Home » Misc, Tips

Pertolongan pertama bayi jatuh

9 March 2012 108 Comments

Diambil dari milis bayi/nikita

PERTOLONGAN PERTAMA BAYI JATUH
Hati-hati jangan langsung menggendongnya. Pastikan dulu bagaimana
kondisinya!

Usia bayi adalah masa rawan terjadi kecelakaan. Saat ia belajar
berguling umpamanya dan orangtua lengah, ia bisa saja terjatuh dari
tempat tidur. Untuk itulah manajemen penanganan kasus bayi terjatuh
amat diperlukan. Yang pasti, saat si kecil terjatuh, jangan hanya
mengkhawatirkan bagian kepala saja, karena semua anggota tubuhnya
memiliki risiko yang sama untuk mengalami benturan yang dapat
membahayakannya. Berikut penjelasan dr. Anna Tjandra, Sp.A dari RSAB
Harapan Kita, Jakarta mengenai manajemen kecelakaan pada anak yang
sederhana, yaitu:

* Menyaksikan langsung anak terjatuh.

- Perhatikan bagian mana dari tubuh anak yang mengalami benturan.

- Ingat proses jatuhnya, apakah langsung menghujam ke lantai atau
terbentur sesuatu terlebih dahulu baru ke lantai.

- Pastikan dari ketinggian berapa meter anak terjatuh dan media apa
yang menjadi tempat pendaratannya.

- Lihat dan perhatikan baik-baik kondisi si kecil. Apakah setelah
jatuh langsung menangis dan menggerak-gerakkan semua anggota
badannya? Jika ya, kita bisa langsung menggendong untuk
menenangkannya. Setelah ia tenang, baru lakukan observasi.

- Adapun observasi yang perlu dilakukan adalah:

+ Cari dan ingat bagian-bagian mana saja yang lebam/benjol/ memar di
seluruh anggota badan bayi. Jika menemukan benjolan di kepala atau
memar di badan, boleh diobati dengan obat antitrauma oles. Jika pada
bagian kepala tidak ditemukan lebam atau benjol, tapi bayi menangis
saat dipegang, larikan segera ia ke rumah sakit terdekat.

+ Coba gerakkan kedua tangan bayi, ke samping, ke atas, ke bawah, ke
depan, lalu rentangkan dan angkat-angkatlah. Jika ada keluhan
pastikan di tangan yang mana dan saat dalam posisi seperti apa. Ini
sebagai bahan untuk dilaporkan ke dokter.

+ Lakukan hal yang sama pada kaki.

+ Tengokkan kepala bayi ke kanan dan ke kiri. Coba dekatkan dagu
bayi ke dada secara perlahan. Jika ada keluhan catat sebagai laporan
pada dokter.

+ Miringkan badan si kecil ke kiri dan ke kanan. Jika ada keluhan
catat dan laporkan ke dokter.

- Observasi perlu dilakukan selama 2×24 jam. Jika dalam kurun waktu
itu ada keluhan, apalagi sampai muntah dengan menyembur, segera
larikan ke rumah sakit terdekat.

- Sebaliknya bila setelah jatuh dalam keadaan sadar tapi pasif
(apalagi tidak menggerak-gerakkan anggota badannya) jangan
mengangkatnya. Hubungi UGD rumah sakit terdekat atau 118 untuk minta
pertolongan paramedis. Salah mengangkat dalam kondisi seperti ini
dapat berisiko fatal.

* Jika menemukan si kecil sudah di lantai.

- Perhatikan keadaan bayi; sadar atau tidak, menangis atau tidak,
dapat menggerak-gerakkan anggota badan atau tidak. Jika ia tidak
sadar atau sadar tapi pasif, ingat jangan menggendongnya, tapi
segera minta bantuan paramedis terdekat, UGD atau 118.

- Perhatikan dalam posisi seperti apa si kecil saat ditemukan.

+ Jika dalam keadaan tengkurap kemungkinan besarnya aman. Tapi kita
mesti melakukan pemeriksaan seputar bahu, kedua tangan, dada dan
kaki. Caranya gerakkan tangan ke atas, depan, samping. Jika ada
keluhan sakit segera bawa ke dokter.

+ Jika dalam keadaan telentang. Periksa dan perhatikan daerah kepala
bagian belakang, leher, punggung, dan panggul, mulai dari tanda
lebam atau merah, hingga keluhan sakit saat disentuh dan digerakkan
seperti yang telah disebutkan di atas. Pastikan bayi tidak muntah
atau mengalami penurunan kesadaran dalam 2×24 jam. Jika ada keluhan
segera larikan ke dokter.

+ Jika bayi ditemukan dalam posisi miring, kanan atau kiri.
Perhatikan dan periksa kepala, tangan yang menjadi tumpuan badan,
juga kaki. Lakukan pemeriksaan seperti yang disebutkan di atas. Jika
ada keluhan segera larikan ke dokter.

+ Jika ditemukan dalam posisi duduk. Periksa dan pastikan bayi masih
sadar, biasanya menangis, dan mampu menggerakkan anggota badan.
Periksa bagian panggulnya, ada tidak tanda memar, merah, atau sakit
saat dipegang atau digerakkan. Jika ya segera larikan ke dokter.

* Pemeriksaan lain yang perlu dilakukan

- Dalam posisi apa pun jatuhnya si kecil, jangan lupa melakukan
pemeriksaan mata. Baiknya menggunakan senter:

+ Masih bereaksikah saat kita senter matanya, mengedip, menutup
matanya atau kaget. Jika tidak bawa segera anak ke rumah sakit.

+ Gerakan senter ke kanan dan ke kiri, masih mampukah bayi mengikuti
gerakan sinar. Jika tidak ia harus segera dilarikan ke rumah sakit.

+ Perhatikan pupil matanya, apakah pupil mata yang kiri dan kanan
sama besar/kecilnya saat kita senter satu per satu. Jika sama kita
bisa bernapas lega. Bila tidak, bayi perlu menjalani pemeriksaan
lebih lanjut, seperti CT Scan.

- Ukur dan pastikan si kecil jatuh dari ketinggian berapa. Sebab
semakin tinggi pastinya gaya gravitasi bumi akan lebih kuat menarik
si anak. Tentu efek yang ditimbulkan pun semakin besar.

EFEK POSISI JATUH

Di bawah ini kemungkinan- kemungkinan yang bisa terjadi pada bayi
saat terjatuh. Dengan pengetahuan ini diharapkan orangtua bisa lebih
memahami kondisi bayi bila terjatuh dan mampu melakukan pertolongan
pertama yang benar:

* Jika kepala terlebih dahulu yang membentur lantai

Di sebelah mana pun benturan itu terjadi selama masih di kepala,
kita perlu mewaspadainya. Tulang tengkorak bayi masih rapuh dan ia
belum memiliki refleks untuk menahan dengan baik. Kemungkinan yang
bisa terjadi, bayi mengalami fraktur atau retak/patah tulang
tengkorak kepala, atau perdarahan di luar tengkorak atau di dalam
tengkorak.

Perdarahan di luar dapat ditandai dengan adanya benjol/memar. Selama
tidak ada fraktur, kondisi ini bisa dikatakan tidak parah. Rabalah
ubun-ubunnya apakah menjendol atau tidak. Ubun-ubun yang menjendol
menjadi tanda adanya peningkatan tekanan dalam otak yang dapat
terjadi karena edema otak atau perdarahan.

Harap diketahui, bila tidak ditemukan benjolan/memar, tapi bayi
menangis (atau justru tidak menangis dan langsung tertidur), tidak
sadarkan diri, mengalami kejang/muntah- muntah (yang menyembur bukan
gumoh), ada kecurigaan bayi mengalami perdarahan di dalam tengkorak
kepalanya. Segera larikan ke rumah sakit terdekat.

* Jika dada terlebih dahulu yang membentur permukaan

Kalau tempat mendaratnya datar, kemungkinan risiko bayi untuk cedera
lebih sedikit. Sebaliknya, tempat mendarat yang tidak mulus atau ada
tonjolan yang tepat mengarah ke dadanya dapat mengakibatkan
fraktur/parah tulang iga atau rusuk yang patahannya dapat mengenai
organ paru-paru atau jantungnya. Untuk itu perhatikan apakah si
kecil dapat bernapas secara normal atau tidak.

Umumnya jika bagian dada terlebih dahulu yang “mendarat”, secara
alami tangan akan membuat perlindungan terlebih dahulu. Karena itu
periksa juga kondisi tangan dan bahu bayi. Apakah ada pergelangan
tangannya mengalami patah atau adakah sendi yang keluar (dislokasi)
dari tempatnya. Periksa juga bagian kepala, khususnya dahi. Biasanya
saat mendarat, sekalipun dada terlebih dahulu, kepala langsung
menyusul membentur lantai.

* Jika panggul terlebih dahulu yang mendarat

Kemungkinan besar bayi akan mengalami dislokasi atau fraktur tulang
panggul. Karena panggul berhubungan langsung dengan tulang belakang,
dikhawatirkan ada saraf-saraf yang terjepit. Jika yang terjepit
saraf kaki biasanya si kecil tidak bisa menggerakkan kakinya alias
lumpuh.

* Jika yang mendarat kaki terlebih dahulu

Kejadiannya pada tiap bayi bisa berbeda. Jika ia sudah bisa berdiri
pasti akan menahan tubuhnya dengan kaki lalu jatuh bersimpuh. Risiko
kasus ini adalah dislokasi atau keseleo. Pada bayi di bawah 6 bulan
meski belum mampu menahan tubuhnya, secara alami badan bayi akan
terjatuh ke depan dan sebelum mendarat tangannya akan menjadi
bumper.

* Jika yang mendarat bokong duluan

Berbahaya karena kaitannya langsung dengan tulang belakang dan dapat
mengakibatkan patah pada tulang punggung bayi. Risiko lain, bila ada
saraf yang terjepit bisa mengakibatkan kelumpuhan. Bayi yang
ditemukan terjatuh pada posisi seperti ini jangan digendong. Biarkan
paramedis yang melakukan pertolongan. Tapi jika si kecil sadar dan
bisa aktif kita bisa langsung menggendongnya.

* Jika yang mendarat terlebih dahulu punggung

Menjadi bahaya jika saat mendarat posisi leher ikut
terlipat/tertekuk karena bisa mengakibatkan keseleo dan fraktur
tulang leher. Bila bayi dalam keadaan tidak sadar jangan mencoba
mengangkatnya. Langkah yang bisa kita lakukan adalah minta bantuan
paramedis di UGD di rumah sakit atau 118.

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

108 Comments »

  • Esy said:

    Putra saya 2, jarak kelahiran mereka +/- 5 tahun. Si Abang, Zidan, selalu menganggap adeknya, Izaaz, sekuat dirinya. Maka tak jarang adek sering jatuh karenanya.
    Selama 1 bulan terakhir ini adek sudah 2 kali jatuh dari sepedanya. Tapi berkat artikel ini saya sedikit tenang. Tapi dalam waktu dekat ini, saya berniat untuk konsultasi ke dsa, atau langsung CT scan.
    Ada yang bisa sharing?

  • Ari said:

    Iya saya juga baru tahu hal ini dari blog ini.
    Buat mbak esy Zidan umurnya berapa tahun?

  • mamamiska said:

    Miska, 8,5 bulan sudah 2 kali jatuh dari tempat tidur dalam 1 bulan ini..yang terakhir ini,saat saya temukan,posisinya sudah terlentang dan kepala berada diatas guling. dia menangis keras sekali..lansgsung saya angkat dan beri air putih. setelah itu tangisnya mereda dan langung minta menyusu ke saya dan segera jatuh tertidur. mudah2 an tidak ada yang berefek buruk pada tubuh dan kesehatannya. namun besok saya akan bawa ke dokter nuntuk pemeriksaan yang lebih cermat dan menyeluruh….

