Home » Kehamilan

Pantangan Ibu Hamil – Panas

9 May 2011 6 Comments

Pantangan ibu hamil, apa saja yang harus dihindari? Tahukah Anda bila seorang wanita yang sedang hamil harus menghindari panas? Menghindari panas di sini tidak hanya dari cuaca, namun juga segala hal yang dapat menaikkan suhu inti tubuh.
Apa sajakah panas yang harus dihindari oleh seorang wanita hamil dan bagaimana mengatasinya ?

  •  Bila Anda merasa kepanasan karena cuaca yang ekstrim, segera dinginkan badan Anda dan jangan berlama-lama di bawah terik matahari. Anda dapat mengatasinya dengan mandi air dingin atau menyalakan AC di ruangan Anda.
  • Siapkan bedak dingin serta berbagai perawatan bagi ibu hamil untuk mengantisipasi panasnya suhu tubuh. Bedak dingin akan membuat tubuh seorang wanita yang sedang hamil merasa sejuk dan nyaman.
  • Batasi diri untuk mengkonsumsi makanan yang pedas atau panas serta ketahui batas kemampuan Anda terhadap rasa pedas dan panas tersebut. Hal ini untuk menghindari rasa tidak nyaman yang sering timbul saat sedang hamil serta menjauhkan diri dari diare penyebab dehidrasi yang pada akhirnya akan memicu kontraksi.
  • Tetaplah sehat agar Anda terhindar dari demam tinggi. Demam dengan suhu di atas 39° C dapat menurunkan detak jantung seorang wanita hamil secara drastis sehingga pasokan oksigen yang dikirim ke janin akan ikut berkurang.
  • Mandi dengan air panas masih diperbolehkan untuk seorang wanita hamil asalkan tidak menjadikan Anda tidak nyaman dan kegerahan. Namun Anda harus menghindari berendam dengan air panas, hot steam atau sauna saat hamil karena hal tersebut akan meningkatkan suhu tubuh secara drastis.

Jadi, jangan anggap remeh pantangan ibu hamil ini terutama panasnya suhu tubuh bila Anda sedang hamil. Karena selain hal-hal tersebut di atas, ternyata panasnya suhu tubuh juga dapat mempengaruhi perkembangan janin Anda selama trimester pertama kehamilan. Di samping itu, resiko keguguran pada enam minggu pertama kehamilan juga dapat meningkat apabila suhu tubuh ibu yang sedang hamil tersebut panas.

Dari milis Bayi-Kita oleh sweetievm@****.***

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

6 Comments »

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.