Home » Perkembangan Bayi / Anak

Tips Mengoptimalkan Perkembangan Gerak/Motorik Bayi 4-6 Bulan

19 March 2012 89 Comments

Diambil dari booklet bonus ayahbunda

Usia 4-6 bulan

Setelah gerak reflek menghilang dan gerak motorik mulai muncul, maka
aktivitas si kecil makin bermacam-macam. Pada usia 4 bulan, misalnya, si
kecil sudah dapat tengkurap dan terlentang, menumpu badan pada kaki,
serta dada terangkat menumpu pada lengan.

Di bulan ke-5 usianya, gerakan beyi semakin bervariasi. Otot leher dan
otot tangan bayi, misalnya, semakin menguat. Ia kini sudah pandai
berputar dengan menggunakan tangannya. Ketika diletakkan terlentang, ia
menggunakan tangannya untuk mendorong dan berguling membalikkan
badannya.

Bukan hanya berguling. Kini kaki si kecilpun semakin lincah
beraktivitas. Ia akan sering menendang, menggeserkan kaki atau
mendorong-dorongkan kakinya. Seiring dengan makin lincahnya gerakan kaki
si kecil, otot leher dan punggungnya pun menjadi lebih kuat. Mulai usia
6 bulan bayi kini mulai belajar duduk tanpa pegangan, walapun untuk ini
ia masih harus dibantu. Dengan bantuan Anda ia dapat duduk selama
beberapa saat.

Pada bulan ke-6 timbul suatu kepandaian lain dari si kecil yg dapat
membuat orang tua merasa “frustasi”. Di bulan ke-6 ini ia mulai senang
melempar dan menjatuhkan mainan atau benda-benda yg ada di sekitarnya.
Terkadang, bayi menangis karena tidak dapat menemukan benda yg dapat
dijatuhkan atau dilemparnya. Kesenangan baru si kecil ini mungkin
membuat anda merasa jengkel karena setiap kali anda memungut benda yg
dibuangnya, seletika itu pula ia melemparkannya kembali. Tetapi
ingatlah, kegiatan ini merupakan cara si kecil untuk mengembangkan
persepsinya terhadap ruang.

Perkembangan Gerakan:
Tengkurap dan terlentang sendiri, Membalikkan badan.
Untuk melatihnya, sering letakan posisi dalam posisi tengkurap.
Bila si kecil sedang tengkurap, balikkan tubuhnya. Atau sebaliknya, bila
ia telentang balikkan badannya hingga ia tengkurap.
Menumpu badan pada kaki bila dipegang pada ketiak (diberdirikan).
Melempar atau menjatuhkan benda-benda yg dapat digenggamnya.
Untuk melatihnya, beri mainan dari plastik yg
dapat digenggam, dilempar dan dijatuhkan, seperti mainan berbunyi yg
tidak mudah pecah, kubus-kubus kayu, cangkir plastik atau bola
Bisa duduk sendiri tanpa pegangan.
Untuk melatihnya, Dudukkan anak di pangkuan dengan
menghadap keluar dan bersandar pada perut Anda. Lalu, pegang mainan
(kerincingan) pada jarak penglihatannya. Usahakan agar si kecil tertarik
sehingga ia berusaha meraihnya. Bila ia tertarik dan ingin meraih
kerincingan tersebut, jauhkan si kecil sedikit demi sedikit sampai si
kecil tidak bersandar lagi.

(Bersambung ke usia 7-9 bulan)

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

89 Comments »

  • shantie said:

    anak saya berumur 6,5 bulan…tapi blm bisa merangkak.kami menstimulasi untuk dapat duduk sendiri.tapi saya takut apakah cara ini benar..dia didudukkan di kasur,kami didepannya..apakah tulang punggung atau tulang ekornya tidak mengalami cedera?

  • Mainan bayi said:

    Saya juga akan melihat posting anda yang lainnya, thanks bro.

