Home » Gigi Bayi

Mengatasi panas dan rewel kala hendak tumbuh gigi

26 April 2012 76 Comments

Seputar pertumbuhan gigi anak dari milis nakita, dengan tajuk: “Mengatasi panas dan rewel kala hendak tumbuh gigi”

Kadang bayi rewel, tubuhnya hangat, dan tak nafsu makan gara-gara hendak tumbuh gigi. Walaupun akan hilang dengan sendirinya, tapi ada baiknya orang tua mencoba mengatasinya. “Kok, kayaknya akhir-akhir ini si Riska agak rewel, makannya susah dan badannya agak hangat. Jangan-jangan dia mau tumbuh gigi.” Demikianlah biasanya praduga sebagian ibu-ibu. Namun benarkah semua gejala tadi pertanda hendak tumbuh gigi?

Menurut drg. Taty Z. Cornain, SpKGA, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, adakalanya memang kala hendak tumbuh gigi, bayi jadi rewel, tubuhnya sumeng/hangat, nafsu makannya berkurang. Namun adakalanya pula tak ada gejala berarti. Dalam arti, aman-aman saja. “Reaksi tersebut tergantung pada daya tahan tubuhnya atau ketahanan daya ambang sakitnya, yang pada tiap bayi berbeda-beda. Jadi, sifatnya individual sekali.” HILANG BEGITU GIGI MUNCUL Biasanya, kalau daya tahan tubuh si bayi bagus, saat tumbuh gigi tak selalu bereaksi tubuh hangat. Jikapun hangat, mirip gejala awal mau flu. Hanya saja di sini tak disertai gejala flu, semisal bersin atau batuk dan lainnya. Yang justru harus diwaspadai bila suhu tubuhnya antara 38,5­40 derajat Celcius, perlu dicurigai ada penyakit lain. Sumeng gara-gara mau tumbuh gigi ini bisa berlangsung kira-kira 1-3 hari. “Tapi tak usah khawatir. Didiamkan saja pun, sumeng-nya akan hilang sendiri,” bilang Taty. Hanya saja, tambahnya, umumnya orang tua langsung panik jika tubuh bayinya hangat. “Takut panasnya makin tinggi dan si bayi lantas kejang atau stuip. Sehingga mereka biasanya langsung melakukan tindakan preventif, yaitu diberikan obat penurun panas.”

Selain gejala hangat, sudah pasti bayi akan rewel karena ia tak bisa mengeluhkan rasa sakitnya. Rewel yang menyertainya juga paling lama seminggu. Begitu pun dengan perasaan tak enak di mulutnya hingga jadi malas makan atau mengunyah, serta nafsu makan yang berkurang. Biasanya hal ini tak berlangsung terus-menerus. Kalau giginya sudah nongol atau kelihatan sedikit saja, entah 1 atau 2 milimeter, biasanya dampak yang ditimbulkannya, semisal rewel atau tak enak di mulut, pun hilang. Saat itu, papar Taty, benih gigi akan keluar dari tempatnya di dalam tulang rahang dan sampai akhirnya muncul gigi di gusi. Gusi akan sedikit tampak agak pucat dan agak menonjol dibanding gusi di sebelahnya. Dalam proses keluarnya gigi dari tulang rahang ini, ia akan menembus gusi, sehingga terasa sakit. “Seolah gusi tersebut terkena luka atau sayatan, maka akan terasa sakit.” Proses timbulnya gigi dari bawah ke atas ini tak bisa diukur berapa lama. Juga, sampai di mana posisi giginya sebelum menembus gusi hanya bisa dilihat dengan foto rontgen.

