Home » ASI, Tips

Tips agar ASI lancar & banyak

5 February 2009 39 Comments

Dirangkum dari berbagai sumber (AAP, La leche league, breastfeeding.com, WHO, dsb) dan ditulis oleh Luluk Lely Soraya I @ Januari 2005

1. Tingkatkan frekuensi menyusui/memompa/memeras ASI.

Jika anak belum mau menyusu krn masih kenyang, perahlah / pompalah

ASI. Ingat ! produksi ASI prinsipnya based on demand sama spt prinsip

pabrik. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka makin

banyak yg ASI yg diproduksi.


2. Kosongkan payudara setelah anak selesai menyusui.

Bahasan ini masih terkait dg point di atas. Makin sering dikosongkan, maka produksi ASI juga makin lancar.

3. Yg tidak kalah pentingnya : ibu harus dalam keadaan RELAKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan keberhasilan ASI eksklusif. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Ingat : 1 pikiran “duh ASI peras saya cukup gak ya?” maka pada saat bersamaan ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI menurun.

Relaks saja ya bu. Disini sebetulnya peran besar sang ayah.

Jika ayah mendukung maka ASI akan lancar.

Mendukung bisa dg berbagai cara mulai dari menyemangati istri

hingga hal2 lain spt menyendawakan bayi setelah menyusu, menggendong bayi utk disusukan ke ibunya, dsbnya.

4. Hindari pemberian susu formula.

Terkadang karena banyak orangtua merasa bahwa ASInya masih sedikit atautakut anak gak kenyang, banyak yg segera memberikan susu formula. Padahal

pemberian susu formula itu justru akan menyebabkan ASI semakin tidak lancar. Anak relatif malas menyusu atau malah bingung puting terutama pemberian susu formula dg dot. Begitu bayi diberikan susu formula, maka saat ia menyusu pada ibunya akan kekenyangan. Sehingga volume ASI makin berkurang. Makin sering susu formula diberikan makin sedikit ASI yg diproduksi.

5. Hindari penggunaan DOT, empeng, dkknya

Jika ibu ingin memberikan ASI peras/pompa (ataupun memilih susu formula) berikan ke bayi dg menggunakan sendok, bukan dot ! Saat ibu memberikan dg dot, maka anak dapat mengalami BINGUNG PUTING (nipple confusion). Kondisi dimana bayi hanya menyusu di ujung puting seperti ketika menyusu dot. Padahal, cara menyusu yang benar adalah seluruh areola (bag. gelap di sekitar puting payudara) ibu masuk ke mulut bayi. Akhirnya, si kecil jadi ogah menyusu langsung dari payudara lantaran ia merasa betapa sulitnya mengeluarkan ASI. Sementara kalau menyusu dari botol, hanya dengan menekan sedikit saja

dotnya, susu langsung keluar. Karena itu hindari penggunaan dot dsbnya.

6. Datangi klinik laktasi. Jangan ragu untuk menghubungi atau konsultasi dg klinik laktasi. Disana ibu dan ayah mendapatkan masukan secara teknis agar ASI tetap optima.

7. Ibu menyusui mengkonsumsi makanan bergizi.

8. Lakukan perawatan payudara : Massage / pemijatan payudara dan kompres air hangat & air dingin bergantian.

Baca juga tips posisi menyusui yang baik guna memberikan kenyamanan bagi ibu dan sang buah hati:

diambil dari ::isoraya.multiply::

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

39 Comments »

  • tania said:

    biasanya org hamil payudara akan tambah membesar, tapisaya tidak sama sekali..malahanbiasa2 aja..dan postur tubuh pun terliahat tambah kurus….kenapa yah???