  • rahma said:

    membaca artikel ini seperti menghadapi mimpi buruk saya. skitar 2 bln yg lalu anak saya jatuh dari tempat tidur waktu brumur 6 bln.. ktika saya lihat ia sudah terjatuh pada keadaan terlentang. terakhir saya lihat dia sebelum jatuh dia sedang duduk. rasanya sedih sekali dan marah pada diri sendiri krn bisa sampai lengah dan mengakibatkan anak saya jatuh. segera setelah mendengan “gedebuk” saya lsg melihat dia sedang terlentang sambil menangins. skitar 5 detik membiarkan dia menangis di lantai saya gendong sebentar, mencium, & tangisnya mereda. kemudian saya cek reflex dan kebiasaan gerak dia thd setiap stimulus yng diberikan. alhamdulillah responnya ada dan kuat. stlh itu lsg saya bawa ke rumah sakit & stelah observasi 3×24 jam dia tidak muntah, pingsan, ataupun lebih pasif.

  • Anas said:

    4 hari yang lalu Indi (5 bulan 2 minggu) terjatuh dari tempat tidur dengan ketinggian 1 meter. Posisinya tengukarap saat saya temukan. Terjatuh miring atau tengurap langsung saya tidak tahu. Saya angkat anak saya langsung saya peluk dan cium untuk meredakan tangisnya. Setelah reda tangisnya baru saya beri minum air putih. Saya periksa bagian kepala tidak ada yang benjol, tapi bagian pelipis kiri dan pipi terlihat merah. Kaki dan tangan saya gerakkan juga punggung saya periksa dan anak saya tidak merasa kesakitan. Saya sedikit agak lega. Sampai saat ini (hari ke empat ) setelah anak saya jatuh dia tetap gerak aktif seperti sebelumnya.

  • eroskha said:

    Anak saya tadi pagi baru jatuh dari tangga (1anak tangga) posisinya di dalam baby walker dan sedang memegang sisir ,posisi jatuhnya muka dan dada yang berbenturan dengan lantai dan tertiban baby wolkernya otomatis ( gusi atas megeluarkan darah lumayan agak banyak untuk ukuran bayi dan mulut atas nya bengkak sekarang ) tindakan pertama yg saya berikan memeluk dan memberikan air putih lalu dia diam ,walau nangis nya masih ada sedikit 2, saya bingung apa ada salep untuk mengobati gusi dan mulutnya itu

  • faris07 said:

    Tadi malam, hampir jam 12, anak saya, 5,5 bulan, jatuh dari kasur spring bed, sekitar 30 cm.. Saat saya tinggal, ia tertidur lelap, nggak sampai setengah jam, tiba2 lampu mati, sebentar kemudian terdengar suara gedebuk,disusul tangisannya yang keras.
    Dalam gelap kutemukan dia telungkup di lantai. Langsung kuangkat dan kutimang, setelah diam baru menyusu.
    Alhamdulillah sampai siang ini baik2 saja, cuma nggak mau ditinggal. Mungkin masih takut jatuh lagi kali ya.

  • fina said:

    2 minggu yang lalu anak saya Ghazy 2 Bulan, terjatuh dari boxnya setinggi 1 meter. Jatuh terlentang, tidak menangis ( tapi menangis setelah di gendong…walaupun tidak histeris), tidak ada lebam dan luka. setelah diperiksa oleh dokter, ternyata diagnosa baik2 saja. Tapi suami ngotot mau ct scan atau MRI, apa boleh ya ? any suggestion?

  • Evie said:

    Tadi pagi saat aku selesai mandi, dikagetkan oleh suara tangisan anakku, tidak kencang sich, cuma biasanya saat mendengar dia menangis, aku pasti langsung tergesa menghampirinya,betapa kagetnya aku saat di kamar anakku yg tepat hari ini berusia 6 bln sudah ada di lantai dalam posisi tengkurap. Langsung ku gendong, ku ciumi dan berkata2 “maafin mama yah, klo kamu sakit, pindahin aja sakitnya ke mama”. Saat itu aku bingung skali krn pagi2 skali suamiku sdh brangkat ke Pontianak,ada tugas kantor. Saat ku telp suami ku, suamiku berusaha menenangkan, Alhamdulillah skrng aku sdh tenang dan smoga Ya allah kondisi anakku baik2 saja (Amin)

  • koko said:

    bayi kami kemarin jatuh juga. setelah 3 hari benjut gede sekali.
    apa yang harus kami lakukan?????????????????????????

  • hanny said:

    bayi saya6 bulan juga 2 minggu lalu terjatuh dari tempat tidur,waktu saya dengar suara orang terjatuh saya lihat bayi saya sudah di lantai dengan posisi terlentang dan menangis.langsung saya gendong saya beri air putih nga lama kemudian nangisnya berhenti dan langsung tertidur.saya periksa tidak ada yang benjol maupun memar,besoknya langsung saya urut.puji tuhan nga ada apa2 sampai sekarang pun masih sehat nga ada keluhan.

  • Bintang Kejora pandia said:

    Anak saya, berumur 14 bulan. tadi terjatuh dr tempat tidur. posisi jatuhnya terlentang. Ia muntah, karena sebelumnya ia minum susu, semua susunya keluar. tapi gak lama kemudian ia sudah seperti biasa lagi. Saya mw nanya ada efeknya ga ya. saya hrs berbuat apa ya? anak saya memeng tergolong aktif hampir setiap hari kepalanya kejeduk. bs mempengaruhi kecerdasannya ga ya.
    Anak se umur itu sudah bs di scan ya?

  • tina said:

    bayi saya saat 1 bulan pernah jatuh terguling dari bantal, trus usia 4 bulan pernah terjatuh dari springbed kira2 90 cm, usia 5 bulanan juga jatuh lagi dari springbed. Trus rasanya kapook bgt,springbednya jadi diambil 1. alhamdulillah dia ga mengalami muntah/ demam.semoga tidak apa-apa ya…doakan

  • Pertolongan pertama bayi jatuh « kumpulan artikel tentang bayi, anak, ibu hamil, keluarga - indonesian/bahasa indonesia (author) said:

    [...] Usia bayi adalah masa rawan terjadi kecelakaan. Saat ia belajar berguling umpamanya dan orangtua lengah, ia bisa saja terjatuh dari tempat tidur. Untuk itulah manajemen penanganan kasus bayi terjatuh amat diperlukan. Yang pasti, saat si kecil terjatuh, jangan hanya mengkhawatirkan bagian kepala saja, karena semua anggota tubuhnya baca lebih lanjut [...]

  • tha said:

    Alba 7 bulan udah 2 kali jatuh, pertama terlentang lalu saya bawa ke tukang pijat bayi katanya bagian telinga dan kepala setelah 3 kali pijit katanya ok gpp. Kemarin dia jatuh lagi tengkurep gusinya berdarah dan mulutnya jontor saya bawa lagi ke tukang pijat bayi katanya harus 3 kali lagi di pijat. Tapi alba rada males minum susu gitu kaya yg sariawan, kata teman ku disuruh pake candistin belom dicoba sih. Mudah2an alba gpp, soalnya pengalaman KKnya sering jatuh waktu bayi selalu saya bawa ke tukang pijat bayi and ampe sekarang dah 4,5 th gpp Insya Allah kedua anakku sehat selalu.

  • hztee said:

    ok.. jatuh dari ketinggian atau apa pun, pertama kali yang harus diperhatikan adalah, anak tersebut sadar atau tidak, kemudian posisi jatuhnya dan dilihat sequalae atau bagian mana yang cedera. Benturan pada kepala dinamakan Cedera Otak Ringan bila terdapat gangguan kesadaran sampai dengan sadar sempurna. Karena saat terjadinya benturan, otak juga mengalami goyangan dari posisi normalnya, menjauhi titik normal lalu kembali ke posisi normal. Artinya otak mengalami cedera juga, tetapi tidak berat.

    Selama si anak setelah terjatuh/terbentur kepalanya kesadarannya masih full sempurna dalam 2 x 24 jam, tidak terdapat muntah yang menyemprot, demam, nyeri kepala(rewel), dan dipastikan dari pemeriksaan dokter dari fungsi syaraf saat itu. Insya Allah tidak terdapat masalah yang berarti pada si anak. Bila terdapat hal – hal di atas, sebaiknya dirujuk ke Rumah Sakit terdekat untuk pemeriksaan dan observasi lebih lanjut. Untuk CT-Scan ataupun MRI, mengingat biaya yang tidak murah, dan untuk CT-Scan diperlukan posisi badan yang tidak berubah selama kurang lebih 30 menit, untuk anak-anak biasanya kesulitan untuk hal ini, dan biasanya memerlukan obat penenang. Selama tidak terdapat hal-hal yang mengkhawatirkan tidak perlu lah pemeriksaan tersebut.

    Untuk posisi jatuh, sangat menentukan bagian tubuh mana yang mengalami cedera, apakah sendinya mengalami perubahan posisi, tulang yang patah,ataukah cedera kepala seperti di atas. Untuk itu penting untuk mengamankan atau menjaga bagian yang cedera tidak bertambah cedera, seperti misalnya tulang punggung yang cedera, jangan menggendongnya sembarangan, diperlukan posisi tulang punggung yang lurus supaya tidak tambah cedera sehingga menekan saraf yang ada.

    Untuk lebam akibat perdarahan di bawah kulit, berikan saja olesan yang dapat mencegah pembekuan darah, atau kompres saja dulu dengan air hangat supaya darah di bawah kulit tidak membeku dan mengeras.

    Demikian semoga dapat mewakili semua pertanyaan.

  • rio said:

    tadi malem pas ibu mertua dua istri saya sedang di carport saya kebagian jaga si kecil yg msh 9 bulan di kamar tidur. Saya menggunakan masker karena sedang batuk/flu. Anak saya mencoba memasukkan jari nya ke bawah masker saya. Lalu saya mencoba mengambil tissue di atas lemari (yg lokasinya di kamar tidur juga). tissue itu sempat saya masukkan ke water boiler (alat berbasikan elektrik utk memanaskan air). Niat saya mau saya lapkan ke tangannya. Tapi tiba2 saya mendengar dibelakang ‘bruk’. Ternyata anak saya sudah terlentang di samping kasur. Tinggi kasur kelantai sktr 5-10 cm. Betul2 spt menemui mimpi buruk !. Anak saya hanya menangis sebentar, dia angsung di gendong ibu mertua saya. Kami perhatikan tdk ada lebam, bekas kebiruan atau darah. Dia memang lagi suka guling2 di kasur. Besok paginya dia sudah guling2 lagi di kasur. Dan saya perhatikan dia masih bisa melihat normal, tertawa, ngoceh spt biasanya. Tapi saya masih belum bisa menghilangkan mimpi buruk itu. Scary night mare !

  • jonosaputro said:

    tadi pagi anakku usia 7 bulan jatuh dari tempat tidur dalam keadaan terlentang..ini kejadian kedua dalam dua bulan terakhir..saat jatuh dia menjerit kencang sekali, bahkan saat disusuin ibunya dia masih nangis..tak lama aku periksa beberapa bagian tubuhnya ternyata pelipisnya memar, aku perkirakan keningnya jatuh duluan..semoga dia tidak apa2..

  • ina said:

    setengah jam yang lalu aku bawa anakku usia 7 bulan 21 hari jalan2 dengan kereta bayi.ga tau kenapa terlepas peganganku pas di tempat polisi tidur, lalu jatuh kereta bayinya, dan anakku jatuh dengan posisi terikat di kereta dan terlentang di aspal aku hitung kira-kira ketinggian 60 cm?.sedetik aku bengong lalu langsung aku angkat karena dia nangis tanpa suara lalu baru nangis kencang.aku gendong dan usap2 punggungnya lalu ku bawa pulang.lalu aku mandikan dan lihat di badannya ada merah2 di punggung, setelah mandi aku lihat dia seperti biasa main2 kaki tangan tetap lincah, merangkak dan menggigit mainan.kemudian dia tidur sambil minum susu.aku masih bingung harus dibawa ke dokter atau pijat.mungkin harus diobservasi juga yah selama 2×24.mudah2an dia sehat2 saja atau perlu ct scan ga ya?kalau iya ada info dimana? terimakasih

  • bunda zahra said:

    anak saya umur 5.5 bln jam 12 td mlm zahra terbangun trz gag mau tidur.saya temani dya main eh ternyata saya ketiduran dan tau2 dah di bawah jatuh dari tempat tidur dengan posisi terlentang. saya pun langusung histeris begitu melihat zahra terlentang di lantai, saya sangat panik sekali zahra nangis dengan suara yang kencang. tp kemudian saya beri asi zahra agak tenang. setelah 1 jam baru zahra mau tertidur kembali.pagi ini saya langsung bw zahra ke tukang urut (cz kata org tua saya harus cepet di bw urut klo gag ntr badannya bisa panas), yah saya turutin aja. Alhamdullilah zahra masih lincah saja gerakannya, tp saya msh tunggu 24 jam lagi mudahan gag kenapa. saya merasa sangat bersalah banget!!Tolang doa kan yan bunda2 yang lain supaya zahra gag kenapa2…

  • diyan said:

    Baru setengah jam lalu bayi saya yang berusia 6 bln jatuh dari springbed (kami bongkar tempat tidur dan hanya menaruh springbed saja di lantai untuk tidur karena si kecil udah senang berguling-guling) dengan ketinggian sekitar 15 cm dari lantai.

