Home » Featured, Perkembangan Bayi / Anak

Tips Mengoptimalkan Perkembangan Gerak/Motorik Bayi 7-9 Bulan

19 March 2012 134 Comments

Dari milis ayahbunda / booklet bonus ayahbunda

Usia 7-9 bulan

Di bulan ke-7 ini bayi mulai senang mengangkat dan menurunkan bokong
serta punggungnya. Ketrampilan kakinya juga ditunjukkan olehnya,
misalnya saat ia diberdirikan di pangkuan kita si kecil pasti akan
meloncat-loncat gembira menggoyang-goyangkan kedua kakinya.

Merangkak merupakan aktivitas menonjol yg banyak mendapat sorotan dari
orang tua. Di usia ke-8 bulan bayi mulai merangkak dan mengesot
sepanjang lantai. Kepandaiannya merangkak membuat si kecil senang
“berjalan” kesana kemari.

Selain itu otot punggung dan bahu si kecil sudah semakin terkontrol.
Oleh karena itu ia kini bisa duduk sendiri tanpa bantuan dari kedua
orangtuanya. Selain duduk tanpa dibantu anak usia 8 bulan juga mulai
dapat menarik tubuhnya ke dalam posisi berdiri. Dengan latihan berdiri
ini si kecil sebetulnya melatih perkembangan otot kakinya. Ia jadi
senang menggoyang-goyangkan tubuhnya ke depan dan ke belakang. Kekuatan
otonya ini akan membantunya merangkak dengan cepat.

Tahap selanjutnya, bayi akan berlatih berdiri dengan kedua tangannya
bertumpu pada kursi, meja atau perabot rumah tangga lainnya yg dapat
menahan berat badannya. Lihatlah ketika ia tengkurap atau merangkak,
kedua tangannya akan berusaha memegang meja atau kursi kecil. Lalu
sambil berpegangan, secara perlahan ia akan mengangkat tubuhnya untuk
berdiri. Dari berdiri ia pun kini dapat duduk sendiri tanpa bantuan.

Tahap selanjutnya adalah merambat. Jika ia sudha pandai berdiri sambil
berpegangan, kedua tangan yg bertumpu akan bergeser ke samping, diikuti
oleh kakinya. Tetapi di usia ke-8 bulan ini si kecil belum mampu untuk
duduk kembali tanpa bantuan. Karena itu jangan membiarkan si kecil tanpa
pengawasan.

Di usia 9 bulan kepandaian si kecil dalam belajar berjalan sudah semakin
pintar. Jika anda memegang kedua tangannya ia akan berlatih menapakkan
serta melangkahkan kedua kakinya. Pada saat ini si kecil semakin giat
melatih oto-otot kakinya sehingga dapat cepat berjalan. Seiring dengan
latihan jalannya bayi juga semakin “aksi” memperlihatkan kepandaian
merangkak yg sudah ditunjukkan di usianya yg ke-8.

Perkembangan Gerakan:
Bila digendong dan diberdirikan dipangkuan anda, bayi akan
meloncat-loncat.

Senang mengakat dan menurunkan bokong serta punggungnya Sering-seringlah ia diberdirikan di pangkuan anda. Jangan takut tungkainya akan bengkok
atau patah karena sebetulnya ia sedang melatih kekuatan kakinya untuk menahan berat badannya
Bayi sudah dapat berdiri dengan kedua tangannya berpegangan pada meja atau kursi, lalu menggeser kakinya satu persatu ke arah samping
Pegang kedua pinggang bayi dan gerakkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri
untuk melatihnya berdiri

Merangkak.
Latihlah merangkak dengan meletakkan bayi di ruangan yg luas (dan
bersih) yg memungkinkan si kecil berjalan merangkak kesana kemari.
Letakkan mainan, misalnya bola, dan mainkan bola tersebut agar si kecil
tertarik untuk mengambilnya. Si kecil akan berusaha mendapatkan bola
tersebut dengan cara merangkak. Jika ia sudah mendapatkannya beri pujian
dan katakan bahwa ia pintar. Tetapi tetap awasi, mungkin di sekitar
rurangan ada benda-benda yg berbahaya, seperti stop kontak.

Bisa duduk sendiri tanpa bantuan dari orang tuanya.
Dapat menarik tubuhnya ke dalam posisi berdiri
Selain duduk tanpa dibantu, anak usia 8 bulan dapat menarik tubuhnya ke dalam posisi
berdiri Beri meja atau bangku yang rendah

Si kecil mulai belajar berjalan
Sering-seringlah melatih si kecil jalan dengan cara memegang kedua tangannya lalu biarkan ia melangkahkan kakinya selangkah demi selangkah dan bimbing ke suatu tempat. Beri ciuman pada pipi si kecil bila ia berhasil sampai di “tempat tujuan” agar lebih bersemangat lagi berlatih jalan

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

134 Comments »

  • Tips Mengoptimalkan Perkembangan Gerak/Motorik Bayi 7-9 Bulan « kumpulan artikel tentang bayi, anak, ibu hamil, keluarga - indonesian/bahasa indonesia said:

    [...] Merangkak merupakan aktivitas menonjol yg banyak mendapat sorotan dari orang tua. Di usia ke-8 bulan bayi mulai merangkak dan mengesot sepanjang lantai. Kepandaiannya merangkak membuat si baca lebih lanjut [...]

  • dwi said:

    bayi saya sudah berusia 10 bulan sampai saat ini belum bisa duduk bangun dari merangkak untuk duduk sendiri, bahkan apabila diberdirin kakinya belum mau dan menangis mohon bantuan untuk mengatasi keresahan kami. terimakasih

  • mama Tsani said:

    Bayi sy, Tsani (7 bulan) sdh sk meloncat2 gembira kl diberdirikan d pangkuan sejak umur 5 bl :D
    Skg ia sdh belajar duduk sdr, kadang2 kl bangun tidur ia lgs guling2 trus jongkok….

