Home » Kesehatan Bayi / Anak, Perkembangan Bayi / Anak

Makan banyak, berat badan tidak naik

1 March 2012 57 Comments

Makan banyak, berat badan tidak naik

Banyak yang menduga penyebab dari kasus seperti ini adalah cacingan. Tapi sebelum mendjuge bahwa anak cacingan dan meberi obat cacing kepada anak, konsultasi dokter amatlah diperlukan.

Bisa jadi terdapat hal lain yang menjadi penyebabnya, seperti diceritakan salah satu member di milis bayi-kita@yahoo.groups : “Waktu adik saya balita dulu juga gitu, makanannya bergizi tapi anaknya gak tumbuh2, ternyata dia kena flek paru-paru”

Bisa jadi juga aktivitas anak yang tinggi, menyebabkan berat badan tidak cepat naik walaupun makannya banyak. Tapi seharunya tetap ada kenaikan.

Ada yang punya pengalaman lain dan saran2 dari DSA, yang dapat membantu mama-mama lainya.
Kenapa berat badan tak kunjung naik walau gizi dan makannya sudah baik?
bagaimana mengatasinya?
Bagaimana mendeteksi penyakit cacingan pada bayi?

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

57 Comments »

  • yoyan said:

    anak saya juga makannya banyak tapi berat badannya nggak naik – naik. sekarang dia lagi batuk. kata dokter kalau seminggu batuknya tidak sembuh dia harus dirontgen. tapi suami saya melarang anak saya dirontgen karena takut pada efek yang akan ditimbulkan oleh sinar x.

  • Nur Isiyana Wianti said:

    Anak saya sekarang berusia 7 bulan, pada waktu usia 4 bulan menjalani operasi ligasi PDA di RS. Pusat Jantung Harapan Kita. Saat ini anak saya kemungkinan mengalami flek pada paru-parunya, karena kenaikan berat badannya lambat, diusianya sekarang berat badannya hanya 5,7 kg. kepala berkeringat pada malam hari, padahal “Nashwa” tidur di ruangan ber-AC. Setiap malam batuk keras, terkadang sampai muntah-muntah. Saat ini kami berusaha untuk pengobatannya. Mohon alamat dokter atau rumah sakit yang berkompeten menangani dan mengobati penyakit ini…Trima Kasih

  • bayikita said:

    Info dari ibu dizie
    “Mbak …

    coba di bawa ke RS Persahabatan, kalau ga salah rs ini merupakan rumah sakit rujukan untuk penyakit paru.

    untuk yang negri bisa tanya di nomor: 4891708/4711220 atau ke Griya Puspa (Persahabatan Swasta) di nomor 4721943″

    “Bu …

    Mungkin bisa berobat pada dokter anak sub specialis respirologi, ada dr. Bambang Supri. Beliau selain di RSCM ada di Hermina Jatinegara dan Klinik Anakku Cinere (depan Cinere Mall)

    Semoga membantu ya … “

  • Louise said:

    aku punya keponakan umur 7 bulan 1hari. waktu dia selesai pub dibersihkan sama mamanya ternyata ada cacing yang keluar dari anusnya, otomatis di tarik sama mamanya. selera makannya masih tetap banyak tapi ga gemuk-gemuk, trus gimana nih, cara ngobati cacingannya mengingat dia juga alergi sama susu sapi, dia hanya makan dan minum semua bahan yang mengandung soya.

  • nidha said:

    bayi saya 1 tahun, berat 8,3kg. berat lhr 3216gr/48cm. usia 9 bln pilek, usia 11 bln batuk pilek, jadi beratnya smpat turun. saya konsultasi ke dokter soal BBnya, DSA mresepkan Enzim-enziplex. saya me-iyakan ktk DSA tanya” apa kalo’ makan sayuran pubnya juga ada sayurannya utuh”.jd mungkin penyerapan makann kurang bagus.apa dia selalu ketergantungan enzim ya, knapa dia tdk bisa menghasilkan enzim tsb secara alami?