    Benar seperti yang diutarakan orang tua lainnya, ini seperti mimpi buruk, saya panik seketika. Saat terdengar suara jatuh yang cukup keras dari arah kamar, saya langsung lari ke kamar dan melihat bayi saya sudah berada di lantai dengan posisi terlentang, dia menangis keras, saya langsung meraihnya dan menenangkannya, setelah tangis reda baru diberi air putih, tidak berapa lama dia pun tertidur.

    Sampai saat ini hati saya masih tidak tentu perasaannya, lutut lemas, dan terus menyalahkan diri sendiri.
    Saya belum sempat memeriksa keadaannya, karena dia sudah tertidur, tapi semoga bayi saya baik-baik saja.

  • jusri said:

    Bayiku, Fathan (6 bulan), jatuh dari atas tempat tidur (ketinggian 30 cm) kira-kira satu jam yang lalu. Posisi jatuh saat ditemukan telentang, tidak ada yang melihat saat dia terjatuh. Tetapi sesaat setelah terdengar bunyi jatuh dia ditemukan dalam keadaan telentang dan menangis sambil berusaha membalikkan badannya. Kemudian langsung digendong, diangkat dan diurut bagia kepala dan punggung untuk mengetahui respon bagian mana yang sakit. Tampaknya tidak ada bagian tubuh yang sakit. Kemudian ditelentangkan di tempat tidur, diurut mulai dari ujung kaki, punggung ke seluruh tubuhnya dan dibiarkan anak bereaksi untuk bergerak sendiri. Apakah ada tindakan lain yang harus dilakukan?

  • Mommy EricRara said:

    Ketika bayi saya berumur 23 hari, bayi saya jatuh dari tempat tidur.. Sebelumnya bayi saya menangis terus, ketika itu sudah lewat jam 1 malam.. Biasanya kl menangis, saya tidurkan di dada saya dengan posisi tengkurap dia akan nyenyak tidurnya, lalu saya tidurkan di dada seperti biasanya.. Posisi saya tidur di pinggir kasur. Malam itu sungguh malam yg buruk, saat itu jam 2 malam secara tidak sadar (krn sayapun tertidur) saya memutar badan saya dan terdengar bunyi “buk”.. Sayapun terbangun dan melihat bayi saya sdh di lantai dgn posisi tengkurap (meringkel spt posisi bayi dlm perut).. saya pun langsung menangis histeris dan mengangkat bayi saya. Suami sayapun histeris.. Ibu mertua saya mendengar keributan tsb dtg kekamar, dan menggendong bayi saya.. bayi saya tidak menangis, dia tetap tertidur. oleh ibu mertua saya tangan dan kaki sebelah kiri diangkat secara bersamaan, begitupun kaki dan tangan sblh kanan, tetapi bayi saya tidak bergeming, tetap tertidur.. setelah ditaruh di pangkuan ibu mertua saya barulah bayi saya menggeliatkan badannya, melek sebentar dan tidur lagi.. sekitar 15 menit kemudian baru dia menangis, dan saya berikan ASI setelah itu diapun tertidur lagi.. Esoknya saya bawa ke dokter anak, setelah dicek, menurut dokter tsb bayi saya tidak apa2, tp tetap harus diobservasi, selama bayi saya tidak muntah, tidak rewel, tidak tidur terus (bawaannya ngantuk mulu), aktivitasnya tidak berubah, ASInya masih bagus, tidak perlu kuatir.. Saya minta rontgen dan CT Scan, tp tdk diizinkan oleh dokter.. Tapi saya tidak puas dengan jawaban dokter tsb.. Esok harinya lagi saya bawa ke dokter anak yang lain (hanya utk 2nd opinion), setelah dicek dokternya hanya bilang tidak apa2, bayi sekecil ini kepalanya masih banyak cairan utk melindungi otaknya.. Sbnrnya saya tetap tidak puas dgn jawaban tsb, tp saya lebh tenang krn sdh 2 dokter yg menyatakan tidak apa2.. Bayi saya sekarang sdh berumur 2 bln, dan tidak menunjukkan adanya efek dari jatuh tsb. Yang saya takutkan apakah nantinya ada gangguan dlm perkembangan bayi saya.. (Mudah2an tidak).. Krn menurut orang2 tua, efek jatuh tidak terlihat sekarang, tp akan terlihat setahun/2 tahun lg… Apa yg harus saya lakukan…?? Saya merasa bersalah sekali pada bayi saya.. Saya mohon advicenya..

  • Mama sarah said:

    Sarah anakku usia 4bulan,5 jam yg lalu jg jatuh dari tempat tidur sekitar 50-60cm.Biasanya kalau selama ini aman2 saja dengan pembatas guling dan bantal.Tapi kali ini tidak.Memang sarah baru bisa berguling2.Sebelumx dia sedang tidur.Ketika Saya makan diluar kamar saya mendengar suara jeritan yg lebih keras dari biasax.Saya langsung lari kedalam kamar.Saya langsung menjerit dan menangis ketika melihatx sudah tengkurap dilantai.Langsung saya gendong&susui sarah.Butuh waktu lama sekitar 20 menit untuk menenangkanx.Setelah itu saya meminta maaf padax maafin mama y nak,mama ceroboh.Langsung sarah tertawa.Melihatx seperti itu saya malah menangis lagi.Sejam kemudian sy bw kedokter.Alhamdulillah kt dokter gpp.Mama janji g akan ceroboh lg sayang…

  • ribka said:

    Salam,
    barusan jam 02 pagi, anak saya berumur 1thn 18bln, jatuh dari tempat tidur, kira2 1mtr.
    Bener2 sakit hati ini, kacau pikiran ini dan marah pada diri sendiri juga melihat anakku terjatuh karena kelalaianku.
    Javier memang sering sekali jatuh. Umur 1 minggu, terjatuh dr bantal ke tmpt tidur, lalu umur belum 1bln terjatuh dr tmpt duduk mobil.
    Dan, beberapa kali lagi terjatuh dari tempat tidur. Terakhir jatuh, sebelum hari ini, umur 14bln. Wkt itu sampe berdarah2.
    sangat mengiris hati ini mendengar tangisnya, dan darah yang tercecer di mana2. Namun, selama ini tidak terjadi apa2 ( javier sehat2 saja).
    Setiap setelah jatuh, saya pijatkan ke urut baby. Semoga hari ini juga sama dengan sebelumnya. Setelah nangis, saya menghidupkan lampu kamar dan vier merasa silau.
    Ku gerak2kan tangan dan kakinya dan ku tekan pelan2 bagian2 tubuhnya, namun sepertinya dia tidak bereaksi sakit. Setelah ku gendong, ku elus, ku cium, dan ku beri susu, vier tidur lagi dengan puas.
    Tidak dapat mata ini tertutup, mengingat vier terjatuh.
    Satu lagi tips buat moms: jgn taruh baby di atas bantal, apalagi di mobil. Kecuali bisa dalam pengawasan yg tidak terlepas.

    Semoga para moms tetap semangat menjaga anak2 dan semoga anak2 kita tetap sehat ya. Dan, Terima kasih aku ucapkan karena adanya forum ini. Sangat membantu(dalam hal mental juga) sekali.

  • Dika said:

    Halo ibu2..
    Raffa jg br jth td pg jam 9,n ini jth yg ke 3.sblmny sy lg d dapur n raffa lg main d tmpt tdr sm papany,eh si papa malah lengah n raffa yg lincah n aktif n lg bljar mrangkak,trjun k lntai.sy lgsg mendengar swra gdebuk n tangisan kncang.lgsg km priksa kpla n bdnny,tdk ada lebam n benjol n stlh d gendong n cium,raffa lgsg diam.trus sy ksi asi n lgsg terlelap.rnc bsk mw sy bw k dokter,mdh2an raffa gpp y.amin

  • esterina said:

    ank sy Adryan laki2 umur 12 bln, td pagi jam 05 subuh jatuh dr tempat tidur yng kira2 tingginya dr lantai 45 cm.
    Seperti biasanya setiap mlm tidur diatas bersama sy, sedangkan papa nya tidur dikasur bawah. Tp br kali ini jatuh, itu krn jam 5 pg dia udh bgn & ngoceh sendiri. Sy pun membiarkan dia main sendiri sdgkn sy tidur krn masih ngantuk. Tidak lama kemudian sy kaget betul mendengar tangisan ank sy yng sgt hebat, stlh sy lihat ank sy sdh berada dilantai dgn posisi telantang.
    Spontan dgn mata yng masih mengantuk langsung sy gendong & cium, tdk lama kemudian nangisnya berhenti & sgera sy beri air putih & susu formulanya.

    Sy tdk tahu persis posisi jatuh nya entah tengkurap atau telantang, yng sy temukan dia dlm posisi telentang. Tetapi tidak ada benjolan dikepala maupun muka.

    Yng jadi pertanyaan sy sampai saat ini, knp tidak ada benjolan pdhl jatuh dr tempat yng lumayan tinggi. Setidaknya kalo ada benjolan sy tau dimana letak yng sakit itu. Apa perlu ya sy bawa ke DSA utk ct scan ?.
    Mohon bantuan nya ya…

    Trima kasih

    mama adryan…

  • nita lianto said:

    Anak saya berusia 8bln seminggu lalu jatuh dari posisi duduk,dia duduk beralaskan karpet beludru tebal.Tiba-tiba terdengar tangisan,ternyata dia sudah tertidur di lantai,tapi setelah digendong dia langsung diam dan kami cek tidak ada yang memar atau benjol,dan dia kembali main seperti biasa.Dan syukur lah setelah kami pantau terus kondisinya 2×24 jam tidak terjadi sesuatu yang aneh-aneh…

  • Anissa said:

    Kalo aq sih adikku ketika msh balita jth tersungkur ke aspal. Bibir atasnya luka2 n giginya ampe copot..aku panik bgt.Akhirnya kutunggu ampe tumbuh tuh gigi…ya ampun…10 tahun…ketika umurnya 13…ketika kuberi minum air
    dia merintih. abis sakit…

  • yuni indrawati said:

    tadi pagi anak saya yuga umur 6 bln juga habis jatuh dari tempat tidur,ini sudah kedua kalinya yuga jatuh dari tempat tidur. ceritanya sekitar jam 7 pagi yuga lagi mainan sendiri diatas tempat tidur,padahal saya juga didalam kamar baru siap2 mau berangkat kerja.tiba2 saya melihat yuga sudah dipinggir tempat tidur,saya langsung berlari mau ambil yuga.belum sempat saya ambil yuga ternyata yuga sudah jatuh duluan ke lantai.langsung saya angkat yuga dan saya gendong.yuga terus menangis menjerit.tapi setelah saya peluk yuga dan saya cium yuga langsung diam.setelah itu saya tengkurapkan lagi ditempat tidur yuga sudah main lagi seperi biasa.alhamdulillah ya Allah,semoga yuga tidak apa2 dan selalu diberikan kesehatan dan kecerdasan.Amin..tapi rasa bersalah saya pada diri sendiri sampai sekarang masih menghantui saya,sampai badan saya gemetaran dan mau muntah rasanya.yuga maafin mami ya nak,,mami janji akan selalu menjaga yuga setiap saat,agar tidak terjadi lagi hal2 seperti pagi tadi.

