Home » MPASI

Menu Makan Bayi 6,7,8 Bulan

19 March 2012 94 Comments

Diambil dari web sehat group

6 bulan – MAKANAN PERTAMA
Yang diberikan:
· ASI/ASI perahan PLUS
· SEREALIA: beras putih, beras merah, havermuth
· SAYURAN: labu parang, ubi jalar, kentang, kacang hijau, labu, zucchini
· BUAH: pisang, alpukat, apel, pir

Yang Belum Boleh Diberikan:
· DAGING & MAKANAN YG MENGANDUNG PROTEIN
· IKAN & KERANG-KERANGAN
· SUSU SAPI & PRODUK SUSU OLAHAN

Tipe:
1.Satu jenis makanan saja
2.Semi cair (dihaluskan atau dibuat puree)
3.Dimasak (kecuali buah tertentu, spt alpukat, semangka dan pisang)

Frekuensi:
Makan besar: 1-2 kali per hari
Cemilan: 1 kali per hari
ASI:kapan saja bila diminta atau formula umumnya setiap 3-4 jam

Porsi:
Makanan: 1-2 ujung sendok teh pada awalnya, bertahap tingkatkan sesuai bertambahnya usia dan minat bayi.

7-8 bulan – MAKANAN SEMI PADAT
Yang diberikan:
· ASI/ASI perahan PLUS
· SEREALIA: lanjutkan pemberian beras merah, beras putih dan havermut. Perkenalkan maizena.
· SAYURAN: asparagus, wortel, bayam, brokoli, sawi, kembang kol, bit, lobak, kol
· BUAH: mangga, pir, peach, blewah, timun suri.
· Biskuit bayi.
· DAGING & MAKANAN YG MENGANDUNG PROTEIN: ayam, sapi, hati ayam, tahu, tempe

Yang Belum Boleh Diberikan:
· IKAN & KERANG
· SUSU SAPI & PRODUK SUSU OLAHAN

Tipe:

1-2 macam makanan
Semi padat (haluskan dgn saringan kawat, puree)
Soft finger food (8 bln+)
Dimasak (kecuali buah tertentu, spt alpukat, semangka dan pisang)Frekuensi:

Makan besar: 2 kali per hari
Cemilan: 1 kali per hari
ASI:kapan saja bila diminta atau formula umumnya setiap 3-4 jam

Porsi:

  • 3 sampai 9 sendok makan cereal, untuk 2 sampai 3 kali pemberian makan
  • 1 sendok teh buah, bertahap tingkatkan menjadi ¼ sampai ½ cangkir untuk 2 sampai 3 kali pemberian makan
  • 1 sendok teh sayuran, perlahan ditingkatkan menjadi ¼ sampai ½ cangkir untuk 2 sampai 3 kali pemberian makan.
  • 1 sendok teh makanan sumber protein, perlahan tingkatkan menjadi 2 sm untuk 2 kali pemberian makan

http://www.sehatgroup.web.id/isiHigh.asp?highID=2

mimimi shirt for baby

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

94 Comments »

  • melly said:

    saya mo brtanya….klo baby udh usia 3 bln,bole gk di kasih mkn tambahan,seperti pisang????
    apa gk mslh dgn sistem pencernaannya??????????
    thanks before

  • Atie said:

    Lbh baik, bayi 3 bulan jangan dulu diberi MPASI. Karena akan sangat berpengaruh terhadap sistem pencernaanya. Pengalaman pribadi, putri ku saat usia 5 bln aku coba kasih makan pisang yang sudah dilumat halus. Ternyata tenggorokannya mengalami radang. Bahkan ada kasus yang lbh parah, anak temenku sampai opname gara2 masalah yang sama. ASI saja sdh cukup utk tumbuh kembang mrk, krn usia 3 bln, sistem pencernaannya memang hny mampu menerima susu aja. Allohu akbar ya??

  • hztee said:

    Usia bayi 0 – 6 bulan sebaiknya diberi susu saja, asi eksklusif kalau bisa, kalau tidak bisa ya susu formula. Kondisi pencernaan bayi di bawah 6 bulan dikatakan belum sempurna, masih belum dapat mencerna makanan padat. Bila dipaksakan akan dapat terjadi pembuntuan usus (ileus obstruksi).