  • juhandi yahya said:

    ‘Aisy (masuk 4 bln), kalo nendang2 dia dari umur 2 bulan, tapi kok belum miring- miring ya ? (ditengkurapkan, itu adalah kesenangannya dari usia 2 bulan dan itu sering kita lakukan) tapi dia mudah sekali panas ya? ada hubungannya engga tuh ? …

  • surgazka said:

    anaku skrg usianya 4 bulan alhamdulilah sdh bisa tengkurap sendiri n gerakan anggota badanya pun semakin lincah n aktif….kunjungi blog-ku jg ya…tq info yg bermanfaat

  • yuni dwi purwani said:

    Anakku sekarang 5 bulan..tapi belum bisa tengkurap..beratnya 9 kg..sering saya tengkurapkan bisa angkat kepala..bagaimana ya supaya gerakan motoriknya sama dengan yang lain? apa anak saya kegemukan

  • tri setya said:

    anakku sekarang umurnya 4,5 bulan.dia udah bisa tengkurap sendiri kadang-kadang bisa balik sendiri.gerakannya semakin lincah.tambah pintar mengoceh,bisa nyembur,and bisa ngeluarin suara dalam gituch. cepet tanggap terhadap lingkungan sekitar.

  • dhinamika said:

    anak saya umur 4,5 bln
    sdh bisa ngoceh ,tengkurap,jongkok,cepat adaptasi pada linkungan sekitar

  • Lia said:

    Anak saya umur 5,5 bulan dia juga aktif dan lincah banget, tengkurap dari umur 3 bulan, sudah bisa balik sendiri, ngoceh, sudah pingin duduk kalau mau di angkat badannya. Tangan nya mau mengambil apa saja benda yg di pegang mamanya. Lucunya bisa mata genit.

  • Tuti Yuningsih said:

    Anak saya umur 5,5 dia sudah tengkurap dan berbalik sendiri, dia juga selalu senang bila saya bernyanyi. Sejak usia 5 bulan dia maunya berdiri sambil dipegang ketiaknya, umur 5 bulan apa sudah boleh diberdirikan seperti itu?

  • mamaana said:

    @tuti: usia 5 bulan sebaiknya tidak usah dirangsang utk berdiri. duduk, tengkurap ataupun merangkak justru akan menjadi pengalaman ygn berharga buatnya. kehilangan saat-saat seperti akan berpengaruh terhadap perkembangan anak.
    biarkan dia mengexplor kemampuan dirinya sejak dini

  • mama haikal said:

    Alhamdulillah, haikal sudah bisa tengkurap sendiri dari usia 3,5 bulan..sebab ia sering saya latih dengan membolak-balikkan badannya dari usia 2 bulan lebih. sekarng diusianya yang empat bulan dia sudah mau belajar berangkang dengan mengangkat bokongnya.

  • Bunda Rasyad said:

    Alhamdulillah, Rasyad sekarang sudah 4,5. dari usia 4 bln dia sudah bisa tengkurap dan balik sendiri. Rasyad selalu aktif, dan lincah. sekarang ini dia paling gemar mengoceh… wah suaranya melengking tinggi.

  • ibu dza-am said:

    bunda kalo pengalamanku anak kita jangan sering digendong biasain gitu jadi semua kemampan motorik anak berlngsng lebih cepat. putra pertamaku suka digendong wakt kecil jd agak lambat tapi yang kecil nggak biasa digendong jadi semuanya serba cepat.

  • bunda uni said:

    ezar, 5bln ud bs tgkurp n balik sjk usia 3,5. skrg lg sng2ny brdiri kl dipegang ktiaknya, malahan kl mandi g mw duduk sukany brdiri jga jd ayahny sblm ke kntor hrs ikutn mandiin juga. sukany ngoceh n teriak2, kl ad org mkn ud mo ngroyok aj. kacian bgt ezar blm blh mkn nunggu 1bln lg ya………

  • Visca said:

    Anak saya juga lucu lucunya, baru memasuki bln ke 4 sudah bisa ngoceh
    nonton tv, tengkurap walau masih di bantu, kalau dia lagi kesal teriak”

  • Lisna Effendy said:

    Kevin q mulai Tengkurap dari 2.5 bulan, 3 bulan frekuensinya jadi lebih sering, dari 6 bulan sudah bisa duduk sendiri, 6.5 sudah merangkak, sekarang umurnya 7.5 bulan sudah belajar berdiri dari duduk tanpa pegangan kursi/ sisi tempat tidur. Menurut saya anak hendaknya di stimulasi disesuaikan dengan tahapan kembangnya, karena dia butuh proses pembelajaran, kalau anak tidak meolak atau menagis berarti sudah siap. dari 7 bulan anak saya suka sekali di tetah, atas kemauan sendiri. Walaupun banyak orang bilang nanti kakinya bengkok, tp saya liat kaki nya udah kuat dan kokoh untuk menapak.