TAK MESTI PADA USIA 6 BULAN Umumnya bayi mulai tumbuh gigi di usia 6-12 bulan, dan sempurnanya sampai usia 24 bulan. Meski ada juga bayi yang tumbuh giginya sebelum usia 6 bulan. “Ini merupakan salah satu bentuk kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi,” jelas Taty. Biasanya, yang berupa kelainan ini, begitu lahir si bayi sudah ada giginya, dikenal dengan istilah gigi natal. “Gigi natal ini tumbuh tak tentu, kadang di bagian depan atas, kadang di bagian bawah. Yang jelas, ia jarang tumbuh di bagian belakang. Banyaknya pun hanya satu buah.” Sementara kelainan gigi susu yang tumbuhnya pada bulan pertama setelah kelahiran dikenal dengan gigi neonatal. Seperti halnya gigi natal, pada kelainan gigi neonatal pun belum tentu bayi mengalami gejala sakit tumbuh gigi. “Apalagi ini hanya suatu kelainan bentuk pertumbuhan dan perkembangan gigi saja,” terang Taty. Jadi, Bu-Pak, tak setiap kali tumbuh gigi, bayi akan merasa sakit alias sifatnya sangat variatif. Mungkin ada gigi yang menembus jaringan yang lebih padat dan ada yang tidak. Biasanya kalau menembus jaringan yang padat, dia akan merasakan sakit. Jadi, tergantung kepadatan jaringan yang ditembusnya. Hanya kita tak bisa memastikan bagian mana yang lebih tebal dan yang tidak. HARUS DIATASI Jadi, ulas Taty, jika tumbuh gigi pada bayi tak bermasalah, maka didiamkan saja juga tak apa-apa. Hanya kalau bayinya jadi sangat rewel, tampak tak tahan sakit, serta badannya hangat/sumeng, sebaiknya orang tua mencoba mengatasinya dengan memberikan obat penurun panas sebagai pertolongan pertama atau penolong.

Seringkali, bayi yang sakit karena tumbuh gigi dibawa ke dokter anak, bukan ke dokter gigi. Soalnya, terang Taty, jika bayi tubuhnya hangat, orang tua lebih curiga bukan tumbuh gigi, tapi penyakit lainnya seperti panas karena demam berdarah, tifus, dan lainnya.” Namun, walau bukan dokter gigi, dokter anak pun bisa mengetahui apakah si bayi sakit karena tumbuh gigi atau bukan. “Bila suhunya tak terlalu tinggi dan tak ada gejala seperti batuk, pilek, dan lainnya, dokter akan melihat kondisi mulutnya. Jika ada sesuatu pada gusinya, seperti warna gusi yang lebih pucat dan agak menonjol dibanding sisi lainnya, maka diduga hangat tubuhnya berasal dari gigi yang mau tumbuh.” Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan yang mengandung analgesik dan antipiretik sebagai obat-obatan penghilang rasa sakit. Obat-obatan tersebut berada dalam kandungan obat-obat penurun panas. “Barulah kalau ada suatu masalah pada giginya, misal, bengkak sekali dan agak kebiruan karena ada pembuluh darahnya yang terjepit, dirujuk ke dokter gigi.” Sedangkan bila nafsu makannya jadi berkurang, tentu saja tak bisa didiamkan terus. Biar bagaimanapun tetap harus diberikan makanan. Karena masih bayi, tentunya makanan yang diberikan pun tak terlalu keras, tapi yang cair. Kalaupun tumbuhnya sesudah 6 bulan dan ia sudah makan tim, maka berikan makanan yang agak lunak, misal, dengan diblender. “Yang pasti, harus dihindari makanan yang agak keras.” Dedeh Kurniasih.Foto: Iman Dharma (nakita)

Bila informasi ini bermanfaat, share informasi ini melalui FB atau twitter. Tekan tombol ini untuk berbagi informasi
  • Facebook
  • Twitter

76 Comments »

  • Mengatasi panas dan rewel kala hendak tumbuh gigi « kumpulan artikel tentang bayi, anak, ibu hamil, keluarga - indonesian/bahasa indonesia said:

    [...] Menurut drg. Taty Z. Cornain, SpKGA, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, adakalanya memang kala hendak tumbuh gigi, bayi jadi rewel, tubuhnya sumeng/hangat, nafsu makannya berkurang. Namun adakalanya pula tak ada baca lebih lanjut [...]