  • Ma2 Cherryl said:

    Anak aku cherryl (5 bln) dia dah senang loncat2 klo diberdirikan sejak 3 bln, dia skrng lebih suka untuk duduk. apakah ga masalah seusia dia skrng sering duduk ? bahaya atau tidak untuk tulang pinggangnya ? ditunggu jawabannya yah …

  • icha said:

    Anak saya aryan sejak usia 7 bulan sudah bisa dilatih berjalan, begitu dipegang kedua tangannya dia bisa langsung duduk n berdiri..sekarang sudah sering jalan2 sore dan pagi hari walau masih harus dibantu dengan dipegang 2 tangannya. sekarang umurnya 7,3 bulan. doakan biar aryan cepat bisa jalan tanpa bantuan ya..tx smua

  • Sri Wahyuni said:

    nama anakku Fawwaz(8 bln, selama ini perkembangannya sesuai tahapannya. Ketika kemarin saya jalan, ada anak kembar, yang stu sdh mulai berjalan, satu lagi masih di roda. tapi belum tumbuh gigi.
    Kata orang dulu, kalau tumbuh gigi duluan jalannya lama. solanya Fawwaz tumbh gigi duluan di bawah. kalau aktif, Fawwaz trmasuk aktif, kalau dirmh neneknya Fawwaz ga bisa diam, tp kenapa dirumh dia diam aja ya? apa karena dirumah ga ada orang. Pengaruh ga sama emosionalnya?

  • m2 alif said:

    makasih buwanget infoxxxxxxxxxxx

  • mama jihan said:

    hy..lam knal yach…
    nama anak ku Jihan…dya skrng berusia 6 bln…skrng dya sdng senangnya tengkurep..bila sudah tengkurep slalu saja menaikan pantat dan jg sdh bisa membalikan badan bila dlm posisi tengkurep….apalgi klo sdng di pangku dan slalu di dirikan..dya pzti sngat snang…smoga qmu sht slalu yach…
    luv u jihan….

  • eliza said:

    anak ku darren usia 9 bulan,dia sudah bisa duduk sendiri dari usia 7 bulan,hanya saja sampai saat ini belum bisa merangkak,kalo ia mau mengambil benda dia akan menggulingkan badannya…dari umur 5 bulan saya suka berdirikan dia dengan memegang tangan saya,apakah semua bayi harus melalui fase merangkak baru berjalan atau tidak?trims yah..

  • neysa said:

    lam kenal…..anakku karang 5.5 bln udah merangkak tapi mundur n lagi bljr duduk gt…….saya sering sie taruh dia dlm posisi duduk cm ayang saya kwatirkan bleh ga sie usia sgt duduk apakah ga da ngaruh ma tul.belakangna ntar….

  • Lya said:

    Hai, anakku Dave umur 7 bulan, tapi da mulai tumbuh giginya bagian atas, 2 gigi lo. sekarang juga lagi belajar ngangkat pantatnya, kt org tua sih lg mo belajar duduk, tp saat ini kalo di taruh pada posisi duduk, Dave masih suka jatuh. apa bener anak laki2 pertumbuhannya lbh lambat????

  • ayie said:

    bayi sy br brusia 7 bln, tp sy prhtkn dy agak lmbn prkmbngnny, smpai saat ini dy br bs ngesot k blkng, ngoceh, dan br bs membolak balikkan badannya. apakah itu artinya bayi sy prtmbhannya krg bagus atw krg vit. sy jg tdk mmbrinya vit apapun. thank’s

  • juliana said:

    bayi saya umur 7 bln 3 hari sdh tengkurep n telentang,mundur tp blm bisa merangkak ke depan. bagaimana ya caranya agar diap mau utk merangkak? thanks

  • Greviana said:

    hai, bayiku 7,5 bulan namanya Yesaya beratnya dah 10,5..tp Puji Tuhan lincah & sehat..dri 6,5 bln dah 2 giginya dibwh..dah gak bs dibiarin..kl ada yg dipegang or dipegang tangannya pasti langsung mau duduk & berdiri dan pasti dia ketawa kalo dah berdiri..tengkurap & telentang dah bolak balik jdnya guling2an maunya sih turun ke lantai so makanya kami ksh baby walker wah senangnya luar biasa krn bisa jalan sendiri dr depan ke belakang…sekarang lg belajar merangkak maju..kami kasih mainan or dia hobinya lihat buku yg full colour so dia berusaha tuk merangkak maju…doain ya Yesaya trus sehat & jd anak yg Luar Biasa..thanks..GBU all

  • dwi anggraeni said:

    hi…bayi ku nadya usia 7 bulan kmrn.oia alhamd dia sangt lincah.dan dia sudah mulai mengangkat bokong dan kaki.sepertinya dia ingin merangkak,…dia sangat menyukai gambar/warna yang terang.oia yang saya ingin tanyakan dsan berbagi pengalaman adalah usia berapakah anakku boleh belajar memakai baby walker?dan bolehkah bayi ku memakan makanan yang dihaluskan seperti di blender?seperti nasi,ikan,sayur,yang kesemuanya itu d rebus terlebih dahulu.mohon masukannya kapada teman2….d tunggu ya?kalau tidak beri alasan….tks b4 and after

  • Mama Vira said:

    Hai

  • Mama Vira said:

    Alhmdulillah..de2 vira dah berusia 7.7 bulan, berat badanku 7.25 kg, kata orang2 anakku kelihatan kecil, tp kl digendong/diangkat terasa berat badanny berat sekali, apa pengaruh dari susu ASI ya. De2 Vira dah bisa tengkurap dan memulai mengangkat pantatny, bila tengkurap vira selalu berpengangan dengan 1 tangannya dan membolak balikan badannya kekanan dan kekiri. ketika dinaikan ke baby walker dia selalu berdiri tegak dengan ke2 kakinya, apakah tidak boleh, saya takut ke2 tulang kakinya blm kuat. mo tanya vitamin yang bagus untuk usia anak seumuran de2 vira apa ya..?.sekarang de2 vira dah makan makanan bu2r saring sprt nasi,wortel,buncis/kacangpanjang,jagung manis,ikan/hati ayam/ceker ayam, tp dia lbh suka ceker ayam, semuany dibwt seperti bu2r lalu disaring vira sangat menyukainya…..thanx ya, jng lupa ya apa nama vitaminnya…Mom Love Vira

  • bunda radit said:

    Ao..anak saya umur nya 7 bulan,berat nya 9 kilo.. tp klo di suruh belajar merangkak dy malah merangkak mundur tidak maju…untuk loncat-loncat nya skrg sdh jarang tp wkt umur 5 bulan sudah loncat-loncat yaa…kata nya seh krna keberatan badan..hee
    dan skrg dy lebih suka di berdirikan,dengan di pegang ke2 tangan nya saja dy langsung duduk n berdiri..dy lebih suka di tatah dari pada di ajar kan merangkak..ya mudah-mudahan radit tambah pintar..doain yaaa…

  • bunda aisha said:

