp sbg ibu, qta harus berjuang melawan smua rsa gak enak itu. Smua demi yg terbaik bt si buah hati. Apapun saran & pantangan harus dipatuhi. Jgn ngeyel. Gak mau kan tar buah hati qta lahir gak normal krn ibux yg bandel saat hamil?? Udah dikasih tau jgn ini jgn itu, tp ttap aja dilanggar

  • seo said:

    You should take part in a contest for one of the best blogs on the web. I will recommend this site!

  • Risma said:

    Trima kasih atas info pentingnya… ilmu itu sangat penting dalam hal apapun dan salah satunya ilmu tentang kehamilan,,, seorang calon ibu harus benar2 menjaga kehamilannya karna di dalam perutnya ada bayi,,,

  • Raihani said:

    terima kasih masukannya,,,saya juga lo makan susah ampe suami saya bingung tadinya saya suka makan pedas tapi ketika hamil makan pedas memicu mual perut saya, tapi alhamdulilah paling saya doyan bayak makan buah2an.

  • eva said:

    Sore, saya baru pertama hamil setelah test pack kmrn hasilnya positif tapi belom cek ke dokter, tapi koq saya gada rasa ngidam seperti mual, pusing dan yg sering di keluhkan ibu2 hamil, apakah normal kehamilan saya?

  • ame said:

    bunda eva sama seperti saya..

    bener .. katanya kalo trisemester pertma memang mual n muntah
    saya pun mengalaminya sekarang.
    tiap habis makan rasanya mual n pengen muntah,
    bahkan baru makan sedikit saja perut sudah terasa penuh,
    saya bingung bagaimana harus menyiasatinya,,

  • novi putri said:

    apakah makan mie instan pada sat hamil diprebolehkan ??

  • Blog Hamil said:

    Makan tidaklah sedap tanpa rasa pedas. tapi bagaimana disaat hamil. tips ini sangat bermanfaat, silahkan kunjungi http://carahamil.in/pantangan-makanan-pedas-wanita-hamil

  • dian okta said:

    thanks informasiny.sangat bermanfaat buat saya.

  • Bidan Ismi said:

    Dalam kondisi tertentu ibu hamil dilarang makan yang pedas.. seperti tertulis diartikel berikut http://wp.me/p2uy42-u

  • Anik said:

    Terima kasih atas infonya,:)

  • Yugi said:

    GA JELAS TIPS NYA.ADA YG DI SURUH MENGHINDARI MKANAN PEDAS DAN ASAM.ADA JUGA KALIMAT YG DI ANJURKAN.APA2 AN.

  • ocSaIdEVCX said:

    buy tramadol without prescriptions buy ultram online canada – order tramadol online pharmacy

  • ondmCVPAsH said:

    buy soma generic generic soma 250 – soma medication schedule

  • MwNdFUbvkS said:

    soma online soma scheduled drug california – buy soma hair care products

  • Bolehkah Makan Pedas Selama Hamil? - blog maisyafree.com : blog maisyafree.com said:

    [...] tulisan dari http://bayidananak.com/2009/01/16/bolehkah-makan-makanan-pedas-dan-asam-saat-hamil/ Artikel yang [mungkin] Berhubungan: Bolehkah Minum Kopi Selama [...]

  • LieNa said:

    waaahh gimana yaa.. Jd galauu..
    Aq sedang hamil usianya 3bulan..
    Dn aq justru suka pedasss bgttt.
    hampir g bs makan kalo ga ada sambal..
    Suka ga tahan iman kalo liat sambal.. Heheh..
    Apakah sangat berpengaruh kalo hampir stiap hr makan ada pedasnya walau ga terlalu pedas..???

  • wordpress webbyrå said:

    Howdy! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be okay. I’m absolutely enjoying your blog and look forward to new posts.

  • Rany said:

    Makasih buat tipsnya..
    skg sy jd lbh mengerti ketimbang mendengar mitos2 yang blm pasti kebenarannya..

  • cara menghilangkan bekas jerawat said:

    My relatives all the time say that I am killing my time here at web, however I
    know I am getting familiarity everyday by reading thes nice articles.

    My web blog; cara menghilangkan bekas jerawat

  • papa pear saga hack said:

    I’d like to find out more? I’d love to find out more details.

  • read this post here said:

    read this post here…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • https://www.facebook.com/ said:

    https://www.facebook.com/...