  • sophia said:

    Anak saya usia 1 tahun,tapi berat badan masih 8 kg padahal berat lahir 3,700 gr/49 cm.waktu mendapat test darah ternyata ada masalah dg iron devinision. sy sudah mencoba memberikan makanan yg mengandung banyak zat besi,tetapi BB anak sy tidak banyak bertambah meski kelihatannya dia baik2 saja dan juga tidak pernah sakit.mohon bantuan solusinya apa dan bagaimana yg harus sy lakukan. Terima kasih

  • dian said:

    mom anak saya usia 6 bulan,di feses anak saya akhir-akhir ini ada kayak cacing kecil-kecil.mohon bantuan dan solusinya.

  • zaki said:

    anak saya 14 bulan beratnya hanya 8 kg, makannya banyak dan aktif ngk mau diam. dia sering kena diare gede dikit sakit, kalo menu makanan yang bergizi mohon di bagi. terimaksih

  • chacha said:

    anak saya 2 bulan beratnya 4kg, lahirnya 2980gr..
    minum susu formula kulitnya merah2, trus kembung terus, kata dokternya alergi susu sapi, trus saya coba yang soya eh pup nya malah encer trus kulitnya juga merah2, dan pupnya ada lendir darah, lalu saya coba HA tapi tetep aja kulit merah2 dan lendirnya masih saja ada tapi kadang2..
    jadi saya bingung mesti kasi minum susu apa anak saya? mohon solusinya terimakasih.

  • Eny said:

    Anak saya usia 9 bln, sampe skr berat badan msh 7 kg. Dia hanya mau makan bubur Milna &gak mau yg lain. Saya takut ada apa-apa dengan anak saya. Apa yang harus saya lakukan untuk meningkatkan berat badan anakku?

  • rianggi said:

    nidha,,coba ke Prof.dr.Agus Firmansyah di RSIA hermina bekasi,,kemarin anak saya usia 2 bulan jg sakit batuk,,saya sudah kedokter sebelumnya dan diberi obat tapi setelah ke Prof.Agus disuruh hentikan obat dan hanya diberi ASI,,ternyata alhamdulilah sembuh,,
    ada yang mau saya tanyakan,,saya khawatir anak saya yang berusia 2 bulan cacingan,apa boleh saya kasih obat cacing dan apa yah nama obatnya?trims

  • wini said:

    Anak saya umurnya 8 bulan tgl 4 des 09, beratnya hanya 7 kg dan panjang 67 cm (BB lahir 2.6 kg panjang 46 cm), naik BB dari bulan 7 ke 8 hanya 200 gr. padahal saya lihat makannya bertambah tp susunya memang sedikit berkurang dan sangat aktif. pertanyaan saya, termasuk normalkah BB anak saya ?

  • amy said:

    anak saya umurnya 13 bln,stiap bln asyik tkena batuk,skrg pun tgh batuk,bb nya dr 9kg turun ke 7.9kg,kalo ada sesapa taw mcmna ilangkan kahak,minta tlg ya!!

  • ulN said:

    anaK saYa berUmur 1 thn 1buLan..makaNnNya doYan tapI beraT badanNya ga namBah…sempet berobat kRs.disuru dokter di siNar X..taPi saYa tidak melAkukan siNar X.

  • Sundari said:

    Anak saya laki2 usia 10 bulan tp bb 8 kg dgn panjang 75 cm, sdh tdk asi dr bayi dan sampe skrg susu bebelac, selama 1 minggu hbs 1 klg 800 gr, pagi sarapan bubur milna tp pagi dan sore makan bubur nasi yg dimasak sendiri, miNum susu siang 2 btl 120 mlm dan mlm 3 btl 220 ml, apakah termasuk bayi yg kurang gizi?

  • irene said:

    tapai anak gemuk itu belum tentu sehat …yang penting kita memberikan gizi yang baik dan benar ga masalah khan ya ?

  • sarah said:

    iya bener gemuk blm tetntu sehat bisa jadi anak kegemukan krn kelebihan lemak atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yg manis manis

  • cynthia said:

    iya lho kl anak terlalu banyak mengkonsumsi yg manis manis bikin cepet gemuk ntar malah bisa jd obesitas

  • yuanita said:

    anakku umur 2 thn 8 bulan, bbnya 11,8 kg, kata dokter harusnya 13 kg sekian, karna harusnya ntar 3 thn bbnya da 14 kg. Akhirnya dikasih vitamin.