  • noerida said:

    Anak sy sdh 6 bln 2 hari, sudah mulai tengkurap sejak usia 4 bln tapi belum bisa berguling2 hanya miring saja, duduk tegak juga belum bisa masih harus dipegangin, tapi sudah bisa melempar mainan dan mencarinya lg..tp jam tidurnya kok jd sebentar2 ya..sy takutnya dia kurang tidur..sebelumnya dia sering sekali tertawa2, teriak lepas dan ngoceh tapi kok skrg jd susah sekali tertawa kalo di ajak bercanda,hanya senyum2 dikulum aja..kira2 krn faktor apa ya?

  • Aditya dwi nugroho said:

    Parvez usianya dah 4.5bln,suka nendang,sukanya gerak terus,dah bs ngangkat2 kepala,tp blm bisa tengkurap sendiri,kalo tdr sukanya dimiringin badanya.Kl tidur mlm sukanya bangun ky g nyaman,aq takutnya dia kurang tidur,trus sukanya ngenyut jari,apa dia pingin dikas4h makan,apa umur 4bln boleh dikasih makan atau bubur bay4.Thx

  • ummu zahra said:

    zahra udah 6 bulan hari ini, dia kuat banget ngangkat keranjang cucian, aktif guling2,ngisep2 kakinya sendiri, udah kuat berdiri tegak bertumpu di kursi walopun cuma sebentar, malah kalau di pegang dia pengen loncat2, ngoceh mulu gak mau diem, kalo bobo udah bisa miring2 meluk gulingnya sendiri, nendang2 benda, meraih dan menggigit2 mainannya, udah bisa tertawa geli dengan suara ahahahahaha….. dan paling marah kalo dipakein baju…fiuuuhhh harus dua orang yg bantuin deh..

  • lia said:

    anak saya 7bln kok blm bisa menegakkan kepala ya? tp kalo di dudukan/digendong menghadap kedepat kepala sudah tega.. badan cuma baru bisa miring2.. tengkurap jg baru 3-4 kali.. mohon bantuannya please..

  • mama abid said:

    Abid usia 4bulan, sejak 1 bulan kl bo2 senang ditengkurapn d dada ma2/pa2nya.. sekarang kl dbantu miring, pasti akan tengkurap sndiri, mengangkat kepala dn melihat2 kemana2, kdg cari susah, nengok2 kebelakang atau mendongak/angkat kepala tinggi2.. kl ada yg nyanyi, akan ikut2 oohh..aahh… senang diajak ngobrol dn bcanda… akan memegang benda2 yg dekat tangannya, memegang2 jari2 tangannya. kl ditaro d tempat tidur, aktif bergerak2, kaki bergerak2 seprti sedang bersepeda… kl tidur pk bantal, tp saat bangun sudah menjauh dr bantalnya…

  • ami hana said:

    anakku 4 bln alhmdlh udah bs tengkurap tp kok blm bs balik sdr ya??normal kn…

  • mama hafiz said:

    hafiz skrg usia 5 bulan, msh ASI ekslusif n ditambah marie susu dicampur susu formula soale klo ASI z dya gk puas,pengen lagi,lagi, dan lagi,,,, n dikasikan dia 2x sehari…
    alhamdulillah… selain dh bisa tengkurep n balik terlentang ndiri, sekarang dya sdh mulai ngangkat bokongnya, palagi sambil ngoceh. ih lucu…. banged…
    yg bikin gemez lg, klo pas tidur… kasur se lebar itu dya habisin sendiri tempate… y terpaksa deh,ayahnya jd tidur di bawah….. *^_^*

  • Bundany Kaleb said:

    Kaleb tinggal 2 minggu lg 6 bulan.Kasihan dah pengen maem,tp masih krang bentar,kan asi ekslusif.O ya… Cuma mau kasi komen kalo asi eklusif g boleh dberi makan n sufor,bahkan air putih juga g boleh,hanya asi aja.Kaleb dah bisa tdur terlentang n tengkurep,ngisep jempol kakiny,belajar duduk.Kalo ketemu orang suka senyum n ketawa lebar.