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • Future of Collaboration » Blog Archive » Don?t Use That Home Knife Until You Know said:

    Future of Collaboration » Blog Archive » Don?t Use That Home Knife Until You Know…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • advertiser said:

    advertiser…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • read this said:

    read this…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • privacy said:

    privacy…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • Nexopia & said:

    Nexopia …

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • helpful hints said:

    helpful hints…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • visit said:

    visit…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • Three-Way Link Exchange said:

    Three-Way Link Exchange…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • simply click the next website said:

    simply click the next website…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • rentals in jacksonville said:

    rentals in jacksonville…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • rate us said:

    rate us…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • mouse click the up coming webpage said:

    mouse click the up coming webpage…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • 404 Not Found said:

    404 Not Found…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • fat burning furnace consumer report said:

    fat burning furnace consumer report…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • e4od transmission said:

    e4od transmission…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • stomach pain from gas said:

    Hey There. I found your blog the use of msn. This is a very
    well written article. I’ll be sure to bookmark it and
    return to read more of your helpful info. Thank you for the post.
    I’ll definitely comeback.

  • Variety And Attention Of Fireplaces & said:

    Variety And Attention Of Fireplaces …

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • bean bags co said:

    bean bags co…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • how_to_build_an_acupuncture_website_which_will_ton_you_with_new_people [Infor said:

    how_to_build_an_acupuncture_website_which_will_ton_you_with_new_people [Infor…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • continue reading said:

    continue reading…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • More about the author said:

    More about the author…

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • The Items You Should Know About Cosmetic Surgery & said:

    The Items You Should Know About Cosmetic Surgery …

    Bolehkah memakan makanan pedas dan asam saat hamil? | bayi dan anak…

  • m88 said:

    Hi, i feel that i noticed you visited my blog thus i came to
    go back the prefer?.I am trying to to find things to enhance my website!I guess
    its good enough to use a few of your ideas!!

    my webpage – m88

  • Kathie said:

    I know this if off topic but I’m looking into starting my
    own blog and was curious what all is needed to
    get set up? I’m assuming having a blog like yours would cost a
    pretty penny? I’m not very internet savvy so I’m not 100% certain. Any recommendations or advice
    would be greatly appreciated. Thanks

    Feel free to surf to my web blog league of legends codes (Kathie)

  • fun88 mobile said:

    Hi Dear, are you actually visiting this web site regularly, if so
    then youu will definitely get nice knowledge.

    Here is my web blog; fun88 mobile

  • Candy crush saga hack cheat engine 6.2 said:

    The answers to candy crush saga cheat the phones. You will be required to choose the one win was against the pigs by slingshots using
    the same thing with Disney that said Monster University provides more
    than one user can access free mobile phone.

    The best part is that they can play via WiFi, either CPU or
    Human. The stand shouldn t just house your 42 inch LCD TV
    will be a new strategy, RPG and strategy games discovered their strategies to
    play, amazing visual graphics.

    My blog :: Candy crush saga hack cheat engine 6.2

  • breast creams said:

    Even although there are routines for lifting and enhancing the breast outline and dimension, triactol natural breast enlargers is much higher in its efficiency.
    Women worldwide, young rather than so beginning,
    are unsatisfied about their particular breasts.

    Using this natural solution, you happen to be finding the ideal involving together universe: Elegance
    with no damaging your quality of life.

    my page :: breast creams

  • har vokse results said:

    Thanks in favor of sharing such a pleasant thinking, post is
    nice, thats why i have read it completely

    My page – har vokse results

  • vippivertailut said:

    How can I search blog posts from during the olympics?

  • id theft prevention services said:

    So I just made a blogspot about SNSD. I dont really know how to let other people know about the blogspot, like you know famous? But not the real famous glamorous type. Because I really want to maintain the site but thats kinda tiring if you keep on posting stuffs if no one knows about it..

  • slimquick naturals weight loss supplement for women said:

    What is the easiest way to copy my WordPress blogs to a new hosting company?

  • kanazawasensei.com said:

    They are a very good way to promote business service.
    A VPN creates an encrypted connection to a third-party server, and all your Internet traffic is routed through that server.
    Daily, even hourly, businesses can see how many individuals clicked on their ads
    and the traffic that is being driven to their website.

  • best buy canada goose youth chilliwack bomber blue save 65% said:

    The things Every person Ought To Know Around The nfl jersey Online business
    best buy canada goose youth chilliwack bomber blue save 65% http://www.pvthomas.com/chateau-jacket-canada-goose/canada-goose-youth-chilliwack-bomber-blue-p-9766.html

  • zar data recovery software review said:

    My friend and I have been discussing personal blogs and online journaling. She feels that personal feelings and such should not expressed in such open forums. I see no problem with it. Share your thoughts:. 1. Do you blog or journal?. 2. Do you prefer face to face expression of feelings over written communication?.

  • psychic readings sacramento said:

    What are some creative writing games to use for junior high students?

  • hughesnet said:

    New to joomla please guide me i have download joomla from website ? What should i do ?.

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.