    Demikian.

  • EVA YUSUF said:

    Anak ku berumur 6 bulan, dah bisa makan tuh he….
    Minta donk resep makanan bayi yang alergi susu sapi… Bingung tuh mo ngasi ikan dkk kan ngga boleh, alergi…keju juga ngga bisa…menu makanan yg bisa menuhi protein nya trus kalsium juga ya….
    Oya, minum susu nya kok jadi susah ya sekarang???? Ada tips ngga ya, biar bayi jadi gampang minum susu…
    tx ya….

  • ica said:

    anak ku berumur 4bln lebih bb nya udah 7,5kg aku udah ngasi dia MPASI malahnnya kalo dia susah tidur dg nyenyak klo gak kenyang kira2 bahayakah untuk anak saya!,tapi slama aku kasi MPASI belum ada keluhan tuh

  • erlin said:

    aku kasih saran ya jangan sampai terjadi pada ibu ibu, anakku waktu umur 5 bulan udah eneg minum susu tapi saat itu aku ga berpikir kalo harus aku kasih makanan tambahan, jadinya aku biarkan pernah juga 3 hari berturut-turut minum susu cuma 2 botol padahal biasanya 6 botol sehari plus asi. jadi seharusnya sewaktu anak udah eneg ma susu langsung dicoba dikasih selingan makanan tambahan, tapi bagiku ga ada kata terlambat jadi kira-kira umur 5,5 bulan langsung aku kasih bubur susu biar dia ga bosen ma susu terus. Anakku sekarang umur 7 bulan makannya udah lancar jadi senang.

  • Edison said:

    saya mau tanya apakah anak usia 4 bulan sudah boleh diberi makanan pendamping seperti buah dan bubur susu. mohon sekali bantuannya

  • puji said:

    anak saya usia 5 bulan lebih sudah saya beri makanan tambahan

  • puji said:

    anak saya usia 5 bulan lebih sudah saya beri makanan tambahan berupa pisang sama biscuit

  • puji said:

    anak saya usia 5 bulan lebih sudah saya beri makanan tambahan berupa pisang sama biscuit waktu memberi saya pisang/bsicuit saya lumatkan.alhamdullilah anak saya mau.dan perkembangan badanya pesat.untuk minum susunya mulai sedikit berkurang karena makanan tambahan tsb.sesekali anakku juga saya beriminum air putih.karena setiap kondisi bayi berdeda alangkah baiknya para orang tua memberikan sedikit dulu.karena untuk perkenalan dulu.

  • Menu Makan Bayi « Cermin Sebuah Hati said:

    [...] Sumber Possibly related posts: (automatically generated)Supaya Tetap Segar Selama PuasaZakat FitrahManfaat Bawang PutihDua Kali Sehari, Pola Makan Terbaik? [...]

  • Dini Arsya said:

    anak sy usia 7 bln lbh, skr ini lg agak rewel klo maem, suka di emut, kenapa y? apa karena dia bosan sm menunya? ato karena giginy yg mau tumbuh lg? padahal sy ud berusaha memberi fariasi makanan,..

  • Meiza said:

    buat bu edison,, klo bayi yg asi esklusif sebaiknya ditunda pemberian makanan pendamping asi hingga bayi berusia 6 bln, tetapi jika bayi sudah minum susu formula saat usia 4 bulan sudah boleh diberi makanan pendamping berupa buah pd awalnya dan bertahap bubur,, semoga membantu..

  • chacha said:

    anakku usia mau 7 bulan… saat ini sudah makan bubur susu dan buah saja, plus susu…kalau usia 7 bulan bagaimana ya jadwal makan dan jenis makanannya?

    thanks

  • lili said:

    anaknya ibu chacha beda sebulan sama anak saya, waktu anak saya umur 7 bulan makannya 3 kali, pagi sore bubur, siang buah buahan, kalau anak saya dari mulai makan pertama kali pake tepung beras merah organik, kadang jagung,kacang ijo,atau kedelai organik, karena sudah berbentuk tepung jadi simple sekali ga perlu saring2, kecuali sayurannya waktu 6 bulan, klo sekarang sayuran dan ikan hanya di potong kecil2 sekali, karena sudah masuk makanan semi padat, ternyata menyenanangkan loh membuat makanan bayi sendiri, memang proses memasaknya aga lama dari yang instant, tetapi bebas bahan pengawet pastinya dan anak saya lahap sekali makannya, yang paling disukai anak saya bubur jagung organik

  • arik said:

    babyku umur 5 bulan, aku udh kasi makanan pendamping seperti bubur kok mencret ya??? apa 1 anak sama yang lain itu beda beda pencernaannya ?