  • Mengatasi panas dan rewel kala hendak tumbuh gigi | bayi dan anak said:

    [...] Menurut drg. Taty Z. Cornain, SpKGA, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, adakalanya memang kala hendak tumbuh gigi, bayi jadi rewel, tubuhnya sumeng/hangat, nafsu makannya berkurang. Namun adakalanya pula tak ada baca lebih lanjut [...]

  • Mengatasi panas dan rewel kala hendak tumbuh gigi « STAKRIASU [stacia][karina][andi sumarni] said:

    [...] STAKRIASU [stacia][karina][andi sumarni] {December 4, 2008}   Mengatasi panas dan rewel kala hendak tumbuh gigi  Mengatasi panas dan rewel kala hendak tumbuh gigi [...]

  • raditya said:

    pertumbhan gigi anak/sulung sgt bervariasi umumny mulai umur 6bln-3taon,
    bisa cepat or lambat tgantung bny faktor,misalny nutrisi jga bsa pengaruh mslny susu, kualitas makanan dll..

    Tapi pada dasarnya masih wajar kok bu kalau masih 14,5 bulan.

    raditya on FS

  • Febriana Prabowo said:

    Ada gak ulasan “IMUNISASI” untuk bayi?. Ulasannya yang kumplit ya… ditunggu lho…

  • Febriana Prabowo said:

    Ada gak ulasan “IMUNISASI” untuk bayi?. Ulasannya yang kumplit ya… ditunggu lho…Oh iya dokter anak yang recomended juga dong…

  • Sutasno said:

    Beberapa minggu lalu anak saya juga panas lumayan tinggi. Dia adalah anak pertama saya. Tentu saja sebagai orang tua baru, saya dan istri panik ketika anak panas dan tidak mau makan. Saya pergi ke bidan untuk minta obat penurun panas. Saya diberi sirup dan puyer untuk penurun panas. Ternyata benar, setelah 3 hari kemudian ternyata akan tumbuh gigi. Pertumbuhan gigi anak saya lebih lambat ketimbang teman-teman seusianya. Ketika anak saya berumur 1 tahun pas baru mulai tumbuh gigi. Terima kasih atas informasinya. Good luck untuk bayidananak.com.

  • rima said:

    thanks for the info. saya sedang menghadapi anak kedua saya yang berumur 7 bulan. gigi pertamanya akan tumbuh. Badannya panas 1 hari-an tapi sudah reda.Hanya saja semalaman dia jadi tidak mau minum susu atau apapun…lumayan panik…karena tidurnya pun jadi terganggu..

  • Renny said:

    kata orang zaman dulu, katanya bagus kalau diberi madu pada saat lagi tumbuh gigi.

  • hayfie said:

    thanks banget ya…

  • hayfie said:

    gue ada pertanyaan ni… bayi gue lagi panas bangat badan nya…apa kah boleh ayi gue di mandikan dengan menggunakan air sejuk ?

  • dee said:

    @hayfie

    Cobain aja lu kalo lagi panas badannya (bukan panas karena kepanasan matahari ya) mandi air sejuk…kalo gue sih boro-boro mandi pake air sejuk cuci muka aja rasanya gak enak..apalagi bayi..plus bahayanya bayikan gak bisa ngasi tau apa yang dia rasa, lu kira nangis biasa gara-gara dimandiin terus berlanjut parah gimana?? Hati-hati aja…

  • Hani said:

    Azka chayank kami juga udah 2 hari ini bandannya anget. entah karena polahnya dia sehingga ada otot yang kecetit, atau karena tumbuh gigi. Kayanya siyh mau tumbuh gigi, karena mulutnya suka komat kamit gitu dan dia menggigit apa aja yang sipegangnya, Menggigitnya pun penuh ‘perasaan’, sepertinya gemes sama gusinya gitu.
    Tapi ALHAMDULILLAH maemnya teteup banyak, mimik ASInya juga banyak.
    Cuma ya… kepikiran juga yah kalo anak panas.

  • Hani said:

    to hayfie …

    Setau saya, jika badan anget / panas, jangan dikompres (apalagi dimandiin) air sejuk. Karena, akan terjadi ‘pembohongan’ pad atubuh bayi. Tubuh bayi menganggap suhu di luar lebih dingin, sehingga tubuhnya akan menaikkan temperaturnya sendiri.
    baiknya siyh, dikompres air anget atau diseka air anget, jadi biar panas di dalam tubuhnya keluar, dan setelah itu tubuh bayi normal kembali.