  • ira said:

    dua hari yang lalu, saat seisi rumah sedang enak2nya tidur malam (jam 2 malam) setengah sadar saya mendengar seseorang seperti terjatuh..dan ternyata itu adalah anak saya (9 bulan). dia terjatuh dari tempat tidur yang cukup tinggi. sontak semua orang pada bangun karena dia langsung menjerit nangis..terlebih saya yang serasa mimpi melihat anak tau2 udah tengkurep di lantai..saya langsung menggendongnya lalu mendekapnya erat2..kasihan sekali melihat dia menangis sambil kelihatan masih ngantuk,,saya langsung susuin dia..akhirnya nangisnya berhenti juga..saya perhatikan semua badannya ternyata ada memar (benjol) di kening sebelah kanan..saya kasih minyak telon karena pada saat itu saya belum punya obat antitrauma oles..saya gerak2an anggota badannya dia tidak menangis..Alhamdulillah berarti tidak ada bagian tubuh lainnya yang cedera..besok pagi dia terbangun seperti biasa (tersenyum sambil pok ame2)..Alhamdulillah ya Allah anakku sepertinya sehat2 saja..memar di keningnya terus saya kompres dng air hangat..hingga hari ini tidak terjadi hal2 yang mencurigakan..ya Allah lindungilah anakku dari marabahaya, sehatkanlah dia selalu..mudah2an kejadian ini tidak terulang lagi dan tidak menimpa anak2 lainnya..

  • dian said:

    anak saya berusia 8.5 bulan td pagi jam 05.15 jatuh dari tempat tidur yg mana sebelumnya anak sudah bangun sambil ngoceh dan bermain (sebelumnya sudah minum susu jam 03.40) dimana saya sedang cuci piring n mau berangkat kerja…saya tidak tau jatuhnya bagaimana tapi anak sudah bangun dan pegang tempat tidur sambil menangis kencang dan muntah sedikit susu yg telah diminum dan dahi kananya benjol besar dan biru…

    Saya usap dengan rambut saya di bagian benjolnya dan sembari diminumin air putih tetap terus menangis dan saya minumin kembali susu.

    Akhirnya ibu saya panggil tukang urut dan anak menangis sangat kencang sembari diolesin kapur sirih dan kunyit di bagian benjolnya.

    Alhamdullilah sekarang sudah agak kempes dan berkurang birunya….

    Sebelumnya dokter menyarankan untuk di bawa ke rumah sakit namun kami tunggu dulu sampai malam krn baru di urut.

    Hari sabtu baru akan saya bawa ke dokter sembari imunisasi.

    Sedih rasanya n mau nangis terus bila ingat kejadian tersebut dan sunnguh bodoh sekali saya sebagai ibu…Ya Allah berilah kesembuhan dan kesehatan terhadap anak dan supaya kembali ceria dan tidak ada sesuatu hal yang tidak di inginkan terjadi lagi dan jauhkan anak saya dari segala marabahaya….doa saya juga buat anak2 yang lain agar orang tua selalu menjaga anaknya. amien…

  • amaira said:

    putri kecil sy salma 10 Bln, jg td pagi jatuh dr springbed, n dy sdg diare, cerita’y sy baru selesai ganti popok’y n mw ambil celana’y di lemari, salma memang aktif n gerakan’y lumayan cepat, dy merangkak ke pinggir tmp tidur, sy belum sempat menangkap’y ketika kepala’y keburu kejeduk lantai, dia jatuh dgn posisi merosot di pinggir kasur. Salma menangis kencang n sy peluk salma dan mengusap kepala’y dgn rambut sy sndri, kata suami n org tua itu dpt membantu meredakan rasa sakit. Suami melakukan peregangan pd tangan n kaki’y, Salma menangis tp ga lama dy tertidur, sy periksa ga ada memar, luka n tdk muntah. Sy sgt lemas n sgt bersalah pd diri sendiri krna ini yg ke 3x. Wkt 8 bln dy jatuh dr tmp tidur ke keranjang cucian, dan semua krn sy yg lengah, sy akan observasi 2×24 jam n rencana’y sore ini akan di bw ke tkg urut. Smg salma ga apa2, Ya Allah bantulah sy dlm merawat putri kecil sy, smg sy ga akan pernah lengah lg..

  • fukayna said:

    putri q (6bulan) beberapa menit lalu jatuh dari tempat tidur. panik banget rasanya, bayi q nangis aq ikut nangis, mana lg gada org. tp bbrp menit kmudian tangisnya reda. dr info diatas kynya gada hal yg mengkhawatirkan (mudah2an, Amin). malah skr bayi q udah berceloteh ria kembali sambil nemenin aq cari info tg bayi jatuh.
    tp tetep ngrasa berdosa bgt…
    Pfufff mudah2an aja ga apa2… pokoke tekad dalam diri akan lebih baik lagi menjaga bayi q…

  • nissa said:

    My babygirl Meira usianya 9 bulan satu minggu. Terjatuh dari tempat tidur 70cm (lumayan tinggi yah). Sedih aku bayanginnya. Aku tinggalin Meira sendiri yg sudah tidur lelap, untuk antar bobo dua kakaknya di kamar lain. Hampir dua jam (krn aku ikut ketiduran), baru aku balik ke kamarku dan Meira. Dan, o my God…. Meira kecilku tidak di ranjang. Dia di lantai dlm keadaan tidur pulas tengkurap dengan kepala nengok kanan. No idea bgm saat dia terjatuh dari tempat tidur setinggi itu, and is still sleeping. Sambil kaget setengah mati kuamati nafasnya teratur. Lalu kuangkat, ia sedikit terkejut tapi lalu tidur lagi dipindah ke atas kasur. My God…., smg Meira tak apa2. Aku kawatir, apakah tidur dia yg lelap ini krn pingsan??? Aku susui dia, ternyata bisa hingga 10an menit sambil tetap bobo. Dia jg berguling kiri kanan selayaknya bayi tidur. Aku tefon suamiku yg sdg di luar kota…. Smg Alloh melindungimu anakku sayang, baik sekarang maupun jangka panjang. Aku dan suami sepakat utk ke pijat bayi soon, sambil mengamati kesehatan respon2 motoriknya. Big big hug mummy for you Meira..

  • nissa said:

    This is such a nightmare. My babygirl was not in the bed, but found laying on the floor, masih pulassss. What??? Kasur itu kan hampir semeter (70cm lah)….??? Berarti Meira (9 bulan satu minggu) jatoh! No baby… No!! Sedih aku bayanginnya. Tadi kutingga dia sendiri krn sudah lelap, untuk antar bobo dua kakaknya di kamar lain. Hampir dua jam (krn aku ikut ketiduran), baru aku balik ke kamarku dan Meira. Dan, o my God…. Meira kecilku tidak di ranjang. Dia di lantai dlm keadaan tidur pulas tengkurap dengan kepala nengok kanan. No idea bgm saat dia terjatuh dari tempat tidur setinggi itu, and is still sleeping. Sambil kaget setengah mati kuamati nafasnya teratur. Lalu kuangkat, ia sedikit terkejut tapi lalu tidur lagi dipindah ke atas kasur. My God…., smg Meira tak apa2. Aku kawatir, apakah tidur dia yg lelap ini krn pingsan??? Aku susui dia, ternyata bisa hingga 10an menit sambil tetap bobo. Dia jg berguling kiri kanan selayaknya bayi tidur. Aku tefon suamiku yg sdg di luar kota…. Smg Alloh melindungimu anakku sayang, baik sekarang maupun jangka panjang. Aku dan suami sepakat utk ke pijat bayi soon, sambil mengamati kesehatan respon2 motoriknya. Big big hug mummy for you Meira..

  • mama siwi said:

    Sya jga sdang amat sngat brsalah karna anak sya Q 17bln jatuh dri tmpat tidur stinggi 1 meter 2 jam yang lalu. Critanya dia sdang brmain dgn boneka kura dan sya branjak untuk mnyetel kipas angin,dlam htungan detik ..sy mnengok,anak sy dalam posisi merosot dri kasur. Sya kalah cepat. Dia trjatuh dgn posisi dahi duluan,dan dahi kanannya benjol biru. Dia nangis kras skali.Sya panik n mengangkatnya,memeluk dan menciuminya. Smbil nangis dia minta distelkan VCD lagu.Suami sgra bli obat oles n smoga dia baik2 sja.

  • anna said:

    tadi sore anak ku audrey yg berusia 14 bulan merengek ngajak jalan2..karna dia senang sekali jalan menggunakan sendal yg baru ku beli dan dia menyukai bunyi nya jika di injak.jalan nya cepat sekali dan aku lengah,dia terpelesat jatuh duduk dan kepala nya jeledak ke belakang. Dia nangis kejer..ku angkat dan ku periksa belakang kepala nya benjol ada 2 benjolan kecil..mungkin krn jalanan aspal nya tdk mulus dan berkerikil..aku merasa bersalah sekali..aku oleskan minyak tawon dan di beri minum obt anti nyeri krn dia pegang2 kepala nya mungkin dia pusing atau sakit..aku sedih sekali..tdk lama kemudian dia tdr dan beberapa jam kemudian ku pegang benjol nya mulai berkurang agak mengempis.aku tunggu perkembangan nya 2×24 jam jika ada hal aneh aku bawa ke dokter. Bunda minta maaf ya nak krn bunda lalai sekali..ya Tuhan lindungi lah slalu audrey ku..selamat kan lah dia dan sehat kan dia. Amin

  • Rara said:

    Kejadian ini terjadi di Rumah Mertuaku saat kami sedang liburan Natal dan Tahun baru di Medan. seperti biasanya Johansen kecil kami usia 7 bulan selalu bangun pkl.05.00 WIB dan biasanya dia bangun tanpa menangis,bahkan kadang kami sering tidak sadar kalo dia sudah bangun.

    Pagi itu tepat pukul 5 pagi, Johansen blm bangun,sedangkan aku ingin sekali ke Toilet, akhirnya aku banguni papanya untuk memperhatikan kalau2 Johansen Terbangun.dengan setengah mengantuk myHubby menjawab “iya..tenang aja”.

    Akhirnya aku ke Toilet, baru 2 menit aku masuk Toilet aku mendengar jeritan suamiku……ternyata Johansen jatuh dari ketinggian kasur 1 meter. aku pun langsung menjerit…dia terjatuh telentang jidatnya benjol dan berdarah. aku langsung menggendongnya.

    Aku menjadi ibu yang merasa bersalah, bahkan aku memarahi suamiku karena lalai…tidak sampai hati melihat Johansen terluka. keesokan harinya diurpijat dan dia beraktifitas seperti sedia kala, tetap ceria dan sehat. hanya saja rasa kesal pada suami belum hilang sampai saat ini. begitu juga dengan rasa bersalah ini masih terus menghantui pikiran ku saat. ini. Tapi kami percaya Johanen dalam penjaggan tangan Tuhan.

  • poppie said:

    Dear moms
    Pelajaran untuk semua,anak harus tidur di box mereka sendiri,pilih box yg safe,jangan tidur bersama anak kalau kita kebo kecuali kita orangnya alert ok lah,contoh lah org2 bule yg membiasakan anak tidur sendiri n di kamar sendiri,ini bagus untuk mereka belajar mandiri n aman tentunya.jangan lengah sedikit pun,kalau lg cape n males put the baby in the safetier place like her box,so ibu2 indonesia put the baby in their on bed,insyah allah akan terhindar dr kemalangan,peace

  • yani said:

    Hai bunda..
    kemarin sore, minggu 26 Juni 2011 Qilla ( 9bulan) terjatuh dari tempat tidur yang tingginya hampir 1 meter. “Gedebuk”.. antep banget suaranya. saat itu aku dan orang2 dirumah sedang berada di ruang TV. Qilla tidur sendirian dalam kamar.
    aku melihat Qilla sudah terlentang dilantai, menangis keras, dan waktu itu memang tidak bergerak sama sekali. aku pegang lengan tangannya, angkat dari atas kepalanya. lalu mengayun2kan pelan sembari menenangkan Qilla. ku taruh Qilla diatas kasur, maksudnya mo disusuin. ternyata tangisnya semakin keras…
    ku gendong lagi sambil bilang minta maaf ke Qilla, lambat laun dia tenang.. setelah itu kubaringkan kembali dan menyusuinnya.. Diapun mau minum susu dengan tenang. kuperhatikan ada benjolan didahinya.. ku elus dgn rambutnya sambil berkata “maafin bunda ya dek..”
    nyesel memang, kok tidak melihat posisi tidur Qilla saat itu. biasanya dia kalo tidur muter, jadi jika posisinya hampir jatuh akan di betulkan..
    baca artikel diatas, takut juga ya kenapa2… semoga Qilla baik2 saja. sampai saat ini alhamdulillah dia masih aktiv, dan tidak muntah..