    Assalam wr wb,.. aku aisha umurku skrng 11 bln, saya baru bisa duduk tp dengan bantuan orang tua. untuk merangkak blm bisa, hny gulingkan badan. gigiku ada 8 (atas 4 n bwh 4). brt badan 10,5kg. aku pernah diprksa ke dr. SpA n tes hormon di lab. hasilnya normal tp perkembanganku tdk sama dgn yg lain. Tlng info yg tepat biar aku epat merangkak dan berjalan seprt tmn2 seumurku. Oh ya, aku suka minum ASI skli tnp susu formula. aku susah makan.
    ok deh,.. ditunggu info untuk solusi masalahku ini.
    thx
    wasswrwb

  • hesti said:

    anakku bita lagi belajar merangkak. dia belum bisa maju malah mundur. waktu pantatnya maju tangganya dorong ke belakang jadi mundur dehh.. sebentar lagi dia pasti jago merangkak. dia juga dah bisa duduk… dia suka bgt asi.. gak mau susu formula and dot.. gpp deh yang penting sehat dan sayang bundanya

  • fatmawati said:

    apakah boleh anak umur 9 bulan udah diberi makan nasi?dan berapa takaran nya?

  • bunda aleea said:

    hi..alhamdulilah perkmbngn aleea sehat bgt..3bln udh tengkurep.4bln udh ngngkat pntat gulng-guling sndri.skr 6bln udh merngkak walo blm ngebut.jg udh bs duduk sndiri.cm mau asi ga mau susu dot maka dari 5bln udah sy kasih MPASI.rasanya ta terlukiskan liat anak sehat,lucu,ndut….

  • Bunda Chiara said:

    hallo bunda smua…bayiku 6 bln 3 minngu, kakinya suka nendang2, cerewet,udah guling2, n kalo di foto pinter banget (matanya fokus ke camera), tapi kenapa kalo di berdiriin gak mau berdiri n di dudukin di babywolker juga gak mau gerak, mhn jawabannya?

  • Khalis said:

    Hai. slam Knal Semuanya, Anakku sekarang usia 7 bulan, klo posisi di pangku dan tidak ngantuk, pasti dia ngajakkin main loncat2 tan. tengkurep dan membusungkan dadanya juga mantap.

  • Lisna Effendy said:

    Anak kami sekarang 7 bulan, dari usia 6.5 bulan suka sekali di tetah, Apakah berbahaya untuk perkembangan otot-otot kakinya. klo di gendong maunya kakinya disilangkan di pinggung, kata orang tua nanti kakinya bisa bengkok… apakah pendapat tersebut benar. Terima kasih tanggapannya.

  • iwa said:

    anakku 7 bulan,7,2 kg sedang mundur-mundur dan belajar duduk, yang saya ingin tanyakan, saat digendong (ketiaknya diangkat) dia seperti memberatkan diri kebawah, seperti lemah..tapi kaki bawahnya gerak-gerak…apa yang harus saya lakukan?

  • emerald said:

    bayi sy masuk 9 bulan , belum tumbuh gigi,udah mulai berdiri berdiri juga, apa lebih bagus dilatih terus jalan? dia suka jalan dituntun gitu…ga pa pa ya? bicaranya juga cuma ma…ma..na…na…salam kenal buat ibu2 shalihah di sluruh bumi hi…hi

  • Bunda Echa said:

    Buah hatiku EZRA 8 bulan dah bisa duduk sendiri n ngrangkak n sekarang kalo pegangan kita dia bisa angkat badannya sendiri (berdiri) tanpa kita pegangi, cerewetnya minta ampun, kalo nyusu botol juga dipegang sendiri tapi kok blum numbuh gigi ya????

  • mamanya abdul fattah said:

    buah hatiku ABDUL FATTAH skrg udah 7 bln, alhamdulilah dia skrng sudah bisa merangkak, belajar berdiri dan sering ngucapin ba…ba…, giginya udah tumbuh 2 dan ga pernah bisa diam.rasanya seneng banget liat anaku sehat,lincah dan lucu

  • Ibunya Adhil said:

    Alhamdulillah buah hatiku Adhil sudah 7,5 bulan, sejak 2,5 bulan tidak minum ASI, beratnya kini 7,8 kg. Sejak 7 bulan sudah merangkak dan duduk sendiri, sekarang tambah gak mau brenti merangkak kesana kemari kalo didudukkan di lantai. Dia juga sedang belajar merambat, meraih pegangan untuk berdiri. Dia juga suka berceloteh, berteriak-teriak kala diajak bercanda kakaknya. Mudah-mudahan tetap sehat, karena memang dibanding kakaknya yang ‘full-ASI’ dan dulu jarang sakit, dia tergolong lebih sering kena flu/pilek.

  • 32n said:

    thanks b4 atas informasinya

  • tre said:

    masa sich gitoo ja,,nyang bener donk

  • bunda denok said:

    terimakasih atas informasinya..
    q jd bs mengontrol perkembangan bayi q…

  • Karen Gustamor said:

    My baby karen skrng dah mau 7 bln, sdh mulai cerewet ska guling2 dan udh ska ngangkat pantat nx gtu.. Katanx keluarga c udh mo mulai merangkak,. saya dan suami sgt senang mengikuti perkembangan karen. Btw, saya mohon infonx apakah bayi umur 7bln sdh bsa d ajarin duduk.. Soalnx saya takut klo tulang blakang nx knapa2.. D tunggu y infonx.. Thnks ;)

  • harumi berlianti said:

    my baby adri, anakku yg kedua dah mau 7 bulan…udh bisa duduk sendiri, bisa melambaikan tangan kalo aku mau ke kantor, bisa merangkak kemana2 meski masih jatuh2…giginya jg dah tumbuh 2..seneng bgt bisa mengikuti perkembangannya…itu bakal jd kenangan yang gak akan pernah terlupakan selama menjadi seorang ibu…love u sons..mom’s love u both. Mkasih infonya

  • endah susanti said:

    salam kenal
    putraku aditya saat ini umurnya 8 bln,mulai umur 7 bln udh tumbuh gigi bawah ,skr udh bsa duduk sendiri dan lagi belajar merangkak,dia seneng banget ongkong2..berat badannya 9,5 kg
    Alhamdulillah…

  • endah susanti said:

    salam kenal
    putraku aditya saat ini umurnya 8 bln,mulai umur 7 bln udh tumbuh gigi bawah ,skr udh bsa duduk sendiri dan lagi belajar merangkak,dia seneng banget ongkong2..berat badannya 9,5 kg
    Alhamdulillah…
    trimakasih info2nya..