  • alvid, march 27'2009 at 10 :53 am said:

    mau tanya neh, bolehkah bayi umur 6 bulan diberi vitamin? contohnya?

  • erwin said:

    anak saya slama 3 hari, smnggu lalu anget bdnnya trus turun lagi, dua hr kmudian anget lg ampe skrg dah tiga hr, tp giginya gak nongol2, mungkin gak? ada jeda waktu beberapa hari dr panasnya ke tumbuhnya gigi?

  • noevi rrrrrrr said:

    thanks bnget atas sarannya…………………..

  • gasol said:

    thanks banget infonya,kebetulan anak saya mulai tumbuh gigi.
    tapi ada yg aneh, anak saya jd tidak mau makan.
    apa ini gejala normal or gimana?

  • Yokbet Mince said:

    Knapa bayi nangis pada malam hari????
    dan kenapa pada saat bayi di taruh di tempat tidur selalu aja menangis, sedangkan kalau di gendong si bayi diam. kira-kira itu knpa ya??????

  • ulul said:

    Saya pernah baca poster yang dipasang di ruang tunggu dokter anak, katanya cara terbaik mengatasi demam pilek bayi adalah dengan memberinya vaksin anti flu setahun sekali. Barangkali ada yang bisa kasih saya gambarannya, dan berapa biayanya? Terimakasih banyak…

  • sagita said:

    Untuk para ibu… saya lebih menyarankan agar mengurangi penggunaan obat/vaksin/imunisasi seminimal mungkin.
    Hal ini memang debatable akan tetapi pada kasus dari ulul… cara2 seperti vaksin anti flu setahun sekali…dengan harapan agara anak tidak sakit flu paling tidak dalm setahun itu.. sangatlah tidak dianjurkan
    Yang perlu diperhatikan adalah sebenarnya vaksin itu adalah bahan kimiawi yg masuk ke dalam tubuh anak kita…. efek samping baik yg lama ataupun yg seketika ..sangat mungkin terjadi.
    Kita tentu tidak mau kalau vaksin itu malah membawa hal yang buruk bagi perkembangan anak kita

  • carol said:

    Dear all

    anak saya 7 bulan saat ini ud tumbuh gigi nya 2 bagian bawah depan..udah nampak wrn putih nya dan ud keluar sedikit.apakah msh blh ngempeng?dia sk bgt ngempeng sblm bobo..apa itu bs mempengaruhi arah pertumbuhan giginya kelak?dan saat ini dia susah banget minum susu terutama pada mlm hari dan sedikit rewel.apakah hal ini akan berlalu?berapa lama kira2 dari sejak pertumbuhan gigi nya sampai bisa normal kembali?thx yah Moms

  • nita lianto said:

    Tks to all buat infonya yg bermanfaat^^

  • gasol said:

    anak kami usianya ud hampir 11 bulan en mulai tumbuh gigi. skrg ia ud punya 6 gigi, 4 di atas en 2 di bawah. tapi ada sesuatu yg saya ngeliatnya tidak sreg. knapa giginya kuning en 2 gigi bawahnya tidak rata (panjang sebelah). gimana cara mengatasi gigi kuning en apakah gigi natal yg tidak rata normal ato gimana?

  • Devy Haniaty said:

    Saat anak sudah tumbuh gigi kurang lebih sudah 8 gigi, apakah sudah diharuskan untuk menggosok gigi?