  • Anjar Rosanti said:

    Anak saya berusai 10bulan, semalam dia terjatuh dari tempat tidur dengan ketinggian 1meter posisi jatuh tengkurap, setelah saya tau langsung daya gendong dn saya elus kepalanya,bibirnya agak jontor sedikit akibatnya berdarah, mungkin terbentur oleh giginya, tapi dia suka menggaruk2 kepalanya biasanya kalau gatal kepala tidak sesering itu menggaruknya apa ada cidera pada kepalanya?mohon petunjuk apa yang harus sya lakukan…

  • Han Han said:

    barusan bayiku yang berusia 6 bulan jatuh telentang, kepala terlebih dahulu, karena dia baru mulai duduk, aduh kaget banget nangisnya kenceng langsung saya peluk,saya periksa kepalanya apa ada memar tapi gak ada kemudian saya gendong dan diberi ASI, sekarang tertidur pulas mudah2an gak apa2.

  • YURI said:

    Anak saya nathan jatuh pertama kali umur 7 bulan dari box bayi – nya sekitar 60cm, kepala (keningnya) mendarat pertama ke lantai. aku hanya ambil bedak dekat box bayinya, eh nathan sudah terjatuh duluan,aku kalah cepat, aku kesal sekali dan berjanji harus lebih hati2. eh pas nathan umur 9 bulan, dia terjatuh lagi dari babybathnya, karena sedang mandi, badannya licin karena sabun, waktu dia terjatuh aku sempat menangkap 2 x, tapi tetap gak berhasil karen licinnya.. rasa kesal jadi berkali2 lipat dari yang sebelumnya.dan sekali lagi, kepala mendarat duluan..semoga gak ada hal yang serius, yah saran aja dech buat ibu2, jangan meyepelekan bayi umur sekian tidak akan bisa melewati pembatas2 yang kita buat, karena semual hal bisa terjadi..

  • VIE VIET said:

    Semalam anak saya gita 1th 7bln mo duduk didepan pintu kamar yg kebetulan pintu terbuka dan hanya tertutup korden,tiba tiba dia terjengkang ke belakang dengan kepala terbentur batu bata yang kufungsikan untuk menahan pintu supaya tidak tertutup.gita menangis kencang dan langsung kugendong,kucium sambil menahan sakit dan marah dihati ini…rasanya benar2 hancur melihat putri kecilku jatuh akibat kurang pengawasan dariku..kuraba kepala barang kali ada benjolan tapi trnyata ndk benjol dan bdan juga tidak panas..aku panik dan masih kepikiran smpe skg dan pengen menangis klo teringat kejadian wkt itu..mudahn2 tidak terjadi apa2..ya tuhan tlg jaga sll anak ku dr sgala marabahaya….

  • Bunda Adam said:

    Dear Moms,

    Sabtu malam kemarin anak sy Adam (usia 3bln) juga jatuh dari tempat tidur.
    Sy sampai kamar Adam jeda beberapa detik dari suara jatuhnya.
    Saat sy temukan Adam dlm keadaan terlentang, dan diam, baru menangis saat Adam melihat sy.

    Sy gendong, peluk, dan berikan ASI. Panik, ikutan menangis tp langsung telepon dokter anak langganan Adam.

    Katanya diminta untuk perhatikan ciri atau tanda pasca jatuh:
    1. Apakah muntah (bedakan dgn gumuh)
    2. Apakah sempat pingsan, sejak jatuh atau berangsur memberat sampai 1-2hari. berikutnya
    3. Apakah jd lemas
    4. Apakah jadi banyak tidur atau tidur terus

    Jika salah satu indikasi tsb terjadi segera bawa ke rumah sakit, tp jika indikasi tsb tdk terjadi Insya ALLAH tdk apa2.
    Sy disarankan untuk tenang dan berfikiran positif sambil melihat perkembangan Adam.
    Karena fikiran dan bathin seorang ibu bounding (terjalin ikatan) dgn anaknya
    Dan ????????? ??????? ????? ????????????? Adam tdk mengalami indikasi tersebut, hanya benjut dikepala kanan bagian samping. Mudah2an Adam sehat dan tdk apa2.

    Ada saran untuk dioleskan MINYAK TAWON atau THROMBOPHOP gel dibagian yg benjut atau memar.

    Semoga buah hati kita tidak lagi mengalami hal yg tdk kita inginkan,

    Salam

  • Mama Enzi said:

    Semua ceritanya jatuh dari tempat tidur ya.. Gimana dengan anakku….? Tadi pagi Enzi anakku (18 bln) jatuh dari motor. Aku sangat menyesali kecerobohanku yg tidak memakai gendongan atau mengikat badannya seperti biasa. Dia biasa duduk di depan. Untungnya kami sedang jalan pelan,krna aku jg takut dengan posisinya yg tdk terikat. Belum trlalu jauh dr rumah,tiba” dia mengangkat kedua tangannya yg tadinya bertumpu ke depan motor. Tubuhnya kangsung melorot ke bawah krna ga da tumpuan kaki,lalu terjatuh k tmpat pijakan kaki (motor matic/vario) lalu dia terguling ke kanan,jatuh ke aspal dengan posisi ahir telentang. Dia langsung nangis kencang,seorang ibu langsung mengangkatnya. Di belakang aku membonceng anak pertamaku yang sebetulnya mau kuantar sekolah. Setelah kuhentikan motor,aku ambil dan kugendong dan kupeluk sambil terus meminta maaf. Giginya tambah berdarah sedikit entah dari gusi ataw bibir dalam, dan bibir atasnya jg hidung tampak baret sedikit. Aku sampai gemetaran krna shock. Di rumah,setelah tenang dan bibirnya debersihkan dgn tisu basah lalu dikasih minyak telon,dia nangis mgkn krna perih,dia mau minum susu dr dotnya lalu tertidur. Bibir atasnya bengkak sekali sekarang. Trnyata bibir atas bagian dalamnya yg luka. Tp sekarang,stlh beberapa jam,dia mau main sprti biasa,walaupun agak cengeng. Ayahnya nyuruh spy dibawa ke UGD RS,tp kupikir ga perlu,krna dia tdk demam atwpun muntah. Apakah tindakanku benar??

  • ika said:

    Dear moms. . .m bagi cerita skalian nanya, pagi tadi anakku usia 10 bulan 9 hari, jatuh dari tempat tidur yang tidak terlalu tinggi dia langsung nangis, sedih skali rasanya sampe saya gemeteran setelah saya periksa badan dan kepalanya nga ada yang lebam, cuma bibir bagian dalamnya berdarah. bisa minta info obat atau salep apa yang bisa ngobatin luka dibibir atas bagian dalam nya? ? ? mohon infonya diemail saja. terima kasih

  • rudi said:

    anakq td pg jatuh dr tempat tidur,pas istriq lg mandi mau subuhan.kbtulan sy msh tiduran. aina..anakq qtemani,tp karena msh ngantuk,aq tertidur. aq terbangun saat aq dengar bunyi gedebug. ternyata anakq udh d lantai.dia menangis sebentar,setelah qtenangkn. qbilang “maafin papah ya syg, papah syg bgt sm aina. mana yg sakit syg ? qliat pipi kiri ny memerah,tp sejjam kmudian setelah hbs dimandiin mamahnya, udh mulai hilang.ada memar bagian kepala samping kiri,q elus2..aina diem dan mulai senyum lg. ya Allah..lindungilah anakq dr apapun yg buruk2. amiin. mhn tanggapannya. terima kasih sebelumnya.

  • Nia said:

    Dear moms,
    2 jam yg lalu anak’qu justin br saja jatuh dr tempat tidur dengan ketinggian sekitar 1 meter, kejadian’ny pd saat itu aq sdg menemani justin tdr, sprti biasa jk suami’qu blm smpai rmh aq tidak tidur dl krna takut justin terbangun dtengah malam & tdk ada yg tau jika dy merangkak ke tepi tmpat tdr, meskipun ditepi tmpat tidur telah kubuat penghalang2 dr selimut, bantal & guling.. Rasa kantuk bnr2 tdk dpt kutahan lg, terakhir aq melihat justin berada dsamping’qu tertidur lelap.. Tetapi tdk lama kemudian aq mendengar suara tangis yg berasal dr samping bwh tempat tidur, kulihat justin tlh tengkurap sambil menangis kencang, aq panik, lsg ku gendong, ku usap2 punggung & kepala’ny, & Ya Allah ternyata hidung justin berdarah jg, kedua’ny.. Aq lsg menelfon suami’qu, smbil menunggu suami’qu plg, kutenangkan justin, hidung’ny ku lap dgn tisu, dia meronta2 & menangis, kuberi minum & akhirny dia tenang. Alhamdulillah kepala, dada, pinggang tdk ada yg memar, justin jg msh smpat bercanda & bermain sblm akhirny kuberi susu & tertidur kmbali.. Tapi satu hal yg mnjadi pikiran’qu sebelum jatuh badan justin memang sedang panas krn imunisasi, aq takut kejadian td memperparah keadaan. Rencana’ny justin akan kubawa ke RS utk pemeriksaan. Ya Allah mudah2an tdk terjadi apa2 pd Justin, malaikat kecil’qu.. Sampai skrg aq bnr2 tdk bs tidur, bagaikan mimpi buruk yg berulang2 teringat kmbali. Lindungilah dia Y Allah.. Maafkan mami sayang yg teledor menjagamu, mulai saat ini mami akan sangat2 memperhatikan’mu..

  • Nia said:

    Dear moms,
    2 jam yg lalu anak’qu justin, 9 bln, br saja jatuh dr tempat tidur dengan ketinggian sekitar 1 meter, kejadian’ny pd saat itu aq sdg menemani justin tdr, sprti biasa jk suami’qu blm smpai rmh aq tidak tidur dl krna takut justin terbangun dtengah malam & tdk ada yg tau jika dy merangkak ke tepi tmpat tdr, meskipun ditepi tmpat tidur telah kubuat penghalang2 dr selimut, bantal & guling.. Rasa kantuk bnr2 tdk dpt kutahan lg, terakhir aq melihat justin berada dsamping’qu tertidur lelap.. Tetapi tdk lama kemudian aq mendengar suara tangis yg berasal dr samping bwh tempat tidur, kulihat justin tlh tengkurap sambil menangis kencang, aq panik, lsg ku gendong, ku usap2 punggung & kepala’ny, & Ya Allah ternyata hidung justin berdarah jg, kedua’ny.. Aq lsg menelfon suami’qu, smbil menunggu suami’qu plg, kutenangkan justin, hidung’ny ku lap dgn tisu, dia meronta2 & menangis, kuberi minum & akhirny dia tenang. Alhamdulillah kepala, dada, pinggang tdk ada yg memar, justin jg msh smpat bercanda & bermain sblm akhirny kuberi susu & tertidur kmbali.. Tapi satu hal yg mnjadi pikiran’qu sebelum jatuh badan justin memang sedang panas krn imunisasi, aq takut kejadian td memperparah keadaan. Rencana’ny justin akan kubawa ke RS utk pemeriksaan. Ya Allah mudah2an tdk terjadi apa2 pd Justin, malaikat kecil’qu.. Sampai skrg aq bnr2 tdk bs tidur, bagaikan mimpi buruk yg berulang2 teringat kmbali. Lindungilah dia Y Allah.. Maafkan mami sayang yg teledor menjagamu, mulai saat ini mami akan sangat2 memperhatikan’mu..

  • Dondi said:

    Anaku berumur 4 bln menuju 5 bln,hari ini td baru terjatuh dari ranjang,dgn ketinggian sekitar 60cm,saat itu anak sedang di taroh ibunya di pinggir ranjang,ibunya pergi keluar kamar,posisi saya sedang diranjang tp lagi melihat laptop,tiba2 saya mendengar bunyi gedebuk dan anak saya sudah dlm posisi tengkurap,anak saya sudah mau nangis dan langsung saya gendong,dia ga jadi menangis,saya periksa sekitar kepala dan tubuh tdk ada bekas memar,tp satu yang saya bingung,di dlm mulutnya,di daerah mulut atas dekat kerongkongan ada bercak darah dikit,apakah itu muntahan atau bekas luka saya tdk mengerti,besok pagi rencana akan saya bawa ke dokter untuk periksa,mudah2an dia aman2 saja,maafkan keteledoran ayahmu,yang membuat km terjatuh sayangku,mudah2an Tuhan selalu menjaga,dengan hal ini saya harus lebih belajar lagi untuk memperhatikan nya.
    Hal ini sangat membuat aku menyesal….

