Home » Perkembangan Bayi / Anak

Tips Mengoptimalkan Perkembangan Gerak/Motorik Bayi 0-3 Bulan

19 March 2012 41 Comments

Diambil dari booklet bonus ayahbunda

Usia 0-3 bulan

Sampai kurang lebih usia 3 bulan, gerakan refleks yg memang sudah
terjadi pada saat ia masiha da dalam kandungan masih dominan. Ini adalah
gerakan di luar kesadaran si bayi, tidak terkoordinasi dan meriupakan
gerak primitif. Gerak motor kasar ini muncul jika gerak refkleks si
kecil telah hilang. Gerakan refleks yg muncul pada bayi adalah :
Refleks hisap
Perhatikan bila Anda menyentuh putting susu ke ujung mulut bayi, maka
otomatis ia akan melakukan gerakan menghisap.
Refleks genggam
Bila Anda menyodorkan jari telunjuk kepadanya, si kecil otomatis akan
menggenggam jari Anda
Refleks leher (tonic neck refklex)
Pada posisi terlentang, jika kepala bayi menoleh ke satu sisi maka
terjadi ekstensi atau peningkatan tonus (kekuatan otot) pada lengan dan
tungkai sisi tersebut

Rooting reflex
Jika pipi bayi disentuh, kepala akan menoleh ke arah stimulus dan mulut
terbuka
Refleks Moro
Ada satu refleks lain yg diperlihatkan bayi pada minggu-minggu pertama
kehidupannya, yaitu refleks moro. Berebda dengan refleks lainnya yg
termasuk kategori gerakan motor, refleks moro ini menurut para ahli
sebetulnya termasuk reaksi emosional yg timbul dari kemauan atau
kesadaran si bayi.
Refleks moro ini timbul kalau bayi dikagetkan secara tiba-tiba atau
mendengar suara keras, bayi melakukan gerakan refleks, yaitu
melengkungkan badan (bagian punggung) dan mendongakkan kepalanya ke arah
belakang. Bersamaan dengan gerakan tersebut, kaki dan tangan bayi
digerakkan ke depan. Reaksi sesaat ini biasanya diiringi dengan tangisan
yg keras. Tetapi Anda tidak usah khawatir dengan kondisi ini, karena
refleks moro akan hilang dengan sendirinya dalam waktu yg singkat.

Pada bulan ke-2 dan 3 gerakan refleks bayi akan mulai menghilang. Kini
mulai muncul gerak motor kasar. Gerak ini tentu saja lebih terarah,
seperti dapat dilihat pada gerakan otot lehernya. Ia kini dapat
mengangkat kepalanya karena otot lehernya semakin kuat. Bila tengkurap,
si kecil akan mengangkat kepalanya. Bukan itu saja, bila didudukkan,
bayi usia inipun sudah dapat menegakkan kepalanya

Perkembangan Gerakan:
Tangan dan kaki bergerak aktif
Mengangkat kepala dalam posisi tengkurap
Untuk melatihnya, baringkan bayi dalam posisi tengkurap
Dalam posisi tengkurap dapat mengangkat dada (masuk usia 3 bulan)
Untuk melatihnya, Panggil namanya atau bertepuk tangan sambil tersenyum padanya
Kepala tegak ketika didudukkan
Untuk melatihnya, coba sekali-sekali bayi didudukan

(bersambung)

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

41 Comments »

  • juhandi yahya said:

    makasih infonya, anaku (‘Aisy)suka menggerak- gerakan kakinya cepat banget, kaya orang mengayuh becak …

  • ratih wulandari said:

    trims infonya,sama mosya juga sering menggerak-gerakan tangan dan kakinya dengan cepat. umurnya sekarang baru1,5 bulan, mosya memperlihatkan itu setelah genap satu bulan

  • mas cat said:

    ada yang tau bayi mulai melihat umur berapa ya? Dedek BILQIS usianya baru satu setengah bulan

  • zulfa said:

    terimakasi ya untuk informasinya…!!!