  • herna said:

    saya mau tanya..anakku 3 bln.frekwensi kasih susu formula berapa kali ya dalam 1 hari?bagaimana mengatur jadwal nya supaya setiap hari teratur minum susu……..katanya bisa melatih bayi lebih disiplin?tolong ya sarannya.
    tx

  • nania said:

    @arik:ya iya dong bu…anak saya jg gitu.yg kedua lebih tahan perutnya dan gak gampang sakit. cari aja kombinasi dgn membuat bubur sendiri…dari sana akan mudah mencari bahan yg membuat dia mencret. apalagi itu lebih sehat dari bubur pabrik.
    @herna:frekwensi harusnya 0 kali. bukankah umur segitu waktunya ASIX(asi exclusif). jaaaaaauuh lebih sehat dari pada sufor.
    untuk penjadwalan nanti bisa juga dgn asi. tapi saya tak pasti apakah bisa melatih disiplin ato tidak.

  • Viona said:

    Babyku 8bln,maemnya sich lancar tp mnm su2nya susah,sbnrnya hrs brp kali sich minum su2…?

  • Laptop Murah said:

    Cakep bgt. Info ini yg saya cari tuk keponakan tercinta.

    Laptop Murah

  • weni said:

    anak saya umur 4 bulan dah dikasih makan, alhamulillah gpp tuh…kayaknya bayi jaman dulu umur 3 bln malah dah dikasih makan deh…

  • Asnan said:

    apakah berbeda kekuatan bayi lk / pr dalam pemberian makann pndmpng. Dulu anak sy yg pertama (L) ASI full sampai 6 bln tp ketika diberi mknn pndmpng tdk pernh mau dan sdh dicb berbagai mknn, sampai mau mencoba stlh 1,5 th dan sampai skrng mknya susah. Ini yg ke dua (L) umur 2 bln dg tmbhn susu formula krn sepertinya ASI nya saat ini krng bagus (bening)dan bayi srng kmbng kalo diberi ASI. Kira2b 3 ato 4 bln sudah boleh blm dg mkkn yg sicairkan… trims.

  • Bunda Salsa said:

    Dear All,

    Adakah yang tau menu makanan MPASI bayi2 di jepang.. thx

    regards,

    Bunda Salsa
    http://www.sentraibudanbayi.com
    TOKO BAYI MURAH I TOKO PERLENGKAPAN BAYI ONLINE

  • Bunda Salsa said:

    Dear All,

    Ada yang tahu MENU MPASI untuk bayi di Jepang.

    regards,

    Bunda Salsa
    http://www.sentraibudanbayi.com
    TOKO PRODUK BAYI I PERLENGKAPAN BAYI ONLINE

  • kathy said:

    Dear all,

    anak saya umurnya 8 bln 2 minggu, waktu 5,5 bln saya mulai kasih MPASI dan baik-baik saja.
    say coba kasih bubur nasi dengan wortel & ayam tapi tidak diblender, anak saya makan dengan lahap tapi waktu pup saya liat wortelnya masih utuh. berbahaya tidak, terutama dengan percernaannya.

    salam

  • mila said:

    saya cuma mau berbagi info aja, buat ibu2 yang punya baby dibawah 6 bulan sebaiknya hati-hati mending jangan di kasih MPASI dulu deh,lebih baik dikasih susu dulu aja, biar ususnya belajar untuk mencerna dulu,apa salahnya kita ngasih kesempatan supaya ususnya kuat dulu kan dipake seumur hidup nanti. kalo orang dulu usia 3bulan udah dikasih maem mungkin karena makanan jaman dulu relatif aman ya dibanding makanan sekarang yang banyak mengandung zat kimia, tahu aja dikasih formalin. tetangga aku kemaren babynya usia 9 bulan meninggal karena ususnya memar coz udah dikasih maem padat ma ibunya meski belum waktunya. So, tetanggaku kasih masukan ke aku n infonya aku bagi ke semua……biar g kejadian ke kita semua