  • Mama zizan said:

    Anakku dr 3 bulan lebih sdh belajar tengkurap, lehernya blm kuat g bs balik lg m posisi baring, suka kesal marah sendiri kalo g bs balik lg, sy bantu balikin posisinya. 4 bulan udah bs tengkurap bolak balik sendiri. Skrg USIA 5 bulan tengkurap mengangkat2 pantatnyA bertumpu d kaki. Kynya mau bljar duduk tp blm bisa. Mau tanyA ankku sk keringatan banyak d kepala, terus sekarang sk teriak2 keras sekali. Wajar g ya…..apa yg harus sy lakukan, thank’s

  • mama ibe said:

    Anakku umur 6 bulan lebih, dia sudah bs tengkurap bolak balik sendiri. juga sdah bs memegang benda & menjatuhkan sendiri klau mainanya sy ambil dia suka menangis. kl dipanggil namanya sudah noleh k orang yg memnggil.juga suka tersenyum terbahak bahak kl di goda.dia juga suka teriak2 kdg ngoceh sendiri dan sdah bisa blg mama n maem…dia juga sudah bs mengangkat pantatnya dan suka mundur.banyak keringat juga. kr2 perkembangan anakku gmn y?apakah cepat at lamban?

  • mama rahma said:

    anak saya umurnya sudah 4 bulan lebih 2 minggu kenapa belum bisa tengkurap sendiri ya? tolong bagi tips dong biar anak saya cepat bisa tengkurap sendiri

  • mama dafi said:

    Dafi umur 2 bulan udah bisa diajak bercanda klo digendong nggk mo gendong bayi gitu jd aq gendong kepala diatas bahu ky’mo disendawakn br d dia tenang..n umur 3 bulan kepalanya udh tegak apalag klo lht tv he2 skrg umur 4 bln tengkurep n cpt balik lg aplg dinyanyiin sukanya minta ampun kaki n tanggannya gerak2 terus ky’mo joget lucu banget…tapi yg jadi mslh kok nyusunya dikit2 y klo 1 botol bs ampe 1 jam waduh..aq takut bayi ku kurang gizi gmn donk solusinya moms??

  • timo said:

    Anak saya Owen umur 3.5 bulan sudah bisa tengkurap. Sejak umur 2.5bulan kakinya suka menendang-nendang dan aktif. Sekarang dia suka berdiri dan loncat2 sambil dipegangin. Frekuensinya cukup tinggi. Menurut teman hal ini berbahaya bisa menyebabkan kaki bayi berbentuk O. Apakah benar? Bagaimana menyiasatinya karena dia sedang asik-asiknya loncat-loncat

  • Nauli said:

    Baby Kay aq dari mulai usia 2 bulan lewat 3 minggu sudah bisa tengkurep sendiri karena dari usia 2 bulan sudah miring – miring, usia 4 bulan sudah ngoceh kalo saya atau neneknya nyanyi kadang ikutan nyanyi…:) sekarang seneng banget tengkurep dan rebah sendiri

  • Yutini said:

    putra sy sudah 7bln..udah mulai bljr merangkak wlw msh pke perut.
    Dia pgnx brdiri n loncat2 klo lg dipegangin,maunya ngeraih benda yg dia liat..tidur pgnx meluk guling..kira2 anak sy perkembanganx normal nda ya ?

  • uni said:

    anak sy sdh 6 bln tpi susah skali diajak main pasti pandangannya bukan ke kita tp di tempat lain tlg bantu dong

  • maya said:

    anakku lima bulan 3minggu, bisanya masih miring2 kalo mau tengkurang harus dibantu n kepalanya belum bisa tegak. Timbangannya skrg 8.5 kg. tlg beri sarannya gmn spy anakku cpt bisa angkat kepala. Anakku msk asi exklusif.

  • gek diah desi sentana said:

    anak saya sekarang 4bln, belum bisa tengkurap sendiri. tapi geraksn kaki dan tangannya tidak ada masalah. dia sudah mulai memegang benda2 disekelilingnya. apakah ada pengaruh ketika lahir dia sempat suspec sepsis dan DB?klo sampe umur 5 bln blm bisa tengkurap sendiri, stimulasi apa yng harus saya lakukan?trima kasih.