  • herna said:

    apakah bayi 3 bln boleh tidur tengkurep?manfatnyanya apa?tx

  • nania said:

    kalo menurut aku 3 bulan boleh aja seh.
    selain untuk berganti posisi, tengkurep juga salah satu cara agar kepala bayi tidak peyang. asal tetep dijaga agar jangan sampai dia gak bisa napas.

  • umay said:

    syukran infonya…..

    waktu ayatillah usia 2 bulan dia suka gerak-gerakkan kedua kakinya kadang seperti mengayuh sepeda ato kadang salah satunya seperti stater motor…

  • Astrid said:

    @ mas Cat:
    Menurut pengalaman, putri pertama saya mulai menunjukkan tanda2 bisa melihat (mengamati sekeliling dengan penuh rasa ingin tahu, terutama pada ayah dan bundanya) setelah 1,5 bulan (tepatnya saat itu 47 hari. Saya belum tahu pada putra kedua saya karena sekarang masih berusia 1 bulan,,

    @bunda Herna:
    Bayi 3 bulan boleh ditidurkan tengkurap, posisi ini sangat bermanfaat untuk terapi mencegah peyang kepala bayi, melatih dan menguatkan otot perut dan leher bayi karena biasanya bayi akan nerusaha untuk mengangkat kepala jika ditengkurapkan, memberikan sensasi atau sudut pandangan baru untuk bayi 3 bulan yang sering terlentang. Dan memang harus tetap diperhatikan
    posisi bayi agar tetap bisa bernapas dan tidak mencederai otot leher jika bayi terlalu bersemangat,,

    Ada lagi latihan untuk mengoptimalkan perkembangan motorik bayi, yakni dengan meletakkan bayi terlentang di atas dada-perut bunda yang juga terlentang pada saat bermain, dengan posisi ini bayi setingkat lebih tinggi dari kita, kemudian dengan mengangkat kedua kaki bayi dengan tangan bunda ketika menyusui, sehingga kaki bayi tidak menggantung,,

  • seo said:

    Bayiku skrg 2,5bln.sdh boleh dicoba tdr tengkurep ga?dia sdh bs angkat kepala walaupun ga lama bertahannya. Waktu tdr terlentang kadang dia seperti tersumbat hidungnya. Tks

  • mita anggaraini said:

    bayiq sekarang menginjak umur 3 bulan,saya coba tengkurapkan tapi bayi saya kalang kabut karna kepalanya belum bisa terlalu untuk ditegakkan dan kadang seperti susah bernapas,gimana cara mengatasinya?

  • erlin septiana said:

    bayiku skr 2 bulan 20 hari, alhamdulillah dah bisa tengkurep sejak umur 2 bulan, udah mulai mengeluarkan suara juga, dah bisa ngasih respon kalo di ajak ngomong ato di ajak senyum…..yang penting aklo kita punya bayi rajin2 aja di stimulasi agar perkembanganya optimal…

  • diyah yoedhistira said:

    Bayiku umur 3 bulan,orang tua saya menyarankan untuk diberi makan biskuit bayi yang diencerkan dengan susu. Sebenarnya boleh tidak bayi diberi makan di usia 3 bulan?

  • arni arlisawati said:

    Bunda-bunda,…

    aku mo sharing sekalian mo tanya, bayi aku evan,bln ini usianya baru 6 bln,alhamdulillah dia pintar dan sehat..
    tp belakangan ini klo dia sedang mimi/ sy susu’in dia, pasti tangan kiri nya pukul2 kepala nya, awal nya sy anggap biasa, sy larang sambil diusap2 kepala nya tp koq jadi kebiasaan yaa.., sy saat ini bekerja,jd kurang mengawasi nya,tkt klo kebiasaan evan sampai besar nanti,. tp apakah itu termasuk gerakan motorik nya?
    terimakasih bunda buat adv nya..

