Home » ASI, Tips

5 Tips Wajib Bagi Ibu Menyusui

9 February 2009 35 Comments

by dr Salma. Bayi yang disusui dengan ASI akan mendapatkan gizi terbaik yang tidak tergantikan bahkan oleh susu formula yang paling mahal sekalipun. Menyusui juga merekatkan jalinan cinta antara ibu dan bayinya karena:

  • Kontak kulit dengan ibunya membuat otak bayi melepaskan hormon oksitosin (”hormon cinta”) yang membuatnya tenang dan merasa terlindungi.
  • Air susu ibu (ASI) mengandung hormon koleksitokinin yang membuat bayi mudah tidur.

Berikut adalah beberapa tips bagi para ibu yang sedang menyusui:


Susuilah bayi pada saat dia meminta dan hentikan hanya setelah dia merasa cukup, sebab:
1. Jangan menjadwalkan pemberian ASI.

  • Bayi memiliki lambung yang kecil dan ASI sangat mudah diserap. Semakin muda umur bayi, semakin cepat dia merasa lapar kembali. Kapasitas produksi ASI antar ibu juga bervariasi. Semakin kecil produksi, semakin sering dan lama bayi harus disusui. Hanya bayi itu sendiri yang tahu kapan saatnya harus menyusu.
  • Kandungan gizi dalam ASI yang dikeluarkan selama menyusui bervariasi. Kandungan lemak pada menit-menit awal cukup rendah, lalu meningkat terus sampai menit terakhir. Bila ibu menghentikan proses menyusui sebelum saatnya, maka bayi akan kekurangan lemak dan cepat lapar kembali.
  • Bila menyusui dilakukan secara terjadwal, dalam tiga bulan produksi ASI akan menurun. Aktivitas menyusui merangsang keluarnya hormon prolaktin yang memproduksi susu. Semakin sering menyusui, semakin besar prolaktin yang dikeluarkan. Bila ibu jarang menyusui, maka otomatis tubuhnya juga pelan-pelan akan mengurangi prolaktin yang bermanfaat dalam produksi ASI.
  • Bayi meminta menyusu bukan semata-mata karena lapar, namun juga karena kebutuhan emosional untuk disayangi dan dilindungi.

2. Jaga keseimbangan kedua payudara. Susui dengan kedua payudara secara bergantian. Setiap kali memulai, gunakan payudara yang terakhir disusukan.

3. Bantu bayi bila menunjukkan gejala akan bersendawa (Jawa: gumoh). Sendawakan dengan menggendong tegak pada pundak dan menepuk-nepuk punggungnya. Dengan begitu maka udara yang terisap bersama ASI secara perlahan akan keluar.

4. Bila ASI memancar sewaktu akan disusukan, keluarkan sedikit dengan tangan untuk menghindari bayi tersedak dan menolak susu. Caranya adalah dengan menopang payudara secara lembut dan mengurut ke arah areola sambil memutar pijatan ke sekeliling kuadran payudara. Kemudian, tekan areola dengan ibu jari dan jari-jari untuk mengosongkan ASI yang terdapat dalam sinus-sinus areola.Cara lain untuk mengeluarkan ASI adalah dengan pompa mekanik maupun listrik. Apabila terjadi pembengkakan payudara (engorgement) sebelum ASI dikeluarkan dengan pompa, sebaiknya payudara dipijat terlebih dahulu supaya ASI mudah keluar.