  • bunda pangga said:

    ah…ibu2……anak pertama nih,, usia nya 4 bulan 25 hari..BB nya pas tgl 3 november kmrnn 7,2. asiX smpe skrng. sejak 4,5 bulan dah bisa tengkurap sndiri. bulan2 sebelumnya jg sering saya latih sih,cm agak ga tega liat ekspresi muka nya. 4,5 bulan ntu termasuk lambat ga ya?

    dia aktif dan suka mengoceh sndiri. malahan sering sampe teriak2. apa emg bgtu?
    untuk stimulasi sy ajak bermain dgn boneka atau rattle, dan dia mau memegang sndiri. saya sering ajak bicara dan nyanyi. respon nya jg bagus.atau stimulasi dr sy masih kurang??

    berhubung anak pertama ditambah sy mengurus sndiri krna ibu sy dah almarhum jadi sy mohon masukan dr ibu2 yg sudah pengalaman.

    tx,,

  • Ibu Nathan said:

    Anak saya umur 3,5 bulan sudah bisa miring-miring dan tengkurap tapi masih belum bisa balik telentang sendiri. Gerakan aktif,kaki suka menendang, kalo mandi suka nendang-nendang kayak mau loncat. Beratnya pas usia 3 bulan 6,2kg. apakah berat ini termasuk normal ?

  • Bunda Nabhan said:

    Anak saya sdh masuk usia 4 bulan… setiap pagi dia rajin membangunkan ayah dan bundanya… dan akan triak2 klw ayah dan bunda ga bangun2… dia msh belajar tengkurap, gerakannya sangat lincah, tp sayang ia senang sekali memasukan jari2nya kedalam mulut, sering kali membuat mulutnya terluka,jd kasiahan lihatnya:(

  • irma said:

    anak saya umur 6.5 bulan sudah bisa duduk dan berdiri sendiri apa kah bsar nanti bisa bongkok mohon jawabannya

  • iema said:

    anak saya umur 4 bln kurang 10 hari. jam setengah 4 pagi udah bangun dan ngoceh2 sendiri. dia masih bisa miring2, blm bs tengkurap. tp sayang dia senang sekali memasukkan jari2nya ke dalam mulut…..

  • umi inun said:

    alhamdulillah usia 4 bulan bayhaqi dah bisa tengkurap sendiri.tapi sebenernya dari umur 1,5 bulan dah dilatih.ditengkurapin beberapa detik.senang berdiri,menangkap benda yang diletakkan didepan atau disekitar tempat ia tidur.suka ngoceh apalagi kalo diajak ngomong.kalo kebetulan ada orang yang ngobrol di depannya ia ikutan ngoceh.bay juga sangat memperhatikan lingkungan disekitarnya, bahkan bisa tertawa tergelak-gelak melihat anak-anak yang bermain didepannya.dapat merespon suara yang didengar dan sudah memiliki jadwal rutin.senang memperhatikan benda atau makhluk yang bergerak misalnya mainan kincringannya,melihat abi-nya berangkat kerja sejak turun dari rumah sampai hilang dari pandangan,melihat ayam dll.oya,bay juga senang jika sedang saya pijat sebelum mandi.saya berusaha mengoptimalkan tumbuh kembang si bayhaqi dengan sering membaca artikel2 ataupun bertanya kepada dokter,bidan atau perawat.saya berusaha dapat memberikan yang terbaik untuk bayi mungil kami.

  • PUSAT MAINAN EDUKATIF said:

    Bermain sambil belajar dengan anak / keponakan tercinta lebih menyenangkan dengan mainan edukatif yang cat dan tinernya non toxic dan bersertifikat sucofindo sangat aman untuk anak2. Yuk, mampir ke http://www.facebook.com/media/set/?set=a.1978687185234.2102312.1184774444
    Tersedia juga SOFTBOOK atau BUKU BANTAL, BABY PLAY GYM, CD EDUKASI, BONEKA TANGAN dan BONEKA JARI.

  • eadyn ayahnya falestine said:

    anak pertama saya falestine umur 4.5 bln.udah bs tengkurap ngoceh ketawa geli,n matanya udah bs ngerespon sgl sesuatu yg ada d skelilingnya.klo dia tdr hrs miring n meluk dia punya guling.dan dia ga bs tdr klo ga dngar musik

  • Dewi Anugrah said:

    Anak saya panggilannya Iffa dan baru berumur 3,5 bulan, dia sudah bisa miring2 mau tengkurap, klo saya tengkurapkan, klo iffa sudah merasa capek iffa langsung terlentang dengan sendirinya…iffa sudah bis ngoceh sejak usia 2 bulan, ketawa geli,dan suagh bisa diajak interaksi memegang mainan, jika mainannya diambil….iffa langsung teriak2(mainannya gk boleh diambil).