  • bunda_selvi said:

    para bunda aku mau tanya gmana atasi bayi panas di usia 45 hari

  • mama Frentzen said:

    Dear bunda,
    Babyqu usia 3 bln lebih tapi belum bisa tengkurap sendiri ya, terus dilatih tengkurap malah babyna nangis2,padahal kalo ditengkurapin sm dokter ank bisa anteng lebih dri 5 mnt. sy sdh ikutin saran dari dokter agar ditengkurapin dari pagi sampai sore biar gk peyang n kalo muntah cairana gk kena paru2
    Kira2 para bunda bisa kasih tip gk byr baby gk gelisah kalo ditengkurepin?
    Normalnya usia brp bulan ya biar bisa tengkurap sndr?
    Tolong share pengalamna ya bund..:)
    Makasi sblmnya yach, salam kenal

  • QuotaAstoth said:

    Miss California Carrie Prejean Sex Tapes Caroline Michelle “Carrie” Prejean is an American model, author, above Absence California USA 2009 and Absence USA 2009 aboriginal runner-up.Former beauty pageant winner Carrie Prejean really needs to learn how to make an exit. King brought up Prejean’s recent decision to drop a $1 million suit against Miss4 Nov 2009 Carrie Prejean and the Miss California Organization both dropped their lawsuits yesterday, after reaching a settlement .
    Carrie Prejean Sex Tape Streaming
    see more:
    Carrie Prejean Sex Tape Video Free
    8 Sex Tapes Of Carrie Prejean Surface
    Carrie Prejean Sex Tapes -youtube
    Carrie Prejean Sextape

  • Mr. Raaj said:

    Syukron….

  • Esa said:

    klo sy mau tanya, baby Danisy lahir 17 Nopember 2010 kemarin yg berarti sekarang udah 26 hari. Baby Dabisy udah bisa angkat kepala pas ditengkurepin dan kepalanya tegak pas diposisikan duduk. Kadang kakinya reflek jd lurus jd kyk posisi berdiri. Is it ok!?

  • yulie said:

    saya mo tanya, anak saya umurnya 3 bulan lebih 2 minggu, tapi blum ada tanda2 mau miring atau tengkurep. tapi jika saya bantu untuk tengkurep dia sudah bisa mengangkat kepalanya. apakah itu masih sesuai umur dan perkembangannya??

  • dendeng said:

    saya mo tanya anak saya naufal usia 3minggu tiap malam naufal terlihat sulit bernafas dan terkadang disertai suara grok grok dan seperti mau muntah. mohon pencerahannya.

  • sari legmy said:

    bayi sy umur 3bln…
    Kira2 boleh diberi makanan pendamping tdk?
    Biar tdk rewel klo sy tgl krja…

  • sri vivi kasmarleni said:

    makacih infonya, sekarang dedek aini pas umur dua bulan ….

  • winda said:

    Makasih infonya, baby Raushan hr ini tepat 3 bln, tp klo tengkurap blm bs mengangkat kpalanya.

    @ Sary Legmy: Sebaiknya tdk diberi makanan pndamping dlu bu krn usia 3 bulan, saluran pncernaan bayi blm kuat untuk mencerna makanan :)

  • anindita ayu rifahsari said:

    Anak saya si ma’ul,sudah berumur 3 bulan lebih
    Tapi belum bisa atau belum kuat menegakkan kepala nya
    kira – kira kenapa ya???
    apa ada tips agar anak saya bisa cepat mengakkan kepalanya???
    dari umur berapa si bayi bisa menegakkan kepalanya???
    Terima kasih,mohon info nya

  • ummi ata said:

    baby q baru 4 bln, dah mulai bisa tegakin kepala. tapi belum bisa tengkurap sendiri. normalkah? mohon infonya bunda2….

  • Arifah said:

    Dear Bunda,

    Babyku Dzaky umur 4 bulan lebih sekarang. Dia udah bisa tengkurap sendiri dan kalo di tengkurepin bisa angkat kepala. tapi kenapa ya kalo lagi di gendong kepalanyablm bisa tegak / kuat?