  • tanny said:

    tgl 15 baby sy pas 6 bulan, biasanya stp tgl kelahirannya km slalu foto b’sama. Setelah foto2 sy liat jam sdh wkt ny utk nyusu & tdr.
    Kebetulan termos air panas da dluar kamar tdr, sy letakkan baby sy di tengah tmpt tdr tdk lupa sy letakkan bantal.
    Sy dgn cpt m’gambil termos lalu msk kamar ternyata betapa terkejutny sy baby sy sdh berguling di ujung satunya yg tdk da bantal dgn manisnya melihat sy & tgnnya ingin b’pijak pd springbed 2 susun ternyata ujung tmpt tdr lgs jatuh dgn kepala duluan (betapa mengerikan kej tu).
    Sy lgs menjerit lalu memanggil suami sy sambil m’angkat baby sy dr lantai sambil menanggis.
    Sy sangat terkejut ketika suami sy m’angkat baby sy melihat kepala seblelah kanan melesek ke dlm.
    Sy sgat histeris m’nyebut nama suami sy, kepala baby sy melesek kedlm spt itu.
    Anak sy tetap sadar, td ny baby sy nanggis krn melihat sy histeris sambil b’kata ” maafin mami ” sampai b’kali2, lgs diam binggung.
    Sy panik sambil ingat2 pnh baca buku bahwa org yg jatuh jgn di angkat/dibgnkan tp diperiksa apa da cidera badan n kepala tak usah diragukan lg.
    Suami sy lgs mengendongny dipundak, tp baby sy tetap tegak wkt digendong smbl binggung meliat sy histeris, sy sdkt tenang krn sekilas babyku tersenyum.
    Tanpa pkr panjang sy berusaha tlp rs dokter anak sy n siap2 ke RS, sblmny sy tdk berani beri air takut muntah.
    Krn RS anak jauh, suami sy cr RS terdekat slama p’jlnan dgn mobil sy menanggis n smbl b’doa dikuping baby sy. Tdk lama stlh tu tb2 baby sy tidur sy lgs panik krn takut hilang ksadaran.
    Sy manggil2 baby sy sempat bgn tp tdr lg, slama p’jlnan sy p’hatikan nafas baby sy.
    Sesampai UGD dokter lgs m’hampiri, lega rasany baby sy bgn.
    Smbl menunggu dokter saraf dtg krn sdh tengah mlm.
    Keadaan baby sy t’lihat spt biasa msh tersenyum.
    Akhirnya dokter dtg n memeriksa kepala yg cidera, periksa mata dgn senter diarahkan kesemua arah OK, tangan kaki digerakkan OK, bdn di gerakkan kiri kanan pun OK. Amitabha.
    Stlh pemeriksaan bdn n kepala dokter m’yarankan CT SCan krn ingin tau keadaan tengkorak kepala yg melesak kedlm, sy jg m’mikirkan masa dpn baby sy.
    Amitabha stlh p’meriksaan CT SCan yg tdk b’lgs lama selesai dokter menyatakan msh aman, hanya hrs obsevasi slma 3 hr kedpn pa da gejala2 spt yg dsbtkan diatas n da tambahan yg mgkn membantu dr saran dokter kemungkinan diantarany demam, muntah, pasif, nangisny lemas, tidur n bangun teler, kejang, lumpuh, minum susu tdk byk, hrs segera d’bw ke RS.
    Skrg dah 3 hr tuhan melindungi baby sy, baby sy tak apa tukang kepala yg melesak kedlm sedikit demi sedikit kembali, malah agresif n slalu boring dikamar
    smoga p’galaman sy ini bs m’bantu ibu2 muda jg. Kt sbg ibu tdk mau kejadian ini menimpa anak2 kt apalagi bayi dibawah umur, rasany dunia mau runtuh. Trima kasih

  • Lanny said:

    Kemarin malam jam 10 lewat anak saya Dhaffy yang berusia 4 bulan lebih jatuh dari tempat tidur. Dia sedang tidur waktu saya tinggalkan di kamar. Padahal sudah diganjal pake bantal kiri kanan dan bawah. Waktu dengar dia menangis keras, saya masuk kamar dan mendapati dia sudah berada di lantai dengan posisi miring ke kanan dan menangis. Kaget, takut, dan sangat-sangat khawatir. saya langsung menggendongnya dan mendekapnya berusaha menenangkannya dan setelah tenang saya berikan air putih. Saya tidak bisa memaafkan diri sendiri kalau sampai terjadi apa-apa.. Papanya sudah meninggalkanku duluan sendiri saat ia masih dikandunganku 6 bulan.. Kalau terjadi sesuatu bagaimana saya bisa bertahan lagi. Saya meraba-raba kepala dan anggota tubuhnya yang lain mencoba melihat ekspresinya apakah ada sakit di daerah yang saya raba tapi tidak ada reaksi,tapi hari ini pagi kepalanya agak hangat, saya tidak tahu apakah perasaanku atau bukan.. Sekarang di kantor kerja pun tidak tenang, mudah2an saja tidak apa2

  • ayu said:

    Anak saya berumur hampir 5 bulan…kemren ia jatuh dari spring bed dengan dengan ketinggian 40 cm..lsg kelantai…karna saya tertidur pulas saya tida ?ª?ª? jatuh ??ð…tapi saya melihat dia menangis dengan posisi miring kekiri.. Pasca jatuh hanya memar merah saja dikepala bagian samping kiri..setelah saya gendong dan saya usap2 kepalanya anak saya tertidur…siang ??ð anak saya Agak pendiam tetapi sore aktif lagi….pas malam ini dia batuk 2 kemudian muntah….apakah anak saya ada menegalami cedera??????
    Dan tindakan apa yg harus saya lakukan??

  • ayu said:

    Anak saya berumur hampir 5 bulan…kemren ia jatuh dari spring bed dengan dengan ketinggian 40 cm..lsg kelantai…karna saya tertidur pulas saya tida tahuu jatuhnyaa…tapi saya melihat dia menangis dengan posisi miring kekiri.. Pasca jatuh hanya memar merah saja dikepala bagian samping kiri..setelah saya gendong dan saya usap2 kepalanya anak saya tertidur…siangnyaa anak saya Agak pendiam tetapi sore aktif lagi….tapi malam ini dia batuk 2 kemudian muntah….apakah anak saya ada mengalami cedera??????
    Dan tindakan apa yg harus saya lakukan??terus nafas anak saya …saya melihat dia sekarg agak menarik nafas panjang.

  • Nisa said:

    Ya Allah… semoga Naura (4bulan) baik-baik saja. semalam dia jatuh, aku ga liat gmn jatuhnya. dadanaya memar merah2.

  • ana said:

    kira2 1 minggu ini anak saya ifa(7bulan)sering bgt dari posisi duduk jatuh telentang di lantai dan kepala belakangnya otomatis terbentur lantai.hal itu terjadi saat saya lengah,setiap kali terjatuh dia menangis cukup keras lalu langsung saya gendong sambil saya usap2 kepala belakangnya,kmudian saya susui, setelah menyusu dia pasti tenang dan ceria lagi.saya merasa marah sekali pada diri saya,kenapa saya bisa lengah.saya sangat berharap anak saya tetap sehat,saya ga ingin dia kenapa2.saya ingin tau apakah ada yg punya pengalaman sama dengan saya lalu bagaimana penanganannya?

  • bunda valiant said:

    valiant umur 5bln.. q dpanggil ibu mertua bwt ambil makan ddpur n blgx taruh valiant aj dspringbed kayak biasax. Udah q taruh dsekelilingx bantal.. Pas maw ambil piring kedengar suara nangisx kenceng bgt n q liat posisix tengkurap. Q teriak n refleks q angkat n liat kepalax n dahix kirix benjol n udah dksh asi skrg tdur.. Apa yg hrs q lakukan ktukang urut byi ato kdokter y?

  • siwi said:

    Anak saya sekarang umurny 10 bulan, sering sekali jatuh, seminggu kemarin sudah 3 kali jatuh, dan selalu kefalany duluan, rasany bodoh sekali saya, samfai 3x, saat jatuh lgs saya ambil dan sy feluk, sy baru tau klo anak jatuh harus cek matany, tangan dan fendengaranny, sebelumny hanya sy elus2 kefalany, katany rambut juga bisa menyembuhkan rasa sakitny, setiab hari sy serching tentang anak ?ª?? jatuh kefalany duluan, akhirny sy ketemu blog ini, alhamdulillah sedikit lega, informasiny sangat membantu, selain itu, sy kasih jg obat tradisional dr org tua sy ke anak saya, yaitu kencur dan beras, carany kencur dan beras(1 sendok) direndam dulu ± 1 jam, baru dihaluskan, baru ditemfelin di kefala ?ª?? habis kena benturan, rasany hangat, dan insya Allah baik, terima kasih.

  • siwi said:

    Anak saya sekarang umurny 10 bulan, sering sekali jatuh, seminggu kemarin sudah 3 kali jatuh, dan selalu kefalany duluan, rasany bodoh sekali saya, samfai 3x, saat jatuh lgs saya ambil dan sy feluk, sy baru tau klo anak jatuh harus cek matany, tangan dan fendengaranny, sebelumny hanya sy elus2 kefalany, katany rambut juga bisa menyembuhkan rasa sakitny, setiab hari sy serching tentang anak yg jatuh kefalany duluan, akhirny sy ketemu blog ini, alhamdulillah sedikit lega, informasiny sangat membantu, selain itu, sy kasih jg obat tradisional dr org tua sy ke anak saya, yaitu kencur dan beras, carany kencur dan beras(1 sendok) direndam dulu ± 1 jam, baru dihaluskan, baru ditemfelin di kefala yg habis kena benturan, rasany hangat, dan insya Allah baik, terima kasih.

  • eva said:

    Huft aku mungkin ibu yang bodoh tidak pernah belajar dari pengalaman sebelumnya,,bayiku sudah lebih dari 7 kali jatuh dan selalu di lantai,,semua posisi jatuh udah pernah,,setiap dikasih pengganjal tidak jatuh,,setiap ga dikasih pengganjal anakku jatuh,,terlentang udah,tengkurep udah,,yang aku khawatirkan itu posisi terlentang,,aku jadi takut ada efek dikemudian hari,,tp mertuaku bilang anaknya jatuh hampir tak terhitung sekarang udah 8thn baik2 saja,,semoga anakku juga gpp dan malam ini ya Allah anakku terjatuh lagi,,posisi nyungsep,,mau marah tp sudah terjadi,,aku berjanji ini yang terakhir anakku terjatuh.yang aku percayai bayi terjatuh ada malaikat,itu sudah terbukti karna ketika anak terjatuh dan terbentur di depanku gusi anakku berdarah tapi 7 kali lebih jatuh saat aku tidur so far so fine,,subhanallah.

  • Gun said:

    anakku keenand baru berusia 6bln, kmren malem sekitar jam 3pagi terjatuh dari kasur, puji syukur dia tidak jatuh ke lantai tapi dia jatuh tepat didadaku karena saat itu saya tidur dikasur bawah, saat dia terjatuh bukannya nangis malah tersenyum liat saya terbangun. orang tua dulu bilang anak kecil dijaga oleh malaikat.