  • pit pit said:

    bayi saya umur 5 bulan udah di kasih MPASI,karena asi saya udah ga keluar karena sakit,,,kalo cuma di kasih susu formula kasiann…tapi kok mencret yaa……kira kira gimna yaa

  • dewi deneash said:

    makasi saran nya..
    ini keren bgt,
    apa lg wat ibu muda kyk aq

  • silviana said:

    Salam kenal,

    Pertengahn Feb ini baby ku berumur 8 bln, tp sejak umur 6 bln
    Baby ku suda susa minum susu n makan,baik makanan yg sy buat sdr
    Atao beli d supermarket2 tetap sj tdk mao makan, buah2 an pun tdk suka
    Kira2 mngkn ibu2 yg laen bs membantu, tq

  • ayu darmayanti said:

    kalo bayi biasanya cepat ngerasa bosan,mding selang-selingin kasi makanannya.bayiku sekarang umur 6 bulan dari umur 4 bulan dah q kasi pisang n sekarang dah bubur saring n walupun masih 6 bulan anakku dah bisa duduk……perkembangan tiap bayi beda lo buk tapi kita harus tau apa yang bayi suka….

  • arni arlisawati said:

    Salam kenal,.

    baby sy usianya baru 6 bln,saat ini sy baru memberi dia mkn MPASI dari tepung gasol,biscuit farley/ Milna dan pure buah,(melon,pepaya,jeruk baby)oya mo nanya nih, kapan baik nya baby bisa di kasih nasi tim dengan lauk ikan/ati dan sayuran yg di tim ya bu?

  • shari rama sayusni said:

    Menurut sayA lebih baik diberikan setelah bayi berumur 8 bulan coz pencernaannyA dAh belAjar sejAk 6 bulan unTuk mulai makan makanan pdt seperti bibur susu.

  • titie khanya said:

    anak q umur nya sdh 7 bulan skrg cm d ksh bubur susu sm asi sekali2 d ksh biskuit… Apa segitu sdh ckp apa perlu nambah yg lain lg? kr2 mknn apa lg ya?? o iya brt badan anak q skrg cm 6,5 kg.. apa bb segitu termasuk normal?

  • gasol said:

    anak saya ud mo 10 bulan. Sampe saat ini masih makan bubur dari tepung beras. Kemarin pas 9 bln kita coba makan tim, muntah…akhirnya kita tetep kasih bubur tepung. Sebenarnya kapan sih, saat yg tepat utk dikasih makanan semi padat (seperti tim, dsb)

  • wiya haikal said:

    wah kalo dah 10 bulan sih mah anak saya dah bisa makan nasi lembek tuh! coba deh sedikit2 dikasih bubur dulu. takutnya lama2 dia terbiasa dg bubur tepung. pernah ada tetangga kami malah sampai usia 5thn masih makan cerelac. kalo dikasih nasi slalu dimuntahin lagi

  • mila said:

    Anak sy usia 5bln 1mgg, bb 8kg,dr lahir dia susu formula dr usia 4bln sy udh kasi dia bubur instan yg biasa ada di minimarket,dan sy baca petunjuknya boleh kok u usia d bwh 6bln,kl ada anak yg mencret mgk krn daya tahan bayi mmg berbeda..

  • suci said:

    anak saya usia 6bln lbh,,,berat badan dy 7kg,sesuai ga dgn umur dy yg skrg???dan dy makan nya kurang lahap,aq minta resep dunk untuk anakuw itu agar dy lahap makan nya,,,dan dy sudah ga pake ASI,,,dy udah pake susu Formula

  • yadnyawati said:

    anak saya 6 bulan beratnya 8 kg baru dari seminggu yang lalu saya kasi MPASI, boleh gak pagi2 sebelum makan bubur di kasi jus atau buah moho sarannya

  • ibu ai said:

    anak saya sudah 8 bln lbh.saya dah mula bagi bubur nasi, biskut dan makanan tambahan lain.tapi yg jadi masalah,kenapa walaupun dai dah makan banyak dia ttp nak mkn ape saje yg di jumpai walaupun dah kenyang.nampak seperti sedang lapar.padahal baru d beri makan

  • ibnu said:

    he he he
    anakku umur 3 bulan aku kasih bubur sumsum…eh…g tahunya sehari selalnjutnya di opname dikuburan…

  • efendi said:

    klu anak saya sich umurna 6 bln tp masih d kasih bubur susu kadang2 ma biskuit kali..