  • mama tuti said:

    hai…putraku sudah 8 bulan.kl tengkurap sudah bisa balikkan badanne sendiri.kl ada mainan jauh dia sudah bisa mengambil sendiri walo sambil tengkurep.kl duduk masih harus dibantu.tapi begitu dikasih mainan langsung tiduran.kayake males untuk duduk.skrang sudah berlatih jalan.bagaimana ya caranya supaya hafiz mau duduk dengan tegak dan mau merangkak. oiya giginya juga belum tumbuh..ditunggu infonya ya….
    makacih.

  • dian ayu said:

    berapa bulan sih bayi keluar giginya?

  • kaikara said:

    Bayiku dah 10 bulan, giginya dah ada 10, 6 di atas, 4 di bawah. Dah mulai belajar jalan.

  • bunda dhiva said:

    dhiva skrg sdh 9bulan.dh bs berdiri.gigi_na dh tumbuh 4.atas 2 bawah 2.tp beratnya cm 7kg knapa y?pdhl makannya gk susah lho

  • zilfi said:

    hi.. cuma kc masukkan aja , semua pertanyaan d atas kok gak ada yg d jawab ma rubrik nie…tlg d jawab dooonk..jd yg nulis n baca semangat, bs tau apa yg dkeluhkan ma bunda2 seperti qt,n apa solusinya..gitu aja deh..thx f the attentionx..

  • yeti said:

    hi..anak saya namanya Widy(8 bulan).dalam usia 8bln ini berat badan nya 9,6 kg, dia sudah bisa duduk sendiri kalopun masih harus di awasi karena suka terguling. untuk merangkak kayaknya agak sulit, apa mungkin karena berat badannya? apa kelebihan berat badannya itu pengaruh dgn gerak motorik nya? bagaimana solusinya

  • ummu rizfan said:

    hi. rizfan skr baru genap 7bln. dia sekarang g mau diam, maunya ngoceh walaupun sudah malam. dia sedang berusaha mengangkat pantat dan punggungnya. kalau didudukkan dia malah minta posisi tidur atau di posisi berdiri. semoga perkembangannya bisa sesuai dengan usianya. i love u, my little son…

  • bunda tegar said:

    hallo, anak saya tegar, usia 9bln, dia blm bisa bangun tuk duduk sendiri, kecuali klo ada pegangan dia baru bs, dia sll melambaikan tangan, tanda minta bantuan klo mau duduk ato berdiri, klo di baby walker jlnnya dah lincah banget, dan yg dia suka minta ditetah jalan terus, berbahaya tidak ya..?mhn penjelsannya, mksh…

  • dewira said:

    shyna uda 8 bulan, blom bisa merangkak. katanya sih faktor turunan, karena mama n papa nya dulu juga ga merangkak, dari duduk, berdiri lalu jalan. bener ga sih faktor turunan seperti itu mempengaruh?

  • Yulia said:

    bayi saya raqilla namanya,usianya dah 8bln skrg anak saya sngt aktif bergerak malah cenderung tdk mau diam tp lom bs duduk sndiri harus selalu dbntu tapi selain itu lala(nama panggilannya) suka melakukan gerak kayang sejak usia 6bln. biasanya bayi seusia lala sdh bisa merangkak utk mengambil sesuatu tp dy berputar berguling guling.
    juga belum tumbuh gigi tolong solusinya terimakasih

  • Bunda Syifa said:

    nama bayi saya syifana,saat ini usianya sudah 7,5bulan,skrg anak saya baru bisa duduk itupun harus dibantu tp selain itu syifa bila berdiri suka loncat-loncat,biasanya seusia syifa sudah bisa merangkak atau mau mencoba merangkak sprti teman-temannya tp syifa belum bisa atau sedikit malas.mohon solusinya. terimakasih

  • mama alif pku said:

    anak koe alif usianya 9 bulan, berat badannya 9.3 kg. tapi saat ini belum bisa berjalan apalagi duduk. apa anak saya lambat perkembangan motorikny? tetapi alif masi berguling kekanan dan kekiri klo berdiri alig lompat2 bergembira. alif skrng udah makan nasi tim.

  • mabilaza said:

    putra pertama q namanya Abil waktu umur 1,5 bln udah bisa tengkurap bolak balik.umur 4 bulan tumbuh gigi 2 di atas 2di bawah,umur 7 bln 18 hari udah bisa berjalan umur 1 tahun 3 bln udah lancar ngomong lo.sekarang adiknya Abbas rasyiidpun pandainya seperti kakaknya dulu umur 4 bln tp udah pandai tengkurep,ongkong2 dan juga udah tumbuh gigi.inilah karunia yang tak ternilai dr ALLOH SWT

  • MELIA said:

    bayiku udah sembilan bulan perkembanganya bagus, udah duduk, jalan-jalan didinding, ngomong mama, papa, nenek tapi belum tumbuh gigi, gimana dong

  • siti maryam said:

    anaku udah 8bln,,,giginya ada 8.d bwh 2,d atas 6,emang paling seneng liat prkembangan c kecil,,skrg dia dah merangkak,belajar berdiri n duduk sendiri,,setiap anak pnya perkembangan yg berbeda2,,,jd g perlu khwatir bwt ibu2 yg merasa anak nya blm ini blm itu,,,satu yg penting anak kita selalu sht,,

  • deavy said:

    Hai,slm knal nama anak saya sultan sekarang dia 7bln brt 9,5kg nd gigi ny sdh ad 7 atas 3 bwh 4 alhamdulilah dia sangat aktif sampe saya nd papa nya kwalhan nd saat ni saya sdg hamil 2 bulan…ad yg prnh ngalamin ga anak pertama cesar lnjut hamil 5 bulan kmudian anak k2 dr blg si ga masalah ni rezeki katanya,mudah2an ga ad ap2 k dpnnya nd sy bs bertmu dgn anak k2 nti…mnta doa nya y…

  • arini said:

    Haii..nama anakku keysha(7 bln) alhamdulilah 6 bln sdh duduk,merangkak,dan skrng maunya berdiri,dan ngoceh2 gemesin deh.cuma anakku blm tmbh gigi.Dan sekarang yg buat aku kepikiran,keysha maunya main terus dan waktu tidurnya kurang..apa ya yg hrs aku lakuin..thanks ya..