  • bahri-jepara said:

    makacih infonya, salam kenal…

  • Mama Noah said:

    Waktu umur 3 bulan anak udah bisa tengkurap, sekarang umurnya 4 bulan pergerakan kaki2nya semakin kuat & lincah..dan dia udah bisa memang botol susunya sendiri. Duh senaangnya.. Ku lihat gusinya mulai bengkak mungkin pertanda mau tumbuh gigi kali ya..Senangnya melihat pertumbuhan anak dari hari ke hari dan anakku semakin cerdas..

  • rafa said:

    Putra ku baru umur 3 blan dh bs godain cwek… luar biasa…

  • Bunda Rena said:

    Ank sy bru msuk 4bln. Apa bleh diajari brdiri?
    Ada pengaruhny ga sm kakiny?

  • umiy punya de' hanif said:

    hanif ku 4bln, blm bsa tn9kurap sndri, dia sering bgt tidur, beratnya 6.5kg. .
    waktu mlhrkan kplanya jtuh

  • riza said:

    anakq darish,hari ni november 2011 umur 4 bulan 8 hari,belom bisa tengkurep sendiri,,masih suka miring2 hampir tengkurep,,jadi masih dibantu untuk tengkurepnya,,dulu suka ngoceh2,,tapi akhir2 ni cuma senyum senyum aja,jarang ngoceh lagi,padahal ipar saya,2,5 bulan uda ngoceh n nyaring banget,,apa anakq masi normal,,apa yang bisa saya lakukan,,???apakah ini pengaruh prematur karena anakq lahir 8 bulan kurang 10 hari,,,mohon bantuannya,,terimakasih.

  • renathan said:

    babyq renathan uda 3 bln 8hr belon bs miring ato tengkurap. tp kalo dibantu miring gt lgsung dee tengkurap ndiri, uda ngoceh2 si,kakinya jg uda kuat nendang2nya.normal gk si prkembangannya?

  • lina said:

    anak ku umur 3 bulan 20 hari,tapi sudah bisa tengkurep sendiri….dan kadang dia pengen duduk klo digendong,,gmn dengan tulang belakangnya apakah hal itu baik baik aja?

  • chely said:

    anakku hr ini berusia 4 bulan 10 hari..sudah tumbuh 2 gigi sejak usia 2 bulan..alhamdullillah sekarang udah bisa tengkurap dan sekarang sdh bisa merangkak sedikit demi dekit tp merangkaknya mundur. anakku lucu sekali..

  • dhede said:

    Saya dhede anakku umur 4bln dia brt badanx 5,8kg tu pas apa msh krang y,,?

  • INO said:

    bunda bintun :
    anaku sekarang umur 4.5 bulan, ngoceh,sering masuki jari kemulut,suka gemes kalo liat gambar2 lucu,teriak2 ,udah bisa tengkurep sendiri tapi belum bisa balik sendiri, tar bisa cepat ga yah balik telentang?

  • sri mayunita said:

    anak saya sekarang brusia 4 bulan da mulai telungkup
    gigi nya da mau tumbuh …

  • febby said:

    anak saya skrng umur 3 bulan 3 minggu,,udh bisa tengkurap dr umur 2 bulan,,,skrng kepala ny udh tegak,,tp qo ga lurus ya stiap dy angkat kepala ny jdi miring gtu berat k kanan kaya ny kepalany,,,apa blum wktu nya ato ada yg salah dr leher ny ya ?mohon masukan donk dr ibu2 yg berpengalaman,,anak pertama soal ny jdi saya bingung ni,,mohon dibantu ya

  • lutfi said:

    Alhamdulillah, anak saya nahila dalam usia 6 bulan sudah bisa merangkak …… bahkan nahila sudah bisa berkonsentrasi melihat tayangan brainy baby atau nyanyian lagu anak , sambil duduk di kursi rodanya….sebaiknya dalam jarak berapa meter posisi anak dengan televisi? apakah jika sering melihat tayangan tv tidak akan merusak mata anak?