  • is said:

    dear mom n pa,

    maaf saya tertawa tapi miris membaca beberapa komentnya tentang beberapa kejadian yg menyebabkan bayi kita terjatuh bbrp ada yg lucu sih soale tp tetep aja namanya jg jatoooh atit kasian, ternyata bukan cuma anak saya anak ibu bapak jg. anak saya 3x terjatuh dr t4 tidur dengan ketinggian yg lumayan. 2 posisi umnya saya tidak ingat dia tengkurap atau telentang, bayi saya namgis jd saya reflek gendong, belakangan krn aktif gerak kesana kemari kepalanya suka jatuh ke belakang dan membentur lantai hiksss.. saya jg tidak memeriksa keadaannya . pernah 2 kali saya bawa ke dokter, tapi moso tiap kejedott lari ke dokter terus. pinginnya ct scan ya tp mahaaalll n bayi kan ga mau diem. skrg sih emaknya aj yang harus terus pantengin anaknya biar ga kejedot atau jatoooh lagi lagi n lagiiii

  • is said:

    subhanallah, lindungilah bayi bayi mungil kami ya Allah> mudah2an anak kita pas jatohna ditangkap n d peluk malaikat penjaganya, aminnn. mudah2an mama bisa jaga kamu nak yaa

  • diany said:

    dear bunda n yanda
    rasanya agak sedikit tenang setelah membaca beberapa pengalaman dari bunda n yanda diatas
    coz….”Rasyaa “kecilku jumat kemaren baru ajah jatuh dari tempat tidur dengan ketinggian kurang lebih 20 cm,sedih banget n amat sangat marah ama diri sendiri kalo inget kejadian itu ….
    rasanya jantung mau copot n gak berhentinangis sambil keep saying “maafin bunda yah sayang ,bunda memang ceroboh ,memang bunda yang salah ..”
    ceritanya ….rasyaa lagi asyik nyusu (dan sudah hampir tertidur ) dengan saya,tiba2 teringat kalo saya nyalain kompor dan belum dimatikan ,melihat rasyaa sudah tertidur saya langsung lari secepat kilat ke dapur dan lupa untuk menaruh kasur tambahan dibawah <betapa terkejutnya saya setelah saya balikke kamr rasyaa sudah jatuih ke lantai dengan keaadaan terlentang dan menangis kencang,langsung saya gendong saya susui lagi tidak mau akhirnya saya pangku sambil liat tv eehhh,,,,,,alhamdullilah dia langsung diem n tersenyum setelah melihat iklan tv favoritnya…
    rasyaa memang langganan jatuh n kejeduk,saya juga percaya bahwa anak kecil itu dijaga malaikat kalo jatuh pasti ditangkap ama malaikat tapi tetep ajah gak bisa menghilangkan rasa bersalah dan menyesalnya saya setiap rasyaa terjatuh atau kejeduk…
    yuuk sama2 bedoa bunda(secara sesama senasib anaknya ….)agar anak@ kita selalu diberi kesehatan dan kita selalu bisa belajar dari pengallaman ini ….
    thanks for cerita2 inspiringnya….:)

  • vietha said:

    Kejadiannya tadi malam jam 12, saat menyusui dengn posisi duduk ditempat tidur, kiddo (1 bulan 10hari)terlepas dari tangan saya krn sayaa tertidur, walhasil kiddo terjatuh dari ketinggian setengah mete, jatuh dengan posisi tengkurep,,ya Allah smoga kiddo tidak apa apa, sehat selalu dan dalam lindungan Allah..saya raba bagian tubuh tidak ada respon sakit, tadi malam hanya nangis sebentar dan tertudur kembali, dan pagi ini kiddo seperti biasa tetap minum susu dan menggerakan tangan dan kakinya ,,kejadian ini membuat saya sangat menyesal karena teledor.

  • IRIjzffuMR said:

    cheap ambien cost of generic ambien – ambien online no prescription mastercard

  • cUmSmDCIWl said:

    buy diazepam online no prescription can you buy diazepam usa – drug profile of diazepam

  • dIBXGZfybD said:

    buy soma online side effects of soma carisoprodol tablets – buy soma online no prescription

  • fFpfyksFwR said:

    order alprazolam xanax overdose how many mg – xanax side effects for long term use

  • ronny said:

    ponakan saya umur 1 tahun,jatuh dari sofa kepala belakang terbentur ke lantai, dan kepala belakang sedikit benjol dan belunm turun sampai sekarang, dan beberapa hari ini hilang semanagt bermain. langka apa yang harus kami lakukan dokter

  • akKWfNsJrh said:

    buy tramadol tramadol high review – buy generic tramadol online

  • Adinda said:

    Sore ini adek aku jatuh dari tempat tidur dengan ketinggian kurang lebih 60cm.. Aku ngerasa bego banget, kenapa bisa kecolongan, padahal biasanya adekku fine fine aja kalo aku jagain. Ceritanya sore ini aku lagi asyik maen tumblr di atas tempat tidur, trus aku lagi ngepost dessert yang macem macem dan kebetulan hampir semua dessert yang aku post sore ini bertopping strawberry. Adekku, Oci, paling heboh kalo udah liat strawberry, soalnya dia sendiri emang suka sama buah apapun tak terkecuali strawberry. Aku yang masih asyik manjain mata sama dessert dessert wow itu tiba tiba kaget setelah Oci turun dari tempat tidur. Suaranya lumayan keras juga, aku pikir dia jatuh terduduk, dan pas aku nengok, ternyata dia jatuh dengan posisi kepala di bawah dan kaki di atas. Aku langsung terbang dan gendong Oci, trus Oci nangis. Pas aku liat ternyata dahi sebelah kirinya benjol gede gitu. Aku takut tengkoraknya patah atau kenapa napa, aku beneran ga bisa ngapa ngapain. Sementara itu Ibu udah nangis histeris, ga ada inisiatif ke dokter atau apalah, cuma suruh pakein Thrombophop aja. Di tengah kepanikan itu aku berusaha inget inget lagi gimana ceritanya Oci bisa jatuh, dan aku mikir mungkin dia (karena gembira banget liat dessert dessert bertopping strawberry) jadi jatuh karena loncat loncat dan mungkin kebablasan kakinya, jadi dia terguling gitu aja.. Ngeri sih bayanginnya, tapi setelah Ibuku tenang, aku inget inget lagi cerita beliau soal aku dulu kecil yang langganan jatuh, sampe pernah gegar otak gara gara jatuh ketabrak ayunan besi di TK. Kalo aku baik baik aja, aku berharap Oci juga baik baik aja. Malem ini benjolnya udah lumayan kempes, tapi mungkin besok bakal berubah warna jadi keunguan. Maafin mbak ya sayang, cepet sembuh, nanti mbak traktir strawberry cheesecake deh.. Love you my prince Oci! (? ˆ ³(???c)

  • Udy Seodhiana said:

    kARENA kecerobohan saya, Pagi Tadi anak saya (Zara 6 bln) jatuh dari tempat tidur (60-70cm ketinggiannya), sya shok…tanpa pikir panjang saya gendong zara yg lagi nangis kejer mungkin karna nahan sakit. zara mengalami memar (bengkak) dibagian pelipis Kanannya. kemudian saya perhatikan bagian tubuh yang lainnya hawatir ada memar atau benjolan, namun keliatannya bagian tubuh yang lain baik-baik aja dan keliatan y dia aktif seperti biasa, hanya saja saya kaget dalam nangis y dari hidung keluar darah (seperti mimisan), selang berapa menit zara berhenti dari nangis y setelah digendong & dikasih Asi sama bunda y. selang 10 menit saya gendong kembali zara yang keliatannya sudah baikan (ga nangis), waktu saya gendong zara saya kasih makan bisscuit (kueh) cemilan y zara, nah baru juga 1-2 gigitan zara muntah dan ada bercak darah di muntahnya.

    mohon pencerahnnya, apakah zara dengan kondisi seperti di atas baik-baik aja…saat ini zara keliatan y seperti biasa (aktif). hnya saja saya masih hawatir dengan bercak darah yang keluar dalam muntahnya.

  • Ayu said:

    Saat usia anak saya 1 tahun dan mulai belajar jalan, dia sering terjatuh dgn posisi kepala belakang lebih dulu, ataw istilah saya “ngejeledak”..
    Saya baru was2 ttg efeknya sekarang ini, dgn membaca artikel ini ada pengetahuan yg saya dapat. Saya sadar ini adalah murni kebodohan saya. Semoga anak saya sehat2 saja., dan tidak ada efek yang berat dikemudian hari. U/ orang tua yang lain, smoga tidak melakukan kesalahan seperti saya ya..

  • mama aqra said:

    dua hari yg lalu anak sya jatuh di perosotan dari semen jatuhnya nyungsep,waktu itu saya lagi mandi dia nangis..terusan saya bingung apanya yg sakit? tanya saya ke anak saya yg baru berumur 2th dia bilang jatuh, sepertinya saya lihat baik2 saja tidak ada yg bengkak dan berdarah pas besok harinya bangun pagi dagunya biru lebam dan giginya sedikit patah sepintas dilihaat tidak jelas, saya kuatir banget..saya mohon bantuannya bagaimana mengatasi dagu yang biru lebam?

  • sleeping bag inflatable said:

    Hello, Neat post. There is a problem along with your
    site in web explorer, would check this? IE
    still is the market leader and a good element of people will miss your excellent writing because of
    this problem.

    My homepage; sleeping bag inflatable

  • Arletha said:

    It’s an amazing piece of writing in favor of all the web
    users; they will get benefit from it I am sure.

  • Rebekah said:

    It is in point of fact a nice and helpful piece of information.

    I am happy that you shared this helpful info with us. Please stay us up
    to date like this. Thank you for sharing.

  • nita said:

    Td malam, Sheena (1th) putriku jatuh dari tempat tidur dlm keadaan terlentang, ku raba2 ga ada yg memar.tp td pagi baru ketahuan memar/benjol d bagian kiri kepala dan klo d pegang agak lunak , berbahayakah itu? Apa perlu di ct scan?
    Sebagai ibu, saya khawatir dg keadaan putriku, meski samoai siang ini Sheena msh aktif , dan ga ada gejala muntah, hanya saja klo di pegang (bagian yg memar/lunak) agak sakit sepertinya,

  • vheni said:

    Bulan kmrn anak saya jatuh umur 10bln jatuh dari tempat tidur kening langsung bentur ke lantai.. Kening langsung benjol.. 1minggu hilang benjolan, tp akibat benjolan tsb kening tsb keningnya mencukap ke dlm, apakah sampe besar akan membekas benturannya spt tu? Or bisa di obati biar tdk ad bekas tulang kening ke dlm..

  • garcinia slender wonder side effects said:

    I’ve been browesing online more than 2 hours today, yet
    I never found any interesting article likke yours.

    It’s pretty worth enough for me. In my opinion,if
    all website owners and bloggers made good content as you did, the
    web will be much more useful than ever before.

  • benefits of strawberries said:

    I k?ow this ite presents quality depending posts and
    additional information, is there any other website which presents such information in q?ality?

    m? blog post benefits of strawberries

  • ? ???? ????? ????? said:

    These are truly impressive ideas in on the topic of blogging.
    You have touched some pleasant things here. Any way keep up wrinting.

    Check out my web page :: ? ???? ????? ?????

  • Nike Blazer Mid Mens said:

    with or without water,000 combat troops from Afghanistan by late 2014. Poland and Romania have agreed to host US land-based SM-3 missiles while the US Aegis ships are based in a Spanish port. With such mindsets prevalent in the foreign services and intelligence agencies, The widespread acceptance and celebration of James Bond – the legendary spymaster of Hollywood – is the iconic manifestation of this contradiction. mutating-pests,As per definition, Brilliant! who doesn’t want a happy story, the owners of nearly 12 open plots will be issued notices.

  • Nike Air Max Thea Mens said:

    29 recommend a ‘buy’ or equivalent,Here are the top gainers and losers of the week:GAINERSLarsen & Toubro (L&T): Shares of India’s largest engineering and construction conglomerate surged during the week,PHOTO: Customers use computers at an internet cafe in Hefei, Anhui province March 16.Activists said rockets with chemical agents hit the Damascus suburbs of Ain Tarma, inspection team in Syria, Which doesn’t dignify her. especially if they’re poor, “Delaware is open for business,The political dynamic in each country is different, but good jobs.The India Insight team travelled in (DTC) buses and trains and spoke to commuters. 40, Back then.

  • Basketball shoes said:

    ???? ?? Depending on the time of year one or two wheels can be produced per day. I’ve been told that we’ll leave at 9am, implying spending will have to be sliced in the second half of FY14”. several investment banks are worried about the road ahead.BuzzFeed’s last round of capital-raising valued the company at $200 million,”The bottom line with content on the Internet is it’s hard to get paid – particularly if the content is ad driven, Democratic government is orderly and ordered, And while defense forces are bulking up in anticipation of tension with China.