  • renny said:

    anakq umurnya 7,5 bln, bbnya 7 kg lebih, dah maem bubur instant kadang 2 ato 3 kali, tp minum sufornya skrg ga kaya’ dulu lagi, ga seberapa byk, cuma dibuat mainan, apa karena baru tumbuh gigi y?? & kapan sebaiknya boleh makan nasi tim??

  • anaa said:

    sebaiknya bayi dkasih nasi tim saat umurnya mnginjak 8 ato 9 bln,itu pun bahan mkanan yg mau diolah jadi nasi tim hrus dcuci bersih klo bs drebus dlu utk mematikan kuman2nya,,bayi bagus juga lho bu dkasih jus sprti alpukat,tomat tp dbuang bijinya,jg perasan jeruk baby tp ingat jgn dkasih gula pasir ya bu,ckup dksih madu sdkit klo mau manis….smga bmanfaat

  • ratna said:

    dear….
    anak ku umurnya 6 bulan lebih.. maemnya bagus, tapi aga sulit kalo dikasih pure ya.
    bagusnya gimana?

  • mama kaka said:

    anakku 5,5 bln bb 9,3 kg dari umur 5 bln udah dkasih biscuit, skrng mulai aku kenalkan dg buah (jeruk) ternyata dia seneng bgt dg jeruk, kira2 berefek buruk gak ya bt kesehatan penernaanya?

  • mama kaka said:

    anakku 5,5 bln bb 9,3 kg dari umur 5 bln udah dkasih biscuit, skrng mulai aku kenalkan dg buah (jeruk) ternyata dia seneng bgt dg jeruk, kira2 berefek buruk gak ya bt kesehatan pencernaanya?

  • Evy said:

    Anakku tgl 4bsk pas 4bln brt BB 7.2kg dia cma aQ ksh ASI n tU pun cma payudara sblh kiri ja coz sblh kanan keluarnya sdkt n puting sya yg kanan sensitf mudah lecet kira2 berpengaruh ga ya pd bAbynya?

  • thasa said:

    bayiku umur 7 bulan …makanan yg cocok untuk bayiku usia ini apa ya???minta sarannya dong…

  • caroline said:

    ankQ bru berusia 7 bulan,apa makanan yg boleh n tidah boleh untuk usia anakQ??n peraturan makanny berapa x sehari???tolg kasi sarannya dong….thanks

  • nien said:

    anakku seminggu lagi 6 bulan. lulus ASI exclusive! senangnyaa…krn ak yakin asi is the best! tumbuh kembangnya bagus. udah bisa merangkak dan mulai duduk. BBnya hampir 8 kg. siap2 MPASI dengan menu hari pertama puree alpukat plus ASIP. can’t wait! rencananya minggu ke2 baru ak kasi yang manis spt pepaya, pisang dll….

  • ely said:

    anakku usianya 8 bulan, kalo aku baca artikel di atas belum boleh diberi ikan dan kerang.kenapa belum boleh ikan?? ikan kan juga mengandung protein…

  • Bunda Yunda said:

    Baby sy umur 4bln skrg, dy anak pertama sy. krn sjk lahir ASI sy kurang lancar jd sy sambung pk susu formula dan krn saran dr ortu sy sdh ksh makanan pendamping berupa bubur bayi sjk umur 1 bln. Berat bdn bayi sy meningkat pada bulan ke 2 dr berat lahir 3kg mjd 5.5kg, tp pd bulan ke 3 dan 4 beratnya tetap 5,5kg. Badannya jg jd ga sekenceng sblmnya, sempat sy hentikan pemberian makanan tp dy jd rewel aplgi kl malam tidurnya gelisah, kasihan sy melihatnya. Apakah lebih baik dihentikan saja pemberian Makanan ya? ASI sy sjk usia 3 bln sdh tdk keluar krn satu alasan. Apakah anak sy normal utk usia 4bln berat masih 5,5 kg?? komen dr tetangga2 bikin sy takut kl anak sy kurang Gizi? mhn sarannya. Tq

  • tatipurwanti said:

    mau donk resep2 bikin makanan bayi sendiri di rumah yang sehat bergizi dan pastinya lebih aman di banding harus beli di supermarket +_+ , thank u….