  • santi said:

    anak saya lahirnya prematur (26 mgg), skg sudah mengunjak 12 bulan belum tumbuh gigi satupun. ap penyebabnya? gmn crny biar cepet tmbh gigi?tk

  • hardi said:

    anak saya berusia 8 bulan,kayaknya emang mau tumbuh gigi dih ,tapi kok panas tubuhnya mencapai 39,3′c kadang turun kadang naik tu trus tak kasih parasetamol tiap hari 3x tapi kok tetep gitu aja pananya gak hilang gmn yah dok,,,,,pa bisa lo tumbuh gigi pana terus gitu,,,,

  • aqila said:

    anak saya 1thn sebln.dia sudah tumbuh gigi atas 2 bawah 2.pertumbuhan giginya agak lambat.tubuhnya jarang sekali anget tapi dia sering pilek padahal makanan sudah dijaga&tdk ada yg sakit disekitarnya.jd hidungnya suka lecet.apa mungkin ini reaksi dr pertumbuhan giginya yg mulai tumbuh ya?mohon infonya please.tq

  • HeLena said:

    Anakku 2,5tahun tiap tumbuh gigi pasti panas,parahnya lagi skrang telapak kakinya pasti dingin sperti es,boleh tahu kenapa ya demikian apa karena tumbuh gigi atau penyakit yg lain?
    Terimakasih.

  • aulia said:

    anakku umur 6bln demam disertai batuk pilek, malah rewel sx minta gendong trs ga mau diturunkan ke tempat tdr, gusi bag bwh udh keras kyk mau tumbuh gigi

  • ubay said:

    anak saya usia 8 bulan, kondisi badannya sering kali naik turun dalam suhu panas badannya, suhu panasnya biasa datang menjelang sore dan malam hari, saya sudah beberapa kali ke dokter, dan sudah 5 kali di uap upaya dokter untuk menghilangkan dahak nya,
    pertanyaannya adalah:
    Kenapa anak saya di usia 8 bulan ini jadi sering sakit panas?, padahal makannya mau untuk dicerna……

  • sandi arianto said:

    trims infonya. n ber manfaat buat saya dan kelauarga saya.

  • mami kenzy said:

    makasy bgt infonya..sekarang saya lagi ngalamin nih, panik n bingung mesti gmn…sekali lagi makasiy dokter ^^

  • Zec said:

    Bayi aku saat ini tumbuh giginya,,,udah 3 hr badannya panas trus dan rewelnya minta ampun bgt…dikasih panadol drop gak apa2 kan?

  • nurul luthfa said:

    thanks banget infonya. kemaren lusa anak aku panas badan, sblm dapat info seperti ini aku panik, kaerena anakku tidak pernah panas seperti, makan tidak mau, netek juga malas, juga ngeler trus. kata tenangga di sebelah rumah mungkin dia baru mau tumbuh gigi. kulihat emang giginya mau tumbuh dua buah di bawah.aku emang kurang percaya kalau mau tumbuh gigi kok demam, apa setiap satu mau tumbuh, demam, maut tumbuh lag demam, ehhh ternyata aku paham deh sekarang….ternyata ketahanan tubuhnya yang mungkn kurang. tapi anakku setelah satu hari memang tidak demam lagi, malah dia sangat ceria, happy slalluu….
    thanks 4 U

  • Rizar said:

    anak saya usia 11 bln, spertinya giginya dah mau tumbuh, tapi panasny mencapai 39, kadang2 turun…apa panasny krn tumbuh gigi???…tks dok..

  • astrid said:

    askum
    anaku br berumur 5 bln,tp skg sy sangat kwatir kalau nanti giginya akan tumbuh,karena kat orang tumbuhnya gigi bisa membuat demam bagi sibayi,gmana ya?

  • decyl said:

    Waktu aziel, anak saya baru mau tumbuh gigi… daerah sekitar mulutnya dipijat gitu sama mbak2 terapis langganannya di mom n jo (didaerah dharmawangsa) jadi gak begitu rewel dan demam sih, cuma jadi lebih aktif aja aktifitas mulutnya. Sama terapis di mom n jo saya disaranin kasih teether (mainan yg bs digigit buat bayi) buat merangsang perrtumbuhan giginya. Kalo masa2 gitu tuh saya bikin aziel sibuk hehe… saya ajak pijat, saya ajak renang juga di mom n jo biar dia seneng diajak main terus

  • Mengatasi Demam Saat Tumbuh Gigi « zam70 said:

    [...] : http://www.bayidananak.com Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this [...]