5. Bagi ibu yang terpaksa harus meninggalkan bayinya, simpanlah ASI agar dapat diberikan melalui botol pada saat bayi merasa lapar. ASI dapat disimpan di tempat yang bersih selama 6-8 jam. Bila disimpan di kulkas, jangan diberikan setelah melewati 2X 24 jam. ASI dapat bertahan hingga 2 minggu bila disimpan pada lemari pendingin bertemperatur di bawah 18 derajat celcius. Pembekuan ASI tidak banyak berpengaruh terhadap kandungan gizi dan zat kebal di dalamnya, asalkan tidak dipanaskan berlebihan sebelum diberikan ke bayi. Pemanasan di atas 62 derajat celcius selama 30 menit akan merusak unsur selular dan zat kebal di dalamnya (IgG, IgA dan IgN).

diambil dari ::sehatbugar::

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

35 Comments »

  • ica said:

    salam smua yg udah gabung saya mama dari nejad (4bln)slama 4 bln penuh dia asi ekslusif setelah 4 bln keats aku canpur su2 formula lama2 dia suka susu formula dari pd asi yg saya tanyakan knapa dia lebih suka su2 formula dari pd asi apa ada tips biar dia suka lagi ama asi

  • anindya said:

    salam buat semua, tipsnya sgt bermanfaat buat sy yg baru memiliki putri usia hampir 4 bulan. Puji Tuhan sampai sekarang ASI lancar, namun putri saya hanya mau menyusui di payudara kiri, sering sy coba berikan yg kanan tdk pernah mau walaupun sy sudah peras…akhirnya payudaranya besar sebelah nih… ada solusinya nggak ya supaya putri sy mau menyusu dari payudara kanan.

  • bunda nafisa said:

    salam bagi ibu-ibu yang berbahagia dgn si kecilnya…….
    ASI…..memang yang terbaik…bayi saya skrg udah 8 bulan. dari lahir sampai usia 6 bulan hanya minum ASI. baru setelah itu minum susu tambahan+MPASI.ASI tetap saya berikan,alhamdulillah dari lahir sampai skr g pernah sakit….memang ASI membuktikan dapat memberikan kekebalan tubuh bagi bayi………
    jadi bu…jangan takut untuk memberikan ASI demi masa depan anak kita….

  • surgazka said:

    alhamdulillah sampai usia bayiku 4bulan masih asi eksklusif n mudah2an sampai 2 tahun amin….karena banyak manfaat dr asi yg tidak bisa digantikan oleh susu apapun…hidup asi….

  • Urita said:

    Trimakasih,tipsnya sangat membantu saya..
    Alhamdulillah Aisya (3bulan)

  • Ibunya Nazran said:

    Aku mwmpunyai seorang putra usia 3 bulan dan alhamdulillah smp skrg msh pure ASI blm pernah pke sufor..aku bertekad smp anak ku usia 2 tahun trus pure ASI, semoga saja harapanku tercapai..amin

  • Bunda Ronan said:

    assalamualaiku. sy bundanya ronan. alhamdulillah sy bisa asi X sampe 6bl. sy kerja, setelah usiany 3bl si ronan mulai minum asi perahan,jd tiap hari sy bawa botol kalo ngantor. manfaatnya luar biasa, si ronan jarang sakit, alhamdulillah.

  • Widi said:

    Ass…saya baru punya putra I namanya Hanif. Waktu awal2 melahirkan produksi asi saya sedikit sehingga saya kasih hanif ASI&Sufor.Setelah produksi ASI banyak,alahmdulilla hanif hanya mau minum ASI,kalau dikasih sufor dia malah muntah.saya seneng banget hanif hanya mau minum asi sampai sekarang,dia bisa membedakan antara asi atau bukan…Subhanalloh ya :-)

  • herlina said:

    ass. saya ibu bekerja Alhamdulillah asi ekslusif sampai sekarang ( Usia Baby ku 5 bulan setengah ) mudah2an bisa memberi asi sampai 2 tahun doakan yah, anakku 2 bulan aku dah mulai masuk kerja, selama kerja baby ku minum asi perahan pakai sendok, dan sampai sekarang gak mau pake dot, awal awal pasca melahirkan asi yg keluar emang dikit, tapi karena tekat yg kuat minggu kedua asi terlihat lancar keluar, disertai asupan makan yg bergizi tentunya seta dorongan dari keluarga. kira2 kapan yah anakku mulai diperkenalkan makanan tambahan?