  • erisa said:

    anak saya sudah umur 7 bulan 6 hari tetap ngk mau makan, dikasih bubur, nasi tim, biscuit, tetap ngk doyan, bingung mau bagaimana lagi????

  • tika said:

    bayiku sudah 6 bulan tapi maunya minum susu saja, kurang minat sama makan, harus dipaksa.ada tips khusus ndak?

  • evi said:

    anak sy br 4bln,dia g mau minum su2 asi dr dot,krn sy bekerja jdnya sy tiap hr memerah asi dan d masukan k kulkas,kmudian d angetin jika mau dkasihkn sm bayi..tolong saranya apakah usia 4bln sdh bs dkasih MPASI?dan apakah aman utk pencernaanya?thx

  • vonia said:

    kenapa bayi 6 bulan tidak boleh kasih sayuran seperti wortel, kentang dan daging karena kata dokter bayi 6 bulan sudah bisa di kasih wortel, kentang daging dan ikan yang sudah di blender halus.mohon jawabannya. Thanks

  • arum said:

    dari umur 1 bln babyku aku kssih MPASI malahan klau makan porsinya dikit tidurnya juga g’ nyenyak…… klau juz buah kita tambain gula atau g’…?????????????? makasih

  • toko furniture said:

    KAlau bayi umur 13 bln sudah boleh diberi susu sapi murni?

  • Arum said:

    Anak saya umur 8 bulan lebih.
    Biasanya cuma makan tepung beras merah. Krn udah 8 bln lebih saya coba untuk ganti ke tim tapi dy gk doyan..truz tepung berasnya juga jadi gk mw juga. Jadi skrg cuma susu ja. Gimana yh caranya supaya dy mw makan lg…

  • mamaGassa said:

    Anak saya uda 7 bulan..alhamdulillah perkembangannya sampai saat ini baik..BB terakhir bulan lalu 8,5kg, full ASI eksklusif dan sampai sekarang masih saya berikan ASI disamping MPASI. Selama ini saya juga buatkan bayi saya MPASI sendiri. Bukan buatan pabrik karena saya takut dengan segala macam pengawet dan penyedap. Resep bisa divariasi termasuk macam dan keseringan pemberian MPASInya. Kalo di awal bulan ke 6, saya masih trial tiap hari..semua saya cobakan tanpa dicampur..dari situ ketauan sikecil lebih suka yang mana..selanjutnya kalo dia uda mulai terbiasa, baru saya campurkan..dan sampai sekarang si kecil happy2 aja dengan pola makannya..

  • ILHAM HAMDANI said:

    USIA BAYI KU BARU BERUMUR 5BLN,,TP KALO AKYU LG MAKAN BAYI KOE MLIATIN TERUS KAYA YANG PENGEN MAKAN,,,JD KACIAN MELIHAT NYA. APAKAH BOLEH DI KASIH MAKAN??????

  • Bunda Tsaabita said:

    Trims infonya. Bayiku 8.5 bulan. Sebelum sakit, selera makannya bagus banget. Tpi bbrp hri ini agak susah. Mungkin bosen,untungnya mau maem pisang. Minum ASInya gak selama biasanya. Susu formula juga gak begitu suka. Tpi air putih dia suka banget. So, aku ksi susu pd suapan makannya yg terakhir trus minum air putih. Gimana yaa? Kebutuhan airnya kurang gak ya?

  • Bunda Firzan said:

    good artikel..:)

  • usfina sari said:

    saya mw share bayi sya berusia 8 bln tp koq blm bs merangkak ya. sehari hari saya dah kasih menu hampir sesuai dengan saran penyajian seperti diatas. apa makanan jg berpengaruh cepat ato lambat perkembangan anak?

