Home » ASI

Beberapa posisi menyusui yang benar

29 March 2010 14 Comments

Posisi menyusui

Setelah ibu muda mengetahui hal-hal penting yang berkaitan dengan perispan menyusui, ada baiknya kita tahu, bagaimana posisi menyusui yang benar. Tentunya, posisi menyusui sangat menentukan bagi kenyamanan bayi dan ibu sendiri. Apakah harus selalu menyusui dalam posisi berbaring? Tidak. Kita harus membiasakan bayi bisa menyusu dalam keadaan apapun. Baik kita tidur di rumah, berdiri, duduk, atau bahkan saat kita sedang berada di atas kendaraan.

1. The cradle. Posisi ini sangat baik untuk bayi yang baru lahir. Bagaimana caranya? Pastikan punggung Anda benar-benar mendukung untuk posisi ini. Jaga bayi di perut Anda, sampai kulitnya dan kulit Anda saling bersentuhan. Biarkan tubuhnya menghadap ke arah Anda, dan letakkan kepalanya pada siku Anda.

2. The cross cradle hold. Satu lengan mendukung tubuh bayi dan yang lain mendukung kepala, mirip dengan posisi dudukan tetapi Anda akan memiliki kontrol lebih besar atas kepala bayi. Posisi menyusui ini bagus untuk bayi prematur atau ibu dengan puting payudara kecil.

3. The football hold. Caranya, pegang bayi di samping Anda dengan kaki di belakang Anda dan bayi terselip di bawah lengan Anda, seolah-olah Anda sedang memegang bola kaki. Ini adalah posisi terbaik untuk ibu yang melahirkan dengan operasi caesar atau untuk ibu-ibu dengan payudara besar. Tapi, Anda butuh bantal untuk menopang bayi.

4. Saddle hold. Ini merupakan cara yang menyenangkan untuk menyusui dalam posisi duduk. Ini juga bekerja dengan baik jika bayi Anda memiliki pilek atau sakit telinga. Caranya, bayi Anda duduk tegak dengan kaki mengangkangi Anda sendiri.

5. The lying position. Menyusui dengan berbaring akan memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk bersantai dan juga untuk tidur lebih banyak pada malam hari. Anda bisa tidur saat bayi menyusu. Dukung punggung dan kepala bayi dengan bantal. Pastikan bahwa perut bayi menyentuh Anda.

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

14 Comments »

  • Beberapa posisi menyusui yang benar « kumpulan artikel tentang bayi, anak, ibu hamil, keluarga – indonesian/bahasa indonesia said:

    [...] 4. Saddle hold. Ini merupakan cara yang menyenangkan untuk menyusui dalam posisi duduk. Ini juga bekerja dengan baik jika  — read more>> [...]

  • dewi said:

    Kalo saya lebih senang menyusui dalam posisi duduk dan saya menggendongdengan tangan saya…saya bisa melihat jelas dimatanya agar terjadi kontak mata denagn si bayi sambil menjaga agar saya tidak jatuh tertidur.

    Terima kasih

  • v2 said:

    wah..artikel yang bagus untuk ibu dan calon ibu.

    (http://nurafifah06.student.ipb.ac.id)

  • echaningtyas said:

    nice artikel….

    saran buat semua bunda yg lagi menyusui…jangan terpaut hanya dengan satu posisi saja….misal menyusui dengan berbaring…kalo dah terbiasa jadi sukar…mau netek harus berbaring….gimana kalo d tempat umum ya???repot kan….

  • Ummu Izzah said:

    mau nanya, Posisi yang baik kalo nyusuin dalam keadaan berdiri gimana?
    Trims

  • Beberapa posisi menyusui yang benar | sisid blog said:

    [...] http://bayidananak.com/2010/03/29/beberapa-posisi-menyusui-yang-benar/ This entry was posted in menyusui. Bookmark the permalink. ← Larangan-larangan untuk ibu [...]

  • Posisi Menyusui | www.happy-bunda.net said:

    [...] Berikut ini tips posisi menyusui yang aku rangkum dari di web http://bayidananak.com/2010/03/29/beberapa-posisi-menyusui-yang-benar/ : [...]

  • depot-voucher-pulsa-listrik-pln said:

    mudah2an bermanfaat bagi kita semua pasangan muda..

  • jonikun said:

    Dari pengalaman posisi menyusui dengan duduk dan berbaring adalah yang paling nyaman. Posisi berbaring biasanya dilakukan di malam hari ketika si bayi bangun dari tidurnya atau ketika dia sudah mulai mengantuk. Namun perlu hati-hati jangan sampai ibunya ketiduran dan si bayi tertutup hidungnya atau tersedak.

  • ajeng said:

    trims infonya, klo dulu sy sering menyusui bayi dengan berbaring karena lebih nyaman menurut saya

  • Sienna said:

    Heya i’m for the first time here. I found this
    board and I find It truly useful & it helped me out much.
    I hope to give something back and aid others like you helped me.

  • jak schudnac z ud said:

    Can I simply say what a comfort to discover someone that genuinely understands
    what they’re discussing online. You actually understand
    how to bring an issue to light and make it important. More people
    should read this and understand this side of the story.

    It’s surprising you are not more popular since you certainly have the gift.

  • Monroe said:

    You have a very good point of view here.Forskolin originated from a place located throughout India, Asia and Indonesia and used inside Ayurvedic medicines.
    This place appearance can be yellow and pumpkin shaped.
    The best common list for this vegetable is definitely
    Gambooge. In Asia or throughout many other elements of the planet, this flower is utilized to
    look after various foodstuffs as well as a preparation for precise meal delicancy.

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.