  • sanita said:

    buat bunda ronan, mau nanya donk kalau perah asi pakai pompa atau pake tangan sendiri, kalo saya kalau pake pompa listrik malah keluarnya lebih sedikit dan agak lama,.

    kalau pake tangan saya hanya menghasilkan sekitar 250 ml setiap harinya,,

    bagaimana ya supaya hasilnya lebih banyak lagi

    terima kasih,

    bunda Radbert

  • Lutfiyah said:

    Alhamdulillah,smpai zahra brumur 5 bulan sya tetap menyusui,tp meski sudah brgantian kanan dan kiri saat menyusui,tetap ja payudara saya besar sebelah,ada tips ga biar payudara tidak besar sebelah? Thanks ya,…

  • dewi said:

    hei,,saya mamanya rangga,rangga skrg tengah berumur 9 bulan,syukur sampe skrng masi dgn asi,krn rangga tdk susu formula,yang saya pertanyakan,saat ini sy baru menggunakan KB suntik/3bulan,apakah berpengaruh u/kelancaran asi?tolong tipsnya ya,thanks

  • Lely said:

    Assalamu’alaikum. Saya Ibunya Humaira. Sekarang bayi saya usianya mendekati 8 bulan tanggal 4 Nov 2009. Alhamdulillah sampai 6 bulan ASI X dan setelah itu saya tambah dengan MPASI sampai sekarang. Saya Ibu bekerja dan berbisnis. Kalo anak saya tinggal dalam, saya pake ASI perahan. Saya sudah bawa dia ke Singapura3x dan Malaysia 4x sejak umur 3 bulan sampai sekarang. Alhamdulillah Sampai usia 7 bulan dia tidak pernah sakit meskipun saya bawa dia ke LN bolak balik. Baru setelah Lebaran kemaren dia sakit : batuk, pileh dan diare setelah saya bawa pulang mudik lebaran dan ketemu dengan begitu banyak orang. Saya sangat yakin bahwa dia kuat karena ASI. Tetap semangat ibu2 ASI. Buktikan bayi anda akan sehat dan kuat serta pintar dengan ASI.

  • mirayana said:

    Ass wr wb… sy baru sj melahirkan putra pertama bernama Athaya, usiax baru 12 hari. selama 3 hari pasca melahirkan ASI sy belum keluar, jd Athaya sy berikan susu formula. setelah 3 hr itu ASI sy udah lancar, tp Athaya tdk mau disusui, gimana carax yah agar Athaya mau disusui…

  • frida said:

    Ass Wr Wb, anak sya perempuan berusia 3 bulan waktu melahirkan sampai dia berusia 2,5 bulan saya cuti kerja sekarang sya sudah masuk kerja lagi, dan ternyata anak saya tidak suka minum susu formula bisa pun hanya sedikit yang masuk dia lebih menyukai ASI daripada susu botol padahal saya harus bekerja dan pulang sekitar jm 2 atau jam 4, gimana y caranya supaya dia juga mau su2 formula????
    thx

  • Astrid said:

    dear bunda Frida,
    Wah, pintar donk si kecil g suka sufor dan lebih memilih ASI!
    banyak ibu2 yang kepingin bayinya mau disusui (ASI) dan mengesampingkan sufor, jadi bunda Frida @ ibu yang beruntung..
    Sebenarnya bekerja tidak akan menghambat u/memberikan ASI. Saya juga punya teman2 yang berkomitmen thd ASI eksklusif, saat bekerja mereka membawa satu tas khusus perlengkapan u/memerah ASI dan tiap beberapa jam mereka memompa ASI u/bayi mereka. Hasilnya,anak2 yang sehat dan cerdas..
    Optimis ya bunda, :)

  • Irfi said:

    Ass.Wr.Wb, tgl 14 Jan kmaren saya baru melahirkan anak kedua, dan sampe saat ini saya masih mencampur ASI dengan sufor, karena kekhawatiran kasus sama dengan anak pertama saya, saya kasih ASI tapi kenaikannya BBnya tidak bagus, malah relatif kurang, akhirnya saya mengalah untuk memberikan ASI dan merelakan anak saya pertama memakai sufor, anak saya yg kdua niatnya ingin skali ASI ekslusif tapi karena ketakutan hal diatas dan dianggap mertua tidak peka dengan kebutuhan anak saya masih mencampur dgn sufor, tapi sufor hanya dbrikan sehari 2-3 kali stelah habis dtetein, menjelang anak saya kontrol dan mertua saya pasti ikut prasaan ketakutan BB anak tidak naek apa bpengaruh pada keluarnya ASI? karna stiap saya beri ASI anak msh rewel maunya nete’ terus, baru tidur 10-15 menit udah nangis lagi, apa karna ASI nya kurang? minta sharenya y mom..

    Bunda Emir

  • Umi Humaira said:

    Assalamu’alaikum Bunda Emir. Saya Umi Humaira. Bayi saya, Humaira, sekarang sudah 11.5 bulan. Alhamdulillah bayi saya sampai 6 bulan ASI X, dan sampai sekarang masih ASI.Memang bayi ASI tidaklah semontok bayi sufor. Karena sufor memang mempunyai kadar lemak yang tinggi dibandingkan ASI.Sehingga bayi ASI dibandingkan bayi SUFOR pasti kelihatan lebih kurus tapi yang pasti insyaALLAH bayi ASI lebih sehat dan lebih pintar. Alhamdulilla bayi saya sudah saya bawa kemana2 sejak umur 3 bulan. Karena saya punya usaha, sampai sekarang Humaira udah ke Singapura 3x, Malaysia 4x, Pekanbaru, Padang. InsyaALLAh awal Maret ini kami juga akan ke luar lagi selama 1 minggu. namun begitu dia sangat jarang sakit. Cuma baru2 ini kena diare karena munkin sekarang dia lagi asyik2nya masukan semua benda yang dia pegang ke mulut. Yang penting bayi kita sehat Bu, bukan montoknya. Produksi ASI akan sangat dipengaruhi oleh faktor psikologis Ibu. Bila Ibu berpikir ASI nya sedikit, maka saraf juga akan menginformasikan ke otak, kemudian otak akan memberikan perintah kepada enzim prolaktin untuk memproduksi ASI sedikit, tentu sebaliknya ya Bu. Ini semua berdasarkan apa yang saya dapatkan dari dokter, buku serta pengalaman teman2 yang duluan punya bayi. Jadi tetap semnagat ya Bu.

  • ummu rizky said:

    Para mom
    anak saya yang kedua sudah bermur 5 bln, sejak lahir pernah diberi sufor pada umr 1 hari, karena ASI belum keluar. Pemberian sufor ini karena saya trauma pada kejadian anak saya yang pertama, masuk rumah sakit karena kekuarangan cairan (kuning) sampai bilirubin mencapai 19. Jadi saya putuskan untuk memberi sufor pada hari pertama anak kedua saya. Namun pemberian sufor itu hanya berlangsung 1 hari saja. Berikutnya sampai umurnya mencapai 5 bulan selalu saya beri ASI.
    Saya pikir karena pemberian ASI ini maka anak saya akan kuat dan terbebas dari penyakit, namun ternyata tidak. anak saya sekarang tertular dari lingkungan keluarga, terkena batuk pilek dan panas.
    Mohon sharingnya..