  • viona said:

    bb anakku juga susah bgt naiknya, ama ortu disuruh kasih obat cacing, ktnya anakku cacingan, kurang gizi dll, hiks…padahal makannya juga da yg bergizi, makannya juga ga susah2 amat. Emang susah naiknya mau gmn…

  • mega said:

    anakku malah kelebihan bb, soalnya anakku doyan bgt ngemil, makannya sih biasa, cuma ngemilnya yg sering, apa gara2 itu yah???

  • rita said:

    waduh.. serba salah yah..
    berat badan gak naik2.. serem cacingan.. bahkan ada yang pernah kejadian ada flek paru2.. berat badan naik, yang ada serem kena obesitas.. hadeh.. pusing deh…

  • linda said:

    gak usah takut lagi, kalau emang kita dah ngasih yang terbaik, dan memang aktifitas anak juga standart2 saja.. maksudnya ada olah raga juga.. ya harusnya anak kita tumbuh dengan normal koq..
    yang paling penting sih kalau soal makan.. 4 sehat 5 sempurna deh.. :)

  • esti said:

    aku si ga terlalu kawatir kalo anak makan banyak berat badan ga naik selama dia sehat dan ga gampang sakit….

  • dinda said:

    walopun makan banyak anak ga bisa naik berat badannya tetap harus diperhatikan makannya bun dan jangan kasi bebas makan apa aja mentang” kurus….klo mau naik berat badannya dan tumbuh sehat makannya juga harus yg penuh gizi

  • Juju said:

    Bisa gitu yah, makan banyak tapi berat gak naik…
    Kirain kalau seperti itu biasanya gara-gara banyak aktifitas, ternyata bisa juga karena penyakit yah….serem juga
    thanks share nya

  • Evi said:

    setau aku biasanya karena cacingan makan banyak tapi ga naik2 timbangannya, tapi bisa juga karena flek paru2 ya, serem bgt ya. perlu diperhatikan juga perkembangan si kecil, jangan sampai kita salah langkah dan menganggap sepele hal2 seperti ini.

  • Nita said:

    walah walah, banyak bgt bahaya yang menunggu sikecil kalau kita lengah sedikit aja ya, jangan sampai deh anak kita kenapa2 yang paling penting kontrol makanannya jangan sampai berlebihan juga apalagi kalau sampai berlebihan gulanya, bisa jadi nanti obesitas juga.

  • Chika said:

    lebih hati2 lagi ya bun,memperhatikan perkembangan si kecil, pola makanan dan pertumbuhannya harus diperhatikan, jangan sampai anak kita tau2nya sakit didalam tubuhnya, jangan berikan juga konsumsi gula yang terlalu berlebihan ya, karena gula berlebih bisa menyebabkan obestias.

  • yani said:

    keponakanku ada yang nafsu makannya tinggi tapi badannya tetap segitu2 aja..ternyata kata dokter, metabolisme pembakaran di tubuhnya terlalu cepat..memang anaknya aktif sekali..
    nggak membahayakan kesehatannya sih,tapi ya itu tadi makannya banyak,tapi tubuh tetap langsing..
    enak yah..coba badanku gitu juga..hehehe…

  • bella said:

    memang ada juga beberapa penyakit yang bisa mempengaruhi berat badan..flek paru2 termasuk salah satunya.. dan biasanya kondisi berat badan tidak naik2 itu bisa terbawa sampai dewasa..
    jika anak sudah terdiagnosa terkena sakit flek paru2, pengobatannya harus dituntaskan sesuai anjuran dokter, dan dijaga kesehatannya dengan memberikan anak konsumsi 4 sehat 5 sempurna.
    dan sebaiknya susu yang diberikan ke anak yang tidak mengandung gula tambahan..yang hanya ada kandungan gula alami saja, agar tidak menimbulkan efek diabetes di kemudian hari..

  • linda tsuji said:

    berat badan ga naik2 itu bisa juga kan disebabkan oleh asupan makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi asupan gizinya..maka walaupun anak itu makannya banyak tapi ya tetep aja beratnya tidak akan bertambah.

  • miranthy said:

    oh karena ada flek diparu2nya bisa juga ya menyebabkan anak beratnya ga naik2??? baru tau saya, thx’s ya infonya..