    Mohon info dan tipsnya bunda2.. makasih

  • Ma2 tasya said:

    Anak q tanggal 26 besok genap 2 blan,sekarang sudah mulai bisa memiring kan badannya,kepala nya jg sudah mulai d angkt2.

  • yustini said:

    trims imformasinya serta tipsnya
    atas perkembangan bayi usia 3 bulan, karena usia bayiku kini dan esok pagi pas berusia 3 bulan

  • wiwie said:

    dear bunda.
    Baby sy Tivanny skrg baru 3bln, tpi kyaknya giginya uda mo timbul,
    Krna gusi nya udah keluar dan blkangan ini sring rewel.
    Apa bisa yah bun anak usia 3bln timbul gigi, normalkah?
    Makasih,buat jawabannya nnti :-)

  • yuni anggarini said:

    trimakasih…infonya………..

  • rosetta stone german said:

    An impressive share, I just given this onto a colleague who was doing a little analysis on this. And he in fact bought me breakfast because I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the treat! But yeah Thnkx for spending the time to discuss this, I feel strongly about it and love reading more on this topic. If possible, as you become expertise, would you mind updating your blog with more details? It is highly helpful for me. Big thumb up for this blog post!

  • diana said:

    Dear bunda.. Apakah tidak akan menimbulkan masalah pada tulang belakang bayi kalau usia 3 bulan sudah diajarkan untuk duduk? Terima kasih

  • melky said:

    dear bunda..

    saya minta saran dan masukan nya nih bunda,saya baru punya bayi usia 3 minggu, akhir” ini nafasx sesak dan selalu nangis kalau tdk di gendong,,trus kalau mlm setiap 5 menit pasti bangun nangis lg gara” nafas nya terdengar ngek” gitu,seperti susah untuk bernafas,,? apa solusi penanganan nya bunda dan kalau ada obat nya seperti apa ya,,?tlong kirim kan aja infox ke email saya ya bunda, melky_gist@yahoo.com trima kasih,,tuhan memberkati bunda dan semuanya,, amin

  • syahrul said:

    bayi sy suda usia 6 bulan tapi belum bisa menegakkan leher, tapi menggerakkan kepala kekiri kenan bisa,mengangkat kaki juga bisa bahkan tumpuan kakinya untuk berdiri jg suda bisa,tapi lehernya blm bisa tegak…tolong jawabannya. trims

  • rfgtRgPgtZ said:

    order tramadol online tramadol online illegal – online pharmacy uk tramadol

  • nitha said:

    ank sy udh 3 bulan 3 mnggu tp blm ad tnda”

  • I loved this said:

    I have recently started a blog, the information you provide on this web site has helped me tremendously. Thank you for all of your time & work. “Marriage love, honor, and negotiate.” by Joe Moore.

  • oktavia said:

    Anak say 3 bulan 1 minggu belum bisa miring n tengkurap sendiri. Masih suka miring2 aja. Anak saya juga belum bisa mengangkat kepala ketika ditengkurapkan belum 5 menitsudah menangis. Tp tetap saya coba bahkan sudah saya rangsang. Apakah wajar perkembangan anak saya ini. Trimakasih dan mohon solusina

  • bunda rheny said:

    pppp

  • bunda rheny said:

    bund putra kclq sia 4bln blm mau ankt kpl scr tegak? apa y sebabny dan bagaimana crny agar si kecil mau ankt kplny

  • indah lestari f. said:

    bu. bayiku usianya 2bulan 19 hari, lahirnya tanggal 29 juni 2013
    mau tanya sampai sekarang ko bayi saya belum bisa melihat dan mendengar secara jelas.
    terus ngangkat kepala sama tengkurep itu 3 bulan.
    bagaimana caranya melatih (merangsang) agar bayinya cepat melihat, mendengar, mengangkat kepala, dan tengkurep..
    dia sering rewel juga.
    mohon infonya. soalnya saya baru jadi ibu pertama kali dan usia saya 19tahun, suami 21tahun.
    terima kasih..

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.