  • sday said:

    Salam smuanya…
    bayi saya baru berumur 1,5bulan. sewaktu bayi saya lahir, asi saya belum keluar baru keluar 2hari setelahnya. jadi dari pertama sudah diberi susu dot. sampai sekarang bayi saya masi belum mau menete, jadi saya memberi asi dengan dipompa. menurut suster di klinik laktasi bayi saya bingung puting dan harus dilepas dot. sudah seminggu bayi saya dilepas dot, minum susu dengan gelas khusus tapi bayi saya masi belum mau menete.
    kenapa ya bayi saya masi belum mau menete?
    gimana caranya biar bayi saya mau menete?
    tolong sharing ya..
    Thanks…

  • Bunda Avian said:

    Salam bahagia bagi ibu2 menyusui…
    Senang rasanya punya baby dan tentunya bisa memberi ASI scr exklusif.
    Tips untuk memperlancar ASI : Banyakin makan sayur hijau, minum jamu tradisional utk ibu menyusui ( jawa: uyup2 ) dan tentunya sesering mungkin di susukan.Semakin sering di kosongkan, maka produksi ASI makan banyak.
    Bagi anak ibu yang masih belum mau menyusu, ajari pelan2 dan sesering mungkin.Perlu kesabaran untuk membuat si kecil terbiasa minum ASi scr langsung dr bundanya.
    Anak saya sekarang umur 7 bln. Alhamdulillah ASI tetep lancar, meski dari umur 2 bln saya tinggal kerja.Pertumbuhannya juga bagus meskipun dg tambahan susu Formula.
    So, bagi ibu2 yg pny Baby berikan yang terbaik utk anak kita….
    TQ

  • hanny handayanie said:

    Senengnya ibu2 yg ASInya melimpah,sy ingin sekali menysui anak saya sampe umur 2thn tp apa daya sejak anak saya lahir ASI saya tak kunjung keluar,setiap hari saya susuin anak saya pake payudara kiri dan kanan tp ttp saja sampe 2 mg stlh saya melahirkan ASI tak kunjung datang,saya sering merasa bersalah tiap kali anak saya menyusu gak lama dia menangis karena memang air susunya gak ada sementara dia sudah kelaperan akhirnya karena gak tega saya kasih susu formula
    Berbagai cara sudah saya lakukan,makan smua makanan yg ktnya bs memperlancar ASI,mnm obat2an,ramuan,di urut sampe mendatangi klinik laktasi,hasilnya nihil…tolong saya saya hampir putus asa

  • bunda Obhi said:

    Alhamdulillah obhi saat ini sudah berusia 9 bulan, dia sehat dan lucu serta aktif.
    seperti kakaknya saya memberi asi ekslusif selama 4 bulan, karena saya harus kembali bekerja.
    ada mitos yang mengatakan kalo asi lama tidak diberikan akan basi, padahal tidak ada istilah basi untuk asi.
    minggu yang lalu obhi saya tinggal untuk bertugas ke mataram praktis asi yang biasanya saya berikan untuknx tidak ia dapatkan, dan dengan jadwal yang padat saya tidak cukup waktu untuk memompa asi. yg terjadi akhirnx asi menumpuk sampai payudara mengeras seperti batu. sampai dirumah anak saya menangis dan tidak mau disusui karena susah baginx dg puting yg keras utk menyusu, alhamdulillah dengan penuh kesabaran akhir dia mau dan asi yg menumpuk tsb di habiskannya, tapi setelah itu dia gumo istilah jawa menurut ibu saya itu karena asinx tdk enak, namun kalo menurut saya hal itu disebabkan obhi kekenyangan dan ada udara yg masuk saat dia menyusu karena puting yang mengeras tsb tdk dapat masuk dengan sempurna.
    So jgn pernah putus asa untuk memberikan yang terbaik untuk buah hati kita tercinta.

  • Evi said:

    Anak saya Danish skrng sudah berumur 1,5 bulan, dr lahir smp sekarang danish g mau menyusu asi pertama karena puting saya kecil kedua produksi susu asi saya sedikit jd saya berikan sufor dr lahir sampai sekarang, mohon bantuannya mom supaya danish mau menyusu asi.