  • Titah Mom's said:

    Makasih info nya,, culup membantu,
    anak saya skrg 8 bulan, giginya mmng belum tumbuh,
    bawaan nya BT terus, rewel, gak mau makan biasanya banyak makannya, badannya hangat tp diukur suhunya 36,6 derajat gusinya juga pucar warna nya,,, seneng juga mau tumbuh gigi, tp kasian kalo liat rewel nya

  • Ulfa Abas said:

    Anakku 11 bulan,mgkin akan tumbuh gigi yg ke 7…panasnya kali ini gak seperti panas sebelumnya pas tumbuh gigi pertama sampe ke 6,Aku udah bw ke dokter Spesialis anak dan di kasih Sanmol drops sama antibiotik Amoxan…tp panasnya juga gak turun2…Apa aku harus ke dokter lagi atw Gimana??

  • purnama said:

    wah..benar2 bingung pas gigi anak usia 10bln mau tumbuh, ini pertama kali jd panik mo gmn, tp setelah baca banyak info menjadi lebih tenang gimana cara penanganan yang baik. pokoknya hrs banyak cari taulah…

  • mamik pradana dejavu said:

    suhu panas saat tmbuh gigi paling lama brlangsung brapa hari?pa yg hrus dilakukan saat suhu panas…

  • mamik pradana dejavu said:

    suhu panas saat tmbuh gigi paling lama brlangsung brapa hari?pa yg hrus dilakukan saat suhu panas…cz panik sekali….nich??

  • Care Indonesia said:

    artikelnya sangat bermanfaat utk kami sebagai kaum wanita.

    terima kasih artikelnya.

    Jual T-Shirt Pariwisata Indonesia

  • ISMAIL JULIANTO said:

    anak sy usiany 10 bulan,,giginy sudah tumbuh 1pasang dibagian bawah,,tp bagian atasny blm tumbuh sedangkan gigi atas sebelahny sudah tumbuh jd seperti drakula..??
    ap yach penyebabny sepasang gigi atasny tudak tumbuh..??

  • yurike said:

    Excellent post. I used to be checking constantly this weblog and I’m impressed! Very helpful info specifically the final phase :) I handle such information a lot. I used to be looking for this certain information for a very long time. Thanks and best of luck.

  • iin said:

    Anak saya umur 10bln tapi panas kepala aja terkadang sekujur tuubuh..sampe step juga..ada batuuk n flu..saya sdh bawa kedokter sebulan lalu dan 3hari yg lalu …tapi panasnya turun naik terus..sangat mobile anak saya..makan juga seperti biasa ga ada halangan kurang makan…itu kenapa ya dok..mksdh sblmnya..

  • seo today said:

    Can you tell us more about this? I’d care to find out more details.

  • Deena said:

    Hello Dear, are you really visiting this website
    regularly, if so after that you will without doubt obtain pleasant know-how.

  • tai game bong88 said:

    So I accidentally deleted the joomla folder. But the database its still there untouched..Is it posible that I re-install joomla and connect it with the old database and have all my articles and files back as it was?.

  • maksuerissä said:

    My computer with itunes crashed, just installed itunes on new computer. How to keep ipod from syncing to it?

  • netticasinoita said:

    It is not my first time to pay a visit this site, i am browsing this site dailly and take good facts from here
    all the time.

    Here is my blog; netticasinoita

  • download adobe Flash player said:

    These are in fact impressive ideas in concerning blogging. You have touched some fastidious factors here.
    Any way keep up wrinting.

    My site … download adobe Flash player

  • m88 said:

    Hi to all, how is all, I think every one is getting more from this website, and your views are nice for
    new visitors.

    Here is my web page; m88

  • bodog88 said:

    Hello there, just became aware of your blogg through Google, and found that it is really
    informative. I aam gonna watch out forr brussels. I’ll appreciate if you continue this in future.

    Many people will be benefited from your writing. Cheers!

    Feel free to surf to myy web page … bodog88

  • six guns cheats said:

    I read this paragraph completely on the topic of the resemblance of
    newest and previous technologies, it’s amazing article.