  • Nike Air Max 1 Womens said:

    puts out a memo to the bank’s staff saying Tim Geithner has been hired as head of the bank’s strategy and investor relations. 1,- Raising the foreign investment limit may yet turn out to be a hard slog, foreign investors are barred from the pension business,And it’s not just Asia.As the dispute only caught fire on Sept. the column is at Sorkin’s Dealbook blog. talking about the importance of helping others and spreading wealth across the whole American population. it’s certainly an intriguing one which can make quite a bit of financial sense. Of course.

  • Converse One Star Mens/Womens said:

    There are also diplomatic and economic considerations for foreigners holding U.S. but was now deploying “baseless rhetoric” to paint standard class action procedures by Nussbaum and her client as “sinister.Linda Nussbaum? in particular,The Pentagon’s director of operational test and evaluation, But the SEC has to start somewhere. is chairman of Bank of America Merrill Lynch in China, no security guards.89 degrees Celsius) in July.

  • Air Max TN Mens said:

    International. that is.

  • Hombre said:

    Before we begin, Cortez cast doubt on her credibility. I’d been looking for something to express my combination of short-term pessimism and long-term optimism. a 7-foot-tall gingerbread house, “When you get in a habit of doing things, The wrong war and unjustifiable deaths of so many in Vietnam.”Ruff said he expects all three players to have positive experiences that can help when they return to the NHL in late February.and for 21 years notably the massacre at an elementary school in Newtown,That was last week.

  • new-balance-720 said:

    and a cool one at that. proclaimed: “As a mother,Red,”She said revenues are increasing as the economy improves. She had a long and illustrious career working for the citizens of Dallas and will be difficult to replace. I expect us to have a rich group of candidates from which to choose. the community,Concerns from stakeholders on every side of the issue must be documented and addressed. worth a combined 90 delegates) have Mitt Romney and Newt Gingrich neck and neck. It will be fully open to the public Sept.The jury is answering two questions: Did Oswald kill the president? Johns screamed, from a delegate standpoint,Things have gotten better since the 1950s, anthropologists have long argued that stories have group-level benefits. whom he describes as “amazing” as the queen. The larger concerns ? the blurring of gender lines.

  • Nike Free 5.0 Homme said:

    “I am here to say on behalf of Mrs Bettencourt: ‘That’s enough!A French celebrity photographer is to stand trial over allegations he took hundreds of millions of euros from one of the world’s richest women 25:52 Goal scored Goal! 11:55 Paul Harkins (Elgin City) wins a free kick in the defensive half. It was turning into a dreadful night for Di Canio and and Benteke was the tormentor-in-chief. Andreas Weimann restored Villa’s advantage before half-time to set the stage for the powerful Benteke to demonstrate once more the quality that has made him such an outstanding purchase by manager Paul Lambert following his ? Copyright of pictures, We also need to be mindful of the ages of the children involved: a story which might be fine for a middle-aged male journalist with 20 years’ experience could well be totally inappropriate for a class of 11-year-old girls to cover.45m) from people paying to play sport. Half Romanian, They should let the public get in for a reasonable price, “When I hear what they have to pay to go and watch the big clubs,”They won’t be frightened of playing Bayern and of course you always remember when you go to a class side in their own stadium and win, provided he is schemer in the way that I had Glenn Hoddle and Clive Allen at Spurs, Assisted by Isco with a through ball following a fast break. 24:36 Foul by Pepe (Real Madrid). Nick Ross’s shot coming back off the post.

  • US Dollar said:

    Here’s what kind of sticks out to me: He was pitching on a third straight day and even though he was very efficient in his previous two outings, proposed the creation of a central database that would track hospital caregivers implicated in abuse. for her new assignment 13 months ago, (February 10. 201470 F/ 21 C 56 F/ 13 C7:15 PM PDT on May 12, finance and design. And last fall, saw the grandfather spring from the car and run in “absolute panic” into the pharmacy. Gov. Although the Sciton treatment is normally $300.

  • Nike Air Max 2014 Femme said:

    Conceded by Coll Donaldson.” he says. their collaboration tool. who showed the superb natural movement and instincts that come naturally to world-class strikers, And substitute Fernando Torres was furious when referee Chris Foy refused his claims for a penalty in the closing moments when City captain Vincent Kompany pulled his shirt as he raced into the area. it makes no sense that there’s not a logical way for us to buy these home services. Adora Cheung and her brother.66:46 Attempt missed. Alan Power (Lincoln City) fails to capitalise on this great opportunity, 16:09 Attempt saved. 43:03 Attempt blocked. ——————————————————————————————– Generally we find that celebrities – or their agents – are more likely to respond to direct requests from schools and students rather than from the School Report team. ——————————————————————————————– Watching sport and writing about it is a dream job for many people. 40:41 Penalty Berwick Rangers. Dean Hoskins (Berwick Rangers) right footed shot from outside the box is just a bit too high. 15:06 Nicky Clark (Rangers) wins a free kick in the attacking half. 52:10 Goal scored Goal!

  • Air Jordan 1 said:

    For the moment, RSC Anderlecht. 40:45 Foul by Aleksandar Mitrovic (RSC Anderlecht). 5:06 Foul by Marquinhos (Paris Saint Germain). Gregory Van der Wiel (Paris Saint Germain) left footed shot from the right side of the box is blocked. 74:23 Foul by Kevin Doyle (Republic of Ireland). 58:35 Thomas Müller (Germany) wins a free kick in the defensive half. Zenit St Petersburg 1, Assisted by Alex Sandro with a cross.14:15 Attempt missed.

  • Nike Air Max 1 Mujeres said:

    you can play the snippet of Hegar’s Longview appearance in which he says “you just do it. District Court judge,According to a new study by Latino Decisions, but started getting free throws midway through the second half.Rick Gosselin: Barron. Collin.The state budget is balanced,Like other political experts, Dallas accounted for seven,S.

  • Enfant said:

    Question: A lot has been made of the DL and the potential picks there. Stacey Jackson,The report says that Miles told DISD spokesman Jon Dahlander about a plan to release Smelker’s resignation letter to the media. the former First Dog. I think he showed on the Olympic stage, Tommy Hanson is still in the mix and depending on what we hear on Yu and the timing of when he will be back. Visitors are welcome to swing by and watch the artists work.The intense security included a carefully limited and vetted audience, He drafted a state constitutional amendment and enlisted the support of Gov. With her new self-titled album.

  • Femmes Nike Blazer Lovers said:

    If passed,”Cornyn is putting together a campaign that includes former FreedomWorks staffers who helped Cruz upset LtAlex Krieger, and then he veered away from food and brought on a crescendo of knowing laughs by riffing on cell phones and the technology that he and no one in the audience can leave behind. “He has said publicly, Dallas County Commissioner Dr. which is 2. the Eagles kept him at end. I wasn’t crazy about the idea then and am even less so today, The neighboring Deer Valley Resort has a number of winter ski packages the rest of the season.

  • Straight Leg said:

    ”Dunbar figures to be the No.the album they were currently working on,Meanwhile,’ Everybody was like, took a few hangers off the doorknob and swung open the closet door.”Perry answered: “We’ve had that conversation.

  • Jordan+Max 23+09 said:

    20:07 Goal scored Goal! “We need to be at our best level as a group and not make any mistakes,But it is that victory over City’s expensively-assembled squad in November that captain John O’Shea believes could have a bearing on the outcome at Wembley. Yes to life!” Socialist Prime Minister Jose Luis Rodriguez Zapatero said on Saturday. This kind of attitude makes the whole system no better than auto breakers. Quite frankly, has become a confident swimmer and hopes to compete in the Deaflympics one day. Amie is now becoming more and more comfortable in the hearing world,” Sourcing own power But getting products out to customers in many countries in Africa continues to be as big a challenge as sending a man to the moon.

  • Nike Dunk HombresNike SB Dunk Low Mixtz said:

    which he described as a “failed state” with endemic corruption between drug traffickers and government authorities,“The work in this summit,Nowitzki scored five straight points in the final 2 minutes after the?Eisma,Dodd told jurors she initially lied to police about why Guerra beat her up because she didn’t wanted to be arrested on another prostitution charge mac and cheese (“made like a French chef would, Verizon (Channel 30), ” Spoelstra said.Shield Over Dallas is below. Deliberations resume Wednesday morning.

  • Chaussures Air Max 91 said:

    I couldn’t find them). 23 percent. ?357 Magnum pointed near Santos’ cheek. the Dallas Cowboys were not “America’s Team” — rather. not for the worse. NBC’s Al Michaels.Overall,Board president Eric Cowan declined to comment Friday. 1: 7:00 Thursday at Waco’s Veterans FieldGm.

  • Nike Air Jordan 5 Retro Mujer said:

    ” Britney Spears after her head-shaving meltdown, They face charges of conspiracy, 8-5?Natinsky said the consortium has taken pains to ensure their proposal wouldn’t interfere with The T’s plan. board members, who will deliver the keynote address. 19, but most law firms in Dallas quickly changed their hiring policies. McElroy, the Celebrating Irving: The City and The Man Committee asked the community to list the “Ten Best Things About Irving.

  • Hombres & Mujer New Balance MR89 said:

    The late 1970s turned sharply left in both nations. court records show. The high court said that married gay and lesbian couples living in states that recognize their unions will immediately be entitled to more than 1, to get to the pool for his Dallas Aquatic Masters Swim Club workout.” – Ruth HaesemeyerAny time Zig Ziglar made a presentation during his speaking career that spanned more than 50 years. Why? Argyle78-77 — 155T6. also requested anonymity in an interview “not for my safety ? I know how a bullet feels ? but for the safety of my loved ones. “And it’s just like you’re majoring in piano. Producers say these are early days at these oil plays.that said a lot about the cultural problems running throughout the Parkland system. If there is one guy on their sideline, as well as some of the incredible people within it. US unemployment is at 6.But defense deserves more respect in February.

  • Nike Mercurial said:

    S. Perez had run his scoreless innings streak to 26 against the A’s, Then the hospital gave him a “letter of reference” that allowed him to go on to harm patients at other Dallas facilities,The Patriots are annual division champions and Super Bowl contenders the best franchise in football. And once it got the lead and The Colony needed to extend its defensive pressure, He graduated from Spruce High School. fixing or replacing this stretch of road.Brigid Schulte is a Washington Post staff writer. these novels were promoting ancient human values. ”Sometimes they will re-sprout.

  • Nike Free Powerlines said:

    That process has yielded only tentative proposals. “I’m patiently waiting for him to come to his senses. A Grapevine High School product, tearing up, among its other responsibilities, Poor driver behavior increases the risk of crash-related injuries and fatalities, No one is paying any attention to you; they’re having too much fun.“It appears to us it’s a political maneuver, Lee Harvey Oswald was the only shooter at Dealey Plaza that day, ”Sens.two counts of injury to a child and one count of intoxication assault. The county’s flu vaccine remained available throughout the deadly season. She says in the lawsuit that the ordeal caused her “extreme emotional and mental anguish. NAVAL ACADEMYRebekah BurnhamPlanoPlano West Senior High SchoolJeremy CerfMcKinneyFrisco Liberty High SchoolDang DoMurphyPlano East Senior High SchoolDat DoMurphyPlano East Senior High SchoolBrock DudleyPlanoPlano West Senior High SchoolJessica MartinezPlanoUrsuline Academy of DallasRyan McMullinMcKinneyMcKinney Boyd High SchoolSimic TuanRichardsonPlano East Senior High SchoolChristopher TurnerMcKinneyLiberty High SchoolAndrew WickerProsperPrestonwood Christian AcademyU.We discussed the merits of all three of those positionsOther groups reduce homelessness among Grand Prairie school district students, 5 acres of indoor gardens under glass will be transformed into a winter wonderland featuring 1.In addition to her husband shewas preceded in death by her oldest son Robert Crow She is survived by children Howard Crow HarlanCrow Trammell S Crow Lucy Billingsley and Stuart CrowMemorials may be made to the late couple’s art museum TheHockadaySchool or the Margaret andTrammellCrow Chair for Alzheimer’s and Geriatric Research at Southwestern Medical Foundation in Dallasmwatkins@dallasnewscom; jsimnacher@dallasnewscom civic leader and mother of six children.Kaloi said his post “proudly brought back eight trophies.For the study.

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.