  • Triana said:

    duuuh ngeri bgt ya kalo liat pengalaman ibu2.. gimana ya supaya anak imunnya kuat terus?

  • Maya said:

    plis deh, banyak pengalaman ngeri nih.. haduh.. kebetulan kalo anakku makannya ga banyak tp kegemukan, mgkn krn nyusunya kuat bgt kali ya sehari bisa 5 kali.. kalo itu sehat ga ya?

  • Lola said:

    tapi jgn sampe jg bun berat badan anak kelebihan, nantinya malah datengin banyak penyakit deh…

  • eni said:

    makanan apa iang cocok wat naikan dara saat mengandung

  • wulan said:

    anak saya 2thn dia baru terdeteksi kena flek paru2 berat nya hanya 8 kg….dia beberapa masuk RS karena terkena diare akut masalah pencernaan…badan nya tdk bisah naik2 dan pertumbuhan nya terhambat blm bs jalan bagaimana solusi nya untuk anak yg terkena flek…skrg dlm masa rawat jalan

  • detta said:

    anak saya hampir 1 tahun berat hanya 8kg.makan biasa juga sering makan biskuit atau camilan bayi…kenapa ya kok susah banget naik tapi klo sakit 2-3 hari langsung turun drastis…
    makan juga sudah saya kasih aspan sayur, buah, ikan, daging, dll.
    apa pengaruh ayahnya yang ga bisa gemuk ya?? bingunggg

  • puji said:

    anak saya usia 7 tahun,,laki2..
    wktu kecil usia 2 sampai 3 tahun langganan ke prof.dr.agus di RS Hermina bekasi.
    sampai sekarang berat badannya dibawah rata2.., paling kecil diantara anak seusianya. padahal makannya banyak, masuk 4 sht 5 smpurna. susu sudah Pediasure / nutrilon soya.
    saya khawatir sekali.
    bagaimana ya? apakah ada yg pernah mengalami seperti ini?
    mohon sharingnya yaaa..

  • nurin said:

    anakku 13 bulan,dia aktif sekali,tpi memang makannya kadang gampang kadang susah,waktu dia setahun bratnya 9.7 kg,itu hasil naik 5 ons,asalnya 9.2 kg,tapi kalo lihat tbel BB sama ngitung rumus,dia masih kurang 3 ons, idealnya kan 12 bulan 10 kg, bulan skarang pun kayanya ga naik2 amat,soalnya lgi susah makan,sept demam 2 kali plus GTM mungkin krn tbuh gigi bru. Apa gpp kalo berat badan anak kita d bwah hitungan standar?

  • daniel said:

    putri saya usia 9bln 3bln terakhir bb-nya hanya 6,2kg. Istri saya cukup tertekan karena kami haya urus sendiri anak di perantauan. putri saya tdk minum susu formula, krna dari 7 merk susu yg diminum tdk cocok semua. Bubur saring dimakan tdk byk. Mohon petunjuk dan sarannya..

  • treis said:

    anak saya berumur 14 bln tapi BB hanya 8 kg,skrg dia makan makanan padat dan hanya minum asi dan air pth dan dia tdk mau minum susu formula tapi dia anak yg aktif.

  • nyndie said:

    anak saya umur 9bln BB nya 7,7kg PB 79kg, makannya sudah 3x sehari,pagi & sore bubur nasi,siang cerelac,jam 10 pure buah jam 3 milna,yg saya mau tanyakan BBnya naiknya kok sedikit2 yaa.mohon petunjuk dan sarannya

  • yunita said:

    yup anakku yg pertama sama..dibilang kurang gizi..sedihnya..pdhl waktu masih asi berat badanna selalu naik..
    akhirnya krn kmrn panas 5 hari, aku bawa ke dokter waldi
    kata dokter meski cek darah..akhirnya setelah cek darah..kurang zat besi atau kena defisiensi besi
    disuruh minum sangobion anak..hmm baru 3 hari minum nafsu makan anakku berubah..semoga berlanjut deh..amiin