  • nana said:

    Anakku Christo sekarang usianya 7 bln, dia sdh pandai merangkak, mencoba berdiri sendiri dengan berpegagan. Dia sdh py gigi sejak usianya menginjak 5 bln, skrg giginya 4 lho…Tetapi sy sedih skrg kulitnya baru kena gatal-gatal. Puji Tuhan stlh dimandikan dg daun sirih dan di beri switzal crem sudah mulai membaik. TK

  • mama dafi said:

    sekedar masukan nech…mendingan jangan ditampilkan aja dech submit comment nya toh setiap kita minta saran n masukan nggak pernah dibalas..please donk balesannya kita kan butuh informasi demi si buah hati

  • sagita said:

    sebenarnya aku seh cukup puas..bisa share cerita tentang anakku. gak harus selalunya dijawab jg. ngebaca cerita2 temn lain jg…bisa jd pengalaman yg bagus buat aku
    trmksh info2nya bayidananak

  • vitta said:

    bayi saya, Alvaro umur 7.5 bulan. sampai sekarang Alvaro belum bisa merangkak, dan giginya juga belum tumbuh..mohon masukannya!kalau duduk sudah bisa, terima kasih sebelumnya

    salam
    ibu vita_timika

  • yana mukherjee said:

    hai semua, q punya anak namanya ferry ardiansyah putra, dia sedang menginjak usia 7 bulan, swkarang dia senang ngesot2 di lantai kesana kemari, apalagi kalo diberdirikan kakinya sudah tegak sekali, badannya jg sangat kencang dan sangat gendut, dan udah bisa tau siapa mamahnya kayanya coz kalo liat mamahnya pergi lngsng nangis, dan kalo digendong jd diem dech,,,,,,,,,alhamdulilah anak q termasuk anak yg aktif,, tp gigi smpai saat ini blm keluar satupun……mngkin blm wktunya kali ya???? Mau kenalan dngn mamahnya feryy, call me ya ke 085747145972, siapa tau bisa saling berbagi tentang seputar balita’, trims ya,,,,,,

  • mimi haidar said:

    hallo salam kenal from mimi haidar, anak q usia 7 bulan dy sdh bs duduk sendiri dan seperti mau merangkak… tolong bagi tips menu mpasi bagi anak q dong….. ke email q: mimihaidar22suci@gmail.com

  • rianti said:

    halo semua, ni dari bundanya naufal, naufalku sekarang umur 7 bulan 2 hari, naufal sudah bisa duduk sendiri, merayap dan mulai merangkak, yang paling dia senangi sekarang melompat-lompat kegirangan, tpi kadang ga bisa terkontrol soalnya abis makan maunya lompat2 juga, gmn ni tipsnya agar dia ga terus2an lompat. oh iya dia juga senang dengan kucing, klo lg nangis liat kucing palagi bisa megang kucingnya, diah dah diam. sharing juga dunk..tentang bayi dan pelihara kucing…TQ

  • Nafita said:

    Hai
    anakq namany Luqman. Umurny skrg 6.2 bulan. Dia sdh tumbug gigi,merangkak,dan sudah bs duduk sendiri tnp dbantu. Tp memang harus sering diawasi karena blm bs menjaga keseimbangan badanny saat duduk. Skrg dia jg sdh mulai blajar berdiri.

  • maminya cielo said:

    anak saya cielo sejak umur 4blan dia sudah aktif kl diberdirikan lonjak2 seperti bayi yg sdah besar.kini dia sudah berumur 8 blan dgn berat badan 9 kilo.akan tetapi blm mau merangkak.gmn ya apa memang ada fase bayi dmn tanpa merangkak langsung berjlan??trimakasih

  • yenny handayani said:

    bagaimana caranya merangsang anak 9 bulan agar mau duduk dan berdiri sendiri ?

  • weni said:

    saya butuh info mengenai tumbuh kembang anak dan makanan untuk anak 6 bulan.
    Terima Kasih

  • indri said:

    Buah hati’q adri dhiya afifah dach mau masuk 11bulan tapi baru bisa merayap ngerangkak’a cuma sdikit2 gak tau malas tau keberatan ma pantat’a soal’a skarang berat’a 11,4kg,badan’a ?ã? bisa diem slalu gerak ?ã? ada ??>:/Caº°??°ºX_XPë?º°??°º3-|’a malah tdurpun tangan kaki’a ?ã? bisa diem!!dhiya udah bisa ngikutin apa yg di ajarain papa’a mlah kdang2 suka ikut-ikutan apa yg di lihat’a!!!skarang lagi doyan niru’n papa’a telp lucu banget

  • ENDAH said:

    anak ku umur 6,5 bulan skarang udah pintar merangkang lucu lucu nya lo

  • rupi said:

    anakku umur 7 bln, berat badan nya 11,5kg. Knp sampai sekarang belum bs merangkak ya??? giginya blm ada yang tumbuh. klo angkat bokong dan guling2 kekiri kekanan sch bisa. Kalau dia mo nyari sesuatu pasti guling2 ke tujuannya. Apa perlu dikasi vitamin biar cpt bs merangkak?vitamin apa?

  • Thania said:

    perkenalkan aku airyn. umurku udah 8 bulan, dan berat badanku 9,1 kg. gigiku baru aja tumbuh 4, 2 di atas dan 2 dibawah, dan aku suka berguling dan membalikkan badan buat ngelihat bunda. tapi kalau udah kesel, aku biasanya menjambak rambut bunda.alhamdulillah sampai sekarang, aku sehat dan jarang sakit, palingan panas aja. tapi kalau udah dikasih obat sama bunda langsung. dan aku udah bisa duduk sendiri walaupun masih ada bunda di belakang.

  • Ayu Rini said:

    Perkenalkan nama anak saya Anantavirya, umurnya 8 bulan , anak saya dari umur 4 bulan udah tumbuh gigi 2 sampai sekarang dia sudah tumbuh gigi hampir delapan, tp sampai sekarang dia belum bisa duduk sendiri tp kalo didudukin dia justru maunya berdiri truss loncat22. apakah ada bayi yg gak bisa duduk duluan malah langsung merangkak dan berjalan???? tp anaknya gak bisa diem bawaanya ngojeh truss aktiff bangettt, emang ya anak yg tumbuh gigi duluan perkembangan motoriknya agak lambattt ????

