Home » Misc, Tips

Mengajari Anak Gosok Gigi

16 March 2012 12 Comments

Diskusi di milis bayi kita

Q:dear moms,
mau sharing juga nih, anaku usianya 33 bln tapi saya kesulitan utk mengajari gosok gigi, gimana caranya agar anak tertarik utk gosok gigi, tks?

A1: mba wahyuni,
aku ngajarin anakku gosok gigi sejak giginya tumbuh 4 biji. memang awal2nya susah diajarin, kadang sampai nangis kejer.
tp terus dikasi tau klo ngga gosok gigi bisa rusak dan harus diobatin ke dokter gigi. dia jg nonton film finding nemo dan ada scene di dokter gigi. dia takut dan ga mau ke dokter gigi. makanya kalau pas waktunya sikat gigi (mandi pagi, mandi sore dan mau tidur) akhirnya kita blg kalo ga mau sikat gigi nanti dibawa ke dokter yg kayak di film nemo. lama2 dia mau…
aku ngajarin sekitar 3 bulan lebih baru dia mau disikatin giginya. kalau dia lagi nangis kejer banget kadang aku stop karena kasian. tp terus aku coba.. skrg siy udah mau buka mulut sendiri dan mau disikatin. anakku sukanya sama spongebob. kebetulan aku dapet sikat gigi spongebob yg bisa nyala2. itu jg membantu bikin dia mau sikat gigi..

mudah2an membantu..

A2:Anak saya dari belum umur 1 tahun sudah dibiasakan gosok gigi, apalagi dia sering melihat kakak dan orang tuanya menyikat gigi. Belikan sikat yang lembut sesuai usia, biasanya merk Oral B ada tertulis untuk usia berapanya. Dan sekarang ini saya suka bilang : gigi nya disikat supaya semut di gigi bersih karena semut suka makan sisa makanan. Anak saya sekarang 2 tahun sudah mengerti dan sudah bisa berkumur dan buang (kumur pakai air matang dan odol untuk Balita

Q: dear moms n dads…
mo tanya nih… baby-ku nadine (2,1 thn) kan udah seneng sikat gigi…
cuma waktu harus kumur2, dia blm bisa buang keluar, pasti ditelen (aku
pake air matang)..
yg aku mo tanyain… bahaya ga ya? hbs aku dah blng “dibuang ya de,
dibuang begini caranya (aku dah ksh contohnya, cuma ttp aja ditelen.)
pls sharingnya ya… coz dia bisa 3 kali sehari sikat gigi (mandi pagi,
mandi sore, jelang tidur malam).
thanks b4.

A: sabar aja ya bu. mungkin nanti lama kelamaan anak ibu akan ngerti dengan
sendirinya. dulu anaku juga seperti itu kok saat menggosok gigi airnya
malah ditelan tapi sekarang sudah bisa membuang air bekas kumur. (tapi
tetap aja masih khawatir jadi masih pakai air matang deh
kumurnya.he.he.he):-) itu semua karena dia kalau mandi suka bareng
tantenya yang berumur 4 tahun jadi saat gosok gigi dia melihat tantenya
jadi suka ditiru deh ma dia cara gosok gigi ma kumurnya. maaf lo bu kalo
ga berkenan.

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

12 Comments »

  • puspa said:

    dear mom saya stress niy de2k 13bulan giginya udh banyak tiap di sikat nangis jadi sekarang cuma pake kain halus n air anget aja di gosok2 di gi2nya..nangisnya itu yg saya ga tahan teriak teriak padahal ga diapa2in..gimana ya sy takut gi2nya rusak soalnya blm pernah pake odol sm sekali..

  • andrias w. said:

    anak saya umur 9 bulan, sudah tumbuh gigi sejak umur 4,5 bln. skrg giginya ada 8 buah, sudah diajarin gosok gigi sejak umur 7 bulan, pakai sikat gigi karet, dan dia sangat antusias, kalau mandi dia sudah pegang sikat gigi sambil meringis nunjukin giginya. permasalahannya sekarang, dia tumbuh gigi terlalu dini dibanding anak sebayanya, dan sekarang gigi depan agak geripis dan kekuningan. apakah ada kaitannya dengan saya yang suka merokok?….
    atau ibunya yang waktu mengandung banyak diberi vitamin oleh dokter kandungan??
    mohon pencerahannya… terimakasih.

  • yossy said:

    Kalo anakku Aqsha 15bln, baru mo tumbuh geraham, ud boleh gosok gigi apa di lap pake kain kasa aja ya, soalnya mulutnya udah mulai bau, makannya udah gak babyfood banget

  • Santosa said:

    Bayi saya umurnya 9 bulan, belum tumbuh gigi. Tapi herannya mulutnya agak berbau, tidak seperti bau mulut bayi kebanyakan. Apakah hal ini normal? Apakah mungkin bayi saya mengidap sakit pencernaan? Jika ingin periksa ke dokter apakah cukup periksa ke dokter anak atau harus dokter spesialis tertentu? Mohon bantuan dan sarannya. Terima kasih.

  • Ablutions said:

    Somehow i missed the point. Probably lost in translation :) Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Ablutions!

  • Aku Biasa - Biasa Aja ! « The Helidda’s (author) said:

    [...] terutama bagi orang tua yang mempunyai anak kecil seperti saya. Tentang pendekatan pola asuh dan pendidikan anak. Artikel yang sangat mengena sekali, secara saya sebagaimana mungkin kita-kita yang lain dulu juga [...]

  • mamafia said:

    Babykoe dah 13 bln nich. Udah mau gosok gigi tapi masalahnya kalo lagi sikat gigi odolnya ditelan, bahayakah?..gimana cara atasinya donk ?

  • Abdul Aziz said:

    As Wr Wb. Mbak, ana mau nanya gimana sih cara gosok gigi yang baik dan benar bagi anak-anak usia SD (7-12 tahun)? Syukron atas informasinya mbak. Wass wr wb.

  • mSgtneLCyf said:

    order tramadol no prescription buy tramadol online fedex delivery – buy tramadol online in florida

  • NprIveremS said:

    valium pills valium 5mg 30 comprimidos – 10mg valium equal 2 mg xanax

  • OkKxStPekR said:

    valium online 10mg valium per day – antidepressant drugs valium

  • Sidney said:

    Greate post. Keep writing such kind of info on your page.
    Im really impressed by your blog.
    Hello there, You have done an excellent job. I’ll certainly digg it and in my opinion recommend to
    my friends. I’m confident they’ll be benefited from this
    site.

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.