  • caca said:

    kehamilan saya sudah memasuki bulan ke 9, tapi belum ada tanda-tanda payudara terisi ASI, kenapa ya?apa ada kemungkinan ada ASI setelah melahirkan? saya jarang mengompres dengan air hangat, saya suka massage payudara saat mandi saja, apa itu berpengaruh juga ya?
    tolong masukannya…
    terima kasih…

  • liz said:

    sewaktu kehamilan saya 9 bln payudara juga g ada tanda2 tuh mo keluar ASI, bahkan sampai 3 hari setelah melahirkan. Tapi Alhamdullilah setelah 3 hari ASI keluar, meskipun masih dikit. Tapi karna sering dihisap sama anakku lancar dech…sekarang ASI-nya aku pompa,karna kan aku kerja. Baru percaya klo ternyata bayiku g kan kekurangan ASI, soalnya saat aku pompa wuih….ASI nya menyembur cepat.

  • fadhilla said:

    sebelum menikah di payudara kiri saya ada benjolan. jd payudara saya besar sebelah. setelah saya punya anak sekarang malah yg bnyak asinya payudara saya yg ada benjolannya, yg kiri malah sedik asinya, kalau yg kiri 1 kiri disusukan, yg kanan bisa sudah 3 kali. kira-kira kenapa ya? terus gimana caranya biar asi saya jd banyak, karna sejak pakai kb suntik yg 1 bulan sekali asi saya jd berkurang, padahal saya sering makan sayur katuk dan juga minum susu.

  • ami said:

    buat bu fadhilla, setau saya, pemakaian kb hormonal (pil/suntik) mempengaruhi produksi asi karena kandungan hormon progesteronnya itu. ibu yang masih menyusui tidak disarankan untuk kb hormonal. sebaiknya jika ibu tetap ingin kb, pake kb mekanis (spiral).Sebenarnya selama kita menyusui aktif (full asi) si ibu tidak mengalami menstruasi sehingga otomatis kita sudah kb (alami).

  • farah said:

    biasanya org hamil payudara akan tambah membesar, tapisaya tidak sama sekali..malahanbiasa2 aja..dan postur tubuh pun terliahat tambah kurus….kenapa yah???

  • Meiza said:

    sekarang bayiku sudah berumur 6 bln dan saya memberikan asi ekslusif, sewaktu bayiku mulai umur 3bln, payudara sebelah kiri mengecil dan asinya sedikit..jadinya secara tak sadar saya sering memberikan asi di payudara sebelah kanan, jadi akibatnya payudara saya besar sebelah,,gimana ya caranya memperbaiki kembali pola menyusui yg benar???

  • Narti said:

    Bayi saya berumur 3 bulan. Karena Awalnya puting saya bermasalah sehingga saya kasih dot. Sehingga bayi saya akhirnya bingung puting. Sebenarnya ini adalah pengalaman kedua saya setelah anak pertama saya juga mengalami hal yang sama.
    Sekarang ASI saya pompa. ALhamdulillah hasilnya sangat banyak. Persediaan ASI di freezer sekitar 20 botol yang 240 mm. Pertanyaan saya berapa lama ASI bertahan jika tidak dikulkas/dikulkas tapi bukan di freezer/di freezer?
    thx

  • sanita said:

    moms,nanya nich apakah memeras asi dengan tangan berbahaya?? dan di memeras di kamar mandi itu beresiko gak ke anak???
    kalau saya pompa asi dengan pompa asi, keluarnya malah lebh sedikit di bandingkan dengan menggunankan tangan..tiap hari saya hanya dapat asi sebanyak 200 ml…jdnya anak saya harus dikasih susu tambahan.tolong masukannya moms…

    salam,

    sanita

  • indah susanti said:

    Bagaimana membuat puting payudara menonjol keluar? bgm cara memijatnya?

  • Joice said:

    Dear Moms, puji Tuhan ASIku lancar dan banyak. Memang betul kita harus niat untuk bisa memberi ASI eksklusif karena tidak mudah dan melelahkan. Sejak hamil 8 bulan saya sudah khusus berdoa supaya ASI lancar sambil memegang kedua payudara saya, trus salon langganan juga bisa pijat payudara jadi sejak hamil 8 bulan sekali seminggu saya pijat payudara plus di rumah juga saya pijat sendiri abis mandi. Pas melahirkan memang sempat lecet tapi tetap menguatkan hati dan hasilnya lancar. Dukungan suami sebagai breastfeeding father dan orang sekitar juga perlu untuk memberi mood yang enak plus makanan bergizi. Kalau orang Batak ada DAUN BANGUN-BANGUN yang memperlancar ASI tapi karena sesuatu hal saya tidak bisa sering makan jadinya saya ganti kacang ijo tiap hari.