  • ima said:

    bayi saya sdh mulai merangkak sejak umur 6 bln,,,masih blm jauh sih daya jangkaunya.dia juga sudah mulai du
    duduk sendiri tanpa dibantu..cuma kalau bicara msh satu kata eee saja yg dia bisa

  • Bundanya Ryuga said:

    Ryuga 10 bulan dah bs duduk sendiri,mrangkak,slalu cari furniture yg bs di pegang untuk berdiri.skrg dah mulai belajar jalan ,cuma masih kaya opa opa blom tumbuh gigi :)

  • bunda alif said:

    Perkenalkan anak saya bernama alif faeyza fadil, tgl 9 Maret 2011 berusia 7 bulan. sekarang Alif sudah bisa duduk sendiri dan merangkak.

  • mami fathan said:

    anakku usia 7 bulan udah bisa merangkak sekaligus duduk dengan tegap,udah mulai bisa naik2 ke meja tp berpegangan..cuma klo berdiri kakinya suka jinjit ga semua telapak kaki nya nenpel di lantai.itu kenapa ya????wajar kah ato ga wajar???

  • EMA said:

    Alhamdulillah anakku di usia yg baru menginjak 7bln dah bs merangkak dan duduk sndri.. trus dia sk mau pgang kursi atau meja bwt bljr brdri gtu…

  • rina said:

    aslmkm,my baby zahra (5 bln) dia dah senang loncat2 klo diberdirikan sejak 3 bln, dia skrng lebih suka untuk duduk. apakah ga masalah seusia dia skrng sering duduk n ska berdiri2 gitu klo d’pangkuan?dan bahayakah atau tidak dia d’berdirikan sjak 3blan untuk tulang pinggangnya ? ditunggu jawabannya…:)

  • duta said:

    anaku umur baru 6 bulan 1 minggu sudah bisa duduk, merangkak, berdiri dgn lutut dan sekarang mulai berdiri sambil berpegangan dgn kursi atau meja.. sering mengoceh, apakah bayiku hyper aktif???

  • MAMA HAFIIZH said:

    si lincah anakku hafiizh usianya 6 bulan sekarang udah ga bisa diem ngoceh2, guling2gan, dan sekarang dia maunya jalan apakah boleh di umurnya diajarkan jalan padahal kalo duduk pun dia belum tegak banget? oy anakku juga belum bisa merangkak paling kalo mau ambil sesuatu dia guling-gulingin badanya…apakah masih dalam hal wajar ya ? thank buat solusinya saya tunggu…

  • Mama kiran said:

    anakku 6,5 bln lg lincah2nya lho…lbh sng tengkurep pokoknya lucu bngt,murah senyum lg.mg sht sll ya nak………..

  • Mamahe abim said:

    Ass’ babyku uda 13 bln brat 9kg, punya gigi 2, susah mkn nasi dan blm bsa jln.. abim klo diajarin titah skrng mls2an lbh memilih merangkak, klo diajarin titah lbh snang menjijit tp abim bsa menapak knp ya Momy2? gmn cara merangsang balita agar mo berdiri sendiri & mo brjln??? tlong bantuanya momy2.. trimakasih….

  • mimi haidar said:

    hai salam kenal dari mimi haidar, bagi tipsnya dong !!! anak q sekarang usia 1 tahun, bagaimana untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia 1 tahun!!!!

  • Efa_Alia said:

    Hay lam knal..nm q efa n baby q nama alia..skrang dia umur 8bln.dah ada gi2 sjk umur 7bulan..allhamdulilah sehat..tapi. Yg saya heran gitu..dia gk bisa du2k diam..mo nya berdiri aja.slalu banget klo q terlepas pandang dia masuk kmr mandi maen selang..

  • farida said:

    assalamualaykum…baby saya namanya fath,perkembangannya alhamdulillah sesuai jadwal.umur 3 bln kepalanya dah mulai tegak,4 bln dah guling,6 blan dah tmbuh gi2,7 blan dah duduk sndiri n mrangkak k sana sini, skrng 8,5 bln dah bsa berdiri dgn mrambat. Tapi dah 1 mggu ini nda ASI coz sy trkena cacar air tkutx nanti tertular. Apakah nanti ASI sy masih ada klo dah 2 mggu stop ksi ASI ?

  • Farida said:

    Alhamdulillah adek saya skrang umur 7 bulan udah bisa merangkak..alhamdulillah perkkembangannya lumayan cepat
    Dia skrang juga sudah lumayan kuat menahan kakinya, bahkan dia sudah bisa menggunakan baby walker (maju dan mundur)
    jika kita terus berkomunikasi dan mau membantu..perkembangannya akan semakin cepat dan jangan lupa ettap mengawasi

  • bunda aqiila said:

    alhamdulillah thanks infonya….
    comen yg luar biasa…
    alhamdulillah, aqiila skrg 8bln dah pandai ngoceh, dah mw merangkak
    dan dah tumbuh gigi pas 7bln kmrn…
    skrg lagi lucu2nya…semoga qila sehat2 aja ya…
    luv cup syg buat aqiila…

  • Fitrianingsih said:

    hai… anaku usiax sdah 7 blan 1 minggu, kini beratx sdah 7,5 kg,… kemarin waktu lahir kecil cma 2.300 gr… anaku namax Duha Rafa Wijaya, sekarang sudah bisa tengkurap dan mengangkat2 bokongx…. kapan ya bisa merangkak dan tumbuh gigix..

  • Jeane Brozeski said:

    Do you people have a facebook fan webpage? I looked for one on facebook or twitter but couldn’t locate it, I’d really like to become a fan!

  • bunda Riang said:

    anak saya berumur 7 bulan sudah bisa ngongkok depan belakang,selain itu suka sekali kalo di berdiriin pasti loncat2 pokoke sru banget,truz akhir2 ini saya baca disuatu situs bahwa berenang itu bikin IQ anak tinggi n juga melatik gerak motorik anak wah keren bangetkan….sejak usia 6 bulan anak saya sudah saya perkenalkan dengan berenang wah seneng banget…jadi semoanya benerkan dok…..

  • ragilt.org said:

    Nama saya Ragil Turyanto terima kasih banyak atas info nya.. sangat berguna dan membantu sekali.