  • pita said:

    salam semuanya,,
    aku bundax danish yg akan berumur tiga bulan,,alhmdulillah danish mendapatkan hakx terus,,asi yg melimpah.tp akhir2 ini danishx uda kurang mau kl mau dsusui,,,emg sich,,hidungx lg mampet,,tp bys jg dy mau byrpun bentar2 hrus ambil napas,tp sekarang saya heran,, susah bgt hrs dpaksa…byrpun dpaksa kdg gak mau jg,,,gmn ya solusix..mohon baantuanx…terima ksih sebelumnya,,,

  • hamzah said:

    terima kasih artikelnya. sangat bermanfaat, ini baca sama istri. kebetulan anak baru 1 bulan

  • yudith said:

    alhmdulillah,,
    smpe saat ini anakq umur 2 bln minum asi aja, smga smpe 2 thn ya dek..
    aq uda pengalaman anak pertamaq minum asi cm smpe umur 3 bln itupun ditambah sufor, alhasil gampang sakit.. jadi untuk anak keduaq aq putusin untuk asi x, selain ga gampang sakit, kalo diajak pergi ga susah2 bwa tentengan tas berisi termos, botol n susu…
    aduuhh… kok ga dari dulu2 ya,,,

  • BALQIS AQIQAH JOGJAKARTA said:

    BALQIS AQIQAH JOGJAKARTA
    Menu tanpa bau prengus, gratis ustadz penceramah pengajian aqiqah
    Syar’i, Profesional dan Ramah banget….
    http://www.aqiqah.co.cc
    (telp: 0274-7455331 atau 081802731273)

    terima kasih atas postingnya… sip sngt manfaat utk masyarakat…

  • saya melati bundanya alecia said:

    gimanayah supaya anak saya mau asi lg krn sejak dari kenna mencret anak say gak mau asi, umurnya baru 4 bulan, klau susu formula dy mau. tolong dunk kasih tipsnya spy ank sy kmbli asi.

  • tao tai khoan ibet said:

    How soon do you think web crawler will pickup my blog posts?

  • fasihah said:

    Bunda2 ad yg bs bantu gk?anak sy skrg sdh 6bln sjak memasuki umur 3 blan smpai skrg dy malas nyusu dlm 24jam nyusu cm 4 kali beneran loh sy gk bohong mkx ank sy rewel pdhl dr lahir asi sy lancaar skali.sy sngt kasuan ank sy krn dy sllu merskn kelaparn sy gk tw ad ap.jd skrg asi sy kdang gk ad kadang jg ada tp sdkit skali hax 2 x nyusu….jd skrg klw kususui dy gk mw sm skali nolak teruz kadang klw dy hisap 2 x lngsung nangis reweeel kyk gk sk sm asix.emg sih slm dy mls nyusu asiq jd wrn bening tp klw disusuin smpai mw hbz eh mlh kental.. .klw asi sy bxk mlah wrnx bening tp klw sdkiiiiit skaliii mlh kentaaaal sangadtt… help me dong bunda…solx ank prtma sy asi mlah lncr skali smpai dy gk sy ksh MPasi sm skali cm asi trz smpa 20bln mlah gmuuuuk skaliii ank prtma sy lahir 3,1 umr 3bln 6,2,umr 10 bln 13kg.ank ke2 lhr 3,6 skrg bb 7kg tp it normal atw kurang? Dan mohon bantuanx.

  • mogs said:

    whoah this blog is excellent i love reading your articles.
    Keep up the great work! You recognize, many individuals are looking round for
    this information, you can aid them greatly.

  • Good Loans said:

    Ideal considerations

  • killer deal said:

    In Firefox I normally use right-click > “Open in new tab” when browsing web pages. This can also be done when clicking on a bookmark. . . Is there any way to get Firefox to do this automatically (by default) when left-clicking a bookmark instead of having to do the right click?.

  • 18-vuotiaalle said:

    My friend put together my small business website in dreamweaver for me. However, I now want to maintain it myself—my friend recommended putting it into wordpress. However, I am not a web designer and have no idea what I’m doing—is there an easy way to convert my current website from dreamweaver to wordpress (for someone who can’t read code, etc). . Thanks!.

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.