    Here is my weblog … six guns cheats

  • pod zyrafa said:

    Hello, it? nice ?ost concerning media print, we all be familiar with media
    is a impressiv? source of facts.

  • league of legends codes said:

    Hi, constantly i used to check webpage posts here in the early hours in the daylight, because i enjoy to learn more and more.

    My site: league of legends codes

  • List2Cleanupt.com said:

    Terrific article! This is the kind of info that are meant to be shared across the internet.
    Shame on Google for no longer positioning this put up upper!
    Come on over and seek advice from my website . Thank you
    =)

  • candy crush saga cheats pdf said:

    No longer are games just targeted for youngsters, but candy crush saga cheat gives users a veritable cornucopia of ideas, characters, information and throughnarration,
    together, seamlessly. The theme of Ghajini and it includes incentives like free downloadable mobile software, themes and mobile wallpapers.

    Apart from this sort of an ancient Kingdom. I told, games are Java based.

    Right here is to be fun, whereas scrabble games increase the reach of hand.

    Its size and weight fall between those of you. An online Entertainment portal
    offering complete mobile applicationslike free downloadable mobile software, Glu and others will entertain.

    Stop by my homepage … Candy crush saga cheats pdf

  • Mi40 Workout said:

    I’m gone to inform my little brother, that he should also
    pay a visit this blog on regular basis to obtain updated from hottest news update.

    Here is my weblog; Mi40 Workout

  • m88 said:

    You are so interesting! I do not believe I’ve truly read through anything like that before.
    So great to discover another person with unique thoughts on this issue.
    Seriously.. many thanks for starting this up. This site is something
    that is required on the internet, someone with some originality!

    my webpage; m88

  • BeActive As Seen On TV Commercial said:

    Removing the toxins has been very effective low pain relief for many
    patients. Patients can also take the advice of a good physiotherapist who can devise customized exercises
    to the patient in order to strengthen the back. The uses of a Whirlpool Bath had long been discovered by the people during the early times.

  • kim kardashian sex tape said:

    How does a computer virus getting formed?. I have a lot of computer viruses lately but thanks to Norton Anti-virus and Malwarebytes Anti-malware my computer is 100% secure. But how does a computer virus formed? Do people actually make it and they spread it throughout the internet?. . Please tell me more about computer viruses cuz I don’t know to much about it I just get rid of them..

  • http://westerndrugsdirect.com/ said:

    Hello! I’m at work browsing your blog from my new apple iphone!
    Just wanted to say I love reading your blog and look forward to all your posts!
    Keep up the excellent work!

    Look into my homepage :: how to work online (http://westerndrugsdirect.com/)

  • turntable bearing said:

    I am new to blogging. How do I add a subscribe function to my site so new post will go to their email?

  • outlet hogan milano said:

    “So we called Buffy (our vet) in to scan him at 4pm yesterday afternoon, and that revealed the problem with his near fore tendon.

  • weight watchers login said:

    Howdy! This is my first visit to your blog! We are a team of volunteers and
    starting a new initiative in a community in the same niche.
    Your blog provided us useful information to work on. You have done a
    wonderful job!

  • graduation party inv said:

    What i do not realize is in fact how you’re no longer actually a lot more
    neatly-favored than you may be right now. You’re so intelligent.
    You know therefore considerably on the subject of this topic, made
    me in my view imagine it from so many numerous angles.
    Its like women and men don’t seem to be fascinated except it’s something to accomplish with Lady gaga!

    Your personal stuffs outstanding. Always handle it
    up!

  • iin said:

    Anak sya skrng umur 9 bulan..yg bikin sya heran ko anak sy ga mau di ajak sma orang lain ….dan slalu rewel dan emosian trusss….apa yg hrus sy lakukan…

  • iPikavippi said:

    I want to gain more followers by submitting my pictures to blogs. Like when people click through, they will link to my blog.

  • advertising news said:

    What’s up it’s me, I am also visiting this website daily, this webb ssite is inn fact nice and the visitors are
    actually sharing pleasant thoughts.

    Alsso visit my web site; advertising news

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.