  • bundhaQey said:

    anak saya mau umur 7 bulan bulan ini tolong doa nya agar sehat sellalu

  • winda said:

    Alhamdulillah baby Raushan 7 bulan ini sdh bs belajar berjalan. Mudah2an lekas lancar. Thanks infonya :)

  • umi Shakila said:

    Alhamdulillah..Sha q pas 6bln udah bs duduk sendiri..skrg(6.5bln) udh bs berdiri juga dg bantuan jari2 umi… baru kemarin bs merangkak..hihihi lucu…
    tapi Sha sulit banget nge-dot nya kalo ada umi drumah…maunya nenen…
    Moga2 Sha q sehat trus..& jadi anak yg sholihah…amin…
    Thanks infonya…

  • mama rafif said:

    hello…,anakku usianya 10 bln sdh bs merangkak tp tidak mau diberdirikan saat dipangku, dia jg aktif sebenarnya meski dengan berat badan 16 Kg,cuma dilatih berdiri ngga pernah mau

  • Riptide GP apk said:

    Tips Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Bayi 7-9 Bulan | bayi dan anak I was recommended this web site by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You’re wonderful! Thanks! your article about Tips Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Bayi 7-9 Bulan | bayi dan anak Best Regards Agata Justin

  • aby said:

    bayi q sejak usia 2,5 bulan sdh bisa tengkurap. usia 3 bulan sdh bs berguling-guling.4 bulan bisa merayap. 5 bulan sdh bisa duduk. dan sekarang di usiax yg ke 6 bulan dia sedang belajar merangkak… seneng banget melihat perkembanganx..

  • Mama vania said:

    Hai lam kenal,,,
    sedikit curhat ne saya masih sedih dan risau ne anak saya sdh berusia 10bln dan tgl 19feb nanti usianya 11 bln tp sampai skg blm bs duduk dan berdiri kl ditegakan dia tdk kuat lm2 dan kl duduk dia guling lg hny bisa guling2 tengkurep gelinding2 saja ,,,gmn ya tips nya saya sdh ke dokter anak katanya anak saya kena infeksi kelenjar ada plek di paru2 nya shg menghambat pertumbuhannya dan harus mjlni perobatan slm 6bln dia hrs mengkonsumsi obat2an dr dokter. sedih rasanya lihat anak saya dg seusianya tmn2nya sdh bs kesana kmri ttp kl dia di taruh di baby walkernya di jln mundur dan kesamping. cm utk brdiri dan duduk sendiri blm bs ototnya gak kuat kt dokter.
    thanks kl ada tips2nya ya

  • Mama Iberth said:

    Salam..Nama putraku Iberth, dia 7 bulan usianya..9,3 kg aktif berkeringat banyak banget dia sudah bisa duduk sendiri trs merangkak tp mundur kebelakang..ngoceh trs mainan macam apa ya yg bisa merangsang motorik dia untuk merangkak kedepan.tx

  • meita said:

    hii….slm knal.
    i want to share with evryone,alhmdllh snang skli bs ikuti prkmbngan si kcl.ya sy msh ingt saat usia 2,5bln si kcl dh bs tengkurap,usia 5bln mlai mrangkak lncar n skrg usia si kcl 7bln dh bs brdiri smbl brpgangan n mrambat k smping.si kcl jg dh bs du2k sndri tnpa dbntu, n Mr. gi2 dh tmbuh 1.tak ad yg mbhagiakn slain mlht si kcl bs tmbuh shat n baik.tp ad hal yg bwt q mrsa sdih saat si kcl brpgan n mrambat k smping si kcl kdg lpa brpgangan n wal hsil si kcl jd jtuh.

  • Sonic 4 apk download said:

    Tips Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Bayi 7-9 Bulan | bayi dan anak I was recommended this blog by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my trouble. You’re wonderful! Thanks! your article about Tips Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Bayi 7-9 Bulan | bayi dan anak Best Regards Justin Lisa

  • ratih said:

    aku seorang ibu muda ,aku merasa senang krn anak ku yg umurnya bru 6 bln udah bsa bilang mama ,papah,maem,dan sllu aktif .mksh info nya jd saya mengatahui perkembangan anak saya kdepan nya nanti

  • linda sendiawati said:

    ma” uwie, bayi q skrang berumur 9 bln 3 minggu bntar gi 10 bln tp sampai skarang blm bisa merangkak, duduk sendiri n berjalan.. Mhon bantuannya bagaimana caranya untuk merangsang pertumbuhan anak saya sesuai tahapan usianya.. Makasih

  • aditya bs said:

    maaf mau tanya, bayi saya umur 10 bulan 5 hari, berat badan masih 7.5 kg, lalu skrg lg sering BAB. udh pernah dirawat karena diare & kurang cairan. dan sampai saat ini blm bisa duduk, tapi ngesot. belum tumbuh gigi juga. apakah ada masalah dengan anak saya? saya cukup khawatir dan gak tenang. tks..

  • QBLSzjeVyF said:

    order ambien without prescriptions ambien generic costco – ambien cr addiction

  • ViFaQoVeCg said:

    buy valium overseas medication similar to valium – buy valium online overnight

  • Titi sari soviana said:

    seneng rasax yha allah…
    anakq rheza skrng tumbuh sehat dan aktiv,skrng udah 9bln, tpi berat badanx udah 11kilo
    skrng si udah bsa duduk,brdiri sndiri tpi g bsa merangkak,kata orng si g jadi masalah gigix juga skrng udah 6, mulai umur 5bln udah tmbuh gigi, yha mudah-mudah bisa cepat ngomong juga ckckckckck…

  • anisah said:

    malam……
    maaf mau tanya, bayi sy umur 9 buln kurng 5 hari tp smpai sekrng blum bisa duduk, jika dilatih untuk duduk pasti dia goyang2 gak mau diam tp dia uda mau beljr merangkak. mohon solusinya……

  • bajugrosirmurah said:

    terima kasih atas sarannya mungkin bisa dipraktekkan dirumah

  • aurel ajeng sucia said:

    hy,,nama anakku nathaniella,… bayi saya umur 9 bulan kurang 4 hari… sekarang dia sudah bisa duduk sendiri n sudah tumbuh gigi 4 2atas n 2 bawah… hmm tp bayi saya kalau merangkak masih seperti belajar… krg bayi saya sering saya berdirikan dipangkuan saya…walaupun dia belum kuat untuk berdiri…hmm saya m minta solusi nih,,,kata tetangga saya agar bayi bisa berlatih jalan cepat pake apolo yg bulet itu…apa benar??? trims

  • laela amalia said:

    Bayiku namanya arkan usianya sdh 9 bulan keatas, alhamdulillah dia berkembang .mnrut pertumbuhannya! Bb nya 9,3 tb 72, sblmnya sie gemukan, tpi krna skrng aktif.badan arkan terlihat agak ramping, pdhl makan dn asinya doyan sekali, bahagianya aku sbgai orang tua,, thanks

  • mantan said:

    Hey there would you mind letting me know which web host you’re using?
    I’ve loaded your blog in 3 different web browsers and I must say this blog loads a lot
    faster then most. Can you suggest a good hosting provider at a reasonable price?
    Thank you, I appreciate it!