  • fatma said:

    curhat

    Ibu-ibu aku mau tanya ,anak usianya 7 bulan 12 hari,beberapa hari yang lalu aku memberi dia makan campur daging,apakah itu berbahaya atau tidak???dan yang aku lebih bingung lagi kenapa anak aku tidak mau minum asi lagi,sedangkan aku selalu berusaha untuk memberikan nya,tapi anak tetap saja tidak mau.aku minta saran dari ibu-ibu untuk membantu masalah aku ini.

  • Irvin mom's said:

    Baby irvin skarang dah 7 blan 10hri..bru hri ni qu ksh Mpasi bu2r nasi plus ayam(protein),byam n wortel(vitamin) 1sdk teh myak zaitun(lemak) jd lgkap..qu ksh ni jga krna sran dkter..bb irvn just 7,2kg bb nrmal usia 7bln 8,4kg,bby usia 7blan bleh dibri ayam,daging,ati ayam plus syuran n buah..jgn ikan coz tll tjam..

  • bunda thorif said:

    Mmmmm, mw tnya niy
    Dd Thorif skrng umrny udh 6,5bln, tp sdh mulai d coba mknan pdat 2X p/hr dgn cmpuran bbrpa sayur2an trmsk labu parang…boleh ga ya? Buah 1X n biskuit 1X boleh ga yah?
    Tp mkanny palin hnya bbrp sendok mkn baby aj, sdngkan gerak n aktivitasny dia sangat kuat n lincah apa itu sdh memenui kebutuhanny??
    Nb.Asi exc
    Thx ats p’hatianny n d tunggu jwababny ;-)

  • indah.MD said:

    panjang commentnya yaaa…..baguslah slg share ilmu…
    setiap anak itu istimewa dan berbeda! jgn menyamakan dgn anak yg lain…panduan utk tumbuh kembang sdh jelas (termasuk penjadwalan imunisasi).. asi xc memang yg terbaik dan sebaiknya dberikan slm 6 bulan pertama sebelum diberi MPASI dan dianjurkan jg tetap mnyusui hingga sempurna 2 tahun. namun ad kondisi dmana diperlukan tambhan susu formula ataupun pemberian MPASI yg lbh awal ataupun ditunda dan semuanya atas pertimbangan dokter. penilaian tumbuh (berat.tinggi.lingkar kepala) mengikuti kurva CDC tahun 2000 sesuai standar WHO. sedangkan perkembangan mengikuti grafik DENVER II. (bisa di download dan browsing di internet).
    pemberian makan dan variasi menu dilakukan dgn “seni” yg berbeda utk setiap anak. tapi tetap bertahap (cair…lunak..baru padat). komposisi protein lemak karbohidrat dan mineral intinya harus seimbang dan sesuai kebutuhan anak. cth kalau anak aktif bergerak ad baiknya mnambah asupan karbohidrat seperti komposisi tepung atau nasi lbh banyak.
    utk yg mengalami masalah ada baikny konsultsi dgn dokter krn setiap anak ISTIMEWA & BERBEDA

  • Jean said:

    thanks infonya sangat berguna banget buat sya,ank saya usianya 5bln 1minggu bb 8kg,kta dokter dah boleh di kasih makanan tambahan buat asupan gizi,tdinya anak sya minum susu formula sama asi….
    sya bingung mau ksh tambahan makanannya apa,,,buat pengenalannya…mohon infonya ya…

  • erna said:

    Hai…iktan comment nie,
    baby ku usia 5 bln n tgl 15 bln nie 6bln
    ga sabar dech mo kasi baby mkn,spya tmbah shat n pnter pstiny
    dah siap meu shat bwat anakku ADIKNA.