    Hasilnya puji Tuhan anak saya, Nemo baru 2 1/2 bulan sudah 6 Kg beratnya, saya tidak takut obesitas karena saya beri ASI eksklusif tanpa apa pun. Wah semua kerja keras dan rasa lelah hilang kalau melihat pertumbuhannya. Jadi goodluck moms!

  • mita anggaraini said:

    dear moms,bayi saya laki-laki waktu itu lahir prematur.saya takut bgt karna waktu itu ASI saya belum bisa keluar sampai-sampai bayi saya waktu itu menangis terus karna kehausan,terus diRS Pertamina diberi susu untuk berat badan bayi rendah,saya takut kalau nanti bayi saya tidak mau menyusu tapi syukur alhamdullillah saya lihat kalau bayi saya diberi susu sama susternya pakai botol yang bersendok.

    Saya lega banget mendengarnya,tapi setelah itu ASI saya juga belum bisa keluar n bayi saya juga susah untuk mulai menyusu saya bingung sampai-sampai saya dan suami saya minta saran sama susternya gimana y caranya agar bayi saya mau menyusu.dan akhirnya saya bersyukur banget setelah saya dibelajari cara pemberian ASI Eklusif bayi saya langsung mau dan ASI saya langsung keluar walaupun sedikit.

    Sekarang bayi saya mau menginjak usia 3bulan,dia sekarang kuat banget ASInya sampai-sampai bayi saya kalang kabut karna makin dihisap sama bayi saya,ASI nya banyak n menyembur cepat.saya bahagia banget karena bayi beart badan bayi saya 5,8kg itu adalah pengalaman saya yang pertama dan nantinya akan jadi pelajaran ketika nanti saya punya anak yang kedua.

  • Mustinawati said:

    Saya mustinawati umur saya 28 thn saya baru saja melahirkan sekarng baby saya umur 4bln, ada yg membingungkan saya, karena paska melahir kan menstruasi saya tidak lancar keluarnya cuma sedikit2 itu pun kadang2 cuma flek ajah yg keluar sampai sekarang kenapa yah?????……..

  • Fitri said:

    anak saya 6,5 bulan..tapi belum bisa duduk sendiri, apa karena berat badannya yang 8,7 kg???

  • ghyna said:

    saya sedang hamil 8 bulan..
    tanda-tanda keluarnya ASI sudah ada,
    tapi saya menginginkan nantinya ASI saya banyak,
    baiknya bagaimana?
    jika di pompa kan terasa ngilu..
    lalu biar anak saya mudah meminumnya selain di pijat ada cara yg lain tidak???

  • rikha said:

    saya baru melahirkan seminggu ynag lalu, payudara saya sudah terasa keras tapi ketika diperas(sebelumnya dipijat dengan ai hangat) keluarnya sangat sedikit, hanya setetes2 saja. Apalgi kondisi puting yang hampir tidak ada.Tolong dong tipsnya supaya air susu saya bisa keuar lancar walau dengan puting yang muncul sedikit

  • tia said:

    saya baru melahirkan 2 bulan lalu tetapi payudara saya yang sebelah kanan lebih kecil dan produksi asinya tidak sebanyak payudara yang sebelah kiri padahal saya menyusuinya sudah bergantian, tolong dong tipsnya agar payudara saya produksi asinya dan besarnya bisa seimbang dengan payudara saya yang sebalah kiri

  • eka said:

    adik saya baru melahirkan, ternyata air susunya tidak mau keluar. apa penyebabnya? dan apa yang harus dilakukan gara air susunya keluar? thanks!