  • ?? ??????????? ?? said:

    Hola! I’ve been following your site for a while now and finally got the courage to
    go ahead and give you a shout out from Atascocita Tx!
    Just wanted to say keep up the great job!

    Take a look at my homepage :: ?? ??????????? ??

  • differences between google plus and facebook said:

    Greetings! I’ve been reading your blog for a long time now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from
    Porter Texas! Just wanted to tell you keep up the good work!

  • hotpepperjelly.co.uk said:

    hotpepperjelly.co.uk…

    Hi, is it rite to just study from publications not to go to see web for latest updates, what you say guys?…

  • norsk casino said:

    Hey there! Quick question that’s entirely off topic.
    Do you know how to make your site mobile friendly? My weblog looks weird when viewing from my iphone.
    I’m trying to find a template or plugin that might be able to correct this problem.
    If you have any recommendations, please share. Thanks!

    Here is my blog :: norsk casino

  • planter box plans said:

    Have you ever been disappointed with how your tomato plants produce.
    The best approach for how to deckscape a yard is to allow elements from the yard to intrude on the deck.
    Another way how to use these flowers is to place them in flower boxes.

  • small woodworking projects said:

    In the winter, the dog’s body heat is what helps to heat the house.
    The whole family can be involved in building this project for your pet.
    During the winter when the bats are hibernating, try not to disturb
    them.

  • washer and dryer reviews said:

    WOW just what I was searching for. Came here by searching for

    My page; washer and dryer reviews

  • League of Angels Hack Tool said:

    Excellent blog here! Also your site loads up fast! What web host are you using?
    Can I get your affiliate link to your host?
    I wish my web site loaded up as fast as yours lol

  • paleo diet plan said:

    In the winter, the dog’s body heat is what helps to heat the
    house. Unfortunately bats are becoming increasingly endangered
    because of decreased habitats and roosting
    spaces. The key is to find the balance and that is when having an
    “attitude of gratitude” plays a key role.

  • best folding bike said:

    Today, I went to the beachfront with my children. I found a sea shell and gave it to my 4
    year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She
    placed the shell to her ear and screamed. There was a hermit
    crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back!
    LoL I know this is completely off topic but I had to tell someone!

    My web page – best folding bike

  • Twila said:

    Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wished
    to say that I have really enjoyed surfing around
    your blog posts. After all I will be subscribing to your feed and I hope you write
    again very soon!

    My homepage: minecraft cracked download (Twila)

  • clash of clans hack said:

    Another effective visual aid for this exercise is recapturing in your mind’s eye the various report cards and progress reports from this time period as well.
    Those that check out #keep##randurls[11, Money Site URL List 1]#
    can find considerable info on clash of clans
    hackclash of clans hack androidclash of clans
    hack iosclash of clans gem hackclash of clans cheats, a great deal more than they’re going to find in articles such as these.
    The Clash of Clans Hack Tool will be developped
    by simply YTeam.

  • motor eletrico said:

    Hi, the whole thing is going nicely here and ofcourse every one is
    sharing facts, that’s genuinely fine, keep up writing.

    Also visit my blog post – motor eletrico

  • Virgil said:

    Howdy! I know this is somewhat off topic but
    I was wondering if you knew where I could get a captcha plugin for my
    comment form? I’m using the same blog platform as
    yours and I’m having difficulty finding one? Thanks a lot!

    Check out my web-site male pattern baldness (Virgil)

  • http://www.bibimob.fr/forums/affiliate-disclosure said:

    Research affiliates so you are snug with. Warning Change into
    a Regal Property Gold Advisor AS WE SPEAK!

  • ingreso cybernetico - youtube video said:

    The price will be building your downline for you or not this
    home business opportunity I have with ingreso cybernetico FB List Simplified?
    I came across something, that went way off of it right now.

    There are many more products aligned with Ingreso Cybernetico is a $25 board.
    And uh, the person at the top their name that’s written on ingreso cybernetico your business.

  • https://www.youtube.com/watch?v=_T5Iq47xZLc said:

    And, oh, yeah I can do information products? So I’ve been addressing network
    marketing training what you can book it for a way to accept payments for your business from online programs,
    not in the members area. Take Massive Action Today network marketing training click the link below and share it, well established programs.

    So don’t be afraid to spend hundreds of dollars from my personal
    experience.

  • car lease said:

    An added important issue is that if you are a senior, travel insurance
    intended for pensioners is something you need to really look at.
    The more aged you are, greater at risk you might be for permitting something poor
    happen to you while in another country. If you are not covered
    by a few comprehensive insurance, you could have several serious problems.
    Thanks for giving your suggestions on this website.

    Feel free to visit my blog – car lease

  • widya said:

    Saya mau tanya, anak saya umur 7,5bulan kenapa badannya kok lemes sekali. Tiap digendong bdan nya bisa balik ke belakang smpai bbrpa derajat. Kalo di dudukkan belum bisa angkat tangannya.tpi saat tengkurap dia cepat sekali merambat,dan kepalanya sering geleng2 . Pdhl anak teman saya umur 6bulan sudah bsa duduk dan bangun untuk duduk. Apakah ada kelainan dengan anak saya?

  • cheapoakleys.soixantedeux.us said:

    Tips Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Bayi 7-9 Bulan | bayi dan anak
    cheapoakleys.soixantedeux.us http://cheapoakleys.soixantedeux.us/

  • cna classes online nc said:

    Hmm it looks like your site ate my first comment (it was extremely long) so I
    guess I’ll just sum it up what I wrote and say, I’m thoroughly enjoying your blog.
    I as well am an aspiring blog writer but I’m still new to the whole thing.
    Do you have any helpful hints for beginner blog writers?
    I’d genuinely appreciate it.

  • for sale used cars in nj said:

    Unquestionably believe that which you stated. Your favorite reason seemed
    to be on the web the simplest thing to be aware of.
    I say to you, I certainly get irked while people think about worries that they just do not know about.
    You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole thing
    without having side effect , people can take a
    signal. Will likely be back to get more. Thanks

  • black mold test kit reviews said:

    Hi there! Would you mind if I share your blog with my facebook group?

    There’s a lot of folks that I think would really appreciate your
    content. Please let me know. Thanks

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.