  • mama gaby said:

    Putri saya umur 3,5 bln sdh bs tengkurang,sdh mulai ngoceh dan menendang2 dr usia 2 bln. Skrg lg seneng2nya tengkurap,klo digendong pun hrs dibediriin,klo mandi ga bs diam,kecipak kecipuk smpe basah semua lantainya.. Lg lucu2nya deh ngeliatnya gemes,skrg dia 7kg pjg 65 cm,asi ekslusif. Utk ibu2 yg anknya blm bs tengkurap smpe usia 5 bln,jgn panik dan jgn ga tegaan sm jgn digendong terus,yg penting ankya hrs sering dilatih,ditengkurapin,selama dia ga nangis berarti dia baik2 aja,pas ditengkurapin jg panggil namanya smbil tepuk tangan atau pegang benda2 yg mengeluarkan bunyi spy dia tertarik dan menegakan kepalanya.. Ank sy klo dipanggil namanya selalu tersenyum lebar.. Semangad deh buat ibu2..

  • sigit harsono said:

    Anak saya umur 3 bulan sudah bisa tengkurap sendiri dengan kepala mendongakm ke atas dengan tumpuan kedua tangannya, sekarang umur 4 bulan sudah berusaha untuk berdiri….apakah normal?

  • rika said:

    Anak sy usia 5 bulan 10 hari dia uda bisa tengkurap usai 3 bulan,tapi sampai sekarang lehernya belum bisa tegak ya!!

  • susana henri gunawa said:

    TanTan sekarang sudah 6 bulan,sudah merangkak dari umur 5 bulan,mengerti salaman dan high five dari umur 5 bulan juga,dari umur 4 bulan kurang suka teriak2 melengking dan ngoceh terus. sekarang lagi mencoba untuk duduk,yang lucunya tantan suka nonton sesame street bagian elmo dan mulai ikut ngoceh klo ada nyanyiannya.. senangnya,sangat menggemaskan. oiya sejak umur 4 bulan lebih tantan sudah mulai berenang di kolam renang tapi kondisi airnya hangat yah, sekarang tantan makin suka berenang,dan sebulan 2 kali aku ajak renang di kolam yg airnya hangat, di kose ada spa pool yg kolam renangnya tidak terlalu besar tapi sedikit private n airnya hangat.

  • jois said:

    anaku usia ny skrg 6bln.
    Pas umur 5bln dia bisa tenggurap n membolak-balikn bdan.
    Tpi stelah usia 6bln gak mau lgi tengkurap.
    Apakah ini berbahaya?
    Dan pengaruh dgn dampak* lainya gak.
    Please tlg ksh info ny.
    Trmh ksh

  • skin said:

    Hi Dear, are you truly visiting this web site on a regular basis, if so afterward you
    will without doubt take fastidious experience.

  • sheyda fatiha said:

    kalau anak saya pertama ini dari 1 minggu tdr minggir
    skrng baru 44 hari usianya udah tengkureb sendiri
    apalagi kalau tdr suknya tengkureb cuma belom bisa balik sendiri
    skrng ngocehh jugaa alhamdulilah

  • http://Url.Health.am/daughters20170/ said:

    We’re a gaggle of volunteers and opening a brand new scheme in our community.
    Your website provided us with valuable information to work on. You
    have done a formidable task and our entire community can be thankful tto you.

  • Lainat24h.fi said:

    i want to put the blog comment approval on my myspace, but i cant figure out how to do it. some one please help. .

  • low bedside table uk said:

    How do I find someones blogger blogs with their email address?

  • boinc.biruni.upm.my said:

    The other day, while I was at work, my cousin stole my iphone and
    tested to see if it can survive a forty foot drop,
    just so she can be a youtube sensation. My iPad is
    now destroyed and she has 83 views. I know this is
    completely off topic but I had to share it with
    someone!

  • Shawn said:

    With havin so much content do you ever run into any
    problems of plagorism or copyright violation? My website has a lot of
    exclusive content I’ve either authored myself or outsourced but it appears a
    lot of it is popping it up all over the web without my agreement.
    Do you know any techniques to help prevent content from being
    stolen? I’d definitely appreciate it.

  • michael kors factory outlet said:

    Catch The Chance To Buy The Best michael kors factory outlet
    In Our Michael Kors Online Shop. You Can Save Much Money And Enjoy High Quality And Fast Delivery!

  • nose job cost said:

    You could use this Tummy Tuck Belt with out generating drastic alternations to your way of living.

    With this procedure, a liposuction doctor sucks out the
    unwanted fat after they have melted. The larger will be the amount of skin and fat which will be removed longer will
    be the scar.