  • yulia said:

    anak saya juga bgt sama makan nya doyan n minum susu nya doyan cmn anak saya ga pernah jauh dr sakit batuk,disentri,pilek n sesak. sudah 3x di rawat di fikir kena flek tp hasil negative semua nya sdh semua cr di lakukan. kadang sedih n kadang iri kenapa anak Q tidak gemuk seperti anak2 yang lain apalagi ini anak pertama saya. waktu 3x di rawat di Rs. Budi Kemulyaan tp hasil nihl sudah bolak balik spesialis anak tp ga da hasil. dulu susah minum susu nya tp sekrng ga susah malah doyan walau pun sy hanya kasih susu yang murah susu frisian fleg tahap ke dua. ada yang bisa kasih info ke saya ke rumah sakit mana n dengan dokter siapa anak saya bisa seperti anak seusia nya 11 bln mau 1 thn tgl 30 juni. bu yunita dulu anak saya juga HB nya kurang di ksh Sangobion baby tp memang da peningkatan minum susu nya.

  • eva said:

    Aku punya 2 org putri, yg pertama umur 3 thn 10 bln, dari umur 1,5 thn berat badannya 11 kg sampai umur 3 thn.umur 3 thn berjln ini berat badannya stabil 13 – 14 k. Dari umur 9 bln sampai 3 thn 4x di rawat krn kejang. 1 bln kemarin ada benjolan di belakang telinga kanan, kata DSA-nya itu kelenjar, dikasih obat untuk 1 minggu, kmd balik utk tes mantuk. Hasil tes mantuknya + dia kena flek.
    2 bln sebelumnya adiknya umur 9 bulan dirawat krn radang paru2. Berat badannya 7 kg stlh sakit. Sekarang sudah 11 bulan berat badannya belum sampai di 10kg (bb lahir 3010gr), dan belum imun campak krn sakit tsb dan bapil.
    Intinya kita gak boleh lengah aja ya bun..

  • java pustaka said:

    Kemarin barusan beli buku tiga bagus-bagus, bermanfaat utk menambah berat, udah terbukti utk anak saya, yang berusia 4 tahun, sebelumnya beratnya hanya 16kg, setelah sya beli n baca buku itu, alhamdulillah sekarang beratnya 18kg, dan ternyata caranya sgt mudah, karena sekarang setiap kemana-mana, dia slalu bawabuku itu.

  • ima said:

    to : java pustaka

    judul bukunya apa ya?

  • iran-persin.riiz.ir said:

    The Anatomy Of A Bicycle In Photos and msnbc.
    The Anatomy Of A Bicycle In Photos

  • payday loans for people on benefits self employed said:

    List Of Disabilities Actually.Com and loans for people
    on benefits canada

  • chlorella w tabletkach said:

    koenzym q10 w tabletkach. Best Facial Cream For Men Are
    Usually The You Getting Into Your Face

  • kwas hialuronowy 50ml said:

    How To Heal Damaged Skin Use Functional Keratin And
    Wakame Kelp Extract and feromony damskie. How To Heal Damaged Skin Use
    Functional Keratin And Wakame Kelp Extract

  • nursela said:

    Dok sya mau nanya anak sya skrang umur10bln dia mau mkn’y tp dia stiap abis mkn pup 3× mkn 3×pup brat bdan’y6;8 kmungkinan anak sya ada pnyakit hak dok

  • Ani said:

    ,anak saya 1,9bln,..bb nya 12,5 kg,…tapai makannya susah,..kejar-kejaran,…apa karna faktor ia makan2an ringan,.klo dia lagi mau makan dya mau makan,tp gak pernah banyak,dia klo udah gak mau lagi selalu bilang”tidak” dan ngumpet,…gmn sih biar anakku lahap dan habis terus makan nya.

  • eline said:

    Sy jg lg galau ank 3bln g naik2 bb nya,pdhl menu mknnya udh ikut saran dokter ank,,1thn msh aj 8,3kilo,kyknya hrus tes mantuk nh,,tkut kna flek,,anknya c doyan mkn,aktif,g gmpang sakit,,

  • plus size medical scrubs said:

    Whenever I open firefox, it instantly crashes. I’ve tried opening it in safe mode and still it doesn’t work. I even tried changing my homepage. When my friends give me a link in my msn messenger, it opens up firefox and it works fine, I’m able to browse the internet normally. What do I do? I already uninstalled and reinstalled it..

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.