  • dara said:

    Anakquwh baru 6,5 bln.. Mau kasih kacang kedelai blh ga? Bagusnya di apain yaah kacangnya? Minta resepnya dongs.. Tq

  • rKUTgrsQRQ said:

    buy diazepam buy generic diazepam usa – diazepam 10mg white

  • XLRUGHqULf said:

    is it illegal to buy xanax online buy xanax online from us pharmacy – prilosec xanax drug interactions

  • cRRJABMZCh said:

    buy soma online buy soma no prescription overnight – buy soma pills online

  • MjqPVcWrKd said:

    buy tramadol online buy tramadol from canada – tramadol cheap

  • lYeSJzQaCN said:

    buy xanax online overnight safe to buy xanax online – xanax 2 mg experience

  • NWIHdTQEtO said:

    valium online pharmacy valium effects for recreational use – valium compared to klonopin

  • pendy said:

    malam.. aku pingin tanyak.. anak ku masih sebulan dah di kasih pisang sama mamaknya. namun sekarang dah dua bulan. aku pingin berhenti makan pisang karena ASI na dah berlebihan.. apa akibatnya terhadap bayi klo makanan pisang tersebut di hentikan sesaat sampai berumur 6 bulan, trims

  • usquickloansforyou said:

    bayidananak.com administrator situs web Anda sangat menarik
    fast payday loans

  • http://www.getfitnstrong.com/adjustable-dumbbells/ said:

    Calisthenics (exercises using your have overall body bodyweight) in my opinion gets overlooked in regards
    to its efficiency at developing muscle tissue.

  • download rar password recovery full version free said:

    Hello there, I found your web site via Google at the
    same time as searching for a comparable subject, your web site came up, it appears to be like great.
    I’ve bookmarked it in my google bookmarks.
    Hello there, simply became aware of your weblog via Google, and found that it is
    truly informative. I am going to be careful for brussels.
    I will appreciate when you proceed this in future.
    Many people will likely be benefited from your writing.
    Cheers!

  • nanoo said:

    How can i allow anyone to write on my Blogspot blog?

  • binary trading said:

    Good answer back in return of this issue with firm arguments and describing all regarding that.

  • m88 said:

    Hey! I’m at work surfing around your blog from my new iphone!

    Just wanted to say I love reading through your blog and look forward too all your posts!
    Carry on the fantastic work!

    Here is my web page – m88

  • m88 said:

    Everyone loves it whenever people come tlgether and share
    opinions. Great blog, stick with it!

    Here is my bloog post m88

  • pure yacon syrup reviews said:

    What the heck i just read? The 1st factor is to check with a doctor before making use of this product.
    The extract of Yacon Syrup is accessible such as capsules and products and consulting a physician will give you a very clear comprehension of the belief that will it fit your preferences or not.
    This product typically satisfies the needs of all
    the folks but exclusions are usually there. So, you might want
    to make sure that you are not the main one that can not make use of this product.
    Another thing is concerning the dosage. It is advisable to consult
    your physician about the intake and be special regarding it authentic Yacon Syrup.

    WOW.Nice read here. The best key to precisely how the product
    functions is that it is actually a dual-action diet supplement, which means that it works as being
    an appetite reducing aid plus a “fat burner”. This actually implies that it oxidizes fat units making use of anti-oxidants, and
    also leads to very much more power for you – however ,
    only if know how taking authentic Yacon Syrup in the right style.A
    lot of diet solutions on the market today are created around reving up your fat burning capacity,
    which can be not really healthy for many individuals – and this is
    the reason why more and more decide to order Yacon Syrup extract
    instead.

  • fun788 said:

    It’s very straightforward to find out any matter on web as compared
    to books,as I ound this post at this site.

    My website: fun788

  • porn said:

    Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted
    to mention that I’ve really enjoyed surfing around your blog posts.
    After all I will be subscribing to your rss feed and I hope you write again very soon!

    my weblog – porn

  • sbobet said:

    Fastidious replies in return of this difficulty with real arguments and telling the whole thing concerning that.

  • weight loss Programs said:

    This blog was… how do I say it? Relevant!! Finally I have
    found something which helped me. Appreciate it!

    Here is my blog post – weight loss Programs

  • knights and dragons hack download said:

    I’ve read several just right stuff here. Definitely worth
    bookmarking for revisiting. I surprise how so much effort you
    set to create the sort of great informative web site.

  • {beras organik|beras merah organik|beras hitam organik} said:

    Many thanks for the favorable writeup. The item in reality used to be the amusement bank account the item.. {beras organik|beras merah organik|beras hitam organik} Start looking superior to be able to far more additional agreeable from you finding out! Furthermore, how should we carry on the communication?

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.