  • Tatu said:

    Pada umumnya wanita karir yang bekerja sering mengalami stress, sehingga mengakibatkan ASI tiba-tiba terhenti sehingga payudara menjadi sakit dan kencang karena tidak dapat mengeluarkan ASI. Istilah macet ASI dalam dunia kedokteran disebut Mastitis. Faktor lain penyebab ASI macet adalah kelalaian memberikan ASI atau memeras susu secara teratur dan berkala, sehingga ASI menjadi macet.

    Untuk mengatasi ASI yang sudah macet tersebut, para ibu patut mencoba sebuah terapi sederhana dengan cara pelancaran darah di jari tangan dan pundak menggunakan Pulpen Jentik dan Sticker. Inilah adalah solusi yang efektif dan cepat untuk ASI yang macet atau terhenti dan payudara terasa kencang dan sakit bila dipijat, apalagi bila anda sudah stress dengan cara-cara tradisional seperti pijat/massage, dan tidak ingin mengkonsumsi jamu ataupun obat kimia.

    dr. (TCM) Budi Sugiarto Widjaja, CMD telah mengemas informasi tersebut dan dapat anda lihat secara lengkap di lancarasi.com

  • mama jihan said:

    Anakku yg kedua skrg umur 2,5bln.Alhamdulillah berat bdnnya udah 6kg lebih,padahal waktu lahir cuma 2,9kg. Awalnya ragu bs ngasih ASI eksklusif,tp ternyata ga sesulit yg dibygkan.dg pake breastpump,skrg aq bs lbh leluasa memerah ASI.Meskipun awalnya takut sakit kalo diperah,ternyata setelah dicoba ga sama sekali.dukungan dr dokter,suami sgt berarti.senang melihat bayiku tumbuh bsr dg ASI.Krn pengalaman wkt anak pertamaku lahir&aq ga bs ngasih ASI eksklusif gara2 dr rumah sakit udah diksh susu formula duluan&aq nerusin,rasanya sgt menyesal stlh sekian bln berjalan.semoga yg kedua ini bnr2 bs.thanks

  • atiek said:

    oo jadi harus dikosong kan lagi saat bayi udah nyusu ya
    makasi bngt ya infonya

  • atiek said:

    bgus infonya mkasi

  • umi hamiadah said:

    sy seorang ibu menyusui… bayi sy usianya 1th.kemarin sy hbs opname selama 4 hr.dan selama 4hr itu asi sy tidak dikonsumsi ank sy.Yng ingin sya tanyakan,apa masih boleh asi sy diberikan pada si anak???? apa asi sy masih steril???mohon penjelasannya…karena asi sy juga uda gak kluar nih….. trims

  • ummi said:

    sy punya bayi usia 2 bln, dia mengalami bingung puting. yg sy tanyakan :
    1. gmn solusi agar bayi mau netek langsung?
    2. bila di paksa netek sampai nangis tersedu – sedu amankah bagi psiko nya?
    3. belum terlambatkah di usia ini bayi di paksa mau ASI dg netek langsung?
    mkasih

  • holis said:

    Anakku yg pertama jg nyusu nya cuma dari payudara aku yang kanan aja karna puting sebelah kiri mendem alias ga’mau keluar. Udah dipaksa2 msh ga’mau juga bayinya. Bentuk payudaraku jg jadi gede sebelah :( . Tapi utk anak yg ke2 yg sekarang udah 2,5 bulan, aku paksain dari pertama x dia lahir. Untuk bikin putingnya keluar, diajarin suster RS untuk disedot pake suntikan yg gede tapi bagian jarumnya dicopot. Lubang ujung suntikan khan pas tuh buat puting ibu, jadi setiap kali mau nyusuin bayiku, disedot pake alat itu n sampe akhirnya ga’perlu pake alat itu lg n Alhamdulillah sekarang lancar banget n besar nya udah ga’gede sebelah :)

  • Syamdee said:

    Minum susu kedelai Mama Soya aja, biar asi lancar…uda terbukti lohh… ingin tau info lengkap-nya, kunjungi blog kami :

    http://health-onlineshop.blogspot.com/2011/09/mama-soya-sari-kedelai-instant.html#more

  • BALQIS AQIQAH JOGJA said:

    BALQIS AQIQAH JOGJAKARTA
    Menu tanpa bau prengus, gratis ustadz penceramah pengajian aqiqah
    Syar’i, Profesional dan Ramah banget….
    http://www.aqiqah.co.cc
    (telp: 0274-7455331 atau 081802731273)

    terima kasih atas postingnya… sip sngt manfaat utk masyarakat…

  • bunda_nissi said:

    klo kerjaan lg banyak,,stress
    pasti asi kluarnya icrit-icrit
    pengen nangis rasanya :( ( :( (

  • Mommy Bella said:

    Saya sudah melakukan semua.. saya juga usaha biar ga stres. tapi asi saya tetep aja dikit. paling sekali perah cuma dapet 50ml. konsumsi makanan bergizi jg udah.. malah bobot saya naik 10kg.. tetep aja asinya mampet.. sebel deh.. saya sambung sufor daripada anak saya jd kurang gizi.. klinik laktasi aja nyerah.. ada yg memang bawaan badannya tu asinya dikit,,

  • yunita said:

    Knpa ya,payudara sy yg sblah knan lbih kecil drpd yg sblah kri,,dn produksi asinyaa,tdak sbanyak dgan yg sblah kiri,,bagaimna agar pyudara. Yg sblah knan bsa mmproduksi asi sma sprti yg sblah kiri,,dan bagaimna agar ukurannya bsa sma besar dgn yg sblah kiri,,mohon tips nya!!!!

  • Srie said:

    kehamilan saya sudah masuk 8bulan tetapi ASI blm juga keluar, padahal saya sering membersihkan dan mesagge payudara,, trus bagaimana cara’y untuk puting menonjol dan agak besar sedikit?? tolong kasih tau. Terima kasih sebelum’y.

  • Lia said:

    bayi aku baru berumur 40 hari, dari lahir sampe sekarang minum susu formula, krn pd waktu abis persalinan ASI aku belum kluar, trus puting aku kurang menonjol, gimana tipsnya agar bayi aku mau minum ASI aku, tiap disusuin bayi aku nolak karena putingnya datar trus air susunya jg sedikit ( karena sudah terbiasa minum susu botol ),.. tolong kasih tau yach, makasih sebelumnya

  • yosep said:

    bayiku sudah terlanjur mengkonsumsi formula susu formula apakah memungkinkan jika diberi asi karena asinya tidak keluar sampai hari inin sudah satu bulan kelahiran?

  • wulan said:

    bayi saya sdh berusia 1 bulan awalnya asi saya keluar sebelumnya tetapi krn puting saya lecet saya berhenti menyusui slma 2 hari akibatnya asi saya menjadi sedikit,pdhl saya sdh mengkonsumsi lancar asi tetapi tetap saja asi saya sedikit klo sya pompa hanya keluar 40 ml saja,kesalahan saya tidak saya pompa pada saat saya tidak menyusui selama 2 hari saya sangat menyesal skrg payudara saya tidak tll keras spt saat pertama melahirkan,apa yang saya lakukan agar produksi asi saya kembali lancar,jika hrs d pijat bagaimana cara memijatnya?

  • wulan said:

    kjhlkl

  • giubbotti moncler said:

    Tips agar ASI lancar & banyak | bayi dan anak

  • http://www.azmya.org/ said:

    Anxiety is needed a number of kinesiology details after the overall physical structure spot to give desired beneficial result. It may well finally definitely feel conventional immediately after a personal injury, and be able to learn to really feel feel sore all through the soon there after time. Definitely not simple to demonstrate whether or not is bestowed upon ideal excellent quality just by beauty homework.

  • http://ipsweb.ci.syracuse.ny.us/Mark.aspx said:

    Seldom will I go to the trouble of boiling my own ginger root, but I often reach for ginger tea in case of digestive problems.

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.