  • mama umairah said:

    Sis..ank sye 4 bulan sllu sgt angkt kepala dan sering mengerang .adekah itu normal?

  • best kitchen knives set reviews said:

    Reviews On The Best Sharpening Tools: There are many tools available on the market and you can buy the
    best when you read the reviews on them. We ended up flipping the egg and flipping it back again after half a minute.
    The balance gives you confidence that you can use this knife all day long without
    straining.

  • internet providers allegan mi said:

    Hi there excellent website! Does running a blog similar to
    this require a massive amount work? I’ve virtually no understanding of coding however I
    was hoping to start my own blog in the near future.
    Anyhow, if you have any suggestions or techniques for new
    blog owners please share. I know this is off topic however I simply needed
    to ask. Thank you!

  • Kelowna RE/MAX Agents said:

    I personally have quite a number of hobbies which include card-making,
    fishing, gardening, baking, preserving, jewellery making, jigsaws,
    collecting salt & pepper shaker sets and papertole. Beautiful lake scenery, shore scenery makes your head is not ya pick.

    New words can be learned very fast once you have this base.

  • Jerrod said:

    I will buy from them again, because of their selection, prices, ability to mix and match tops and bottoms, and most of all, for their customer service.
    Swimming is one of the best exercises for pregnant women.
    Think about a one piece or a tankini that offers the material to cover up that stomach.

  • Marcus said:

    Natural light is more inviting and gives a soft mood to
    the image. To produce follow-through, try examining your Internet Marketing for
    Real Estate website as if you were yourself just a visitor:
    what do you see. They know what it means to accomplish something and are not afraid of doing things
    to make it happen.

  • melati said:

    Bayi saya umur 3,5 bulan sudah bisa duduk dgn kepala tegak tanpa bersandar, apakah tidak berisiko di tulang belakangnya? Karena dia suka sekali posisi duduk seperti itu dan tidak begitu senang bila dibaringkan. Tolong share ya bunda ada yg punya pengalaman yg sama kah

  • Danieliebellamy.sosblogs.com said:

    We are a group of volunteers and starting a new scheme in our community.
    Your web site provided us with valuable information to work on. You’ve done an impressive job and our entire
    community will be thankful to you.

    Review my homepage – Danieliebellamy.sosblogs.com

  • Larrygaanderson.Beeplog.com said:

    Keep on writing, great job!

    Take a look at my weblog :: Larrygaanderson.Beeplog.com

  • colic calm gripe water target said:

    It is truly a great and useful piece of info. I am satisfied that you
    shared this helpful info with us. Please stay us up
    to date like this. Thanks for sharing.

    Here is my page … colic calm gripe water target

  • internet service providers greenville ky said:

    Link exchange is nothing else but it is only placing the other person’s blog link on your page at appropriate place and other
    person will also do same in favor of you.

  • tas ransel unik said:

    I want it easy to change template colors; a gallery area; calendar and of course the blogging area should be easy to manage/update. Names and links would be greatly appreciated..

  • internet service wellington co said:

    Oh my goodness! Awesome article dude! Thank you so much, However I am experiencing problems with your RSS.
    I don’t understand why I can’t join it. Is there anyone else getting identical RSS issues?
    Anyone that knows the solution can you kindly respond?
    Thanx!!

  • internet providers fairview mt said:

    of course like your web-site but you have to take a look at the spelling on quite a few of your posts.

    Many of them are rife with spelling issues and I find it
    very troublesome to inform the reality then again I will certainly come back again.

  • reputed carpet said:

    What’s up mates, its fantastic piece of writing concerning cultureand completely explained,
    keep it up all the time.

    My web site: reputed carpet

  • slimfy amazon said:

    Hey, I think your website might be having browser compatibility issues.
    When I look at your blog in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer,
    it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up!
    Other then that, awesome blog!

    My weblog slimfy amazon

  • hard drive file recovery program said:

    Firefox wont start but when I open a link that opens firefox, It works fine. What do I do?

  • internet services said:

    I really love to write and I’m pretty good at it. But whenever I try to write a story or something I start off good but always end up throwing it away–I can never seem to finish it. . . Sometimes I have a good idea that I really like but it’s just hard for me to write a story about and keep going. I like creative writing, but now I’ve almost given up because I can’t even write a short story. HELP!!! What should I do?. Any good creative writing websites to help me get started? Books?. I’m DESPERATE!!.

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.